Sebutkan alat bahan dan cara pembuatan meja atau bangku yang terbuat dari limbah botol plastik


Ecobrick berasal dari kata “ecology” yang dalam Bahasa Indonesia disebut “ekologi”. Sementara kata “brick” merupakan Bahasa Inggris dari “bata”. Jika disimpulkan, ecobrick merupakan bata ramah lingkungan. Ecobrick dianggap sebagai salah satu cara pemanfaatan limbah plastik yang mudah dan efisien. Anda bisa menciptakan susunan bata yang terlihat indah dari sampah plastik dengan metode ecobrick ini.

Yuk, ikut melakukan pemanfaatan limbah plastik menjadi sesuatu yang lebih berguna melalui metode ecobrick. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat ecobrick dari plastik bekas:

1. Pilah dan Bersihkan Sampah Plastik

Bahan utama yang harus tersedia dalam membuat ecobrick adalah sampah plastik. Jenis sampah plastik yang dimaksud di sini bisa bermacam-macam, mulai dari kemasan deterjen, kemasan minuman, kantong plastik sekali pakai (kresek), sampai dengan bungkus makanan.

Setelah semua sampah plastik terkumpul, cuci bersih semuanya dengan menggunakan sabun – bisa deterjen atau sabun pencuci piring. Setelah itu, jemur sampah plastik yang sudah dicuci ini di bawah sinar matahari sampai kering.

2. Sediakan Botol Bekas Air Mineral dalam Jumlah Banyak

Selain sampah plastik, Anda juga harus menyiapkan botol bekas air mineral ukuran 600ml. Botol-botol ini nantinya akan menjadi “bata” dalam membuat ecobrick. Usahakan untuk mengumpulkan botol-botol bekas air mineral ini sebanyak mungkin.

Botol tersebut tidak perlu dicuci jika sudah dalam keadaan bersih. Namun, bagian dalam botol harus kering sebelum diisi dengan sampah plastik.

3. Gunakan Tongkat untuk Memasukkan Plastik

Sebelum mulai memasukkan sampah plastik ke dalam botol, sediakan dulu tongkat yang panjangnya dua kali lipat panjang botol air mineral. Tongkat ini nantinya dipakai untuk mengemas sampah-sampah plastik agar muat dimasukkan ke dalam botol.

4. Masukkan Sampah Plastik ke dalam Botol

Setelah semua bahan yang Anda butuhkan tersedia, kini saatnya memasukkan sampah-sampah plastik yang sudah dibersihkan tadi ke dalam botol bekas air mineral. Agar menghasilkan ecobrick yang cantik, masukkan plastik secara random agar tampak berwarna-warni. Isi botol dengan sampah plastik sampai semua bagian botol terisi penuh.

5. Padatkan Sampah Plastik

Ketika botol-botol bekas air mineral sudah terisi dengan sampah plastik, ambil tongkat yang tadi sudah disediakan untuk mendorong semua sampah plastik agar padat di dalam botol. Jika masih tersisa rongga udara di dalam botol, isi kembali dengan sampah plastik sampai tidak ada rongga udara yang tersisa. Dorong kembali semua sampah plastik menggunakan tongkat.

6. Timbang Setiap Ecobrick

Dalam membuat ecobrick kita tidak bisa asal-asalan memasukkan sampah plastik ke dalam botol bekas air mineral. Agar bisa menjadi “bata” yang nantinya disusun secara rapi, Anda wajib menimbang setiap botol yang sudah diisi sampah plastik. Standar ecobrick adalah 200 gram per botol air mineral berukuran 600ml. Kalau jumlahnya terlalu banyak, sisihkan sedikit sampah plastik di dalamnya. Sementara jika beratnya kurang dari 200 gram, isi kembali botol dengan sampah plastik.

7. Simpan Ecobrick di Tempat yang Teduh

Sebelum semua ecobrick yang Anda buat terkumpul, simpan ecobrick yang sudah jadi di tempat yang teduh. Hindari paparan sinar matahari langsung agar botol-botol plastik ecobrick ini tidak menyusut.

8. Susun Semua Ecobrick

Apabila semua ecobrick sudah selesai dibuat, saatnya menyusun ecobrick ini menjadi sebuah benda atau bangunan. Ecobrick bisa dipakai untuk membuat dinding (non-permanen), replika benda (gapura, pohon, dll), dan pagar mini.

Langkah-langkah membuat ecobrick ini bisa langsung Anda praktekkan sendiri di rumah. Rinso juga mengajak Anda untuk memulai inisiatif  Yuk Mulai Bijak Plastik untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang berisiko mencemari lingkungan. Pemanfaatan limbah plastik sebagai ecobrick ini bisa menjadi salah satu langkah untuk turut memulai inisiatif Bijak Plastik.

Liputan6.com, Jakarta Plastik saat ini merupakan bahan yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia. Plastik semakin banyak diproduksi dalam berbagai bentuk seperti kantong plastik, kemasan makanan, botol bahkan peralatan rumah tangga. 

Baca Juga

  • Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan, Unik dan Bernilai Seni Tinggi
  • Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi, Bantu Kurangi Limbah Plastik
  • Cara Membuat Kerajinan dari Botol Bekas, Unik dan Kreatif

Padahal plastik merupakan bahan yang memiliki jangka waktu lama untuk terurai di dalam tanah bahkan dalam kurun waktu 500 tahun sekalipun. Hal ini yang menilbulkan dilematis tersendiri bagi penggunanya. Plastik bisa sangat dicintai manusia namun juga sekaligus dibenci manusia.

Banyak dampak negatif yang dihasilkan oleh sampah plastik seperti pencemaran lingkungan, gangguan kesehatan, bahkan meracuni hewan dan tumbuhan.

Hal ini membuat banyak orang melakukan segala macam cara untuk mengolah limbah plastik. Salah satunya adalah menyulapnya menjadi kerajinan tangan  yang menarik. Salah satu jenis limbah plastik yang sering diubah menjadi kerajinan tangan adalah botol minuman bekas.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman


Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya

Kerajinan dari botol bekas (Sumber: Istockphoto)

Botol air minuman bekas atau orang Indonesia biasa menyebutnya botol aqua bekas merupakan salah satu limbah plastik yang banyak ditemui di lingkungan sekitas.

Di Indonesia sendiri masyarakat lebih familiar dengan sebutan botol aqua. Hal ini karena merek aqua sudah telanjur terkenal dan melekat di benak masyarakat Indonesia. Padahal botol-botol minuman tak hanya aqua saja yang ada di Indonesia.

Nah, banyaknya limbah botol plastik minuman ini kadang membuat resah karena dapat mencemari lingkungan. Namun, limbah botol plastik bekas ini ternyata dapat menjadi barang yang berguna di tangan orang-orang kreatif.

Limbah botol bekas ini kemudian disulap menjadi berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai guna dan nilai jual. Degan begitu, limbah plastik akan berkurang untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Berikur berbagai kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (21/3/2019) :

3 dari 6 halaman


Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Tempat Sampah

Tempat sampah dari botol bekas (Sumber: Istockphoto)

Botol plastik bekas dapat disulap menjadi tempat sampah. Yakni dibentuk dari kumpulan botol bekas yang disatukan hingga menyerupai bentuk tabung. Dengan begitu botol plastik bekas tak akan menjadi sampah melainkan menjadi tempat pengumpul sampah.

Berikut cara membuatnya :

Kumpulkan botol bekas dengan ukurang yang sama, setelah itu cuci hingga bersih botol-botol tersebut kemudian jemur hingga kering.

Setelah itu susun kumpulan botol hingga menyerupai bentuk tabung. Anda dapat merekatkannya menggunakan lem tembak, atau menyusunnya dalam sebuah kerangka kawat.

Untuk bagian bawah atau alasnya, Anda dapat menggunakan triplek atau media datar lainnya. Tempat sampah dari botol plastik bekas sudah selesai dibuat.

4 dari 6 halaman


Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Celengan Lucu

Kerajinan dari botol bekas (Sumber: Istockphoto)

Kerajinan tangan dari botol bekas selanjutnya adalah celengan untuk anak. Menabung merupakan kebiasaan baik yang perlu ditanamkan sejak dini. Anda dapat melatih anak untuk mendabung dalam celengan.

Celengan dapat dibuat sendiri dirumah dengan botol plastik bekas. Salah satu bentuk celengan yang mudah dibuat adalah celengan babi. Caranyapun cukup mudah dan tak memakan banyak waktu. Berikut caranya :

Siapkan satu botol plastik bekas lengkap dengan tutupnya. Warnai botol menggunakan cat akrilik dengan warna apapun. Pastikan seluruh botol tertutup dengan cat.

Setelah itu tempelkan kedua mata di bagian leher botol, Anda bisa menggunakan mata buatan yang banyak dijual di toko bahan kerajinan, atau Anda dapat menggambarnya sendiri di kertas. Setelah itu tempelkan juga telinga dari kertas di sekitar atas mata, kemudian tempelkan kancing pada bagian tutup botol untuk memberi kesan hidung pada babi.

Untuk kaki, gunakan 4 tutup botol yang ditempelkan dibawah tubuh si celengan babi. Celengan babi sudah selesai dibuat.

5 dari 6 halaman


Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Pot Bunga Lucu

Kerajinan dari botol bekas (Sumber: Istockphoto)

Selain tempat sampah dan celengan, botol plastik bekas juga dapat disulap menjadi pot bunga dengan berbagai tampilan yang lucu seperti bentuk kucing. Caranya juga terbilang mudah.

Cukup potong botol bekas dibagian tengahnya, Anda dapat memotongnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jika Anda menginginkan bentuk kucing, maka bentuklah telinga kucing pada potongan tersebut.

Setelah itu, cat seluruh bagian botol dan lukis wajah dan bentuk hewan seperti membentuk mata, hidung, dan mulut. Jangan lupa membuat lubang sebagai tempat keluarnya air pada bagian bawah botol. Pot bunga yang lucu dan ramah lingkungan sudah dapat Anda miliki.

6 dari 6 halaman


Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Tempat Pensil

Botol bekas jadi tempat pensil (Sumber: make it love it)

Kerajinan tangan dari botol bekas lainnya adalah tempat pensil. Tempat pensil merupakan benda yang banyak dibutuhkan orang terutama bagi anak. Ternyata tempat pensil juga dapat dibuat dari barang bekas seperti botol plastik. Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya ini pun mudah untuk di praktikkan.

Siapkan dua botol plastik bekas, potong satu botol pada bagian bawahnya, kiral-kira 5-7 cm dari bawah botol. Bagian botol inilah yang akan digunakan sebagai penutup tempat pensil.

Setelah itu pada botol satunya, potong bagian atas botol, buang bagian kerucutnya. Kemudian sambungkan bagian tutup tempat pensil yang sudah dibuat tadi dengan botol yang kedua. Tempelkan resleting pada bagian sambungannya menggunakan lem tembak.  Dengan begitu tempat pensil dari botol bekas berhasil dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Apa saja alat dan bahan untuk membuat kerajinan limbah plastik?

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:.

Botol bekas..

Sendok plastik..

Lampu lengkap..

Pisau..

Obeng..

Tiang untuk tempat berdirinya lampu..

Langkah langkah pembuatan kursi dari botol?

Cara Membuat:.

Atur botol hingga membentuk segi enam. … .

Setelah tersusun rapi, satukan botol-botol tersebut dengan membalut sekelilingnya menggunakan lakban. … .

Langkah selanjutnya tutupi sekeliling botol menggunakan kardus bekas. … .

Siapkan kain yang akan digunakan sebagai penutup kursi..

Alat dan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan limbah?

Jawaban:.

gunting..

pensil..

penggaris..

pisau..

Bagaimana cara membuat tempat sampah dari botol bekas?

Langkah-Langkah:.

Kumpulkan botol bekas dengan ukuran yang sama..

Cuci botol bekas hingga bersih, kemudian jemur hingga kering..

Susun kumpulan botol hingga menyerupai bentuk tabung..

Rekatkan setiap botol yang disusun menggunakan lem tembak..

Gunakan triplek pada bagian bawah sebagai alas tempat sampa..



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *