Dalam olahraga renang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita bagian bagian otot manakah yang dominan terlatih dari olahraga renang?


#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

bangkepkab.bnn.go.id, Salakan – Banggai Kepulauan merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi-Tengah, yang mempunyai banyak objek Wisata. Terutama Objek Wisata yang bisa digunakan para wisatawan untuk berenang, baik berupa Objek Wisata Air tawar, Air laut, dan Air payau (Pencampuran air laut dan air tawar). Berenang juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Dilansir dari berbagai media, berikut 10 manfaat kesehatan dari berenang yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu jadikan olahraga rutin.

 

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

Bagi yang menjalankan rutinitas yang kebanyakan duduk tegak di sekolah atau di kantor, berenang bisa dijadikan olahraga rutinmu, lho. Dengan berenang, otot dan tulang jadi semakin kuat karena seluruh ototmu akan bergerak dan akan terbentuk sempurna. Kamu tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya bersepeda atau lari.

 

  1. Menyehatkan Jantung dan Paru-paru

Gerakan-gerakan ketika berenang dapat membuat aliran darah lebih lancar dan dengan    sendirinya pernapasan akan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang. Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari.

 

  1. Sekaligus Sebagai Latihan Kardio

Berenang mengharuskan kamu terus bergerak. Jika tidak, kamu bisa tenggelam. Nah, gerak   yang terus menerus ini merupakan olahraga kardio.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat, berenanglah dengan rutin. Dengan berenang selama setengah jam, setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya ya.

 

  1. Meningkatkan Tinggi Badan

Membiasakan berenang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

 

  1. Menyingkirkan Stres dan Depresi

Mungkin kamu tidak sadar bahwa dengan menyentuh air hatimu akan terasa lebih tenang. Apalagi berenang, kamu akan merasa rileks dan mood meningkat. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Begitulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi.

 

  1. Meningkatkan Keseimbangan

Berenang adalah tentang keseimbangan. Kedua tangan dan kaki bergerak, mengembangkan otot-otot di perut dan punggung bawah. Berenang juga dapat membantu meregangkan serat otot dan juga ligamen. Umumnya, orang yang rutin berenang memiliki keseimbangan yang stabil.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Risiko diabetes dapat berkurang karena berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing berdurasi 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Ini sangat memungkinkan kamu terbebas dari diabetes.

 

  1. Menjadikan Awet Muda

Berenang dapat membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Menurut riset dari Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika kamu rutin berenang, di usia senja nanti kamu akan terlihat 20 tahun lebih muda.

 

  1. Mencerdaskan Otak

Menurut studi di Journal of Physiology, aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen ketika pria menceburkan diri di air sampai jantungnya. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu.

 

Untuk mendapatkan 10 manfaat tersebut kamu bisa jadikan berenang sebagai olahraga yang kamu lakukan secara rutin.

Stres berkepanjangan bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental bila tidak dikelola dengan baik. Kondisi ini dapat memicu terjadinya…

Pelabelan BPA Galon Ulang Tidak Diperlukan

Wacana pelabelan Bisfenol A (BPA) yang hanya diterapkan terhadap galon guna ulang yang kini sangat gencar disosialisasikan Badan Pengawas Obat…

Mencegah Paparan Sinar Gadget yang Bisa Bikin Kulit Rusak

Hidup di era teknologi membuat kita tidak bisa lepas dari berbagai macam perangkat gadget baik itu ponsel ataupun laptop. Nyatanya,…

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang hampir disenangi oleh semua orang. Pasalnya olahraga satu ini melibatkan pergerakan seluruh otot pada bagian tubuh yang dipercaya memiliki begitu banyak manfaat. Nah kira-kira apa saja sih manfaat yang akan Anda dapatkan dengan olahraga renang. Berikut 5 manfaat berenang untuk tubuh :

1.  Menjaga Berat Badan Ideal

Ini hal pertama yang menjadi kabar baik bagi semua orang. Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal Anda. Faktanya berenang selama satu jam Anda dapat membakar 100-200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien anda berenang. Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan anda, semakin anda rutin maka renang bisa membakar kalori lebih efektif dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda.

2.  Membentuk dan Menguatkan Otot

Selain dapat menjaga berat badan. Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah dapat menguatkan otot-otot di dalam tubuh, salah satunya adalah otot triceps. Bahkan peningkatan massa otot triceps ini dapat mencapai 23,8% apabila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

3.  Baik Untuk Kesehatan Jantung

Olahraga renang juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung. Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa/stroke volume sebesar 18 %.

4.  Tinggi Badan Bertambah

Berenang dapat membantu Anda menambah tinggi badan yang Anda idamkan. Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi. Hal ini tentunya bagi Anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

5.  Membuat Tubuh Rileks

Ketika Anda sedang jenuh dengan segala rutinitas kerja Anda, dengan berenang di kolam dan menikmati waktu santai adalah hal yang baik untuk Anda menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Ketenangan di dalam air cukup bagus untuk kesehatan mental dan melepaskan tegangan otot atau sendi Anda sehingga badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali.

Bagian bagian otot manakah yang dominan terlatih dari olahraga renang?

Berenang dengan berbagai gaya dapat melatih hampir semua otot, termasuk otot perut dan otot ‘core’, bahu, biceps, triceps, bokong, hamstring, quadriceps dan fleksor panggul. Memperbaiki keseimbangan dan fleksibilitas.

Ketika melakukan aktivitas renang bagian tubuh apa yang paling dominan dalam bergerak?

Dalam olahraga renang, kecepatan gerakan kaki dan tangan menjadi kunci utama. Sebab, kecepatan gerakan kaki dan tangan berperan agar tubuh tetap mengapung atau terangkat dan tidak tenggelam.

Apa manfaat gaya otot berenang?

Gerakan renang gaya bebas membuat otototot tubuh bergerak dan lebih terlatih. Karena itu, kamu akan terhindar dari kram ataupun kejang otot. Menurut penelitian dalam Journal of Physiology, aliran darah ke otak cenderung meningkat hingga 14 persen ketika seseorang menceburkan diri ke air.

Bagaimana renang dapat menguatkan otot

Pada saat berenang, tubuh akan bergerak melawan tekanan air. Hal ini dapat membantu untuk membentuk dan melatih otototot tubuh. Selain membentuk massa otot, renang juga dapat membantu agar otot tubuh lebih kencang dan terlihat bentuknya.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *