Font yang mirip Times New Roman


Being a default font on most computers, Times New Roman is a classic typeface that everyone is familiar with. It fell out of popularity years ago due to its overuse and the rise of other system fonts such as Georgia. But recently, it has seen a resurgence on the web and has fallen back in favor with designers. These 10 Transitional serifs were either
directly inspired by Times New Roman, or, in the case of Plantin, were the inspiration for Stanley Morison’s original design.

Abous Fontsc

Fontsc.com is formed in the spirit of for fonts, where creative ideas meet beautiful designs as we all know great designs last forever!

Here you can search, browse and download thousands of commercial-quality FREE fonts shared by best font designers.

Apakah Times New Roman merupakan font yang gratis? Tidak. Setiap font dilengkapi dengan lisensi. Dalam beberapa kasus, lisensi itu merilis font untuk penggunaan gratis. Tetapi intinya Times New Roman ini merupakan font dengan copyright, terutama untuk penggunaan Komersial.

{getToc} $title={Table of Contents}

Times New Roman Font Legendaris

Kita tau bahwa font
times new roman
ini merupakan font legendaris. Saya mengenal font ini sejak lama, masih duduk di bangku  SMP, tapi waktu itu hanya pas pembelajaran TIK aja disekolah, karena memang saya tidak mempunyai perangkat komputasi.

Semuanya serba terbatas teknologi, beda ama jaman sekarang ini… dan Font ini biasa digunakan untuk latihan mengetik dulu.. karena memang sudaah bawaan ms word…

Seiring berjalannya waktu, saya jadi tau bahwa font ini merupakan font yang biasa
digunakan di dunia pendidikan, entah itu untuk membuat makalah dan beberapa karya tulis lainnya, bisa dilihat dari panduan yang diberikan, pasti ada Font Times New Roman, diketik dengan ukuran 12… hehe

Sampai ketika saya sudah bekerja sendiri dan bisa beli perangkat komputasi waktu itu, dan mencoba menekuni dunia desain, ternyata Font ini memang berlisensi / copyright. Sehingga untuk penggunaan komersial seharusnya memang perlu membayar royalti, terutama untuk iklan publik.

Sejarah Singkat Times New Roman

Times New Roman adalah jenis huruf serif. Itu ditugaskan oleh surat kabar Inggris The Times pada tahun 1931 dan disusun oleh Stanley Morison, penasihat artistik untuk cabang Inggris dari perusahaan peralatan percetakan Monotype, bekerja sama dengan Victor Lardent, seorang seniman huruf di departemen periklanan The Times. Times New Roman Ini telah menjadi salah satu tipografi paling populer sepanjang masa dan
diinstal pada sebagian besar komputer desktop.

Diminta untuk memberi nasihat tentang desain ulang, Morison merekomendasikan agar The Times mengubah jenis huruf teks mereka dari wajah abad kesembilan belas yang kurus menjadi desain yang lebih kokoh dan kokoh, kembali ke tradisi pencetakan dari abad kedelapan belas dan sebelumnya. Ini cocok dengan tren umum dalam selera pencetakan pada masa itu. Morison mengusulkan jenis huruf Monotype yang lebih tua bernama Plantin sebagai
dasar untuk desain, dan Times New Roman sebagian besar cocok dengan dimensi Plantin

Perubahan utama adalah bahwa kontras antara goresan ditingkatkan untuk memberikan gambar yang lebih tajam. Desain baru memulai debutnya di The Times pada 3 Oktober 1932. 

Setelah satu tahun, desain tersebut dirilis untuk penjualan komersial. Dalam nama Times New Roman, Roman mengacu pada gaya
regular atau roman (kadang juga disebut Antiqua), bagian pertama dari keluarga Times New Roman yang akan dirancang. Jenis Romawi berakar pada pencetakan Italia pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, tetapi desain Times New Roman tidak memiliki hubungan dengan Roma atau Romawi.

The Times bertahan dengan Times New Roman selama 40 tahun, tetapi teknik produksi baru dan perubahan format dari broadsheet ke tabloid pada tahun 2004 telah menyebabkannya berganti
jenis huruf lima kali dari tahun 1972 hingga 2007. Namun, semua font baru adalah varian dari aslinya. Jenis huruf Romawi baru. 

Sumber Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Times_New_Roman

Font Alternative Times New Roman yang Bisa digunakan untuk Komersial

Disini kita tidak mengulik sejarah lebih detail ya, tetapi lebih ke membahas “ada nggak sih alternatif font Times New Roman ini” tetapi bisa digunakan untuk komersial.

Ini merupakan salah satu Pin
buat kita juga ya, jadi sekaligus kita bagikan pengetahuan yang kita miliki.. supaya bermanfaat.. ea kan.. pengingat juga buat diri sendiri..

1. Linux Libertine Font

Linux Libertine adalah tipografi digital yang dibuat oleh Libertine Open Fonts Project, yang
bertujuan untuk membuat alternatif bebas dan terbuka untuk tipografi eksklusif seperti Times New Roman. Ini dikembangkan dengan editor font gratis FontForge dan dilisensikan di bawah GNU General Public License dan SIL Open Font License 

Font ini merupakan favorit saya ketika harus engerjakan project desain komersial dengan target “formal”

Linux Libertine termasuk jenis huruf serif proporsional
yang terinspirasi oleh jenis buku abad ke-19 dan dimaksudkan sebagai pengganti keluarga font Times.

Jenis huruf memiliki lima gaya: regular, bold, italic, bold italic, dan small capitals, semuanya tersedia dalam format TrueType dan OpenType, serta dalam kode sumber. Versi OpenType memungkinkan pemosisian dan penggantian otomatis, termasuk pecahan sejati, ligatur, dan kerning. 

Varian tipe tampilan, meskipun serupa dalam bentuk huruf, lebih ringan dan memiliki
kemiripan yang lebih dekat dengan tipe gaya lama seperti Palatino.

Ada juga pelengkap wajah sans-serif humanis, Linux Biolinum, mirip dengan Optima atau Candara. Ini tersedia dalam gaya tebal dan miring. 

Anda bisa
Download Disini

Tag. Serif times new roman legible documents newspaper print publishing text display transitional

2. Cardiff Font

Ini merupakan Font yang Elegant menurut saya, dirilis tahun 1993.. dan berada di Public Domain font.

Tag : Serif times new roman legible newspaper print headline short text

Download disini

3. Nimbus Roman Font

Nimbus Roman adalah jenis huruf serif yang dibuat oleh URW Studio pada tahun 1982.

Nimbus Roman No. 9 L adalah jenis huruf serif yang dibuat oleh URW
Studio pada tahun 1987, dan akhirnya dirilis di bawah GPL dan AFPL (sebagai font Tipe 1 untuk Ghostscript) pada tahun 1996 dan LPPL pada tahun 2009. Ini menampilkan Normal, Bold, Italic, dan Bold Bobot miring, dan merupakan salah satu dari beberapa font berlisensi bebas yang ditawarkan oleh URW++.

Meskipun karakternya tidak persis sama, Nimbus Roman No. 9 L memiliki metrik yang hampir identik dengan Times New Roman dan Times Roman. Ini adalah salah satu font Ghostscript, alternatif gratis
untuk 35 font PostScript dasar (termasuk Times).

Ini adalah jenis huruf standar di banyak distribusi Linux. 

Download Disini

Tag : Serif times new roman legible magazine newspaper print text transitional

Itu merupakan beberapa 3 TOP font favorit saya untuk digunakan di desain komersial… 🙂 sebenarnya ada banyak lagi yang komersial use free… dengan tema serif..
karena SERIF itu merupakan font yang tegas formal menurut saya, Ada kaki kaki lancip di ujungnya…

Cocok untuk klien di bidang Hukum, kita tau kan biasanya kalo acara formal itu harus memakai sepatu.. 🙂

hehe..

Coba kalo kamu Cekeran datang ke acara formal.. kira – kira bagaimana ya? 🙂 Tetapi hal ini tidaklah mutlak ya sob.. artinya ini adalah sebuah sudut pandang.. 

Ini perbedaan Font SERIF dan NO SERIF

4. Buenard Font

Font yang didesain oleh FontFuror ini bisa anda temui juga di Google Font. Buenard
adalah jenis huruf serif berkualitas tinggi untuk buku seni. Ini didasarkan pada the Transitional Roman classical structure (struktur klasik Romawi Transisi), dengan goresan yang kurang kontras dan serif yang lebih berat.

Ini memiliki gaya kontemporernya sendiri, menggabungkan keanggunan, konsistensi, dan keterbacaan untuk semua ukuran teks, menjadikannya pilihan yang sangat baik saat memilih font serif.

Buenard awalnya dirancang untuk penerbit seni Argentina dan
berkembang sebagai proyek akhir dalam Karir Pascasarjana dalam Tipografi di Universitas Buenos Aires. 

Font ini dilisensikan di bawah Open Font License – OFL (Free for Commercial Use)

Anda dapat menggunakannya secara bebas dalam produk & proyek Anda – cetak atau digital, komersial atau lainnya.

Ini bukan nasihat hukum, harap pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan pengacara dan lihat lisensi lengkap untuk semua detailnya 

Download Disini

5. Tribun ADF Std Font

Ini merupakan font yang dibuat oleh Arkandis Digital Foundry (ADF), Copyright © Arkandis Digital
Foundry under the GNU General Public License V2 and later, with font exception.

Sebenarnya agak ragu sih cantumin ini font disini, karena ada GOLDEN WORD … hehe..

Tapi gpp deh.. saya browsing ini di tempat download font sih..

Download Disini

Sekian gan..

Moga bermanfaat.. gak usah banyak
banyak ya.. hehe, itu udah ane pilihkan, pilihan terbaik dari ane.. 🙂 / Font Alternatif Times New Roman versi RahmanCyber.NET

F.N.A-RED

Font Times New Roman sama dengan font apa?

1. Calibri. Font satu ini pasti mudah dikenali. Sejak tahun 2007, Calibri menjadi font resmi dari Microsoft menggantikan Times New Roman.

Apa yang dimaksud dengan font Times New Roman?

Times New Roman adalah rupa huruf serif yang dipesan oleh surat kabar Inggris The Times pada tahun 1931. Hal ini dilakukan setelah Stanley Morison, seorang konsultan Monotype menulis sebuah artikel yang mengkritik The Times karena hasil cetak yang buruk dan masih memakai huruf kuno.

Bagaimana cara mengatur jenis huruf Times New Roman 12?

Jawaban:.

klik di bagian Font dan pilih Times New Roman..

klik di bagian Font Size dan pilih 12..

klik di bagian Line and Paragraph Spacing dan pilih 1,5..



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *