Kapasitas Oli Mesin Sienta


Kapasitas oli mesin toyota Sienta berkisar 3,1 liter tanpa filter oli dan 3,3 liter dengan filter oli. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder dengan kode 2NR-FE, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I, dengan kapasitas mesin 1.497 cc. Perpaduan mesin ini dengan sistem transmisi CVT menghasilkan perpindahan transmisi yang lebih halus dan mesin yang lebih responsif dibandingkan dengan transmisi manualnya.

Selain sistem transmisi CVT-nya, Toyota Sienta juga unggul dalam hal suspensinya. Untuk suspensi depannya, mobil ini menggunakan MacPherson strut dengan coil spring dan stabilizer. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, Toyota Sienta menggunakan Torsion beam dengan coil spring dan stabilizer

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Voxy

Kapasitas Oli Mesin Sienta

Toyota Sienta merupakan mobil MPV yang cocok untuk keluarga. Selain kapasitas kabin yang besar, mobil ini juga memiliki fleksibilitas yang cukup baik. Fitur yang disematkan pada mobil ini juga cukup lengkap. Kapasitas oli mesin Sienta sebesar 3,3 liter sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Meskipun mobil Sienta tersedia dalam beberapa jenis transmisi, tetapi cukup sesuai dengan permintan konsumen yang bervariasi.

Pada Tahun 2020, Toyota New Sienta hadir dalam banyak pilihan. Varian yang bisa dipilih konsumen, antara lain adalah 1.5 E Black Trim (M/T dan CVT), 1.5 G Black Trim (M/T dan CVT), 1,5 V M/T (Black Trim dan Fromage Trim), 1.5 V CVT (Black Trim dan Fromage Trim), 1.5 Q CVT (Black Trim dan Fromage Trim), 1.5 G (M/T dan CVT), 1.5 V (M/T dan CVT) dan yang paling tinggi adalah 1.5 Q (CVT).

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan, TAM merilis Toyota New Sienta 2020 ini dengan banderol mulai dari Rp 247 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan varian yang paling tinggi dilepas dengan harga Rp 313 jutaan. Mengenai warna yang ditawarkan, New Sienta 2020 ini hadir dalam enam pilihan warna, antara lain Red Mica Metallic, Citrus Yellow, Super White, Silver Metallic, Grey Metallic, dan yang terakhir Attitude Black Mica.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Vellfire

Toyota Sienta

Toyota Sienta disebut juga dengan mini MPV atau MPV kompak yang hadir dalam konfigurasi tujuh penumpang dan sudah dirakit di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. MPV Segmen C ini telah mendapatkan facelift yang diperkenalkan pada 2 September 2019 silam. Hingga kini, Sienta yang dipasarkan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya mendapatkan mesin 2NR-FE 1.5L 4-silinder segaris dengan trasmisi manual dan CVT.

Desain Eksterior Toyota Sienta

Kendati Toyota Sienta diciptakan sebagai sebuah MPV yang notabene merupakan mobil keluarga, mobil ini memiliki desain eksterior yang cukup menarik. Fitur yang dimiliki desain eksterior mobil Toyota Sienta juga bergantung pada tipenya masing-masing. Toyota Sienta Tipe G merupakan tipe Toyota Sienta dengan fitur eksterior yang paling sederhana.

Toyota Sienta tipe G dan tipe V dilengkapi dengan New Rear Spoiler, LED Rear Combination Lamp, dan Projector Halogen. Lampu LED yang disematkan di bagian belakang dan proyektor di bagian depan dinilai dapat meningkatkan kualitas dan jarak penerangan. Jika dilihat dari segi desain Toyota Sienta, kedua lampu ini memiliki tampilan yang apik.

Sementara itu, Toyota Sienta Tipe Q sebagai varian tertinggi memiliki fitur eksterior yang terkesan lebih gagah. Tipe yang satu ini menggunakan Bi-Beam LED Projector Headlamp dengan LED Clearance Lamp dengan desain yang tajam dan agresif.

Desain Interior Toyota Sienta

Pada bagian interiornya, Toyota ingin menampilkan konsep yang berkesan modern, aktif, dan menyenangkan dari Toyota Sienta. Mobil MPV ini bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Barisan ketiganya juga merupakan 3rd Row Dive-In Seat yang fleksibel untuk membuat kapasitas ruang penyimpanan menjadi lebih besar. Kursi-kursinya dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Khusus untuk Toyota Sienta Tipe Q dan Tipe V, bagian interiornya menggunakan warna Burgundy. Pada kedua tipe ini ada pula armrest di kursi baris pertama dan kedua. Pada Toyota Sienta, setir mobilnya dibalut kulit dan dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch. Dengan fitur yang satu ini pengemudi dapat dengan mudah mengontrol musik yang sedang dimainkan tanpa harus kehilangan fokus saat berkendara.

Tetapi sayangnya model setir dan fitur ini hanya tersedia pada Toyota Sienta Tipe Q dan Tipe V.

Mesin Toyota Sienta

Semua tipe Toyota Sienta menggendong mesin yang sama. Yang membedakannya satu sama lain hanya pada tipe transmisinya. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder segaris 2NR-FE, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I, dengan kapasitas mesin 1.497 cc. Perpaduan mesin Toyota Sienta dengan sistem transmisi CVT disebut menghasilkan perpindahan transmisi yang lebih halus dan mesin yang lebih responsif dibandingkan dengan transmisi manualnya. Selain itu, getaran yang dihasilkan juga bisa diminimalisir.

Selain sistem transmisi CVT-nya, Toyota Sienta juga unggul dalam hal suspensinya. Untuk suspensi depannya, mobil ini menggunakan MacPherson strut dengan coil spring dan stabilizer. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, Toyota Sienta menggunakan Torsion beam dengan coil spring dan stabilizer. Suspensi ini dinilai dapat membuat batingan mobil menjadi lebih halus dan aman.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R

Alasan Membeli Toyota Sienta

1. Kemudahan Akomodasi

Pemilihan Toyota New Sienta 2020 sebagai kendaraan keluarga memang tidak ada salahnya. Mobil yang mengusung pintu sliding door ini, memberikan kemudahan dalam akses dalam keluar masuk bagi penumpang di baris kedua dan ketiga. Bahkan, hal tersebut juga ditopang dengan ruang yang lega, baik dari legroom, headroom, sampai keleluasaan untuk menuju baris ketiga.

Selain itu  dengan berbekal sliding door, maka saat berada di parkiran yang mepet, mobil ini tidak membutuhkan ruang yang besar untuk membuka dan menutup pintu tersebut.

2. Bahan bakar Irit dan Ramah lingkungan

Mobil keluarga seperti Toyota New Sienta 2020 memang bisa menjadi pilihan tepat. Selain menawarkan akomodasi yang baik, rupanya untuk konsumsi bahan bakar yang dihasilkan, mobil ini juga sangat efisien. Berdasarkan beberapa informasi pengetesan, Toyota New Sienta 2020 mampu mencetak angka konsumsi bahan bakar 14,5 kilometer per liter untuk rute dalam kota. Sedangkan untuk rute jalan tol, konsumsi yang dihasilkan lebih hemat lagi yakni 17,5 kilometer per liter.

Berkat efisiensi tersebut, maka penggunaan Toyota New Sienta 2020 ini sangat akomodatif untuk berpergian ke luar kota ataupun untuk mobilitas harian di dalam kota.

3. Kabin yang nyaman

Untuk memberikan kenyamanan pada sebuah mobil keluarga, tentu salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah tingkat kekedapan suara dari luar yang masuk ke dalam. Untuk perihal tersebut, New Sienta 2020 memberikan kenyamanan serta privasi yang bisa dibilang mumpuni.

Suara dari luar mampu diredam dengan sangat baik. Sehingga, dengan begitu mereka yang berada di dalam mobil tetap sangat nyaman meski kondisi di luar sangat riuh. Hal tersebut juga bisa diantisipasi dengan suguhan entertainment yang mumpuni.

Pada New Sienta 2020, telah dibekali dengan layar entertainment seluas 6,8 inch yang bisa mengoperasikan segala kebutuhan pemiliknya. Mulai dari USB Mirroring, emergency call, dual zone output setting, DVD, iPod tau iPhone Connectivity, USB, dan Bluetooth, serta didukung dengan enam buah speaker di beberapa sisi.

4. Fitur Keselamatan

New Sienta 2020 tidak hanya tampil dengan desain elegan untuk sebuah mobil keluarga. Tetapi, New Sienta 2020 juga hadir dengan fitur-fitur keselamatan yang mampu menjamin keselamatan pengendara dan penumpang selama perjalanan.

Beberapa fitur keselamatan yang sudah dibekali untuk menjaga konsumennya, antara lain adalah Dual SRS Airbag dan Knee Airbag, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control (VSC), ABS (Anti-lock Braking System), EBD, Braking Assist, dan ISOFIX.

5. Adanya Teknologi khusus disabilitas

Sebagai mobil keluarga, New Sienta 2020 tidak hanya memperhatikan kenyamanan sebuah keluarga. Tetapi, pada generasi terbaru Sienta, PT Toyota Astra Motor juga telah menghadirkan model yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

Untuk memanjakan mereka, Toyota akhirnya merilis Sienta Welcab, di mana model ini dirilis secara terpisah dari keluarga Sienta. Pada Sienta Welcab, kursi sebelah kiri bisa dioperasikan melalui pengaturan yang tersedia untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Bukan hanya itu, pada Sienta Welcab, Toyota juga sudah menambahkan fitur air purifier dan extra protection cabin filter untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan kabin. Untuk Sienta Welcab ini, dibanderol dengan harga yang berbeda, yakni mulai dari Rp 362 jutaan (tipe M/T) dan Rp 380,4 jutaan (tipe CVT).

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Terios

Hadirnya Toyota Sienta Welcab

Toyota kembali menghadirkan varian baru untuk Toyota Sienta yaitu welcab. Seperti namanya, fitur unggulannya adalah kursi welcab produksi Toyota, yang ramah bagi orang tua penyandang cacat dan lanjut usia. Kursi tersebut dapat bergerak keluar masuk pintu secara otomatis menggunakan tombol kontrol yang ada di kursi atau melalui aplikasi smartphone yang terhubung dengan Bluetooth.

Kursi welcab ada pada bagian sisi kiri baris kedua Sienta, bentuknya berupa kursi kapten dengan sandaran tangan kanan, sandaran kepala, plus sandaran kaki. Sedangkan di sisi kanan terdapat tempat duduk kapten dengan satu sandaran untuk tangan kiri. Versi konsepnya sempat diperlihatkan pada Indonesia Trade Expo ke-33 pada Oktober 2018.

Toyota memprediksikan produksi dan penjualan massal akan dilakukan pada 2019, namun ternyata perkiraan tersebut meleset. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, tak heran Toyota tetap optimistis Sienta tetap memiliki daya tarik tersendiri di mata publik.

Tampilan

Toyota Sienta Welcab tidak mengalami perubahan dimensinya, tetap mengusung basis Sienta V dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 2.750 mm. Pada bagian kaki-kaki, Sienta Welcab menggunakan pelek berukuran 16 inci dengan profil ban 195/50. Nah, untuk sistem pengeremannya mobil ini menggunakan cakram berventilasi di bagian depan dan cakram padat di bagian belakang.

Soal tenaga, Toyota Sienta Welcab menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder DOHC dual VVT-i. Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, tenaganya mencapai 107 hp pada 6.000 rpm, sedangkan torsinya 193 Nm pada 4.200 rpm. Mengamati bagian interiornya, kabin Toyota Sienta Welcab didominasi dengan warna hitam, serta dengan list silver di bagian dashboard.

Beberapa penempatan tombol terlihat berbeda sob, seperti saat duduk di kursi pengemudi, di belakang kemudi terdapat tombol AC belakang, purifier dan buka tutup pintu geser yang bekerja secara elektrik. Sedangkan lingkar kemudi hanya memiliki satu sisi yang terdapat tombol. Ini terintegrasi dengan head unit untuk volume dan track.

Selanjutnya di bagian tengah dashboard terdapat head unit dengan layar berukuran 8 inci yang dapat diintegrasikan dengan smartphone melalui bluetooth. Fitur hiburan lainnya dapat dihubungkan melalui USB atau CD / DVD. Seperti mobil Toyota lainnya, Sienta Welcab juga dilengkapi dengan fitur M-Toyota.

Fitur Pendukung

Terdapat pengaturan AC yang sudah digital dengan dial pengaturan suhu. Serunya, Toyota Sienta Welcab dilengkapi dengan tempat penyimpanan botol sebanyak 6 buah. Mobil ini berkapasitas 5 penumpang dengan captain seat di baris kedua.

Mengingat Toyota Sienta Welcab merupakan mobil yang ramah disabilitas, maka jok di kiri baris kedua bisa disetel menggunakan remote di samping hingga jok keluar dari mobil. Fitur ini sangat membantu saat kursi digunakan oleh penyandang disabilitas atau lansia.

Joknya juga dilengkapi papan untuk pijakan kaki, tapi bisa dilipat saat tidak digunakan. Ini adalah hal kecil yang penting, jika tidak ada papan, kaki-kaki pasti akan seret saat mengatur jok keluar dari mobil.

Selain remote built-in dari mobil, pengaturan yang sama dapat dilakukan melalui aplikasi Kontrol Kursi. Koneksinya pakai bluetooth, kodenya ada di belakang jok. Nah, jok berputar ini memang tidak memiliki pengaturan jok secara umum, misalnya bolak-balik.

Mengingat kapasitas kursi yang hanya 5 penumpang, di baris ketiga hanya tersisa satu kursi. Sayangnya, saat mencoba masuk ke baris ketiga terasa cukup sempit. Sandaran lengan harus dilipat agar aksesnya lebih mudah, namun saat duduk pun kaki tidak terasa nyaman karena tidak ada jarak yang tersisa.

Meski hanya ada satu penumpang di baris ketiga, tersedia dua cup holder. Sisi kiri sengaja dibuat kosong dan bisa digunakan untuk tempat penyimpanan kursi roda atau barang lain.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix Hybrid

Fitur Keamanan dan Keselamatan Terbaru Milik Toyota Sienta

Fitur keamanan aktif

1. Antilock-Braking System (ABS) + Electronic Brake-Force Distribution (EBD)

Fitur ini merupakan hal wajib yang dibenamkan untuk menjaga keselamatan ketika mobil melakukan pengereman mendadak. Dengan adanya ABS, maka roda tidak terkunci, sehingga pengemudi dapat melakukan counter untuk menghindar dari objek yang ada di depan.

Fitur EBD membuat distribusi pengereman dibagi menjadi rata dan sesuai kebutuhan. Sehingga, dengan adanya fitur tersebut mobil Sienta bisa dikoreksi untuk dikoreksi kemudinya.

2. Vehicle Stability Control (VSC)

Tujuannya, fitur ini memiliki fungsi untuk mendeteksi dan mencegah mobil agar tidak tergelincir pada saat mobil tengah melaju. Dengan teknologi tersebut, maka roda mobil tidak akan selip atau kehilangan traksi.

3. Hill-Start Assist Control

Untuk fitur yang satu ini, sangat membantu bagi pengemudi yang kurang cekatan dalam mengantisipasi jalanan menanjak. Adapun fungsinya adalah fitur yang mampu menahan laju mobil selama tiga detik ketika berhenti pada permukaan jalan yang menanjak.

Fitur Keamanan Pasif

1. Dual SRS Airbag dan Knee Bag

Dengan adanya fitur standar keselamatan Dual SRS Airbag, ketika terjadi benturan kencang, maka airbag akan mengembang dan melindungi pengemudi dan penumpang secara bersamaan. Ditambah dengan adanya Knee Airbag, maka tingkat cedera juga dapat diminimalisir.

2. ISOFIX

Fitur keselamatan yang satu ini menjadi wajib ada bagi keluarga kecil yang memiliki anak kecil. ISOFIX sendiri merupakan standar keselamatan internasional, di mana fitur ini berfungsi sebagai fitur keamanan untuk penggunaan baby car seat.

3. Seatbelt with Pre-tensioner

Ketika terjadi kecelakaan atau membentur objek di depan dengan kecepatan kencang, sebelum airbag mengembang ada fitur keselamatan lain yang akan menahan gravitasi akibat dorongan. Seatbelt menjadi salah satu fitur keamanan yang harus digunakan sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Ayla



Selengkapnya Klik Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *