Bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk tubuh?


Minyak zaitun memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi khasiatnya bagi tubuh Anda. Selain keuntungan bagi kesehatan, minyak zaitun juga berguna bagi kecantikan. Banyak cara menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan. Inilah 8 cara yang Anda bisa lakukan dengan minyak zaitun seperti yang dilansir oleh beautyandtips.com.

    Mandi

    Anda bisa mencampurkan 5 sendok minyak zaitun ke dalam bathup saat mandi. Mandi dengan menggunakan minyak zaitun akan membuat kulit anda sangat halus. Selain mencampurkannya di air yang Anda gunakan saat mandi, Anda juga bisa menggunakannya sebelum mandi. Cukup oleskan dan lakukan pemijatan di tubuh anda sesaat sebelum Anda mandi.

    Body Lotion

    Setelah Anda mandi, minyak zaitun yang Anda miliki juga bisa menjadi pelembab bagi kulit Anda, lho. Gunakan minyak zaitun seperti body lotion, hal ini akan membuat kulit Anda berkilau, terlihat sehat dan lembut saat disentuh.

    Make Up Remover

    Minyak zaitun juga berguna untuk membersihkan make up yang menempel di wajah Anda. Teteskan sedikit minyak zaitun ke kapas untuk melakukannya.

    Menguatkan kuku

    Minyak zaitun juga memiliki kandungan yang dapat memperkuat kuku Anda. Perawatan ini sebaiknya Anda lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu. Dengan minyak zaitun kuku anda akan berkilau, kuat dan sehat.

    Krim mata

    Anda dapat menggunakan minyak zaitun yang Anda miliki sebagai krim mata. Anda cukup mengoleskannya pada bawah mata sebelum Anda tidur. Simpan minyak zaitun di lemari pendingin agar segar saat Anda gunakan. Minyak zaitun akan membuat kulit sekitar mata anda lembut dan menyamarkan garis-garis halus.

    Masker Wajah

    Campurkan kuning telur dengan satu sendok minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh air lemon jika menginginkan kulit yang cerah karena lemon mengandung antioksidan dan vitamin C. Setelah tercampur oleskan merata ke wajah dan didiamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air hangat terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan air dingin.

    Masker rambut

    Campuran di atas tidak hanya dapat digunakan untuk wajah Anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker rambut dengan mengoleskannya secara merata di rambut Anda dan diamkan selama 15 menit sebelum Anda bilas dengan shampo dan conditioner. Jika Anda ingin yang lebih mudah, Anda bisa langsung mengoleskan minyak zaitun hangat ke setiap helai rambut Anda dan diamkan kurang lebih selama 1 jam kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner. Menggunakan minyak zaitun pada rambut Anda akan membuat rambut Anda berkilau dan lebih sehat.

    Campurkan pada salad Anda

    Minyak zaitun memang berkhasiat bagi kecantikan kulit tubuh, wajah, kuku dan rambut Anda. Tapi jangan lupa jika kecantikan itu juga terpancar dari dalam. Campurkan minyak zaitun di salad Anda, sehingga Anda dapat merasakan khasiatnya dari dalam tubuh.

Itulah 8 cara menggunakan minyak zaitun yang berkhasiat bagi kecantikan Anda. Mudah bukan? Anda dapat mempraktekannya di rumah untuk mengisi waktu luang Anda. Selamat mencoba!

KOMPAS.com –  Minyak zaitun dikennal amat bermanfaat untuk kulit, mulai dari melembapkan kulit kering hingga memecah riasan yang membandel.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari minyak zaitun untuk kulit kita:

1. Mencegah kulit kehilangan air

Manfaat utama minyak zaitun adalah melembapkan kulit dengan mengurangi kehilangan air.

Hal ini dikatakan ahli kimia kosmetik dan pendiri merek perawatan kulit yang berbasis di Australia, Hop & Cotton, Ee Ting Ng.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Wajah, Bisa Cegah Penuaan

2. Melindungi dari kerusakan 

Lalu, sifat antioksidan minyak zaitun melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan peradangan.

Ini berarti, minyak zaitun dapat memberi perlindungan terhadap penuaan dini, serta tanda-tanda iritasi atau kemerahan.

3. Mencegah penuaan dini

Minyak zaitun kaya akan vitamin A, D, K, dan E, serta squalene.

Jadi, minyak ini secara langsung dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit (yang dapat menyebabkan penuaan kulit yang dipercepat).

4. Mengangkat sisa riasan

Minyak zaitun sangat bagus untuk memecah zat lilin seperti maskara dan eyeliner waterproof.

Penjelasan ini disampaikan ahli bedak plastik, Paul Lorenc.

Dengan manfaat tambahan antioksidan dan squalene yang menghidrasi, minyak zaitun melembapkan kulit halus di area mata.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Tekanan Darah

Lalu, kandungan di dalamnya juga dapat menutrisi bulu mata dengan cara yang sama seperti kondisioner bekerja pada rambut.

Tetapi, meskipun minyak zaitun dapat mengangkat dan memindahkan residu yang larut dalam minyak (seperti riasan dan sebum) di sekitar kulit, minyak ini tidak serta merta menghapus riasan.

Maka disarankan, baik minyak zaitun maupun riasan yang rusak harus tetap dibersihkan dengan pembersih.

5. Menyembuhkan luka

Bahan anti-inflamasi yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu penyembuhan luka.

Triterpenes, yang terdapat dalam banyak minyak tumbuhan dan khususnya minyak zaitun, membantu dalam banyak reaksi biologis.

Misalnya, yang diperlukan untuk penyembuhan luka, yakni migrasi sel, proliferasi sel, dan deposisi kolagen.

Triterpenes meningkatkan perbaikan luka dengan mengurangi lamanya waktu penutupan luka.

Tips penggunaan minyak zaitun

Seperti emolien lainnya, minyak zaitun dapat dibiarkan selama beberapa jam (termasuk semalaman, jika kita mau).

Tetapi, pastikan untuk mengaplikasikan pelembap di atasnya.

Dan, karena minyak zaitun adalah minyak, bagaimana pun penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Minyak zaitun dapat ditemukan di banyak produk perawatan kulit seperti serum dan minyak wajah.

Baca juga: 3 Manfaat Minum Minyak Zaitun Serta 2 Risikonya

Sebagai emolien dengan sifat oklusif, minyak zaitun akan bekerja paling baik ketika kelembapan maksimum disegel ke dalam kulit.

  • Gunakan sebelum tabir surya atau pelembap

Ini terjadi biasanya pada langkah terakhir dari rutinitas -misalnya, di siang hari, gunakan tepat sebelum tabir surya.

Kita juga dapat menggunakannya sebelum atau mencampurnya dengan pelembap.

Sama seperti semua pelembap, waktu terbaik untuk mengoleskan minyak zaitun adalah ketika kulit masih sedikit basah dari mandi atau berendam.

  • Jangan gunakan saat berjerawat

Kendati semua jenis kulit dapat memeroleh manfaat dari minyak zaitun, disarankan untuk tidak menggunakannya jika kulit sedang berjerawat.

Sebab, asam lemak dalam minyak zaitun dan semua minyak nabati secara umum adalah sumber makanan bagi bakteri dan ragi penyebab jerawat untuk tumbuh.

  • Jangan gunakan dekat bayi

Lalu, komponen asam oleat dari minyak zaitun dapat memperburuk dermatitis dan tidak boleh digunakan di dekat bayi.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Selain itu, minyak zaitun tampaknya tidak memiliki efek antibakteri seperti beberapa minyak nabati lainnya (terutama, minyak kelapa). Jadi, sebaiknya tidak digunakan sebagai penghapus riasan sendiri.

Terakhir jika kulit kita cenderung berminyak, secara alami kulit akan menghasilkan sebum tingkat tinggi.

Dengan demikian berpotensi membuat kebutuhan akan lebih banyak emolien yang tidak diperlukan dalam rutinitas harian.

Kapan minyak zaitun dipakai untuk badan?

Cukup oleskan dan lakukan pemijatan di tubuh anda sesaat sebelum Anda mandi. Setelah Anda mandi, minyak zaitun yang Anda miliki juga bisa menjadi pelembab bagi kulit Anda. Gunakan minyak zaitun seperti body lotion, hal ini akan membuat kulit Anda berkilau, terlihat sehat dan lembut saat disentuh.

Apakah boleh memakai minyak zaitun untuk badan setiap hari?

Penggunaan minyak zaitun secara berlebihan dan terlalu sering, bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang tidak mudah terserap kulit sehingga dapat menyumbat pori-pori. Untuk itu, ada baiknya hindari penggunaan minyak zaitun terlalu sering.

Langkah menggunakan minyak zaitun?

Selain menyiramnya di atas sayuran, berikut ini adalah cara tepat menggunakan minyak zaitun saat memasak agar kandungan gizinya tidak rusak..

Tuang minyak zaitun secukupnya. … .

2. Gunakan untuk masakan tumisan. … .

Pastikan suhu memasak tidak terlalu tinggi..

Apakah handbody bisa dicampur dengan minyak zaitun?

Sebaiknya Anda tidak mencampur body lotion dengan olive oil extra virgin. Efek samping yang mungkin timbul jika Anda menggunakan perpaduan kedua jenis pelembab tersebut antara lain adalah : Iritasi kulit. Kulit terlihat lebih berminyak dan mengkilat.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *