Kekurangan Perumahan Komersil Dibandingkan Perumahan Subsidi


Perumahan komersil memang lebih banyak dipilih bagi orang yang mementingkan kualitas untuk hunian jangka panjang. Namun jika mencari rumah murah malang dan masih masuk ke kriteria yang bisa membeli rumah subsidi, memahami kekurangan perumahan komersil bisa menjadi hal yang membantu.

Meskipun banyak kelebihan dari perumahan komersil yang membuatnya dipilih oleh beberapa orang yang sebenarnya bisa membeli rumah subsidi, bukan berarti tidak ada kekurangan pada rumah jenis ini. Maka dari itu, penting untuk memahami kekurangan rumah komersil sebelum memutuskan membelinya.

Kekurangan Perumahan Komersil Dibanding Perumahan Subsidi

Berikut adalah beberapa kekurangan dari rumah komersil dibanding rumah subsidi yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli rumah:

  1. Memiliki Harga yang Jauh Lebih Mahal dari Perumahan Subsidi

    Kualitas material rumah komersil memang seringkali lebih baik dibanding rumah subsidi, begitupun fasilitas yang tersedia. Namun, hal tersebut juga sejalan dengan harga rumah komersil yang bisa mencapai lebih dari 2 kali lipat rumah subsidi untuk tipe yang sejenis.

    Misalnya jika yang dicari dari awal adalah harga rumah di malang yang murah dan sesuai budget serta kebutuhannya sudah mendesak, rumah subsidi tetap bisa menjadi pilihan. Sisa uang lebih bisa digunakan untuk menabung atau kebutuhan lainnya.

  2. Potensi Kenaikan Harga Cukup Tinggi

    Jika dilihat sekilas, potensi kenaikan harga tentunya bisa menjadi keuntungan bagi yang ingin menjual rumah. Namun, hal ini bisa menjadi kekurangan bagi yang ingin membeli rumah untuk kebutuhan hunian yang mendesak dan dalam jangka panjang.

    Potensi kenaikan harga yang terlalu cepat bisa membuat calon pembeli harus buru-buru membeli rumah tersebut. Karena jika menunda membeli rumah, maka ada kemungkinan sudah terjadi kenaikan harga pada rumah yang diincar tersebut.

  3. Sistem KPR Mengikuti Suku Bunga BI

    Teruntuk pembeli yang ingin menggunakan sistem KPR, hal yang harus dipahami adalah dari segi suku bunga. Untuk rumah komersil, KPR akan mengikuti suku bunga BI yang tentunya cenderung lebih mahal sehingga harus dipertimbangkan matang-matang.

Beberapa kekurangan dari perumahan komersil di atas adalah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan memilih rumah. Jika memang mencari rumah murah Malang untuk hunian jangka panjang dengan budget terbatas, membeli rumah subsidi bisa menjadi solusinya.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *