Berapa butir telur bebek dalam 1 kg?


PETERNAK itik atau bebek di Brebes, Jawa Tengah, mengeluhkan telur bebek yang harganya stagnan dan cenderung murah, ketimbang telur ayam yang saat ini harganya masih terbilang tinggi. Padahal, baik harga pakan ayam maupun harga pakan bebek, saat ini sama-sama mengalami kenaikan. Para peternak ingin, harga telur bebek juga bisa naik, meski tak setinggi telur ayam.

Rendahnya harga telur bebek, seperti yang dikeluhkan para peternak yang tergabung dalam peternak itik atau bebek Adem Ayem, di Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Harga telur bebek di tingkat peternak, saat ini berkisar Rp2.000 hingga Rp2.100 ribu per-butir, tergantung besar kecilnya telur bebek. Sedangkan harga bekatul, yakni bahan makanan pokok bebek, sudah sejak sebulan terakhir harganya naik dari sebelumnya Rp16.000 hingga Rp17.000/kg, naik menjadi Rp26.000 hingga Rp27 ribur setiap kilogramnya.

Salah seorang peternak  bebek di Desa Pakijangan, Sukim, menuturkan, pemicu naiknya harga bahan pokok pakan bebek yakni bekatul, lantaran sudah mau menghadapi musim kemarau panjang, yakni para petani sudah jarang menggiling padi. “Bekatul itu kan merupakan bahan makanan pokok merupakan kupasan dari biji padi yang digiling,” ujar Sukim, Kamis (1/9/2022)

Sukim berharap, harga telur bebek juga bisa naik meski kenaikannya tidak seperti telur ayam yang selama ini terjadi. “Harga telor bebek tidak mengalami kenaikan seperti halnya telur ayam,” jelas Sukim.

Seorang pedagang telur bebek di jalur Pantura Brebes, Hendra Purnama, menyebut dirinya menjual telur dalam kondisi masak per-butirnya Rp5.000, termasuk tidak mengalami kenaikan.

“Selama telur dagangan saya dipasok dari para peternak baik yang dari Kabupaten Brebes maupun daerah lainnya seperti Jawa Timur,” terang Purnama

Menurut Purnama, dirinya bisa menjual telur 1.500 butir setiap harinya, dan kalau hari-hari libur mencapai 2.000 butir. “Para pembeli telur asin saya kebanyakan dari luar daerah, atau para pelanggan yang biasa melintas di jalur Pantura Brebes,” jelasnya.

Sementara itu, harga telor ayam di pasar-pasar tradisional baik di Kabupaten Brebes maupun Tegal, masih tergolong tinggi, yakni mencapai Rp31 ribu per-kilogram. Bahkan, para pedagang mengira masih bisa naik lagi. (OL-13)

Selain telur ayam, telur bebek juga banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia karena rasanya yang juga lezat. Di samping itu, telur yang biasanya disebut dengan telur asin juga diklaim memiliki kandungan nutrisi tinggi, terutama kaya protein. Di pasaran, harga telur per butir dan per kilogram relatif berfluktuasi, tergantung permintaan pasar dan pasokan barang.

Telur Bebek (sumber: kenakataexpress.com)

Seperti diketahui, telur merupakan sumber protein dengan harga terjangkau yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain telur ayam, telur bebek juga merupakan salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi. Jika dilihat dari kandungan gizinya, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Hal ini dipengaruhi oleh makanan yang diberikan dan proses pemeliharaannya.

Bacaan Lainnya

  • Info Harga Serbuk Kayu dan Pasir Hamster
  • Update Harga Keramik dan Granit 80×80 (Semua Merk)
  • Spesifikasi dan Update Harga VGOD Authentic Vape Mod

Perbedaan Telur Bebek dengan Telur Ayam

  • Telur bebek berukuran lebih besar daripada telur ayam, sehingga cukup mudah untuk membedakan kedua jenis telur ini.
  • Telur bebek memiliki cangkang yang lebih tebal daripada telur ayam sehingga lebih lama daya tahannya.
  • Telur bebek mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3 yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak.
  • Telur bebek mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Dalam 100 gram telur bebek, terkandung sekitar 185 kkal energi, sementara pada telur ayam adalah 149 kkal. Kandungan karbohidrat dan mineral keduanya kurang lebih sama, tetapi kandungan protein telur bebek sedikit lebih tinggi. Keduanya mengandung mineral-mineral penting seperti selenium, mangan, zinc, tembaga, potassium, sodium, fosfor, kalsium, dan zat besi, dengan kandungan vitamin yang tidak berbeda jauh.

Baca juga  Review dan Update Harga Sabun Harmony Aroma Buah

Beda tampilan fisik telur bebek & telur ayam (sumber: tyrantfarms.com)

Seperti telur ayam, telur bebek juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Makanan ini dipercaya mampu menjaga mata tetap sehat karena mengandung vitamin A sebesar 472 IU, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan tulang dengan kandungan kalsium dan vitamin D, membantu memproduksi hormon tiroid karena dibekali selenium, serta mampu membantu produksi sel darah merah berkat kandungan zat besi.

Di masyarakat Indonesia, telur bebek sering dijadikan telur asing karena telur ini memiliki tekstur yang lebih kenyal, lebih lezat, dan kemampuan menyerap garam yang lebih baik dibandingkan telur lainnya. Dalam proses pembuatan telur asin sendiri, selain telur bebek, diperlukan bahan-bahan tambahan seperti garam dapur, abu, batubara, dan lain-lain.

Kandungan protein pada telur bebek asin tidak jauh berbeda dengan telur bebek rebus, namun proses pengasinan ini akan meningkatkan kadar natrium (sodium) pada telur. Peningkatan kadar natrium pada telur bebek asin bisa mencapai tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan telur bebek yang direbus. Selain kandungan natrium, pada telur bebek asin juga terjadi peningkatan kalsium hingga dua kali lipat.

Baca juga  Update Harga Ikan Mas (Hias dan Konsumsi 1 Kg)

Harga Telur Bebek di Pasaran Saat Ini

Jenis TransaksiHarga (Rp)Pembelian Antar Peternak per butir2.200Pembelian Konsumen per butir2.500 – 3.000Pembelian telur bebek 10 butir26.000 – 27.000Pembelian telur bebek 1 kg30.000Pembelian telur bebek 1 rak isi 30 butir65.000 – 75.000

Mengenai harga, seperti diutarakan sebelumnya, harga telur bebek cenderung bervariasi, tergantung permintaan pasar dan pasokan dari peternak. Jika dibandingkan penawaran tahun 2020 dan 2021, telur bebek di pasaran mengalami perubahan harga pada 2022.

Untuk satu butir telur bebek, harga di tingkat peternak tidak mengalami perubahan harga yang signifikan berkisar Rp2.000 di tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Rp2.200 tahun 2022. Sedangkan di tingkat konsumen yang ditaksir mulai Rp2.200 hingga Rp2.700 per butir tahun 2020, naik menjadi Rp2.500 – Rp3.900 per butir tahun 2021, lalu menjadi Rp2.500 – Rp3.000 per butir tahun 2022.

Informasi harga telur bebek di atas dirangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga telur bebek di pasaran tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli telur bebek di pasar tradisional atau melalui peternak langsung dengan harga bersaing.

Berapa butir telur bebek 1 kg?

Telur Bebek ( Mentah ) 1 kg 12 butir.

Berapa berat 1 butir telur bebek?

Sebutir telur bebek umumnya memiliki sekitar 70 gram, sedangkan telur ayam 50 gram.

Harga telur bebek per butir berapa?

Sebagai contoh, telur bebek mentah tingkat peternak yang dibanderol Rp1.200 hingga Rp1.900 per butir di tahun 2019 dan 2020, naik menjadi Rp2.600 per butir di tahun 2021, tetapi turun menjadi Rp2.200 di tahun 2022. Biasanya, jarang pedagang yang menjual telur bebek secara kiloan.

Telur ayam 1 kg isi berapa?

Telur Curah isi 16 butir 1 Kg.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *