Jawaban saat di tanya kelebihan dan kekurangan saat interview


Binar Academy – Kelebihan dan kekurangan saat interview menjadi instrumen wajib karena sering ditanyakan. Biasanya pencari kerja akan diminta menyebutkan masing-masing 3. Pertanyaan seperti ini tidak boleh disepelekan karena mempengaruhi hasil penilaian. 

Kamu mungkin akan kebingungan jika tidak mengetahui apa saja nilai lebih pada dirinya sendiri. Jika tanpa persiapan, biasanya kandidat pencari kerja membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya. 

Oleh karena itu, jauh hari sebelumnya harus mempersiapkan minimal 3. Dengan demikian, saat pertanyaan itu muncul bisa langsung menjawab dengan cepat sehingga proses wawancara menjadi lancar. 

10 Contoh Kelebihan Diri untuk Ditonjolkan Saat Interview

Sumber: The Balance Careers

Banyak orang merasa kesulitan untuk menyebutkan apa saja kelebihan dalam dirinya. Oleh karena itu, pastikan kamu menyimak contoh kelebihan yang dimiliki pada ulasan berikut. 

1. Bersifat Fleksibel

Sikap ini banyak dipilih pencari kerja ketika mendapatkan pertanyaan seputar kelebihan. Apabila memiliki sikap fleksibel maka bisa menempati berbagai posisi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

2. Bisa Bekerja dalam Tim

Jiwa mandiri dibutuhkan saat bekerja, namun ada masanya seorang pegawai harus bekerja bersama tim. Apabila bisa melakukannya, maka otomatis kamu merupakan tipe orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Oleh karena itu, tidak heran jika kelebihan dan kekurangan saat interview sering dimasukkan dalam daftar pertanyaan wawancara. Apabila kamu termasuk orang yang sulit beradaptasi maka bisa melatih diri terlebih dahulu. 

3. Rasa Percaya Diri Tinggi

Kamu harus mengungkapkan rasa percaya diri secara tegas dengan gestur baik. Jangan lupa untuk memberikan beberapa contoh untuk meyakinkan pewawancara. 

4. Berpenampilan Menarik

Penampilan bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, penampilan harus menarik namun tetap sopan. Pakaian rapi menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bisa bekerja dengan baik dan hati-hati. 

5.Mampu menjadi Problem Solving

Kelebihan dan kekurangan saat interview juga dapat dilihat dari bagaimana cara menentukan problem solving. Kemampuan ini bisa menjadi nilai lebih karena di setiap pekerjaan terkadang muncul suatu masalah. 

Orang yang mempunyai kemampuan ini biasanya memiliki inisiatif untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Apabila kamu adalah seorang fresh graduate maka bisa menceritakan pengalaman ketika mengikuti organisasi. 

6. Bersikap Jujur

Sikap jujur diperlukan dalam dunia kerja. Contohnya adalah kamu tidak sungkan untuk bertanya kepada atasan jika kurang paham dengan pekerjaan. Sikap tersebut mencerminkan karyawan yang bisa bekerja dengan baik. 

7. Daya Kreativitas Tinggi

Kelebihan dan kekurangan saat interview salah satunya adalah bersikap kreatif. Kreativitas dibutuhkan untuk menciptakan inovasi baru sehingga bisnis menjadi berkembang pesat. 

8. Kemampuan Public Speaking Baik

Di dunia kerja, kamu pasti akan banyak berinteraksi dengan klien maupun rekan kerja. Oleh karena itu, jika kamu memiliki public speaking baik pasti akan menjadi nilai plus. 

9. Memiliki Interpersonal yang Baik 

Ciri-ciri orang yang mempunyai interpersonal baik adalah mudah bergaul dengan siapa saja. Dengan demikian, nantinya bisa menjalin hubungan kerja yang baik antar sesama pegawai. 

10. Mempunyai Skill Leadership

Kelebihan dan kekurangan saat interview bisa ditunjukkan dengan menceritakan bahwa kamu memiliki skill leadership yang baik. Kamu bisa memberikan contoh agar lebih meyakinkan. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Saat Interview yang Wajib Dihindari Para Pencari Kerja

10 Contoh Kekurangan diri yang Bisa Disampaikan Ketika Interview

Sumber: AllBusiness.com

Sering kali orang tidak menyadari adanya kekurangan pada diri masing-masing. Beberapa contoh di bawah ini dapat membantu kamu untuk memahami apa saja kekurangan yang dimiliki. 

1. Bersikap Impulsif

Orang yang memiliki sikap ini terkadang mengabaikan konsekuensi dari setiap keputusan. Akan tetapi, ada sisi positif yang bisa dijadikan pelajaran, yaitu bisa mengambil keputusan dengan cepat. 

2. Rasa Percaya Diri Rendah

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, jika kamu mengungkapkan kelemahan ini jangan lupa untuk menyebutkan berbagai upaya yang telah dilakukan. 

3. Kurang Mahir Menggunakan Bahasa Asing

Apabila kelebihan dan kekurangan saat interview ini ada dalam diri kamu maka berusahalah untuk menjelaskan usaha untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Misalnya mengikuti les bahasa asing secara online. 

4. Bersifat Introvet

Memiliki kepribadian terlalu tertutup juga tidak baik. Namun, kelemahan ini tidak akan mengganggu jika kamu memperlihatkan semangat kerja yang tinggi dan ramah terhadap orang lain. 

5. Kurang Sabar

Dalam hal ini kamu bisa menjelaskan bahwa sering tidak sabar untuk menyelesaikan pekerjaan agar selesai tepat waktu. Solusinya dengan membuat to-do-list dan menunjukkan semangat kerja. 

6. Mudah Kecewa

Kelebihan dan kekurangan saat interview berikutnya adalah menjelaskan meskipun mudah kecewa, namun tidak mempengaruhi semangat kerja. Kamu harus menyampaikannya disertai dengan alasan yang logis. 

7. Pekerjaan Kurang Terorganisir dengan Baik

Apabila kamu kurang bisa menata pekerjaan dengan baik maka bisa disampaikan agar tidak salah paham. Namun, jangan lupa memberikan solusi terbaik. Misalnya dengan membuat rencana kerja dan lain-lain. 

8. Minimnya Skill pada Bidang yang Dilamar

Kondisi seperti ini umumnya terjadi pada orang yang baru saja lulus. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena selama ini telah melakukan upaya untuk meningkatkan skill. Contohnya dengan menghadiri seminar. 

9. Menghindari Adanya Konflik

Kelebihan dan kekurangan saat interview tersebut dapat menghambat kemajuan karir kamu. Hal ini karena di tempat kerja pasti ada konflik sehingga perlu memberi penjelasan bahwa kamu mulai berani menghadapi masalah.

10. Perfeksionis

Pribadi yang perfeksionis dalam bekerja terkadang membuat seseorang merasa lelah. Hal ini karena tidak mau dibantu pekerja lain. Cobalah untuk menjelaskan bahwa kamu telah memperbaiki diri sehingga tidak mempengaruhi deadline.

Wawancara menjadi penentu apakah kamu akan diterima atau tidak pada perusahaan. Oleh karena itu persiapkan mental dan pelajari trik lolos seleksi. Salah satunya dengan menyiapkan kelebihan dan kekurangan saat interview. 

Baca Juga: 8 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja yang Tepat

Getting Job In Tech

Buat kamu yang ingin tahu seputar posisi pekerjaan yang ada di industri teknologi, skill apa aja yang diperlukan, hal apa aja yang perlu kamu persiapkan sebelum melamar kerja di sana, wajib banget tonton BinarGO! Getting Job In Tech.

Tidak seperti kursus lainnya, semua materi BinarGO! Getting Job In Tech dikemas semenarik mungkin untuk belajar, serasa nonton film.

CV & Portofoliomu Semakin Menarik dengan Bootcamp!

Siapkan dirimu sebagai jobseeker dengan softskill & hardskill di Bootcamp BINAR!

Temukan bidang yang cocok untuk kariermu dengan Potensi Quiz, yang akan merekomendasikan bidang sesuai kepribadianmu!

Cara menjawab interview apa kelebihan dan kekurangan anda?

Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri.

Jawablah dengan jujur. Pertama, jawablah dengan jujur. … .

2. Latihan interview terlebih dahulu. Agar jawaban kamu semakin terarah dan jelas, ada baiknya kamu berlatih interview terlebih dahulu. … .

3. Tunjukkan keinginan kuat dan positif. … .

4. Berikan bukti atau cerita yang mendukung..

Kalau ditanya kekurangan saat interview jawab apa?

Cara menjawab kekurangan diri saat interview yang satu ini yaitu dengan menyebutkan alasan kamu dan juga cara kamu mengatasi kekurangan tersebut. Misalnya, “Salah satu kekurangan saya yaitu kurangnya percaya diri.

Apa yang harus dijawab jika ditanya kelebihan?

Contoh Jawaban Kelebihan Diri Sendiri.

Ingin Mempelajari Hal Baru. … .

Memiliki Passion dalam Bidang yang Dilamar. … .

3. Dapat Berkomunikasi dengan Baik. … .

Mempunyai Komitmen Tinggi. … .

Memiliki Inisiatif Tinggi. … .

6. Dapat Mengatur Waktu Dengan Baik. … .

7. Rapi dalam Bekerja..

Jika ditanya apa kekurangan Anda?

Ketika kamu ditanya soal kekurangan, ingatlah bahwa kamu tetap harus jujur menjawabnya. Tetapi, kamu bisa mengakalinya dengan menjawab kelemahan sebagai kelebihanmu. Kamu juga bisa menjawab kelemahanmu dengan solusi dari dirimu sendiri untuk mengatasi kelemahan tersebut.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *