Langkah Langkah Membuat header dan footer di Microsoft Word?


Hitekno.com – Cara membuat header dan footer di word sangatlah mudah, terutama bagi kamu yang ingin membuat laporan makalah atau skripsi dengan format baku seperti membuat nomor halaman dan lainnya.

Istilah fitur header and footer sebenarnya mengacu pada pengaturan page header dan page footer dari dokumen karya tulis sehingga memiliki standar yang sesuai.

Baca Juga: – Samsung Resmi Mendatangkan Galaxy S20 FE Snapdragon di Indonesia – Blibli Luncurkan Microsite, Bantu Pelanggan Menjaga Kesehatan selama PPKM – Cara Share Lokasi WhatsApp, Ketahui Lokasi Pacar secara Real Time – Lebih Bervariasi, Cara Menambahkan Font di Word – Cara Membuat Tabel di Word Beserta Modifikasinya

Selain itu header dan footer juga bisa kamu sisipkan nomor halaman, bisa juga alamat website, hak cipta, tanggal pembuatan dan lain-lainnya. Dan untuk cara membuatnya silahkan ikuti panduan berikut ini:

Membuat Header dan Footer Cara Standar

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Cara pertama menggunakan fitur Header atau Footer pada ribbon menu Insert. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka dokumen yang ingin diedit. Setelah terbuka, klik menu Insert,
  • Lalu klik Header di kolom Header & Footer.
  • Dari menu yang terbuka, pilih salah satu template jenis Header yang diinginkan.
  • Untuk membuat Footer, klik menu Insert 
  • lalu klik Footer di kolom yang sama.
  • Selanjutnya, klik template jenis footer yang diinginkan
  • Setelah itu, mulai tuliskan apa yang ingin kamu masukkan sebagai teks Header atau Footer pada bagian Header atau
  • Footer yang telah kamu buat
  • Selesai

Membuat Header dan Footer Cara Cepat

Selain menggunakan cara standar tersebut, ada cara lain yang lebih cepat untuk membuat Header atau Footer, silahkan ikuti caranya sebagai berikut:

Dengan cara ini kamu tidak perlu melakukan pengeditan melalui menu pada ribbon, namun kamu dapat dengan mudah melakukan pengeditan pada bagian yang ingin kamu rubah sesuai yang kamu inginkan.

  • Untuk membuat Header: Silahkan dobel-klik bagian kosong di atas batas margin atas (top margin) pada halaman teks yang sedang diedit
  • Untuk membuat Footer: Silahkan dobel-klik bagian kosong di bawah batas margin bawah (bottom margin) pada halaman teks yang sedang diedit.
  • Nah itu tadi cara paling mudah dalam pembuatan header dan footer di word, kini kamu bisa membuat sebuah karya ilmiah atau laporan skripsi yang sesuai dengan aturan cara penulisan.

Kamu bisa mengkreasikan berbagai macam jenis header maupun footer dengan logo atau dengan hal-hal lain yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

Cara membuat header dan footer di word – Jika Anda sering menggunakan Microsoft Office Word, tentunya sudah tidak asing lagi dengan header dan footer. Ya, header dan footer merupakan fitur yang sudah ada sebelum Microsoft Office 97 hingga sampai sekarang ini.

Memang tidak semua pengguna memakai fitur header dan footer ini, hanya sebagian yang memakainya. Contohnya orang yang ingin membuat dokumen seperti jurnal ilmiah, penerbitan buku,surat kabar, majalah dan lain sebagainya. Baca juga: Cara Memasukkan Gambar di Word dan Merapikannya

Adapun fungsi header dan footer pada Ms Word adalah sebagai catatan yang berada di bagian atas (header) dan bagian bawah (footer) sebuah dokumen yang akan muncul terus menerus pada dokumen berikutnya.

Terus, bagaimana cara membuat header dan footer di Ms Word?

Agar tau cara membuatnya, Anda bisa membaca artikel ini sampai habis agar Anda dapat mengerti langkah-langkahnya.

Daftar isi

  • 1 Cara Membuat Header dan Footer di Ms Word
  • 2 Cara Cepat Membuat Header dan Footer di Microsoft Word
  • 3 Cara Menghapus Header dan Footer
  • 4 Video Tutorialnya
  • 5 Penutup

Berikut ini adalah tutorial cara membuat header dan footer pada Ms Word yang dapat Anda ikuti.

Langkah 1. Sebelumnya Anda harus membuat beberapa lembar dokumen word yang nantinya akan dibuat header dan footer nya. Setelah itu buat nomor halaman (page number) nya.

Caranya klik Insert => Pilih Page Number => pilih Bottom of Page => pilih Plain Number 2 (ini merupakan style dan posisi nomor halaman).

Langkah 2. Kemudian ganti nomor halaman menjadi angka romawi. Caranya klik Page Number => pilih Format Page Numbers => ubah Format nomor halamannya menjadi angka romawi => klik Oke.

Catatan: Format angkanya sesuaikan dengan kebutuhan Anda, cara no 2 diatas ditujukan untuk memberikan cara mengganti format nomor halamannya.

Langkah 3. Sekarang kita akan membuat header. Caranya klik Insert => pilih Header => pilih style header yang ingin Anda gunakan.

Langkah 4. Selanjutnya kita akan membuat footer. Caranya klik Insert => pilih Footer => pilih style footer yang ingin Anda gunakan.

Catatan: Anda juga bisa mengatur font, warna, posisi dan ukuran header maupun footer. Caranya blok judul header atau footer => klik menu Home => lalu silahkan ubah font, warna, posisi dan ukurannya.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Serta Memodifikasinya

Selain cara di atas, ada cara yang lebih cepat untuk membuat header dan footer di Microsoft Word. Berikut langkah-langkahnya.

Header: Arahkan kursor pada bagian kosong di atas batas margin atas (top margin) => lalu doubel-klik pada area tersebut untuk membuat judul header.

Footer: Arahkan kursor pada bagian kosong di atas batas margin bawah (bottom margin) => lalu doubel-klik pada area tersebut untuk membuat judul footer.

Menghapus header: klik menu Insert => pilih Header => lalu klik Remove Header yang berada di bagian bawah. Maka headernya akan hilang.

Menghapus footer: klik menu Insert => pilih Footer => lalu klik Remove Footer yang berada di bagian bawah.

Nah, sekarang Anda sudah tau kan cara membuat header dan footer di Ms Word dengan cara cepat sekaligus mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Baca juga: Cara Membuat Orientasi Potrait dan Landscape Dalam Satu File Word

Video Tutorialnya

Penutup

Membuat header dan footer di Microsoft Word bisa dilakukan dengan 2 cara diatas dan Anda juga bisa langsung menghapusnya. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Menambahkan header atau footer standar atau yang dikustomisasi.

Masuk ke Sisipkan > Header atau Footer..

Pilih dari daftar header atau footer standar, masuk ke daftar opsi Header atau Footer , dan pilih header atau footer yang Anda inginkan. … .

Jika sudah selesai, pilih Tutup Header dan Footer atau tekan Esc..

Gunakan header dan footer untuk menambahkan judul, tanggal, atau nomor halaman ke setiap halaman dalam dokumen. Pilih Sisipkan > Header atau Footer. Pilih salah satu desain bawaan. Ketikkan teks yang diinginkan dalam header atau footer.

Menyisipkan header atau footer:
Pilih tab Insert, kemudian klik perintah Header atau Footer. Dalam contoh kita, kita akan klik perintah header. Pada menu yang muncul, pilih header atau footer yang disediakan. Header atau footer akan muncul.

Header dan footer umumnya mengandung informasi tambahan seperti nomor halaman, tanggal, nama pengarang, dan catatan kaki, yang dapat membantu membuat dokumen lebih terorganisir dan mempermudah dibaca. Teks yang dimasukkan pada header atau footer akan muncul pada setiap halaman dokumen.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *