Menguak Manfaat Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis


Di era teknologi seperti saat ini, ada banyak hal yang berubah dan menjadi lebih praktis karena adanya teknologi ini. Salah satunya adalah sistem pembayaran. Untuk memudahkan transaksi jual beli secara online atau secara daring, saat ini ada sebuah sistem pembayaran yang bernama payment gateway.

Pengertian Singkat

Jika secara harfiah, payment dalam bahasa Indonesia adalah pembayaran. Sedangkan, gateway berarti gerbang. Jika kedua arti ini digabungkan, maka sistem ini berarti sebuah teknolog yang dapat membuat bisnis menerima transaksi pembayaran dari manapun tanpa adanya batasan tempat atau waktu asalkan masih terhubung dengan internet.

Sehingga dapat disimpulkan, payment gateway merupakan alat pembayaran dalam e-commerce.  Alat pembayaran ini memiliki fungsi untuk mengotorisasi beragam proses perbankan yang dipilih oleh konsumen. Misalnya saja opsi pembayaran perbankan, kartu kredit, transfer bank, hingga pembayaran langsung dari konsumen.

Manfaat Sistem Gerbang Pembayaran

1. Transaksi Online Lebih Mudah

Manfaat pertama dari sistem ini adalah transaksi jual beli secara online menjadi jauh lebih mudah. Pasalnya, dengan menggunakan sistem pembayaran ini konsumen dan pemilik bisnis tidak perlu bertemu langsung hanya demi melakukan transaksi pembayaran karena dapat dilakukan online.

Dengan adanya sistem pembayaran yang satu in, baik konsumen atau pemilik bisnis akan terbantu karena lebih efektif. Pembayaran manual dengan cara bertemu secara langsung tentu tidak praktis dan tidak efektif, karena membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan saat melakukan transaksi pembayaran dengan sistem pembayaran yang satu ini.

2. Opsi Pembayaran Variatif 

Dengan adanya sistem pembayaran gateway ini, opsi pembayaran akan jauh lebih beragam dibandingkan pembayaran secara manual. Banyaknya opsi pembayaran yang tersedia dengan menggunakan payment gateway akan sangat membantu konsumen karena tidak perlu memiliki opsi pembayaran yang sama dengan sang penjual.

3. Transaksi Menjadi Lebih Cepat

Manfaat lain dari sistem pembayaran yang satu ini adalah transaksi menjadi lebih cepat. Seperti yang telah disinggung pada manfaat di poin pertama, manfaat yang paling terasa dari sistem pembayaran ini adalah transaksi jual beli dan pembayaran menjadi jauh lebih cepat dan praktis ketimbang menggunakan sistem pembayaran manual.

4. Keamanan yang Lebih Terjamin

Selain itu, sistem pembayaran ini keamanannya lebih terjamin dibandingkan pembayaran secara manual. Sistem ini memiliki keamanan berganda baik untuk penerima dana maupun tempat transaksi barang. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu khawatir adanya kebocoran data.

5. Tidak Ada Limit

Manfaat lain dari sistem pembayaran ini adalah tidak adanya limit transaksi. Hal ini berarti konsumen dapat melakukan transaksi sesuka mereka karena tidak adanya batasan yang harus dipatuhi. Dengan sistem pembayaran ini, penjual pun juga akan merasa diuntungkan karena banyaknya transaksi.

Jika Anda berminat untuk menggunakan payment gateway untuk merasakan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, Duitku dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda dan bisnis Anda. Sistem pembayaran di Duitku dijamin aman sehingga Anda tidak perlu khawatir.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *