Carilah contoh lain benda yang dapat digunakan menjadi sumber arus listrik mengapa


Merdeka.com – Listrik adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita. Anda pun pasti juga berpikir demikian. Ini adalah salah satu penemuan yang luar biasa dan berdampak besar bagi manusia.

Setelah penemuan besar ini, kehidupan manusia seperti tak bisa lepas dari kehadiran listrik. Bahkan sulit rasanya membayangkan kehidupan tanpa kehadiran listrik. Anda bisa berterima kasih pada Michael Faraday, yang dijuluki Bapak Penemu Listrik.

Ketika beraktivitas, Anda bisa melihat bagaimana kegiatan sehari-hari kita begitu mengandalkan keberadaan listrik. Pekerjaan rumah seperti menyetrika, mencuci, menyimpan makanan semua membutuhkan listrik. Urusan pekerjaan atau mengerjakan tugas sekolah pun sering menggunakan laptop, komputer, dan printer yang mengandalkan arus listrik.

Manfaat listrik memang begitu luas. Salah satu sumber energi ini bahkan bisa dikatakan menjadi penopang dalam kegiatan sehari-hari kita. Energi listrik juga menjadi energi yang dapat berubah menjadi berbagai energi lainnya, seperti energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, dan masih banyak yang lainnya.

Hampir setiap waktu kita bisa merasakan manfaat listrik. Sadar atau tidak, energi listrik sudah banyak berkontribusi dalam setiap aktivitas. Berikut ini beberapa manfaat listrik yang sering kita rasakan dalam kegiatan sehari-hari.

Listrik sebagai Penerangan

Manfaat listrik yang pertama adalah sebagai sumber penerangan. Listrik membuat kehidupan dunia ini menjadi lebih terang. Anda juga harus bersyukur karena tidak perlu menghabiskan banyak lilin dalam satu malam sebagai sumber penerangan.

Energi listrik yang diubah menjadi cahaya memang sangat membantu dalam kehidupan. Anda bisa membaca di malam hari, mengerjakan tugas kantor, dan rasa aman pun lebih terjamin karena tidak perlu takut jika melewati suatu jalan di malam hari.

©2019 Merdeka.com

Listrik Sebagai Sumber Energi

Manfaat listrik yang kedua yaitu sebagai sumber energi. Coba lihat benda-benda di sekeliling Anda. TV, kulkas, mesin cuci, AC, komputer, laptop, lampu semuanya adalah benda-benda yang menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Memang harus diakui bahwa listrik menjadi sesuatu yang penting dalam aktivitas kita. Tanpa listrik, entah bagaimana kita bisa mendapatkan manfaat serupa dari benda-benda tersebut.

Listrik sebagai Penghasil Gerak

Manfaat listrik yang ketiga yaitu sebagai penghasil gerak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa listrik bisa diubah menjadi berbagai macam energi lain, termasuk energi gerak. Anda bisa melihat contohnya pada kipas angin, blender, atau moda transportasi.

Penggunaan listrik pada peralatan rumah tangga, dinilai sangat membantu dan lebih efektif. Penggunaan energi dari arus listrik pun juga dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan pencemaran.

©2019 Shutterstock

Itulah kenapa saat ini terobosan mobil listrik terus coba dikembangkan untuk mengurangi pencemaran akibat penggunaan bahan bakar minyak bumi.

Listrik dalam Bidang Medis

Manfaat listrik yang keempat yaitu manfaat listrik dalam bidang medis. Manfaat listrik juga hadir membantu kita dalam urusan medis.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, serta diiringi dengan pengetahuan medis, akhirnya banyak alat-alat medis muncul untuk membantu sebagai bukti inovasi dalam bidang pengobatan.

Bahkan saat ini, ada terapi listrik yang memanfaatkan rangsangan elektrik. Terapi ini cukup sering digunakan untuk menangani beberapa jenis penyakit, seperti saraf dan kejiwaan.

Listrik pada Gadget

Manfaat listrik yang kelima yaitu untuk mengolah data dalam perangkat. Tidak hanya dapat diubah menjadi cahaya dan gerak, energi listrik juga terlibat pada proses di dalam gadget untuk melakukan pengolahan data.

Sebut saja komputer, tablet, smartphone, dan gadget lainnya. Semua perangkat tersebut membutuhkan arus listrik untuk mengisi daya agar bisa menjalankan aplikasi di dalamnya. Kemudian arus listrik ini nantinya akan diubah menjadi energi output yang dapat menampilkan tulisan, gambar atau hal lainnya seperti yang muncul di perangkat saat ini.

©Shutterstock/Denys Prykhodov

Listrik Sebagai Penghasil Suara

Manfaat listrik yang selanjutnya yaitu sebagai penghasil suara. Jika Anda hobi mendengarkan lagu-lagu dari ponsel atau gadget lainnya, itu adalah salah satu hasil output dari arus listrik. Anda pasti juga akrab dengan mikrofon dan speaker. Keduanya merupakan bukti lain dari manfaat arus listrik sebagai pengolah dan penghasil suara.

Dengan menggunakan kedua perangkat ini, Anda bisa mendengar lebih jelas dan berbicara lebih keras tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Listrik dalam Olahraga

Manfaat listrik yang terakhir yaitu dalam bidang olahraga. Sama seperti manfaat listrik dalam bidang medis, banyak alat-alat olahraga saat ini mengandalkan energi listrik untuk membantu seseorang dalam menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu yang mulai sering digunakan saat ini adalah EMS atau Electrical Muscle Simulation. EMS adalah alat yang menggunakan aliran listrik untuk merangsang otot-otot agar dapat bekerja lebih efektif.

Dengan bantuan tenaga listrik, bentuk tubuh ideal dapat semakin mudah didapatkan dengan efektivitas tinggi dan meminimalkan risiko cedera.

Bahan apa saja yang dapat dijadikan menjadi sumber arus listrik?

Elemen dari Sumber Arus Listrik.

Elemen Volta. Elemen Volta adalah sumber arus listrik yang paling sederhana. … .

Baterai. Ilustrasi sumber arus listrik baterai. … .

Aki. Ilustrasi sumber arus listrik aki. … .

Dinamo. … .

Sel Surya. … .

Piezoelektrik. … .

Termokopel..

Benda yang dapat menghasilkan arus listrik disebut apa?

Sumber energi listrik adalah bendabenda yang dapat menghasilkan arus listrik.

Apa yang dimaksud sumber arus listrik?

Sumber arus listrik adalah benda-benda yang dapat menghasilkan arus listrik. Semua sumber arus listrik dapat memberikan gaya pada elektron sehingga elektron dari sebuah atom dapat bergerak. Gaya seperti itulah yang dinamakan gaya gerak listrik atau ggl.

Apa yang dimaksud dengan arus DC sebutkan contohnya?

Arus listrik searah atau biasa disebut DC (Direct Current) adalah sebuah bentuk arus atau tegangan yang mengalir pada rangkaian listrik dalam satu arah saja. Pada umumnya, baik arus maupun tegangan listrik DC dihasilkan oleh pembangkit daya, baterai, dinamo, dan sel surya.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *