Tidur yang baik miring ke kanan atau kiri


Tidur menjadi bagian penting dalam siklus kehidupan manusia, selain berfungsi untuk mengistirahatkan berbagai organ tubuh yang terus menerus digunakan, tidur memiliki manafaat untuk pertumbuhan dan memelihara Kesehatan jantung, gangguan tidur dan waktu tidur yang kurang seringkali menyebabkan seseorang kehilangan produktivitasnya dan seringkali mengeluhkan beberapa gangguan dalam tubuhnya, misalnya tekanan darah tinggi, lesu, dan tidak fokus. Maka dari itu kualitas tidur seseorang memiliki dampak yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kualitas tidur seseorang tidak hanya dinilai dari durasi tidur itu sendiri, banyak hal yang dapat mempengaruhi dari kualitas tidur, menurut cicik sulistiyani dalam penelitiannya yang membahas tentang beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa kondisi lingkungan, pencahayaan, aktivitas dan gaya hidup. Tingkat keterangan cahaya di sekitar tempat tidur dapat memengaruhi kualitas tidur dengan cara memengaruhi jumlah hormon melatonin yang akan disekresikan oleh kelenjar pineal, semakin terang pencahayaan fungsi sensor kelenjar pineal akan terganggu dan menekan jumlah hormon melatonin yang akan disekresikan, sehingga mengurangi tingkat kenyenyakan dari tidur seseorang. Selain pencahayaan, posisi tidur berpengaruh dalam kenyamanan seseorang serta menjadi sebuah manfaat bagi tubuh itu sendiri.

Islam mengajarkan bagaimana posisi tidur yang baik dan terbukti secara medis manfaatnya, nabi Muhammad SAW. Mengajarkan kita untuk tidur dalam posisi menghadap ke kanan, seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim “Nabi Muhammad SAW bersabda: Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Bukhari & Muslim). Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, terdapat penelitian yang membuktikan manfaat dari posisi tidur yang diajarkan oleh rasulullah tersebut, menurut Cheng-Deng Kuo dan Gau-Yang Chen dalam penelitiannya yang membahas tentang perbandingan antara 3 posisi tidur dalam modulasi sinyal saraf simpatis pada pasien dengan penyakit arteri koroner menyebutkan bahwa tidur dengan posisi miring kanan membuat modulasi saraf simpatis lebih baik dan lebih disarankan untuk penderita penyakit arteri koroner, selain itu menurut penelitian yang dilakukan oleh Dinarwulan Puspita menyebutkan bahwa posisi tidur miring kanan dapat meningkatkan kualitas tidur pada pasien gagal jantung kongestif.

Dari hasil pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidur merupakan hal penting bagi tubuh manusia yang banyak manfaatnya, dan salah satu cara meningkatkan kualitas tidur adalah dengan cara memperhatikan posisi tidur itu sendiri seperti yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. yang ternyata secara medis juga terbukti manfaatnya.

DAFTAR PUSTAKA

Kuo, C.D., Chen, G.Y., 1998. Comparison of three recumbent positions on vagal and sympathetic modulation using spectral heart rate variability in patients with coronary artery disease. Am. J. Cardiol. 81, 392–396. https://doi.org/10.1016/S0002-9149(97)00923-5

Puspita, D., Nur, B.M., Jumaiyah, W., 2019. Efektifitas Posisi Tidur Miring Kanan dan Semifowler Terhadap Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung Kongestif Di RSUD Dr. Soedarso Pontianak. J. Keperawatan dan Kesehat. 77, 1–15.

Sulistiyani, C., 2012. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa. Kesehat. Masy. 1, 280–292.

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui bahwa posisi tidur turut memengaruhi kualitas tidur seseorang. Posisi tidur yang paling sering dilakukan adalah miring ke kiri atau ke kanan. Kedua posisi tersebut memberikan manfaatnya masing-masing. Lantas, mana yang lebih baik?

Posisi tidur tidak hanya membantu memberikan rasa nyaman, tetapi juga mencegah gangguan tidur tertentu. Tidur dengan posisi miring, khususnya miring ke kanan, memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Melansir dari sleepjunkie.com, bagi kesehatan jantung, tidur miring ke kanan sangat direkomendasikan karena mengurangi risiko refluks asam, mendengkur, dan yang terbaik untuk jantung.

Saat tidur posisi miring ke kanan, ruang di rongga dada menjadi luang sehingga mengurangi tekanan pada otot jantung dan  mengurangi beban kerja malam hari. Bagi pasien penderita penyakit jantung, tidur posisi ke kanan membantu memberikan kenyamanan saat tidur. Seiring bertambahnya usia, manfaat tidur miring ke kanan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur.  

Tidur menyamping kanan juga memberikan dampak terbesar pada pembersihan otak. Posisi tidur ini berkontribusi pada pencegahan penyakit Alzheimer. Karena posisi tidur ini memungkinkan proses pembersihan otak bekerja dengan bebas adalah yang terbaik untuk kesehatan otak.

Sebenarnya, tidur miring ke kiri belum tentu buruk untuk kesehatan, hanya saja tidak sesehat tidur miring ke kanan. Melansir dari mattressclarity.com, hal ini karena tidur miring ke kiri  membebani organ dalam seperti hati, paru-paru, perut, dan juga mengurangi refluks asam. Posisi tidur menyamping ke kiri lebih disarankan untuk ibu hamil sebab tidur miring ke kiri bisa meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi.

Dengan demikian, bagi penderita penyakit jantung atau seseorang dengan risiko penyakit jantung tinggi, disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kanan.  Tidur miring ke kanan juga memberikan efek baik bagi tubuh untuk jangka panjang. 

NAOMY A. NUGRAHENI 

Baca: Inilah 5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik  bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Tidur yang baik miring ke kanan apa ke kiri?

Tidur dengan posisi miring ke kiri juga lebih aman bagi mereka yang memiliki kondisi asam lambung. Sebab, apabila tidur miring ke sisi kanan, posisi perut yang terangkat dapat membuat seseorang mengalami kenaikan refluks asam, meskipun ini tidak selalu terjadi di semua orang.

Kenapa tidak boleh tidur miring ke kiri?

Hindari posisi tidur miring ke kiri
Salah satu alasannya karena, tidur dalam posisi miring ke kiri membuat jantung tertekan area dada bagian kanan sehingga bisa mengubah sistem kelistrikan jantung.

Apa Bahaya tidur miring ke kanan?

Saat tidur miring ke kanan menyebabkan tekanan tubuh menabrak pembuluh darah, tidur miring ke kiri berpotensi meningkatkan aliran darah. Sirkulasi yang tepat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan dan juga bisa mencegah laba-laba yang membesar dan varises.

Tidur disarankan miring kemana?

Mengajarkan kita untuk tidur dalam posisi menghadap ke kanan, seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim “Nabi Muhammad SAW bersabda: Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Bukhari & Muslim).



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *