Kenapa tidak bisa memindahkan file ke OBB


KEPOINDONESIA.id – Adanya File Manager atau Pengelola Berkas memudahkan kita untuk melihat semua file yang ada di memori internal atau yang ada di eksternal memori. Sebagai contoh file yang ada di memori telepon dan yang ada di kartu SD.

Seperti yang kalian ketahui banyak sekali file yang biasanya disimpan oleh seseorang. Memang jika file gambar, foto, dan video bisa dilihat di Galeri tetapi bagaimana untuk file yang lainnya?

Sebagai contoh file aplikasi dan dokumen. Kita bisa melihat semua file yang tersimpan apapun formatnya lebih mudah menggunakan aplikasi File Manager. Selain itu kita juga bisa dengan mudah menyalin atau memindahkan file dari folder satu ke folder yang lainnya.

Nah yang pernah saya alami yaitu tidak bisa memindahkan file dari satu folder ke folder lainnya. Baik dari folder yang ada di memori telepon ke folder yang ada di memori telepon juga atau ke folder yang ada di kartu SD.

Permasalahan ini sering saya alami dan mungkin pernah kalian alami juga. Lalu kenapa kita tidak bisa memindahkan atau menyalin file untuk di pindahkan? ada beberapa penyebab yang bisa membuat proses salin atau pemindahan file terganggu.

Untuk tau lebih jelasnya langsung saja kalian simak beberapa penyebab yang membuat proses pemindahan file menjadi gagal. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara hapus folder kosong serta cara membatalkan pencadangan WhatsApp yang lama.

Penyebab Tidak Bisa Memindahkan File di File Manager

1. Ukuran File Terlalu Besar

Yang pertama karena ukuran file yang ingin kalian copy atau cut terlalu besar. Misalnya file video atau game yang memiliki ukuran file lebih dari 1 GB. Di beberapa ponsel Android memindahkan file dengan ukuran lebih dari 1 GB terasa berat.

Oleh karena itu tidak jarang saat ingin memindahkan file manager terhenti atau keluar secara paksa (force close). Jika HP yang kalian miliki memiliki spesifikasi yang pas-pasan kalian bisa memindahkan atau menyalin file dengan bantuan komputer.

2. File Terlalu Banyak

Berikutnya karena file terlalu banyak. Ini bisa terjadi jika kalian memindahkan file dalam jumlah yang banyak dengan cara di tandai. Walaupun total ukuran tidak terlalu besar misalnya hanya 100 MB tetapi jika ada 1000 file maka aplikasi Pengelola Berkas tidak akan kuat.

Saran saya pindahkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak maksimal 100 file sekali memindahkan atau menyalin. Jika terlalu banyak aplikasi yang kalian gunakan tidak akan mampu walaupun menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Root Explorer atau ZArchiver.

3. Masalah Perizinan

Yang terakhir karena masalah perizinan aplikasi. Seperti yang kita ketahui di Android versi terbaru kini masing-masing izin aplikasi di atur secara manual saat aplikasi pertama kali dibuka. Oleh karena itu beri izin aplikasi yang kalian gunakan.

Sebagai contoh berizin untuk mengakses memori telepon dan kartu SD. Jika tidak diberi izin maka proses salin, pindahkan, atau bahkan proses penghapusan file tidak akan bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi jika kalian tidak bisa memindahkan atau menyalin file lewat File Manager di Android. Selain itu semakin bagus spesifikasi perangkat yang kalian gunakan jumlah file yang di transfer juga akan meningkat.

Misalnya di HP Android keluaran tahun 2017 hanya bisa memindahkan file dengan size maksimal 2 GB. Tetapi di HP keluaran tahun 2020 bisa memindahkan file dengan size sampai 10 GB.

Mengenai ruang penyimpanan mungkin kalian perlu baca tentang pengertian memori sistem di HP Android. Saya yakin kalian sedikit bingung tentang apa sebenarnya memori sistem itu. Karena memori sistem saat membeli HP sudah digunakan dalam jumlah yang banyak.

Karena memang file obb tidak terbaca bisa disebabkan banyak hal, dan juga cara atasinya berbeda-beda. Dan berikut ini penyebab dan cara memperbaiki yang bisa kamu coba satu persatu agar hasilnya bisa maksimal

Salam meletakkan file obb

Ini juga sering terjadi, ketika kamu sudah berhasil download file obb pada sebuah game. Biasanya langsung melakkan ekstrak. Dan memindah file tersebut ke folder obb

Secara default file obb itu berada di folder sesuai dengan game yang kamu install. Dan masukkan di dalam folder dengan urutan memori internal, kemudian masuk di folder android. Dan masukkan di folder OBB

Dan biasanya jika kamu belum pernah install game sama sekali, folder obb ini tidak ada atau belum ada. Jadi kamu harus buat manual jika belum ada

Merubah folder atau nama file obb

Masalah seperti ini juga bisa terjadi, karena kamu donwload dari luar atau mengambil file obb dari HP lain. Maka kemungkinan untuk kesalahan nama folder bisa terjadi. Misalnya game free fire punya nama folder obb com.dts.freefireth yang tidak boleh dirubah begitu juga file didalamnya

Jadi pastikan sesuai dengan folder asal/asli dari game yang kamu install. Bisa mencontoh di HP lain yang sudah bisa lancar bermain jika kamu kebingungan

Masuk dalam folder dobel

Ada juga yang terjadi seperti ini. Di dalam folder obb dan kamu masukkan folder sesuai nama game dan masuk lagi dalam folder. Jadi gini, misalanya kamu install game free fire dan memasukkan folder com.dts.freefireth itu sudah benar dalam folder obb. Tapi setelah kamu buka dalam folder com.dts.freefireth masih ada folder atau ada folder dengan nama yang sama. Maka ini akan gagal terdeteksi, yang benar harus langsung file .obb atau sesuai dengan game yang kamu install

Kenapa ini bisa terjadi? karena biasanya setelah kamu berhasil ekstak ada yang membuat folder bertumpuk. Jadi pastikan kamu cek dulu ya. Setiap memasukkan file obb yang benar harus sesuai dengan game yang sudah berjalan, kalau bingung bisa cek urutan seperti gambar diatas

File obb rusak

Bisa terjadi jika kamu download dari luar buka hasil kiriman dari hp lain. Bisa saja rusak karena waktu download terputus. Untuk mengatasinya bisa coba download ulang ya gaes

Baca juga: RAMHP kamu cepat penuh? bisa nambah kapasitas RAM dengan cara ini

Game tidak support

Ada beberapa game yang tidak bisa di install secara manual dengan cara memasukkan file obb ini. Sebagai contoh game aspalt yang pernah aku test, ternya game tersebut tidak bisa berjalan dengan cara insttal selain melalui google play. Yang ada nanti ada notifikasi game ilegal

Jadi, pastikan game yang kamu install bisa di install secara manual ya gaes

Itulah beberapa masalah dan cara mengatasi file obb tidak terdeteksi dapam game yang kamu install. Semoga bisa membantu dan berhasil ya gaes. Buat kamu yang pengen terus update seputar smartphone… terus kunjungi sistemhape.blogspot.com biar tetap bisa baca artikel updatenya

Bagaimana cara pasang OBB?

Buka aplikasi dari peluncur. Tutup aplikasi (force close) lewat pengaturan ponsel > Aplikasi. Buka File Manager kemudian cari pada direktori Android/Obb/, biasanya akan muncul direktori baru (kosong) dengan nama yang sudah ditentukan oleh pengembang aplikasi. Pindahkan berkas .obb ke direktori yang tadi.

File OBB disimpan dimana?

Data OBB bisa disimpan di Internal Memori/Memori Telepon atau di Eksternal Memori/kartu SD. Jika HP yang kalian gunakan tidak terpasang kartu SD maka penyimpanan yang bisa kalian gunakan yaitu memori telepon.

Mengapa file OBB hilang sendiri?

File OBB yang terhapus biasanya terjadi karena pengguna terburu-buru dalam memindahkan data OBB. Seperti yang kalian ketahui sebelum data OBB benar-benar berada di folder yang tepat aplikasi dan game tidak akan bisa digunakan.

OBB file itu apa?

File .obb adalah file perluasan yang digunakan oleh beberapa aplikasi Android yang didistribusikan menggunakan Google Play Store. Ini berisi data yang tidak disimpan dalam paket utama aplikasi (file. APK), seperti grafik, file media, dan aset program besar lainnya.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *