Harus Paham 9 Jenis Joran Pancing, Teknik Dan Fungsinya


Jenis Joran pancing yang merupakan alat pancing memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk dudukan reel, tempat bertumpunya kenur atau senar, hingga untuk mengarahkan tarikan ikan. Joran pancing dapat menjaga tangan imajer agar aman dari gesekan senar saat melawan kekuatan tarikan ikan.

Selain itu, joran pancing juga memiliki fungsi dalam menentukan kenyamanan imajer pada saat memancing. Joran pancing dengan spesifikasi tertentu akan memudahkan imajer untuk melontarkan umpan sejauh mungkin. Bahkan, dengan bantuan joran imajer dapat menerapkan teknik-teknik tertentu dalam memancing.

Penggunaan Jenis Joran pancing akan memudahkan imajer untuk menarik ikan, tangan imajer juga akan aman terhadap risiko gesekan senar saat melawan kekuatan tarikan ikan. Selain itu, dengan bantuan joran Imajer dapat menentukan seberapa besar ikan yang tertangkap.

Sebelum imajer menggunakan Jenis joran pancing, Imajer juga harus tahu beberapa Jenis Joran pancing yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Karena jika tidak tepat dalam menentukan joran, hasilnya juga tidak akan maksimal. Berikut beberapa Jenis Joran pancing yang harus imajer ketahui.

Jenis Jenis Joran Pancing

Joran Spinning

Jenis Joran Pancing Joran Spinning

Jenis Joran pancing spinning ini joran yang sering di pakai untuk rell spinning, biasanya para pemancing menggunakan Jenis Joran pancing ini untuk pancing dengan teknik casting, karna baik lemparan, keakuratan, hingga jarak lontaran yang dapat di atur dengan baik.

Untuk joran ini sangat banyak digunakan oleh castinger, untuk karakteristiknya :

  • Panjang berkisar antara 150 cm – 210 cm
  • Model terdapat 2, yaitu model antena dan model sambung
  • Ring pangkal berdiamater besar hingga ke ujung mengecil
  • Reel yang digunakan yaitu reel spinning

Untuk kegiatan casting, joran ini cocok digunakan untuk mancing di air tawar maupun air laut.

Baca Juga :

Joran BaiCasting

Joran Pancing casting Joran Baicasting

Jenis Joran pancing baitcasting adalah satu jenis joran pancing yg sangat cocok dipergunakan memancing pada banyak sekali tempat yg sulit serta sempit. contohnya rawa-rawa dan sungai. Hanya saja buat menggunakan jenis joran yg satu ini agak sulit, sebab membutuhkan akurasi yg sempurna.

  • Panjang berkisar antara 150 cm – 200 cm
  • Model terdapat 2, yaitu model antena dan model sambung
  • Ring pangkal berdiamater besar hingga ke ujung mengecil
  • Reel yang digunakan yaitu reel Baicasting

Untuk Jangkauan lemparanya sangat akurat dan cocok untuk spot yang sempit. Baitcasting memang dari penampakan reel dan Jenis Joran pancing yang digunakan pun berbeda dari segi fisik penampilan

Joran untuk reel baitcasting ini dari penampakan fisik berbeda dengan joran biasa /spining, karena penempatan/dudukan reel berada diatas dan lubang senar/mamarit posisinya berada diatas.

Pada awal menggunakan piranti ini,semua pasti pernah mengalami senarnya kusut menggumpal seperti sarang burung saat hendak melontarkan umpan. Untuk tidak kusut sama sekali memang tidak mungkin terjadi tetapi meminimalisir frekuensi kusut masih sangat bisa dilakukan.

Joran Popping

Joran Pancing mahal Joran Popping

Jenis Joran pancing ini merupakan joran pancing khusus yang dipakai untuk memancing dengan menggunakan teknik popping. Popping yaitu teknik memancing dengan menggunakan umpan buatan bisa dari bahan kayu atau plastik yang disebut dengan popper.

Teknik mancing popping adalah salah satu teknik mancing dengan menggunakan top water artificial lure atau umpan buatan mengapung atas air berupa popper. Teknik popping ini adalah teknik melempar popper di spot mancing yang telah diindentifikasi terdapat predator popper seperti GT dan me-retrieve sambil menghentakkan joran agar menghasilkan percikan air dan suara pop untuk menarik perhatian predator.

Teknik ini hampir sama dengan teknik mancing casting namun teknik mancing popping ini perbedaanya terletak kepada kelas set pancing yang berbeda yaitu kelas yang lebih berat, pengaturan kasar dan perlengkapan yang lebih besar. Umpan popper yang digunakan ada 3 jenis yaitu popper jenir chugger, pencil dan stickbait. Target ikan teknik popping ini adalah spesies ikan yang menghantam permukaan air seperti Giant Trevally, tuna sirip kuning, layaran, aji-aji dan kuwe lilin (jack crevalle).

Joran Surf Casting

Joran untuk mancing laut Surf Casting

Jenis joran pancing ini sering digunakan untuk memancing dari pinggiran karang atau pantai. Sering juga dipakai oleh para pemancing surf fishing, yaitu memancing dari atas tebing/pantai

  • Panjang berkisar antara 300 cm – 500 cm
  • Joran ini dirancang dengan gagang yang panjang dan reel seat yang besar dan kuat untuk pemancing melempar yang jauh.
  • Ring pangkal berdiamater besar hingga ke ujung mengecil
  • Reel yang digunakan yaitu reel spinning 5000 ke atas

untuk teknik Surf casting atau beach casting merupakan teknik mancing casting yang dilakukan di pinggir atau tepi pantai dengan cara melempar umpan sejauh mungkin. Untuk mancing surf casting, pilihlah pantai berstruktur landai yang mempunyai bagian dasar yang landai lalu turun dengan curam ke kedalaman. Getaran joran yang terasa aneh menandai ikan sudah hook up, maka segera sentakkan joran dengan keras agar mata kail menancap sempurna di mulut ikan.

Nah, bagi para maniak mancing surf casting dan berencana untuk mancing sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Lakukan survei ke lokasi yang dituju untuk mengenal pola ombak dan struktur dasar pantai yang menjadi jalur aktifitas ikan.
  • Amati pola ombak dan gelombang dari tempat yang lebih tinggi. Beting atau dataran pasir dasar pantai akan terlihat hijau muda, air yang dalam akan berwarna hijau tua sampai biru. Ceruk dan lubang pantai akan berwarna biru atau lebih tua dan terdapat gradasi warna. Warna hitam atau coklat harus diwaspadai, karena tidak ada gradasi warna pada tepinya yang mencerminkan adanya karang dasar pantai atau pun kerumunan ikan.

Joran Trolling

Joran Casting Joran Trolling

Jenis Joran pancing trolling merupakan joran yang diciptakan khusus bagi pemancing gemar menggunakan teknik trolling.

  • Panjang berkisar antara 150 cm – 210 cm
  • Reel tipe overhead sesuai dengan teknik trolling
  • Jenis Joran pancing ini memiliki tipe bengkok (bent) dan tipe lurus (straight)
  • Line guide terbagi 2 yaitu light dan medium trolling sampai dengan 50 lbs ( 22.5 Kg ) dan menggunakan ring guide, heavy trolling 50 lbs keatas

Teknik trolling sendiri adalah teknik memancing ikan dengan cara menyeret umpan di atas kapal dengan kecepatan sedang. Jenis joran yang satu menggunakan reel jenis overhead (reel yang di pasang di atas joran). Biasanya pula menggunakan umpan mainan atau umpan hidup

Trolling ini juga merupakan salah satu tehnik mancing yang tertua untuk memburu ikan game fishies seperti Marlin, Tuna, Wahoo, Tenggiri, Barakuda, Lemadang dan ikan-ikan besar di samudera lepas.

Dan harus menggunakan reel khusus (open reel) yang cukup kuat dan Jenis Joran pancing khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang (one piece) dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot. Trolling biasanya menggunakan umpan buatan yang dibuat dari fiber glass, kayu atau plastik.

Umpan palsu yang paling populer adalah yang disebut rapala untuk memancing ikan-ikan seperti Tenggiri dan Wahoo. Ada jenis umpan buatan lain yang disebut konahead yang berbentuk seperti cumi tapi berwarna mencolok untuk mancing ikan ikan sejenis Marlin, Layaran dan Lemadang.

Joran Ice Fishing

Joran Pancing Joran Ice Fishing

Jenis Joran pancing ini merupakan joran pancing terbaik khusus yang dipakai pada spot danau, kolam dan tempat-tempat yang beku. Kemudian dibuat lubang di atas danau atau kolam yang beku tersebut.

  • Panjang berkisar antara 50 cm – 100 cm
  • Model terdapat 2, yaitu model teleskopik dan model sambung
  • Reel yang digunakan yaitu reel spinning, overhead, dan reel kecil sesuai untuk joran ini

Idealnya, memancing ikan biasanya dilakukan di kolam pemancingan, danau, lautan atau sungai yang mengalir atau cair. Sementara bagi mereka yang berdiam di negara yang diselimuti es atau saat musim dingin tiba, kegiatan memancing biasanya dilakukan di danau beku atau lautan es.

Cara melakukan Ice Fishing sendiri cukup unik. Pertama, imajer akan berjalan mencari spot-spot yang didiuga dihuni oleh banyak ikan. Umumnya, yang jadi incaran utama saat kegiatan Ice Fishing ini adalah, ikan Salmon, dan ikan air tawar lainnya.

Setelah spot yang dituju berhasil didapat, Imajer tidak bisa langsung melempar umpan, tetapi harus membuat lubang dulu dengan menggunakan bor besar, setelah itu baru deh gelar kursi dan masukan umpan ke dalam lubang tersebut. Tunggulah hingga ikan menyambar umpan yang imajer kirimkan.

Nah, jika memancing biasa tantangannya adalah bertarung dengan ikan, dalam kegiatan Ice Fishing ini yang paling menantang adalah, saat imajer membuat lubang untuk memancing. Tidak hanya tenaga, imajer pun harus sabar dan punya teknik mumpuni agar lubang yang dibikin nggak menimbulkan retakan es.

Joran Pole

Jorang Pancing Joran Pole

Jenis Joran pancing ini merupakan joran pancing terbaik yang sering dipakai untuk memancing dengan spot jarak dekat. Joran pancing ini dipakai jika memancing ikan yang butuh waktu cepat dan berulang-ulang. Tidak perlu melempar umpan bila menggunakan joran pancing ini, karena kita cukup hanya mencemplungkan umpannya saja.

  • Panjang berkisar antara 300 cm – 600 cm
  • Joran ini memiliki tipe antena namun tidak memiliki ring reel dan ring guide.
  • Joran slow action : Tipe yang dapat melengkung sampai pangkal joran, cocok untuk memancing ikan kecil
  • Joran fast action : Meskipun melengkung joran ini dapat kembali ke posisi lurus dengan cepat, dan dapat untuk memancing ikan dengan ukuran sedang.

Teknik pole and line” adalah cara pemancingan dengan menggunakan pancing yang dikhususkan untuk menangkap ikan yang banyak digunakan di perairan Indonesia. Selanjutnya dikatakan juga menurut Ayodhoya, (1981), pole and line umum digunakan untuk menangkap ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) sehingga dengan kata perikanan pole and line sering pengertian kita ke arah perikanan cakalang, sungguhpun dengan cara pole and line juga dilakukan penangkapan albacore, mackerel dan lain sebagainya

Joran Jigging

Joran Pancing Joran Jigging

Jenis Joran pancing ini merupakan joran pancing terbaik yang dipakai khusus untuk memancing dengan menggunakan teknik jigging.

  • Panjang berkisar antara 150 cm – 210 cm
  • Reel yang digunakan yaitu reel spinning 4000 ke atas
  • Model butt pada joran ini didesain dengan sangat kuat, di lengkapi dengan dudukan untuk sabuk pengaman sebagai pengaman saat memancing. dengan karateristik fast action.
  • Ring guide sama dengan joran popping dengan diameter besar di pangkal.

Jenis Joran pancing ini dirancang dengan sangat khusus, karna teknik jigging ini menguras tenaga yang besar, karna kita harus terus menggulung metal jigg yang berukuran 400 – 500 gr.

Teknik Jigging Yaitu teknik dengan menggunakan umpan metal jig dan di celupkan ke dalam air. Dengan cara ditarik-tarik secara random sehingga menimbulkan reaksi seakan-akan ikan berusaha naik ke permukaan.

Mancing Teknik Jigging sangat efektif untuk menargetkan ikan dasar tengah dan kadang kala ikan atas. Ikan yang bisa dipancing dengan teknik jigging antara lain kurisi, GT, oil fish, ikan tuna gigi anjing, YFT, big eye trevally, tenggiri, amberjack, kerapu coklat dan masih banyak yang lain

Joran Bambu ( Walesan )

Joran Pancing Joran Bambu

Istilah walesan ini berasal dari Yogyakarta. Walesan ini sendiri merupakan Jenis Joran pancing buatan yang terbuat dari bambu. Pada umumnya masyarakat di Jogja sering menggunakan joran pancing ini saat memancing di kolam dengan sistem galatama dan harian. berikut beberapa bambu yang direkomendasi untuk jadi joran,

  • Bambu cendani atau bambu kirisik

Joran ini sangat kuat dan mempunyai kelenturan yang sangat baik dan perawatan yang mudah dengan harga sangat murah  dan bisa digunakan dimana saja termasuk untuk galatama, sepanjang pengetahuan saya hanya daerah cianjur sukabumi yang masih mempertahankan joran ini dimana dari mulai pangkal sampai ujung menggunakan bambu cendani.

Sedangkan untuk daerah jawa tengah dan jawa timur bambu cendani hanya digunakan untuk gagang joran saja dimix dengan bahan modern dengan solid carbon atau grafite. sehingga bagi anda pencinta joran klasik tidak salah memilih joran cendani untuk koleksi memancing.

Hanya saja bagi yang masih awam sangat sulit membedakan joran cendani yang kualitasnya tinggi itu yang bagaimana? cara yang sangat mudah adalah dengan memukulkan pangkal joran ke lantai kalau berbunyi nyaring pertanda bambu cendani sudah tua kalau bunyinya senyap berarti bahannya kualitasnya rendah.

Joran ini sangat terkenal dinusantara tercinta ini joran dari bambu petung memiliki kekuatan yang tak diragukan lagi tapi saat ini sangat sulit mendapatkan joran dari bambu petung tentunya berkualitas, pengolahan dan teknologi menjadi masalah dalam pengembangan joran ini.

Kelemahan dari bambu ini adalah pada powernya artinya joran tersebut takkan kembali keposisi semula setelah kita menarik ikan atau takkan seperti kita pertama memakai dengan kata lain semakin banyak digunakan maka joran akan cendrung semakin melengkung.

Mungkin masih asing ditelinga tapi memang ada yang saat ini lagi booming terutama untuk daerah jawa barat hanya saja harganya relatif mahal dibandingkan dengan joran cendani atau joran petung hal ini dikarenakan bahannya sangat langka dimana bahan untuk membuat joran waregu dari waregu yang usianya minimal 10 tahun itupun paling panjang joran takkan sampai 135 cm.

Yang kedua proses pembuatannya sangat kompleks karena dibuat dengan menggabungkan papan papan waregu yang sudah dibelah dan dibesut menjadi sebuah joran dengan kualitas tinggi.

Semakin tertarik kan dengan kegiatan atau hobi memancing untuk medalaminya, percaya deh semakin bagus joran yang kita gunakan, serta kombinasi tekniknya maka keseruan dalam memancing pasti membuat imajer nagih.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *