Fungsi larutan fisiologis (nacl 0 8,5)


Cairan garam fisiologis yang berfungsi dapat membunuh kuman penyakit sehingga darah manusia yang akan diperiksa terbebas dari kuman yang akan menghambat proses penelitian.

Berbagai kegunaan larutan garam fisiologi:

Pengenceran konsentrasi mikrob.
Dalam menghitung jumlah mikrob seperti bakteri, perlu dilakukan pengenceran. Sesuai dengan perhitungan CFU (Colony Forming Unit) yaitu 30 jumlah bakteri 300.[2] Bila jumlah bakteri < 30 maka tidak dapat dihitung secara statistik, bila >300 akan sangat sulit untuk dihitung secara manual.

Cairan infus
Cairan infus yang digunakan oleh pasien yang terdiri dari campuran garam-garam lainnya. Cairan garam dapat digunakan secara intravena untuk menyediakan cairan untuk merehidrasi pasien ataupun menyediakan cairan harian dan kebutuhan garam yang mungkin tidak dapat dipenuhi secara oral. Karena memasukkan cairan yang memiliki osmolalitas yang rendah dapat menyebabkan masalah, sehingga terkadang ditambahkan glukosa untuk menjaga osmolalitas. Cairan infus diberikan pada pasien-pasien yang membutuhkan cairan dalam jumlah besar seperti penderita diare atau gagal jantung. Cairan garam juga dapat mencuci luka dan menurunkan gejala-gejala demam.

Kemasan Botol 1 Liter

Garam (NaCl) merupakan bahan pengawet makanan alami yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri melalui proses osmotik dimana bakteri ditempatkan pada larutan hipertonik menyebabkan air yang terkandung di dalam bakteri keluar sehingga sel mengkerut dan bakteri pun mati. Makanan yang terkontaminasi bakteri merupakan penyebab utama penyakit asal pangan. Selada bokor merupakan jenis sayuran yang biasa dikonsumsi mentah sehingga perlu diperhatikan jumlah bakteri pada selada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas larutan garam (NaCl) terhadap jumlah bakteri pada selada bokor (Lactuca sativa var. crispa). Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Perbandingan Kelompok Stastis (Static Group Comparison), dan dilakukan dengan cara menghitung Angka Lempeng Total (ALT). Sampel yang digunakan adalah selada bokor yang kemudian direndam pada larutan NaCl konsentrasi 1%, 3% dan 5% selama 1 menit, 3 menit dan 5 menit. Sampel selanjutnya dimasukan ke NaCl fisiologis sebagai media pengencer dan ditanam pada media Plate Count Agar (PCA) sebagai media pertumbuhan. Teknik yang digunakan adalah metode pour plate. Dari penelitian ini, didapatkan hasil jumlah bakteri terendah dengan fisik selada bokor baik terdapat pada konsentrasi NaCl 3% dengan waktu perendaman selama 3 menit sebanyak 3,5 x 104 cfu/g (penurunan sebesar 35%). Namun hasil ini belum menurunkan angka lempeng total hingga memenuhi syarat yang diajukan yaitu 103 cfu/g sehingga larutan NaCl tidak efektif dijadikan larutan pencuci untuk selada bokor.

Garam Fisiologis/Larutan Garam/Sodium Chloride/NaCl 0,9% 1000 ml. Larutan garam fisiologi merupakan larutan isotonis yang memiliki banyak kegunaan dalam bidang medis dan laboratorium. berfungsi untuk menjaga keseimbangan ion sel mikroba.

Apa peranan garam fisiologis?

Menurut Lestari (2014) larutan garam fisiologis merupakan media terbaik untuk menjaga ketahanan hidup isolat bakteri asam laktat, karena NaCl (larutan garam fisiologis yang terbuat dari garam NaCl dengan konsentrasi 0,9% b/v) berfungsi untuk menjaga keseimbangan ion sel mikroba.

Apa yang dimaksud larutan fisiologis?

Larutan garam fisiologi merupakan larutan isotonis yang memiliki banyak kegunaan dalam bidang medis dan laboratorium, dan umumnya larutan garam fisiologi memiliki kisaran konsentrasi 0.9% (b/v) NaCl.

Apakah fisiologi hewan Komparatif?

Banyak universitas menawarkan program sarjana yang mencakup aspek perbandingan fisiologi hewan. Fisiologi komparatif (Fisiologi Perbandingan) adalah subdisiplin fisiologi yang mempelajari dan mengeksploitasi keragaman karakteristik fungsional dari berbagai jenis organisme.

Apakah fungsi larutan garam fisiologis dalam praktikum ini?

NaCl 0,8%, cairan garam fisiologis yang berfungsi untuk membunuh kuman penyakit sehingga darah manusia yang akan diperiksa terbebas dari kuman yang akan menghambat proses penelitian.

Kenapa NaCl disebut larutan fisiologis?

Larutan NaCl 0,86% massa disebut sebagai ”garam fisiologis” karena tekanan osmotiknya sama (isotonik) dengan larutan dalam sel darah. Hitunglah tekanan osmotik larutan ini pada temperatur tubuh normal . Diketahui densitas larutan garam adalah 1 ,005 g/mL.

Apa yang dimaksud dengan fisiologi hewan?

Fisiologi hewan adalah ilmu yang mempelajari fungsi dan fenomena yang terjadi pada kondisi normal dari hewan dan menekankan kepada proses bagaimana hewan dapat hidup dan beraktivitas.

Garam berguna untuk apa?

Air garam atau larutan garam merupakan campuran garam dengan air yang dalam ilmu kedokteran disebut juga dengan larutan Natrium Klorida (NaCl). Air garam dapat membantu meredakan sinusitis, meredakan nyeri pada gigi, hingga mengatasi kutu air. Manfaat air garam untuk kesehatan dapat mengatasi berbagai penyakit.

Air garam gunanya untuk apa?

Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut Salah satu manfaat air garam yang paling populer adalah membantu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Berkumur menggunakan air garam dapat dapat membantu membersihkan karang gigi dan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut.

Apa Fungsi NaCl fisiologis?

Menurut Lestari (2014) larutan garam fisiologis merupakan media terbaik untuk menjaga ketahanan hidup isolat bakteri asam laktat, karena NaCl (larutan garam fisiologis yang terbuat dari garam NaCl dengan konsentrasi 0,9% b/v) berfungsi untuk menjaga keseimbangan ion sel mikroba.

Apa fungsi larutan fisiologis?

Larutan pengencer/larutan fisiologis adalah larutan yang digunakan untuk mengencerkan pada analisis mikrobiologi.

Apa fungsi penambahan NaCl?

Garam (NaCl) merupakan bahan pengawet makanan alami yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri melalui proses osmotik dimana bakteri ditempatkan pada larutan hipertonik menyebabkan air yang terkandung di dalam bakteri keluar sehingga sel mengkerut dan bakteri pun mati.

Berapa konsentrasi NaCl fisiologis?

Larutan garam fisiologi merupakan larutan isotonis yang memiliki banyak kegunaan dalam bidang medis dan laboratorium, dan umumnya larutan garam fisiologi memiliki kisaran konsentrasi 0.9% (b/v) NaCl.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *