Ibu menyusui boleh tidur pagi jam berapa?


KOMPAS.com – Ramai di media sosial menyebut perempuan setelah melahirkan tidak boleh tidur siang, karena bisa membuat darah putih naik ke mata.

Beberapa warganet mempertanyakan informasi yang beredar tersebut:

“Siang bunda, maaf apa bener ya kalo baru melahirkan ga boleh tidur siang? ibu dan bumerku selalu larang karena takut darah putih naik ke mata katanya, tapi aku dah googling itu cuma mitos dan ga bahaya, cuma kan aku jg pen tau dari pengalaman langsung gmn. Yuk sharing bun, soalnya gaenak bgt nih nahan ngantuk berattt,” tulis akun Facebook Cidadari di Grup Kehamilan, Kesehatan Anak Dan Resep Masakan.

Baca juga: Tidur Siang Dianjurkan Tidak Terlalu Lama, Cukup 10-20 Menit Saja

“Bun apa iya kalo hbis melahirkan gak boleh tidur siang katanya nanti darah putih naik nanti kena mata mata jadi rabun mitos atau fakta yaa bun
Soal nya kalo siang ngantuk banget
Karena kalo malam Dede nya nyusu terus jadi tidur pun Kurang begadang terus,” tulis akun Facebook Mawar Berduri di Grup Kehamilan, melahirkan, dan nifas.

“Mau tanya bun EmngNya Gak Boleh Yahh Sesudah Melahirkan Di Mulai Darah Putih Gak Boleh Tidur Siang Katanya Nanti Matanya Ruksak,” tulis akun Facebook Mutia di Grup Kumpulan Ibu Hamil & Nama Bayi Modern.

Benarkah perempuan seusai melahirkan tidak boleh tidur siang karena akan membuat darah putih naik? 

Penjelasan dokter kandungan

Terkait pertanyaan tersebut, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr. Boy Busmar, Sp.OG (K) mengatakan bahwa tidak benar jika tidur siang setelah melahirkan tidak diperbolehkan karena akan membuat darah putih naik ke mata.

“Gak betul. Ibu harus cukup istirahat tidur dan makan minum agar tidak ‘layu’,” kata Boy kepada Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Boy juga mengatakan, tidur ibu yang baru melahirkan bisa dengan mengikuti pola tidur bayinya.

“Si ibu harus ikuti pola tidur bayinya. Bayi tidur, ibu ikut tidur. Bayi bangun, ibu boleh beres-beres,” tuturnya.

Selain itu dia juga menyarankan kepada ibu untuk melakukan senam setiap hari secara rutin.

Baca juga: Melahirkan Lewat Operasi Caesar Atau Pervaginam, Mana yang Lebih Baik?

Darah tidak naik karena tidur siang

Dihubungi terpisah, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Dr. dr. Wawang S Sukarya, Sp.OG (K) MARS, MH.Kes juga mengatakan informasi tersebut tidak benar.

“Nggak bener lah,” katanya pada Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Wawang menjelaskan, baik darah putih maupun darah merah berada di seluruh tubuh manusia dan tidak akan bolak-balik ke mata akibat tidur siang.

“Darah putih akibat penyembuhan bekas menempelnya plasenta, juga nggak akan bolak-balik ke mata akibat tidur siang,” ungkapnya.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang yang Sayang Dilewatkan

Ibu harus cukup istirahat

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (kebidanan dan kandungan), di Brawijaya Hospital Antasari, dr. Dinda Derdameisya, SpOG, juga mengatakan tidur siang bagi ibu yang telah melahirkan tidak membuat darah putih naik ke mata.

Menurut Dinda, setelah melahirkan ibu tetap boleh tidur siang. 

“Memang hamil tidak hamil setelah melahirkan tidak ada hubungannya dengan bahaya tidur siang,” tuturnya.

Terkait pola tidur, dia menjelaskan perlu disesuaikan dengan kebutuhan bayi dan diupayakan cukup istirahat.

“Pola tidur ya harus disesuaikan sama kebutuhan bayi. Intinya sama aja tapi kan bayi nyusu juga kalau malem. Intinya cukup istirahat,” kata dr. Dinda.

“Jangan tidur di pagi hari, nanti darah putihnya naik,” kalimat ini sering kita dengar dari orang tua jaman dulu yang percaya dengan hal ini. Akhirnya para Ibu yang merasa kelelahan tak jadi untuk mengistirahatkan tubuhnya di pagi hari. Tapi, benarkah tidur pagi setelah melahirkan bisa membuat kadar darah putih naik? Bagaimana menurut womanblitzer? 

Yuk, intip apa kata dokter cantik , dr. Meita H. Hanindita, Sp.A, mengenai pernyataan itu, di dalam buku terbarunya yang berjudul Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 tahun).

Dokter muda lulusan Universitas Airlangga ini menjawab beberpa hal seputar mitos pada acara peluncuran buku terbarunya di Gramedia Expo, Sabtu lalu (5/11). Menurutnya,Ibu yang tidur pasca melahirkan tidak akan berdampak pada kenaikan jumlah darah putih di dalam tubuh. Sehingga para ibu yang merasa harus tidur di pagi hari, tidak akan menjadi masalah. Jumlah darah putih ibu yang baru melahirkan tidak akan meningkat lantaran tidur di pagi hari, begitu papar dokter muda tersebut. 

Selain tentang mom, buku Mommyclopedia ini mengulas perawatan bayi, seluk beluk menyusui, tumbuh kembang dan kesehatan bayi, serta pertolongan pertama pada bayi. Seringkali para ibu muda masih bingung mengenai cara merawat bayi yang benar. Karena itulah, buku ini sangat cocok dimiliki oleh calon ibu. Ulasan yang menarik dan bahasa yang ringan serta cover dan isinya yang  colourful, akan membuat para moms semakin tertarik untuk memperlajari buku ini. Selain itu, buku ini dilengkapi akses QR code, dengan dukungan aplikasi Mommyclopedia di Google Play dan App Store. So, Happy Reading moms !

Bolehkah ibu habis melahirkan tidur jam 10 pagi?

Ibu baru melahirkan tidak dilarang untuk tidur di pagi hari mengingat masa-masa setelah melahirkan adalah periode yang cukup melelahkan. Ibu juga perlu mendapatkan istirahat sejenak agar ibu selalu merasa nyaman, dapat menghasilkan banyak ASI dan cukup bugar untuk merawat bayinya.

Ibu menyusui boleh tidur siang jam berapa?

Selama Anda tidak berlebihan dalam tidur pagi hari, maka Anda boleh saja tidur sebelum jam 12 siang.

Apa yang terjadi jika ibu menyusui kurang tidur?

Menurut penelitian dari STIK Bina Husada, Palembang, ibu yang kurang istirahat dapat membuat proses produksi ASI menurun. Hal ini terjadi karena kondisi psikologis yang terganggu dan berakibat stres.

Kenapa tidak boleh tidur pagi setelah melahirkan?

Beberapa orang meyakini seorang ibu tidak boleh tidur pagi atau siang setelah melahirkan selama 40 hari. Dipercaya tidur setelah melahirkan bisa membuat sel-sel darah putih naik ke kepala dan sehingga dapat menyebabkan kebutaan. Mitos ini telah ada di Indonesia sejak turun temurun dan masih dipercayai hingga saat ini.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *