Berapa lama waktu booting Windows 10?


Proses booting komputer memakan waktu lama? Kamu bisa membuat proses booting berjalan kurang dari 10 detik. Berikut cara mempercepat booting windows 10.


Proses booting idealnya memakan waktu berapa lama sih? Jawabannya, relatif. Tergantung versi windows atau sistem operasi yang dipakai. Akan tetapi, khusus untuk windows 10 seharusnya tidak memakan waktu yang lama.

Jika kamu memiliki permasalahan seputar proses booting yang lama, coba terapkan cara mempercepat booting windows 10 dibawah ini. Ada beberapa setting yang harus kamu ubah untuk membuat proses booting berjalan kurang dari 10 detik. Berikut informasi lengkapnya.

Isi Tampilkan

1 Non-Aktifkan Semua Efek Spesial

2 Sembunyikan Icon Desktop

3 Aktifkan Pengaturan Fast Startup

4 Setting Boot Menu Time-Out

5 Non-Aktifkan Program yang Sedang Berjalan

6 Rekomendasi:

Non-Aktifkan Semua Efek Spesial

Salah satu faktor yang membuat proses booting windows 10 lama sekali bisa diakibatkan karena efek spesial. Banyaknya efek spesial yang terpasang bisa membuat proses booting berjalan lama. Coba nonaktifkan semua efek special tersebut menggunakan cara ini.

  1. Buka start menu -> klik ikon mesin pencarian, atau tekan “Windows+R” pada keyboard. Tuliskan “View Advanced Systems Settings” di kolom pencarian tersebut.
  2. Klik pada tab “Advance”
  3. klik tombol “Setting” pada menu performance 
  4. Masuk di menu Performance Option, kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan, salah satunya“Visual Effect”.

Jika kamu menerapkan effect special pada komputer, seharusnya titik hitam berada di pilihan “Let windows choose what’s……”

Tugas kamu, ganti opsi tersebut dengan klik pada opsi “adjust for best performance”.

  1. Klik ok, dan selesai.

Special effect yang mempercantik layar komputer kamu akan hilang, namun proses booting akan menjadi lebih cepat. Namun jika cara ini belum bisa membuat proses booting berjalan cepat, coba terapkan cara selanjutnya.

Sembunyikan Icon Desktop

Saat proses booting berjalan, sistem akan meload semua tampilan yang ada di desktop . Semakin banyak tampilan yang muncul di desktop, semakin lama proses booting berjalan. Coba sembunyikan semua icon pada desktop untuk mempercepat proses booting. 

  1. Klik kanan di layar dekstop
  2. Pilih opsi “View”
  3. Hilangkan tanda centang pada opsi “Show icon desktop”
  4. Selesai. Icon dekstop sudah tidak terlihat di layar lagi. Proses sistem melakukan load saat booting, otomatis akan semakin cepat.

Aktifkan Pengaturan Fast Startup

Cara lain untuk membuat proses booting berjalan cepat adalah dengan mengubah setting windows 10. Dimana, sistem operasi windows 10 memiliki fitur Fast Startup. Fungsinya adalah untuk meningkatkan performa booting. 

Nah, jika kamu ingin proses booting berjalan kurang dari 10 detik, aktifkan pengaturan fast startup tersebut. Berikut tutorialnya.

  1. Arahkan kursor ke icon battery yang ada di pojok kanan bawah.
  2. Klik kanan di icon baterry tersebut, kemudian pilih opsi “power option”
  3. Masuk di menu Power Option, kamu akan melihat ada beberapa pilihan di layar bagian kiri. Tugas kamu selanjutnya, pilih menu yang bertuliskan “Choose what the power button does”.
  4. Lalu, klik di bagian “Change setting that are currently…….” untuk mengubah setting fast startup-nya
  5. Centang kotak pada tulisan “Turn on fast startup”. (opsi ini ada dibagian bawah)
  6. Klik “Save changes” untuk menyimpan perubahan tersebut.
  7. Selesai. Performa booting akan meningkat 2 lebih cepat dari sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Aktivasi Windows 10

Sistem operasi windows 10 memiliki fitur rekomendasi lainnya selain Fast Start-up, yakni Boot Menu Time-Out. Fitur tersebut merupakan sistem untuk mengatur waktu yang berkaitan dengan proses booting. 

Singkatnya, fitur Boot Menu Timeout ini bisa kamu setting untuk mempercepat waktu booting. Dari yang semula proses booting berjalan selama lebih dari 30 detik, bisa dipercepat menjadi 15 atau 10 detik saja.

Berikut tutorial setting waktu startup windows 10 dengan mudah

  1. Buka start menu -> masuk ke toolbar pencarian atau bisa langsung tekan tombol “Windows+R” untuk masuk ke kolom pencarian.
  2. Tuliskan “View Advance system settings”
  3. Masuk di System Properties, kamu akan melihat ada beberapa pilihan menu bar yang tersedia. Langsung saja pilih yang “Advanced” 
  4. Disitu kamu akan masuk di jendela baru Startup and Recovery. Lalu dibagian kotak yang tercentang “ Time to display list operating systems” ada opsi untuk merubah detik. Ubah saja menjadi 10 second (bisa diubah sesuka hati) 
  5. Klik ok untuk menutup jendela tersebut.
  6. Selesai.

Cobalah untuk restart komputer, dan lihat berapa lama proses booting akan berjalan. Bahkan jika kamu ingin membuat proses booting hanya berjalan 5 detik saja juga bisa. Keberadaan fitur Boot Menu Time-out memang digunakan untuk mengatur waktu booting komputer sesuka hati.

Non-Aktifkan Program yang Sedang Berjalan

Saat windows 10 memulai proses booting, sistem akan beberapa program yang terpasang tanpa ditampilkan pada layar desktop. Bisa dibilang “run in the background”. Semakin banyak program yang dijalankan, semakin lama proses booting berlangsung.

Program yang dijalankan sifatnya “Run in the background”, maka tidak semua orang tahu tentang hal ini. Nah, untuk tahu mengurangi program yang berjalan saat proses booting, coba terapkan cara non-aktifkan program windows 10 dibawah ini.

  1. Klik kanan pada layar utama windows 10 (desktop)
  2. Pilih Task Manager
  3. Halaman Task Manager akan muncul. Disitu ada beberapa pilihan menu yang tersedia, klik pada tab “Startup”
  4. Disitu kamu akan melihat daftar program yang berjalan saat proses booting berlangsung. Tugas kamu adalah non-aktifkan beberapa program yang sekiranya tidak penting untuk dijalankan dibalik layar.
  5. Caranya, arahkan kursor program yang akan dihentikan, klik kanan -> pilih opsi “Disable”
  6. Setelah itu, status yang tertulis pada layar akan berhenti dari “Enable” menjadi “Disable”
  7. Sangat disarankan untuk menghentikan/non-aktikan program yang tidak berkaitan dengan sistem.
  8. Selesai. Tidak ada lagi istilah windows 10 lemot 2019. 

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil adalah proses booting tidak akan berlangsung lama jika tidak ada faktor penyebabnya. Sebagai solusi, kamu memang harus menerapkan cara mempercepat booting seperti diatas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

  • Cara Cek Versi Windows 10 Termudah
  • Cara Update Windows 10 Terbaru

Rekomendasi:

  • Cara Instal Windows 8 dan 8.1 Deskripsi: Cara instal Windows 8 atau 8.1 dengan 5 langkah mudah. Install menggunakan CD/DVD-Rom, menggunakan flashdisk, atau di virtual box. Meskipun sudah ada Windows versi terbaru, masih banyak orang yang…
  • 4 Emulator PS2 untuk PC dan Android Deskripsi: Cara mudah memainkan semua game Playstation 2 hanya menggunakan emulator PS2. Selain untuk PC/laptop, saat ini hadir emulator Playstation 2 untuk Android. Hadirnya emulator, baik untuk PC maupun Android,…
  • 3 Cara Flash Asus Zenfone C Z007 Deskripsi : Beberapa cara flash asus z007 bisa mengembalikan software seperti baru, tapi ada beberapa persiapan dan resiko dari proses flashing. Smartphone mulai lemot, sering bootloop atau aplikasi suka case…
  • 7 Emulator PS3 Terbaik untuk PC dan Android Deskripsi : Game emulator PS3 bisa kamu mainkan dimana saja baik PC atau Android. Sebelum mendownload emulator PS3, sebaiknya cek spesifikasi dari perangkat kamu. Emulator PS3 sangat berguna bagi orang-orang…
  • Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Hal yang paling tidak menyenangkan saat menggunakan flashdisk adalah file yang kadang tidak sengaja dihapus. Nah, kalau Anda melakukannya, jangan khawatir. Ternyata, ada cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk…
  • Cara Menyambung HP ke TV Dengan Mudah (Tutorial Lengkap) Saat ini, inovasi dan perkembangan teknologi memang tak terelakkan lagi. Salah satu buktinya adalah konvergensi dua perangkat berbeda, di mana kamu bisa menghubungkan HP ke TV tanpa bantuan kabel. Nah,…
  • Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Deskripsi: Apa Penyebab IDM tidak muncul di YouTube? Masalahnya bisa di software IDM, di browser atau integrasi yang bermasalah. Cara memunculkan kembali IDM di YouTube dengan mudah. Buat kamu yang…
  • Cara Mengetahui Bit Laptop Deskripsi: Perangkat komputer atau laptop yang dijual di pasaran terdiri dari 2 jenis sistem bit, berikut cara mengetahui bit laptop yang bisa kamu praktekkan! Sudah menjadi rahasia umum bahwa perangkat…
  • Cara Menghapus Malware di Android dengan Cepat Deskripsi: Malware di android sangat berbahaya. Pelajari 3 pilihan cara menghapus malware di Android dengan mudah dan cepat. Pernahkah saat kamu sedang memainkan smartphone, tiba-tiba muncul pop-up iklan yang mengganggu?…
  • Cara Menghapus Akun Facebook Ada beberapa cara menghapus akun Facebook yang perlu Anda lakukan untuk mengatur akun yang Anda miliki tersebut. Nah, dalam hal ini, untuk bagian pertama, kita akan membahas tentang langkah untuk…
  • 3 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Deskripsi: Cara Cek Nomor 3 (Tri) dengan 3 Metode yang Paling Gampang. Cek Nomor dan Cek Profil atau Pilih Layanan Paket 3 yang Paling Murah. Tri adalah salah satu provider…
  • 5 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Gratis Aplikasi TikTok merupakan aplikasi video yang sedang naik daun dan memiliki banyak pengguna. Banyak video di TikTok yang menghibur dan informatif sehingga banyak orang ingin mendownloadnya. Apakah kamu sudah mengetahui…
  • 3 Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Masalah yang paling umum terjadi dan cukup menyebalkan untuk pemilik flashdisk, adalah flashdisk write protected. Kondisi flashdisk yang terproteksi membuat penggunanya tidak dapat melakukan apapun, mulai dari menambah data hingga…
  • Cara Download Aplikasi di Laptop Di halaman ini kita akan belajar bagaimana Cara Download Aplikasi di Laptop & cara menginstal aplikasi Android di Laptop. Untuk game, silahkan kunjungi cara download game di laptop. Laptop merupakan…
  • Cara Screenshot HP Samsung A50 dan Semua Seri Di halaman ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan screenshot di HP Samsung dengan mudah. Pelajari berbagai cara SS yang mudah dilakukan untuk semua jenis HP Samsung. Apapun seri Samsung…
  • 6 Cara Membuat File ISO dengan Mudah dan Cepat Apa itu file ISO? Bagaimana cara membuat file ISO? Ya, pasti Anda sudah tidak asing dengan file yang bernama ISO, terutama pemilik netbook/ultrabook yang belum menyediakan CD/DVD-ROM. Melalui file ISO…
  • Cara Melihat Password Wifi di Laptop dan HP Cara untuk melihat password WiFi di laptop atau PC ini tidak butuh aplikasi tambahan. Biasanya hanya butuh membuka beberapa menu di PC saja. Lupa password WiFi yang sudah biasa langsung…
  • Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah Deskripsi: Saat mau download file di Google Drive ternyata gagal? Mungkin kena limit. Simak cara mengatasi limit Google Drive paling mudah dan paling cepat berikut. Saat ini, banyak file di-upload…
  • Cara Membersihkan Virus di Laptop Windows Deskripsi: Selain menggunakan antivirus, masih ada beberapa cara membersihkan virus di laptop windows yang berhasil dihimpun pada artikel di bawah ini. Laptop yang sering terhubung dengan internet sangat rawan terserang…
  • Cara Screenshot di Laptop dan PC Panduan Lengkap Cara Screenshot di Laptop dengan mudah. Bisa digunakan untuk sistem operasi MAC / Windows 7, 8, 10 dan semua jenis merk laptop (Lenovo, ASUS, Acer, HP, Dell, Samsung,…
  • 10 Aplikasi dan Alat Penguat Sinyal HP yang Ampuh Permasalahan sinyal yang buruk masih sering terjadi pada pengguna HP atau smartphone. Oleh karena itu, saat ini muncul berbagai produk Penguat Sinyal HP, untuk menjawab permasalahan tersebut. Bagi sebagian besar…
  • Cara Menginstal Printer Ke Laptop dan HP Semua Merk Printer saat ini menjadi salah satu barang elektronik yang cukup penting, terutama untuk pelajar dan mahasiswa. Tidak hanya pelajar saja, sekarang ini setiap kantor dan instansi harus mempunyai printer. Oleh…
  • 6 Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Cara membuat bootable flashdisk Windows 10 bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan aplikasi Rufus. Temukan selengkapnya di sini! Untuk kamu yang suka belajar tentang teknologi komputer pasti…
  • Cara Mematikan Antivirus pada Windows 10 Deskripsi: Antivirus terkadang mendeteksi file normal sebagai virus. Kamu perlu mematikan antivirus sementara waktu. Berikut cara mematikan antivirus pada windows 10. Keberadaan antivirus memang sangat penting untuk menjaga komputer dari…
  • 5 Emulator PS4 Terbaik untuk PC atau Laptop Deskripsi : Emulator PS4 untuk PC atau laptop baru benar-benar bisa bekerja dan digunakan tahun ini, sementara ada PCSX4, PS4Emus, PS4 EMX, Orbital, dan yang terakhir SNES. Emulator PS4 di…
  • 5 Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dengan Mudah Bluetooth adalah sebuah teknologi yang membantu kita dalam proses saling bertukar data dan informasi melalui berbagai perangkat yang berbeda tanpa menggunakan kabel. Banyak orang memilih menggunakan teknologi ini karena dirasa…
  • Cara Mengetahui Password Wifi IndiHome Deskripsi: Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop. Mengetahui Password Wifi IndiHome Melalui Modem. Cek Password Wifi dengan Menggunakan CMD. Indonesia Digital Home atau IndiHome ini adalah produk layanan internet yang…
  • Cara Mengatasi Microsoft Store yang Tidak Bisa Dibuka Deskripsi: Microsoft store sudah bisa diakses mulai dari windows 8 dan 10. Akan tetapi sering ada kendala, salah satunya microsoft store tidak bisa dibuka atau error. Microsoft store adalah toko…
  • Cara Cek Versi Windows 10 Termudah Berbagai cara cek versi Windows 10 yang mudah dan juga praktis. Bisa dilakukan oleh siapa saja. Kenali versi terbaru Windows kamu agar tidak ketinggalan update. Windows 10 adalah sistem operasi…
  • Aplikasi Screenshot PC Terbaik Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil tangkapan layar atau yang biasa dikenal dengan Screenshot. Selain cara bawaan yang sudah tersedia di masing-masing PC, screenshot juga bisa menggunakan…

    Kenapa Start Windows 10 lama?

    Windows 10 bisa menjadi lambat karena banyaknya program yang langsung berjalan otomatis saat laptop atau PC dihidupkan. Untuk mempercepat booting di Windos 10 kalian bisa membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat booting. Caranya buka Task Manager dan klik tab Startup.

    Bagaimana cara mempercepat booting Windows 10?

    Cara mempercepat booting Windows.

    Ubah pengaturan Boot Menu Timeout. … .

    Matikan program startup yang berjalan. … .

    3. Nonaktifkan beberapa visual efek Windows. … .

    4. Aktifkan fitur Fast Startup. … .

    Bersihkan file sampah dan registry Windows. … .

    6. Upgrade perangkat keras Anda. … .

    7. Sisakan ruang penyimpanan pada Drive C..

    Kenapa laptop saat booting lama?

    Laptop yang mengalami loading lama saat pertama kali dihidupkan biasanya dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang dijalankan secara otomatis. Penyebab lainnya bisa juga karena pengaturan booting yang salah. Nah, untuk mengantisipasinya Anda bisa mengikuti beberapa tip yang telah IndoRental rangkum di bawah ini.

    Apa itu booting Windows 10?

    Booting sendiri merupakan proses memulai kerja sehingga komputer siap untuk dipakai. Dua tahapan umum saat PC booting yaitu inisiasi komponen dan loading sistem operasi. Inisiasi komponen komputer biasa disebut POST (Power On Self Test).



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *