Cara belajar sholat untuk pemula


Setelah membaca niat, maka selanjutnya yaitu melakukan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan serta mengucapkan “ Allaahu akbar.”

(Allaahu akbar)

Artinya: Allah Maha Besar

3. Membaca Doa Iftitah

© foto: Instagram/@kliksunnah

Doa iftitah dilakukan setelah mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga (untuk laki-laki) atau sejajar dengan dada (untuk perempuan) sambil membacakan ” allahu akbar” . Kemudian tangan disedekapkan pada dada dan baru membacakan doa iftitah. Berikut bacaannya:

ALLAAHU AKBAR KABIIRAW WALHAMDU LILLAAHI KATSIIRA WA SUBHAANALLAAHI BUKRATAW WA’ASHIILA.

Artinya : ” Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang.”

WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATARAS SAMAWAATI WAL ARDHA HANIIFAM MUSLIMAW WAMAA ANAA MINAL MUSYRIKIIN. INNA SHALAATII WA NUSUKII WA MAHYAAYA WA MAMAATII LILLAAHI RABBIL AALAMIIN. LAA SYARIIKALAHU WA BIDZAALIKA UMIRTU WA ANAA MINAL MUSLIMIIN.

Artinya : ” Kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim.”

4. Al-fatihah

Setelah doa ifititah telah selesai dibacakan, bacaan selanjutnya yaitu membaca surat al-fatihah.

BISMILLAHIR RAHMAA NIRRAHIIM. ALHAMDU LILLA HI RABBIL ‘ALAMIN. AR RAHMAANIRRAHIIM. MAALIKI YAUMIDDIIN. IYYAAKA NA’BUDU WA IYYAAKA NASTA’IIN. IHDINASH SHIRRAATAL MUSTHAQIIM. SHIRAATHAL LADZIINA AN’AMTA ‘ALAIHIM GHAIRIL MAGHDUUBI ‘ALAIHIM WALADH-DHAALLIIN.

Artinya : ” Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Sholat fardhu hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim. Islam juga mengajarkan agar menyegerakan untuk melaksanakan sholat fardhu dan meninggalkan segala aktivitasnya. Ketika sahabat Dream mendengar azan berkumandang, maka bergegaslah untuk mengambil air wudhu dan menunaikan sholat. Karena ada berbagai keutamaan dari menjalankan sholat fardhu secara tepat waktu.

Berikut adalah beberapa keutamaan sholat fardhu tepat waktu seperti dikutip dari islampos.com:

Dicintai Allah SWT Lebih dari Berbakti pada Orang Tua dan Jihad

Keutamaan sholat tepat waktu yang pertama adalah akan dicintai Allah SWT lebih dari berbakti pada orang tua dan berjihad. Karena sholat tepat waktu menunjukkan seorang hamba yang sangat mencintai Tuhannya. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَلِ أفضل؟ قال: «الصلاة في وَقْتِهَا» . قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ» . قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ «بِرُّ الْوَالِدَيْنِ»

Artinya: Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, ” Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, ” Apakah amal perbuatan yang paling utama?” Rasulullah SAW menjawab, ” Melaksanakan shalat pada waktunya.” Kemudian aku bertanya, ” Lalu apa lagi?” Rasulullah SAW menjawab, ” Berjihad di jalan Allah.” Aku bertanya lagi, ” Kemudian apa?” Rasulullah SAW menjawab, ” Berbakti kepada kedua orang tua.”  (HR. Bukhari dan Muslim).

Mendapat Balasan Surga

Keutamaan berikutnya adalah mendapatkan balasan surga dari Allah SWT. Inilah janji Allah SWT kepada hamba yang selalu tepat waktu untuk mejalankan sholat fardhu. Surga adalah kebahagiaan dan keindahan yang sifatnya abadi dan hal tersebut sudah dipersiapkan oleh Allah SWT.

Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Umat Islam yang menyegerakan untuk sholat fardhu akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Ini berarti ia telah memprioritaskan Allah SWT dan sudah mengikhlaskan diri pada Allah SWT di waktu yang terbaik. Dengan hati yang ikhlas seperti inilah, semua dosanya akan berguguran.

Mendapat Pahala Kebaikan yang Sangat Besar

Keutamaan dari menjalankan sholat fardhu secara tepat waktu adalah mendapatkan pahala kebaikan yang sangat besar. Hal ini pun pernah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda yang artinya:

“ …Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari).

Mendapat Sembilan Macam Kemuliaan

Keutamaan sholat fardhu secara tepat waktu yang terakhir adalah mendapatkan sembilan macam kemuliaan. Kesembilan kemuliaan itu dijelaskan dalam sebuah hadis dari Utsman bin Affan ra yang berkata yang artinya:

“ Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, eberadaannya selalu dijaga malaikat, umahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.”

Gimana cara belajar sholat?

Tata Cara Salat 5 Waktu dan Doanya.

Takbiratul Ihram. Foto: takbiratul ihram (Orami Photo Stock) … .

Membaca Doa Iftitah. … .

Membaca Surat Al-Fatihah. … .

Membaca Surah Pendek. … .

Rukuk dan itidal. … .

Sujud dan Duduk di Antara Dua Sujud. … .

Tasyahud Awal. … .

Tasyahud Akhir..

Bagaimana Bacaan ketika memulai shalat?

Bacaan doa iftitah adalah: “Allaahu akbar kabiirow wal hamdu lillaahi katsiiroo wasubhaanalloohi bukrotaw wa-ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaa wamaa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wamahyaa wa mamaatii lillaahi robbil ‘aalamiin.

Langkah dan bacaan sholat?

Tata Cara Sholat 5 Waktu dan Doa yang Benar Sesuai Tuntunan Islam.

Melakukan takbiratul ihram. … .

Membaca doa iftitah. … .

Membaca Al-Fatihah. … .

Membaca Surah Pendek. … .

Rukuk. … .

6. Sujud. … .

7. Melakukan tasyahud awal. … .

Melakukan tasyahud akhir..

Bagaimana jika kita tidak hafal bacaan sholat?

Oleh karena itu jika orang yang tidak tahu bacaan sholat yang melaksanakan sholat sendiri tanpa membaca al-fatihah, ayat lain dari Alquran atau tasbih dan hanya melakukan gerakan dan takbir saja. Maka menurut sebagian ulama sholatnya tidak sah.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *