Cara mendapatkan sinyal tv digital


Berikut cara mencari sinyal TV digital lewat set top box sejalan dengan rencana pemerintah suntik mati siaran TV analog per 2 November 2022.

Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. – Kompub ASO/Wienda Parwitasari

Solopos.com, SOLO — Pada TV digital kerap ditemui beberapa permasalahan, salah satunya kerap sulit mencari sinyal siaran digital. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, simak cara yang ada di bawah ini.

Seperti diketahui, pemerintah baru saja mematikan siaran TV analog per 2 November 2022 dan beralih ke siaran digital. Dengan adanya peralihan tersebut, dibutuhkan Set Top Box (STB) yang bisa menangkap sinyal digital bagi TV analog.

PromosiTokopedia Hijau Ajak UMKM dan Masyarakat Usung Produk Ramah Lingkungan

Set top box ini akan membantu menangkap sinyal TV digital oleh antena untuk dapat ditampilkan, meski TV yang digunakan adalah TV siaran analog.

Namun, ada kalanya siaran TV digital kerap sulit mencari sinyal. Tak usah khawatir, berikut ini terdapat caranya dengan memanfaatkan Set Top Box (STB).

Ilustrasi. Ada sejumlah alur yang harus diikuti jika ingin TV di rumah bisa menangkap siaran digital. (Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemerintah resmi menerapkan siaran tv digital sejak awal November lalu bersamaan dengan suntik mati siaran analog. Ada perbedaan dalam cara menangkap siaran digital dan analog.

Mengutip situs siarandigital.kominfo, masyarakat membutuhkan Set Top Box (STB) agar tv analog bisa menangkap siaran digital.

“Untuk bisa menonton TV digital maka diperlukan perangkat penerima siaran berstandar Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2)” tulis Kominfo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lihat Juga :

6 Desakan soal Kelanjutan ASO: Luar Jabodetabek hingga STB

“Caranya dengan menggunakan TV yang sudah dilengkapi DVB-T2 atau dengan menggunakan alat tambahan yaitu Set Top Box (STB) jika televisi belum dilengkapi dengan DVB-T2 atau masih berupa TV analog. Untuk bisa menangkap siaran TV digital diperlukan antena TV biasa (UHF).”

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan distribusi STB. Sebanyak 4,3 juta unit STB merupakan sumbangan dari Stasiun Televisi Penyelenggara Siaran Digital alias Multipleksing (MUX).

“Sampai dengan 3 November 2022, sebanyak 476.088 unit Set Top Box (99,3%) dari target 479.307 unit STB telah terdistribusikan kepada penerima bantuan di wilayah Jabodetabek,” demikian dikutip dari siaran pers Kominfo, Jumat (4/11).

STB tidak diperlukan jika TV yang dimiliki berjenis televisi digital. Akan tetapi, tetap ada alur yang harus dijalani jika ingin menangkap siaran digital. Apa saja?

Untuk TV yang sudah digital:

1. Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital.

2. Gunakan antena UHF biasa, baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor). Posisi antena perlu disesuaikan (ketinggian dan/atau arah) dengan lokasi pemancar multipleksing.

3. Pastikan televisi sudah dilengkapi dengan penerima siaran TV digital DVB-T2.

4. Pastikan kabel antara antena dan TV tersambung dengan baik.

5. Setelah perangkat tv tersambung, pilih menu pengaturan/setting untuk pencarian sinyal. Biasanya terdapat pilihan DTV untuk siaran digital di samping ATV untuk siaran analog.

6. Pilihan auto scan untuk memindai program-program siaran TV digital, dan tunggu sampai proses selesai.

Lihat Juga :

Cara Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box

Untuk TV yang menggunakan STB:

1. Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital.

2. Gunakan antena UHF biasa, baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor). Posisi antena perlu disesuaikan (ketinggian dan/atau arah) dengan lokasi pemancar multipleksing.

3. Sambungkan STB ke TV dan antenta dengan menggunakan salah satu dari kabel RCA atau HDMI sesuai jenis TV.

4. Pastikan kabel antara STB, antena, dan TV tersambung dengan baik.

Lihat Juga :

Melawan Lupa, Suntik Mati TV Analog Sudah Diingatkan Sejak era SBY

5. Pastikan TV dalam keadaan menampilkan sumber AV. Jika terdapat beberapa pilihan AV1, AV2, dst, maka sesuaikan.

6. Nyalakan STB, kemudian akan diminta untuk memasukkan kode pos. Isi sesuai dengan domisili rumah agar bisa menerima sinyal peringatan dini kebencanaan.

7. Setelah masuk ke Menu, pilih “pencarian saluran secara otomatis”.

Langkah-langkah yang sama bisa diterapkan untuk kembali mendapatkan siaran TV digital yang sempat ada kemudian hilang. Selamat mencoba.

Bagaimana cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal?

Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal.

Menggunakan antena yang memiliki kualitas baik. Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal adalah menggunakan antena berkualitas yang mendukung siaran TV digital. … .

Pastikan TV mendukung fitur DVB-T2. … .

Cek sinyal siaran TV Digital di daerah. … .

Menyesuaikan arah antena..

Langkah langkah mencari sinyal TV digital?

Cara Mencari Sinyal TV Digital untuk TV dengan DVB-T2
Sambungkan kabel antena dan TV dengan baik. Sekarang, nyalakan TV dan pilih ‘Pengaturan’, pilih ‘DTV’ untuk mendapatkan siaran digital. Klik ‘Auto Scan’ dan TV kamu akan mencari channel TV digital secara otomatis. Tunggu hingga proses ini selesai.

Bagaimana cara menguatkan sinyal TV digital?

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal TV Digital Dengan Mudah?.

Gunakan Antena yang Tepat..

2. Gunakan Kabel yang Bagus..

3. Gunakan Alat Penguat Sinyal (Booster).

Bisakah TV digital tanpa antena?

Dilansir dari laman Indonesiabaik.id, antena masih diperlukan untuk mendapatkan sinyal siaran TV digital. Bisa antena indoor atau di dalam ruangan maupun antena outdoor atau antena di luar ruangan. Sebab, fungsi antena adalah untuk menangkap sinyal.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *