Contoh motion Tween dan Shape Tween


Artikel ini membahas tentang pembuatan animasi di Flash dengan fitur Motion Tween dimiliki Flash. Dengan fitur tersebut, kita dapat dengan mudah membuat animasi gerak-gerak dalam fisika, misal animasi gerak lurus beraturan dan animasi katrol.

Kelemahan dari fitur ini adalah kita sulit mengatur kecepatan gerak benda-benda sedemikian sehingga memenuhi hukum fisika karena di sini kita mengatur kecepatan, percepatan dan arah secara manual. Walaupun demikian, sebagai ilustrasi, fitur ini tetap perlu dipelajari.

Langkah pertama, tentu saja, buat Flash Document baru.

 

From Aravir (am I Physicist?)

Buat bentuk lingkaran >pilih oval tool>buat lingkaran

From Aravir (am I Physicist?)

From Aravir (am I Physicist?)

Untuk animasi Klik kanan frame 10> pilih Insert Keyframe

From Aravir (am I Physicist?)

Klik kanan salah satu frame diantara frame 1 dan 10> pilih create motion tween

From Aravir (am I Physicist?)

Klik frame 10> drag bola sesuka hati

From Aravir (am I Physicist?)

Jalankan animasi dengan menekan Ctrl-Enter Lebih lanjut Klik frame diantara frame 1 dan 10> Jangan takut kalau lingkaran tidak berada pada tempatnya> Pindahkan posisi lingkaran sesuka hati jalankan dengan menekan Ctrl-Enter.

From Aravir (am I Physicist?)

From Aravir (am I Physicist?)

Anda akan melihat animasi telah berubah, anda bisa melakukannya di frame lain. Jika dirasa animasi kurang panjang, pada langkah Insert Keyframe di atas, pilih frame lain yang lebih besar (misal frame 20).

Flash (Adobe Flash atau Macromedia Flash) memiliki kemampuan/fitur yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah animasi sederhana. Dalam Flash kita bisa membedakan jenis animasi berdasarkan tekniknya menjadi 3, yaitu :

  1. Animasi Frame by Frame yaitu animasi dengan menggunakan beberapa gambar yang berurutan (sequence), sebagai contoh animasi klasik menggunakan teknik ini. Frame by Frame animation digunakan untuk menampilkan animasi yang mengalami perubahan bentuk seperti animasi karakter melakukan gerak tubuh, animasi perubahan bentuk secara dinamis seperti efek gerakan air, api, ledakan dan sebagainya.
  2. Animasi Motion Tween yaitu animasi dengan menggunakan dua buah keyframe dengan menggerakkan 1 objek dari titik satu ke titik lain, tanpa mengalami perubahan bentuk. Misal kita ingin menganimasikan mobil bergerak dari kiri ke kanan layar.
  3. Animasi Motion Guide yaitu animasi motion tween yang menggunakan lintasan (guide) sehingga perubahan gerak dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan lintasan yang diinginkan. Misal kita ingin membuat animasi daun yang jatuh dari pohon dan tertiup angin, animasi mobil berjalan disebuah bukit yang tidak rata dan sebagainya

Dengan menggunakan beberapa jenis animasi tersebut, kita dapat memanfaatkan software Flash untuk mengerjakan animasi 2 dimensi untuk film, game, web dan multimedia. Pada tutorial ini akan dibahas tentang teknik animasi dengan menggunakan Flash mulai dengan animasi motion tween.

Sebelum membuat animasi motion tween dengan Flash, pastikan terlebih dahulu anda mengenal tentang software Adobe Flash, Fitur-fitur yang dimiliki, dan istilah-istilah terkait seperti keyframe, blank keyframe, frame, timeline, symbol, library, properties, frame rate, drawing tool dsb. Pada tutorial ini akan dijelaskan cara membuat animasi bola yang bergerak dari kiri ke kanan, sebagai berikut:

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama  tweening adalah  untuk menggerakkan  objek  dari  satu  titik  ke  titik lainnya.

Beberapa orang pernah menanyakan hal ini pada saya, apa bedanya motion tween dan motion shape pada animasi flash. Sebenarnya keduanya memiliki persamaan dan perbedaan.

Persamaan : sama-sama digunakan untuk memberikan animasi atau efek pada objek.

Perbedaan : perbedaannya terletak dari efek yang ditimbulkan oleh keduanya dan objek yang dipakai. Lebih detailnya sebagai berikut:

Motion Tween.

Motion tween sering digunakan untuk memeberikan animasi berupa merubah posisi benda, merubah ukuran benda, dan merubah visibilitas, kecerahan(brightness), kedalaman warna benda. Merubah posisi benda dapat diartikan bahwa motion tween dapat menggerakkan benda dari titik A ke titik B.

Contoh :

 

Frame 1 adalah titik A dan frame 30 adalah titik B, maka animasi tersebut akan memberikan efek berupa perpindahan posisi objek dari A->B

[ Lihat animasi ]

Merubah ukuran benda, diartikan bahwa motion tween dapat merubah ukuran benda semisal dari kecil menjadi besar.

Merubah visibilitas, kecerahan(brightness), kedalaman warna benda dapat dilakukan dengan mengatur property color, pilih alpha untuk mengatur visibilitas/transparansi, pilih brightness untuk mengatur kecerahan, dan Tint atau advance untuk mengatur warna.

[ Lihat animasi ]

catatan : untuk penggunaan motion tween, objek yang dapat digunakan adalah objek berupa gambar, huruf dan objek yang telah diconvert dalam symbol di flash. Symbol dalam flash sendiri ada tiga jenis yakni graphic, button, dan movie clip.

 Motion Shape.

Seperti namanya, jenis motion ini HANYA dapat digunakan untuk objek dengan jenis shape. Shape dapat diartikan dengan objek yang dibuat menggunakan tool di dalam flash sendiri, semisal lingkaran, dan TIDAK diconvert dalam symbol. Motion shape penggunaannya hampir sama dengan motion tween yakni dapat melakukan berbagai animasi seperti pergerakan posisi, ukuran, dan warna. Namun ada yang menjadi ciri khas motion shape, yaitu, motion shape dapat melakukan animasi untuk merubah bentuk objek, semisal dari bundar menjadi segitiga dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan animasi shape tween?

Shape Tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween. Shape tweening biasa digunakan untuk membuat animasi perubahan bentuk.

Tuliskan langkah langkah dari motion tween?

Buat bentuk lingkaran >pilih oval tool>buat lingkaran..

Untuk animasi Klik kanan frame 10> pilih Insert Keyframe..

Klik kanan salah satu frame diantara frame 1 dan 10> pilih create motion tween..

Klik frame 10> drag bola sesuka hati..

Bilamana motion tween digunakan?

Motion tween sering digunakan untuk memberikan animasi berupa merubah posisi benda,merubah ukuran benda,dan merubah visibilitas,kecerahan(brightness),kedalaman warna benda.

Apa perbedaan dalam menggunakan teknik animasi motion tween dan teknik animasi motion shape?

Animasi motion tween adalah animasi yang dibuat dengan cara menentukan keyframe awal dan akhir saja, sehingga menciptakan frame-frame baru. Animasi frame by frame adalah animasi yang dibuat dengan cara membuat frame dari awal sampai akhir, sehingga menjadi sebuah animasi.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *