Cara Memulai Belajar Coding – Berita Bisnis Terupdate


Berkat internet, kita jadi bisa memanfaatkan waktu kita untuk mempelajari coding. Namun, banyaknya pilihan dapat menghentikan beberapa pembuat kode baru bahkan sebelum mereka memulai. Lalu, bagaimana cara memulai belajar coding agar hasilnya maksimal?

Cari Motivasi untuk Belajar Coding

Sebelum anda memulai belajar coding, pikirkan mengapa Anda ingin tahu cara membuat kode. Pikirkan tentang proyek yang ingin Anda selesaikan, mengapa keterampilan ini membuat Anda bersemangat, dan sumber daya apa yang Anda miliki.

Misalnya, Anda ingin menjadi pengembang untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan untuk keluarga Anda. Apakah Anda tahu di mana Anda ingin bekerja dan proyek seperti apa yang mereka butuhkan untuk pengembang? Apakah Anda siap meluangkan waktu untuk mempelajari kode, mempelajari bahasa pemrograman yang tepat, dan membangun proyek yang menunjukkan bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan.

Memulai Belajar Coding dengan Beberapa Langkah

Jika anda sudah mengetahui alasan kenapa anda ingin belajar coding, selanjutnya anda bisa lanjut ke step untuk mempelajari dan memahami coding itu sendiri. Mari kita mulai dengan beberapa langkah di bawah ini:

1. Pilih Bahasa Pemrograman yang Ingin Dipelajari

Jika Anda mencoba mencari tahu bahasa pemrograman mana yang akan digunakan, pikirkan tentang tujuan jangka panjang Anda. Apakah Anda membuat kode untuk bersenang-senang atau untuk maju di tempat kerja? Apakah Anda memiliki garis waktu yang fleksibel atau Anda perlu menyelesaikan proyek dengan tergesa-gesa?

Sebagai pemula, Anda mungkin ingin memulai dengan bahasa yang tidak menggunakan struktur data atau algoritme. Jika demikian, HTML atau CSS adalah tempat yang bagus untuk memulai. Namun, bahasa seperti Java dan Python juga bagus untuk pemula, dan mereka juga memiliki banyak aplikasi. Ini adalah langkah awal sebelum anda masuk ke pemrograman lanjutan seperti pseudocode untuk pemrograman, framework, library, database, dan sebagainya.

2. Ikuti kursus Online

Belajar kode tidak lagi membutuhkan pengaturan ruang kelas. Saat ini, ada ribuan kursus pemrograman online yang mencakup semuanya mulai dari HTML dasar hingga struktur data hingga algoritme kompleks. Kursus pertama Anda harus memperkenalkan dasar-dasar bahasa dan berisi modul dan tugas interaktif untuk memandu pembelajaran Anda.

3. Tonton Tutorial Video

Anda mungkin biasa menggunakan aplikasi streaming video seperti Youtube untuk hiburan atau mengisi kegiatan di waktu luang anda. Lalu, kenapa tidak mencoba mencoba menggunakan Youtube untuk belajar pemrograman? Banyak referensi yang bisa anda dapatkan dari menonton video. Terlebih jika anda ingin menonton tutorial yang sudah banyak tersedia di youtube mengenai pemrograman.

5. Gunakan Alat yang Memudahkan Pemrograman

Meskipun bagus untuk mengetahui bahwa Anda tidak memerlukan alat khusus untuk menulis kode, ada alat yang dapat membantu.

Editor Kode

Editor teks menyertakan fitur untuk membuat pengkodean lebih mudah seperti pengodean warna, pelengkapan otomatis, temukan-dan-ganti, dan mode gelap.

 

Sebagian besar profesional menggunakan editor kode. Alat ini dapat membantu Anda menulis kode bersih lebih cepat. Editor kode seperti editor teks, tetapi memiliki fitur tambahan yang membantu Anda mengelola dan mengedit kode seperti:

Notepad++ , Sublime Text , dan Emacs adalah editor populer untuk pemula.

Konsol

Anda juga ingin mengenal komputer Anda sedikit lebih baik. Saat Anda memulai pengkodean, Anda harus mempelajari cara menavigasi konsol. Ini adalah antarmuka berbasis teks untuk sistem operasi Anda.

 

Konsol memungkinkan Anda menemukan file dan menjalankan perintah pada mereka lebih cepat daripada antarmuka pengguna grafis (GUI) standar. Biasakan diri Anda dengan cara menggunakannya, termasuk perintah UNIX dasar , karena Anda akan melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan di GUI.

Manajemen proyek

Banyak proyek dimulai dengan sederhana tetapi menjadi lebih rumit seiring berjalannya proyek. Dengan menggunakan alat manajemen proyek, Anda dapat berbagi file, memperbarui garis waktu, dan memecah bagian terpisah dari proyek pengkodean. Ini membuatnya lebih mudah untuk melacak proyek sampingan dan file tambahan sambil tetap berpegang pada garis waktu Anda. Jika anda sudah akan melakukan publikasi, manajemen proyek juga bisa dijadikan sarana untuk memudahkan sebelum mengunggah hasil pemrograman berupa website ke server cloud VPS Windows atau server hosting lainnya.

4. Baca Buku dan Ebook

Lebih suka pendekatan jadul? Ambil buku tentang bahasa pilihan pemula Anda. Buku akan memperkenalkan Anda pada konsep dasar dan menginformasikan pengkodean Anda.

Cara Tetap Termotivasi Saat Anda Membuat Kode

Saat memulai proyek jangka panjang, pikirkan hal-hal yang membuat Anda ingin menginvestasikan waktu. Baik itu situs web pribadi, aplikasi seluler, atau alat desktop, Anda akan mengalami hambatan dalam prosesnya. Memilih proyek yang benar-benar Anda nikmati dan pedulikan memastikan Anda menindaklanjutinya.

Cara hebat lainnya untuk tetap terlibat dengan proyek pengkodean adalah dengan lepas. Anda tidak perlu menjadi pemrogram ahli untuk membuat alat yang berguna bagi seseorang. Jangkau teman, anggota keluarga, atau bisnis lokal yang membutuhkan alat atau situs web — ini sama-sama menguntungkan.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *