Apakah boleh sikat gigi setelah bangun tidur?


freepik

Salah kaprah! Langsung sikat gigi saat bangun tidur ternyata tidak dianjurkan

Nakita.id – Saat
bangun tidur di pagi hari, kita kerap mendapatkan bau tak sedap datang dari mulut.

Untuk mengatasinya, banyak orang memilih untuk langsung menyikat gigi segera setelah bangun tidur di pagi hari.

Harapannya, napas akan jadi lebih segar. Padahal, menurut dokter ternyata kebiasaan itu salah kaprah lho!

Baca Juga:
Sampah Plastik Makin Meningkat, Yuk Selamatkan Bumi dengan Sikat Gigi Ramah Lingkungan

Dikutip dari Tribunnews, Prof Melanie Sadono Djamil, ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengatakan, kebiasaan menggosok gigi setelah bangun tidur ini sangat tidak dianjurkan.

Pasalnya, ada begitu banyak
kuman di mulut kita saat bangun tidur di pagi hari.

Zat kimia yang terkandung dalam pasta gigi mungkin akan menghilangkan kuman tersebut.

Namun di sisi lain ia juga akan mencegah bekerjanya enzim-enzim pembantu tahap awal pencernaan yang dilepaskan di dalam rongga mulut.

Untuk itu, dokter menyarankan lebih baik lakukan hal berikut ini daripada langsung menyikat gigi ketika bangun tidur di pagi hari.

Baca Juga:
Ingin Ajarkan Si Kecil Sikat Gigi dengan Cara Menyenangkan? Begini Tips dan Triknya Moms

Minum Air Putih

Penelitian membuktikan, minum air putih sebelum menyikat gigi di pagi hari saat bangun tidur ternyata jauh lebih menyehatkan.

Dengan meminum air putih, maka kuman yang ada dalam mulut akan
terbawa ke saluran pencernaan dan keluar melalui urine atau feses.

Oleh sebab itu, disarankan ketika bangun minumlah segelas air putih sebelum menuju kamar mandi untuk buang air.

Baca Juga: Hipertensi Jadi Salah Satu Pemicu Kematian Lina, Terungkap Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan
Risikonya, Termasuk Stres hingga Malas Gerak

Minum air putih sebelum menyikat gigi di pagi hari sudah sangat umum dilakukan semua orang di Jepang.

Masyarakat di sana percaya bahwa kebiasaan seperti ini merupakan cara terbaik untuk sehat dan mendapatkan umur yang panjang.

Minum air putih sebelum menyikat gigi di pagi hari juga dapat mengurangi asam lambung dengan cara mengencerkan asam yang ada di dalam tubuh kita.

Baca Juga:
Lelah Dikejar-kejar Bank Karena Harus Bayar Utang Mantan Suami, Sarita Abdul Mukti Lontarkan Komentar Menohok: ‘Makasih Harris Semoga Engkau Tenang di Surga’

Diketahui, asam yang berlebihan dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.

Jadi,
minum air putih sebelum menyikat gigi di pagi hari sangat baik untuk mencegah kita terkena penyakit batu ginjal.

Selain itu, minum air putih di pagi hari sebelum menyikat gigi juga bisa menyeimbangkan sistem limfatik.

Efeknya adalah sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat dan tubuh pun akan lebih jarang terserang penyakit.

Baca Juga:
Kabarkan Berita Bahagia Kehamilan, Cut Meyriska Sempat Dongkol Saat Roger Danuarta Minta Hal Ini dari Sang Istri

“Perlu disosialisasikan bahwa sikat gigi yang benar dan baik itu setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur,” kata
Melanie.

Moms disarankan untuk menyikat gigi 15 atau 20 menit setelah makan untuk memberikan kesempatan kepada saliva (air liur) membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan

Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Video Pilihan

KETIKA bangun di subuh hari, yang dilakukan pertama kali adalah menggosok gigi. Mungkin yang dirasakan kemudian rasa segar, namun tahukah
anda, kebiasaan tersebut tidak tepat.

Menurut konsultan keluarga yang juga praktisi pengobatan thibbun nabawi, Zainuddin Musaddad, menggosok gigi saat bangun pagi boleh jadi dimaksudkan untuk tujuan kebersihan. Namun itu ternyata salah kaprah.

“Sebaiknya bangun tidur kumur-kumur minum air putih. Air liur ini obat untuk imunitas bagi tubuh kita yang sangat mujarab. Bangun tidur tidak langsung sikat gigi,” kata Zainuddin dalam acara seminar parenting di Kota Depok baru baru
ini.

BACA JUGA : WASPADA, LANGSUNG SIKAT GIGI SETELAH MAKAN JUSTRU BAHAYA

Dia menyebutkan, dari hasil penelitian ilmiah diketahui air liur mampu membersihkan makanan dan sel-sel mati dari lapisan mulut, mengikat makanan menjadi bola sehingga dapat ditelan, membersihkan makanan dan
bakteri dari gigi dan mencegah lapisan mulut kering.

Air liur juga dapat menghancurkan atau mencegah pertumbuhan jamur tertentu serta membantu menumbuhkan enamel gigi yang rusak karena kalsium dan kadar fosfor.

Zainuddin menyarankan, sebelum tidur harus sikat gigi dan ketika bangun pagi tidak sikat gigi lagi. Dengan demikian, kualitas air liur dihasilkan oleh mulut semakin berkualitas yang mendapat menjadi obat bagi tubuh kita.

“Air putihnya bisa ditambah dengan madu
secukupnya. Insya Allah segar,” pesannya.

Setelah sarapan

Umumnya di masyarakat memiliki kebiasaan menggosok gigi ketika bangun tidur seolah menjadi keharusan. Padahal rutinitas ini dianggap tidak tepat dan salah kaprah.

BACA : HOBI TERBANG DAN MENYELAM? WASPADAI KONDISI GIGI
INI

Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Prof Melanie Sadono Djamil mengungkapkan, menyikat gigi di pagi hari baiknya dilakukan setelah sarapan pagi, bukan setelah bangun tidur.

“Perlu disosialisasikan bahwa sikat gigi yang benar dan baik itu setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur,” kata Melanie dikutip media ini dari CNN Indonesia.

Selain itu, sebagian orang juga lebih rajin menyikat gigi lebih dari dua
kali sehari, misalnya setiap selepas makan. Namun ternyata, jelas Melanie, langsung menyikat gigi atau berkumur selepas makan juga perlu dihindari.

“Sikat gigi itu 15 atau 20 menit setelah makan. Berikan kesempatan kepada saliva (air liur) untuk membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan,” kata Melanie.

Dia memaparkan, bagaimanapun zat-zat kimia yang terkandung dalam pasta gigi atau obat kumur (mouthwash) dapat mencegah
bekerjanya enzim-enzim pembantu tahap awal pencernaan yang dilepaskan di dalam rongga mulut.

Selain itu, frekuensi menggosok gigi yang terlalu sering juga dapat merusak proses metabolisme yang berlangsung di rongga mulut dan ini akan mempengaruhi kualitas air liur.

Padahal, air liur memiliki manfaat yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup kita sehari-hari diantaranya bermanfaat untuk memecah makanan dalam mulut, sehingga dapat dirasakan oleh lidah dan lebih mudah dicerna oleh
perut.

Terima kasih :

+ foto)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Apakah bangun tidur langsung sikat gigi?

Anggapan itulah yang akhirnya membuat banyak orang memulai kebiasan menyikat gigi langsung ketika bangun tidur di pagi hari. Padahal hal itu tidak benar menurut dokter Zaidul Akbar. Dokter sekaligus praktisi pengobatan sunah Indonesia itu, malah tidak menyarankan mengikat gigi langsung saat bangun tidur.

Sikat gigi pagi jam berapa?

Waktu menyikat gigi yang baik di pagi hari adalah setelah sarapan. Namun, ada baiknya untuk menunggu setidaknya 30-60 menit antara sarapan dengan jadwal menyikat gigi. Alasannya, saat makan, pH air liur akan turun sehingga asam dalam rongga mulut meningkat.

Apa akibat tidak sikat gigi sebelum tidur?

Dilansir dari sumber yang sama, Bestlife, lalai menggosok gigi di waktu malam sebelum tidur bisa berisiko mempercepat dan memperbanyak perkembangan bakteri di dalam mulut. Bakteri yang berkembang terlalu banyak di rongga mulut ini bisa menyebabkan infeksi oral seperti gigi busuk dan peradangan pada gusi.

Kenapa pagi harus gosok gigi?

Menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan adalah cara untuk menjaga kesehatan gigi serta mencegah ada sisa makanan yang tersangkut dalam waktu lama. Namun, ia mengingatkan kita untuk tidak terlalu sering menyikat gigi (over-brushing). Over-brushing bisa mengikis gusi seiring waktu.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *