Kapasitas Oli Mesin Voxy


Kapasitas oli mesin Toyota Voxy sebesar 3,3 liter dengan filter oli dan 3,1 liter tanpa filter oli. Mobil ini hanya mempunyai satu pilihan mesin dengan performa yang cukup memuaskan yaitu 3ZR-FAE, 4 silinder, 16 katup berteknologi DOHC. Mobil dengan kapasitas 1.987 cc ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 152 PS per 6.100 RPM dengan torsi maksimum 19.7 Kgm per 3.800 RPM.

Toyota Voxy adalah mobil MPV ukuran menengah yang diproduksi oleh Toyota untuk pasar Jepang dan Indonesia. Toyota All New Voxy bisa dikatakan cukup irit. Apalagi, mengingat bobot mobil yang cukup berat dengan kapasitas mesin yang juga cukup besar, yakni 2.000 cc.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Vellfire

Kapasitas Oli Mesin Voxy

Toyota Voxy adalah mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Dengan kapasitas oli mesin Toyota voxy yang mampu memanfaatkan kinerja mesin sebagai mobil keluarga untuk perjalanan jauh. Toyota Voxy juga kerap digunakan sebagai transportasi sehari-hari mulai dari mengantar anak ke sekolah, pergi ke kantor, atau sekadar membeli kebutuhan pokok di supermarket.

Fitur-fitur yang tersemat pada eksterior dan interior Toyota Voxy juga menjadi daya tarik mobil MPV ini, termasuk penampilannya yang memberi kesan tangguh dan maskulin.

Voxy, Mobil Toyota Yang Cukup Langka

Toyota Voxy merupakan satu keluarga dengan MPV Toyota Noah dan Esquire di Jepang. Keluarga Toyota Noah ini hadir pertama kali tahun 2001 dan Toyota Voxy hadir pertama kali tahun 2014. Di Indonesia, Toyota Noah hadir pertama kali tahun 2012, dan dijual sebagai Toyota Nav1 di sini. Baru kemudian pada tahun 2017,  Toyota memutuskan mengganti Toyota Nav1 dengan Toyota Voxy yang merupakan facelift dari generasi ketiga. Dengan bentuknya yang boxy dan premium, Toyota Voxy banyak disebut-sebut sebagai Baby Alphard.

Pada 17 Februari 2022, PT Toyota Astra Motor memperkenalkan generasi terbaru Toyota Voxy 2022 di Jakarta, hanya berselang satu bulan setelah diperkenalkan di Jepang. Meski masih memperkenalkan sosok yang ‘boxy’, tampilan Voxy 2022 berubah drastis. Fascia depan kini semakin tampil agresif, dengan lampu utama tiga lapis, DRL, lampu utama dan lampu kabut.

Secara keseluruhan, rancang bangun mobil ini menggunakan platform TNGA-C. Untuk menyesuaikan itu, Toyota membenamkan mesin bensin baru M20A-FKS, menggantikan 3ZR-FAE namun sama-sama 2.000 cc. Fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) terbaru generasi ketiga juga disematkan pada MPV ini.

Meski tak lagi dilengkapi double moonroof seperti pada Voxy generasi sebelumnya, harga Toyota Voxy 2022 naik Rp47 jutaan dibanduingkan sebelumnya. Ditawarkan hanya dengan satu varian, harga Toyota Voxy 2022 kini mencapai Rp558,2 juta. Ada juga versi premium color yang harganya Rp561,2 juta.

Eksterior

Tampilan desain eksterior Toyota Voxy 2022 menunjukkan perubahan yang cukup radikal, terutama pada fascia depan yang terlihat jauh lebih agresif ketimbang model lamanya. Pada Voxy bagian grille-nya mendominasi hampir 90 persen dari bagian bemper depan. Grille-nya memiliki bentuk yang unik di kedua sisinnya, yang membungkus lampu kabut di bagian bawah, menjadikan tampilan bagian depannya sangat menonjolDari samping, sosok mengotak khas MPV boxy masih tampak menonjol.

Desainnya mengkotak dengan kaca jendela lebar, meski ada beberapa perbedaan dengan Voxy generasi sebelumnya. Di bagian belakang perbedaan dengan model lama Voxy ada pada lampu belakangnya yang kini dominan horizontal, dibandingkan vertical seperti sebelumnya. Lampu remnya lebih kecil namun tetap berlapis mika bening.

Di antara lampu belakang juga kini ada garnish berwarna hitam dengan aksen garis chrome. Perbedaan juga terlihat dari bagian bumper belakang, terutama pada bagian reflector serta spoiler atap belakang yang kini desainnya lebih ramping. Toyota Voxy 2022 memiliki ukuran dimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm yang memberikan gambaran keleluasaan di bagian dalamnya.

Pilar C-nya mendapatkan tambahan jarak 75 mm untuk keleluasaan kabin. Voxy 2022 berdiri di atas platform TNGA dengan wheelbase sepanjang 2.850 mm. Ground clearance yang dimilikinya 155 mm. Lampu depan tiga tingkatan dengan bagian paling atas adalah Daytime Running Light (DRL) berteknologi LED yang bentuknya melancip dan kini lebih panjang dari model sebelumnya.

Lampu utama di bagian bawahnya, seakan menyatu dengan grille yang juga berteknologi LED. Yang menarik, lampu kabutnya “ngumpet” di antara grille-nya yang unik itu, hal ini membuat tampilan Toyota Voxy menjadi lebih istimewa. Ukuran velg Toyota Voxy berdiameter 17 inci dengan ukuran lebar 6J. Desainnya sedikit berubah, meskipun masih dengan menggunakan balutan dual tone, kini velg-nya menggunakan velg palang 10. Velg ini berbalut ban 205/55 R17. Untuk ban serep menggunakan ban cadangan space-saver berukuran T125/70D17.

Interior

Tampilannya dashboard Voxy alami perombakan total. Layoutnya cukup unik karena ada cekungan di bagian tengah yang menjadikannya tampak seperti meja. Apalagi di kedua ujungnya ada cupholder yang tampil serasi. Lingkar kemudinya mirip dengan kepunyaan Toyota Corolla Cross. Dibalik setir terpasang pula panel instrument full digital yang lagi-lagi tampilannya mirip Corolla Cross.Dominasi warna hitam dipadukan dengan beberapa aksen silver yang membuatnya tampil lebih sporty.

Tombol-tombolnya serasi berpadu dengan panel layar LCD untuk pengaturan AC. Material empuk mendominasi dashboard yang menjadikannya tampil mewah. Di Indonesia Voxy hadir dengan kapasitas 7 penumpang dimana di baris kedua berupa captain seat yang pengaturannya sangat fleksibel.

Bahkan dengan menurunkan seluruh sandarannya, dan menyatukan dengan baris kursi paling belakang menyuguhkan tempat tidur yang cukup panjang. Ruang dan Kepraktisan: Tak dapat disangkal, dengan dimensinya yang juga membesar, maka kabin di dalamnya juga menjanjikan keleluasaan lebih baik. Peghaturan bangku yang fleksibel juga memanjakan penumpangnya.

Soal kepraktisan ini juga diberikan oleh adanya fitur Dual Sliding Door with New Kick Sensor dan New Dashing Power Back Door with Side Button. Kini kedua pintu samping dan juga pintu belakang dapat dibuka dengan mudah. Pintu samping dapat dibuka dengan melakukan gerakan menendang di bagian bawah pintu, maka pintu geser akan terbuka otomatis.

Sementara pintu bagasi dapat dibuka hanya dengan menekan tombol di samping bodi mobil untuk mempermudah proses membuka bagasi di tempat sempit. Bagasi: Namun layaknya semua MPV, ruang bagasi berbagi dengan bangku baris ketiga, sehingga kapasitas maksimal dapat diraih dengan melipat bangku baris ketiga dan mengorbankan kapasitas angkut.

Fitur

Soal fitur keselamatan, Toyota Voxy menjadi yang pertama di Indonesia yang disematkan Toyota Safety Sense 3.0 . Pada TSS 3.0 ini ada empat fitur utama yaitu Pre-Collision System, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam. Selain itu masih ada New Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold Button, Panoramic View Monitor, dan SRS Airbag yang lengkap.

Pada kaca spion samping Voxy juga dilengkapi dengan Blind Spot Monitor serta fungsi pemanas untuk menghalau kabut. Fungsi kenyamanan di Voxy dimulai dari fleksibilitas bangku baris kedua yang dapat diratakan dengan bangku belakang sehingga mirip dengan sofa di rumah.

Mesin

Tipe mesin yang digunakan Voxy berkode M20A-FKS yang merupakan mwesin berteknologi Dynamic Forces dari Toyota. Pada mesin 4-silinder ini berkapasitas 1.986 cc, DOHC, 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 170 PS pada 6.600 rpm dan torsi 202 Nm pada 4.900 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesinnya diteruskan ke roda penggerak depan melalui transmisi CVT.

Dengan platform baru TNGA-C menjamin kenyamanan dan pengendalian yang baik pada Voxy terbaru. Suspensi depan Voxy menggunakan MacPherson struts dan di belakang dengan torsion beam. Konsumsi bahan bakar Toyota Voxy baru ini dapat mencapai 15 km/liter.Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Veloz

Perbedaan Toyota Voxy Generasi Lama dan Terbaru

Eksterior

Perubahan yang paling kentara dari All New Voxy terbaru adalah pada bagian grille yang kini lebih lebar hingga ke bumper depan. Lampu depannya menampilkan kesan 3D dan menyatu dengan grille yang dikelilingi oleh aksen krom. Sementara itu, lampu siang harinya yang disematkan di bawah kap mesin memiliki desain yang lebih tipis dan tajam terpisah dari lampu utamanya. Kesan mewah dan elegan pada All New Voxy semakin kental berkat ubahan-ubahan tersebut.

Pada generasi sebelumnya, Toyota Voxy menggunakan atap dengan sunroof/panoramic roof sementara di model terbaru fitur tersebut sudah disingkirkan. Alasannya konsumen di segmen ini tidak terlalu mementingkan peranti sunroof dan lebih fokus pada kenyaman interior yang lega dengan dukungan fitur yang memanjakan penumpangnya. Kedua pintu sliding doornya dapat dioperasikan dengan menggunakan kick sensor atau dengan menggerakan kaki di bawah pintunya.

Interior

Sejumlah penyempurnaan juga dilakukan di seluruh sisi mulai dari tema kabin yang didominasi oleh nuansa hitam serta penggunaan material soft-touch pada dashboard hingga joknya. Jok dengan gaya captain seat pada All New Voxy ini juga dapat dilipat rata hingga membentuk konsep sofa dan membuatnya memiliki konfigurasi 4-penumpang yang roomy.

Melalui fitur T-Intouch tersebut Anda bisa mengetahui kondisi kendaraan mulai dari jarak tempuh, jadwal servis hingga posisi kendaraan atau yang dikenal Find My Car. Fitur-fitur seperti ini tidak ditemukan pada generasi Toyota Voxy sebelumnya dan tentu saja menjadikan nilai tambah untuk model terbarunya.

Fitur

Dukungan fitur keselamatan Toyota Safety Sense juga tak luput disematkan pada generasi Toyota Voxy terbaru ini. Pengendara dapat memanfaatkan Pre Collision System yang mendeteksi berbagai objek di sekitar kendaraan mulai dari mobil, sepeda hingga pejalan kaki. Sehingga kemungkinan terjadinya benturan atau kecelakaan lebih minim terjadi saat di jalan raya. Anda juga akan dimanjakan dengan layanan Lane Tracing Assist yang menampilkan kondisi sekitar kendaraan dengan format 3D.

Fitur yang terdapat pada paket Toyota Safety Sense adalah Dynamic Radar Cruise Control yang dapat menyesuaikan laju kendaraan dengan kecepatan kendaraan di depannya. Selain itu, tersedia pula fitur Auto High Beam yang memaksimalkan pencahayaan saat berkendara di malam hari. Di samping itu, fitur seperti New Electric Parking Brake and Auto Brake Hold Button, hingga Complete SRS Airbag juga masih disematkan pada Voxy terbaru ini.

Ditambah lagi peranti Blind Spot Monitor yang terdapat di spion luar serta Heater Function yang dapat menghilangkan embun pada kaca juga hadir di generasi terbaru All New Voxy.

Mesin

All New Voxy berdiri di atas platform Toyota New Global Achitecture (TNGA) dengan dukungan mesin baru 4-silinder 2,0 liter yang menghasilkan tenaga 168 hp. Terdapat peningkatan performa jika dibandingkan dari mesin lama yang memiliki tenaga 150 hp dengan torsi 193 Nm. Selain itu, Toyota juga mengklaim berkat penggunaan platform TNGA, All New Voxy memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Di atas kertas, konsumsi All New Toyota Voxy mencapai 15 km/liter.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix



Selengkapnya Klik Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *