Apa yang terjadi akan terjadi jika seluruh anggota keluarga melaksanakan tanggung jawabnya?


KOMPAS.com – Tiap anggota keluarga memiliki peran serta tanggung jawabnya masing-masing. Tidak ada peran yang kurang atau lebih penting. Dalam melakukannya, tanggung jawab harus dilaksanakan sesuai perannya.

Anggota keluarga yang disebut keluarga inti terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Namun, tidak sedikit pula ada anggota keluarga lainnya yang tinggal dalam satu rumah, seperti kakek, nenek, paman, tante, dan saudara.

Dalam jurnal Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak (2015) karya Andi Syahraeni, tanggung jawab utama orang tua adalah memelihara, mengasuh, serta mendidik anak sebaik mungkin.

Namun, jika dilihat lebih jauh, ada perbedaan tanggung jawab serta peran ayah dan ibu dalam anggota keluarga. Sama seperti orang tua, anak juga memiliki tanggung jawab utama yakni membantu dan menghormati orang tua.

Baca juga: Tanggung Jawab Ibu dan Ayah dalam Keluarga

Berikut peran dan tanggung jawab setiap anggota keluarga di rumah, dikutip dari buku Kesatuan dalam Keberagaman: Paradigma Mutakhir Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (2020) karya Sugiarti:

Peran: kepala rumah tangga. Ayah memiliki hak untuk dihormati dan dipatuhi. Ayah berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup serta memberi perlindungan kepada seluruh anggota keluarga.

Tanggung jawab: seorang ayah bertanggung jawab terhadap seluruh anggota keluarganya. Mulai dari kesejahteraan hingga kebutuhan yang diperlukan. 

Peran: ibu rumah tangga. Ibu memiliki hak untuk dihormati serta dipatuhi. Ibu berkewajiban untuk mengurus rumah tangga serta menyediakan kebutuhan yang diperlukan anggota keluarga.

Tanggung jawab: seorang ibu bertanggung jawab terhadap segala aktivitas di rumah. Mulai dari kebersihan hingga kebutuhan makanan. Namun, ibu juga bisa bertanggung jawab untuk mencari nafkah.

Peran: anggota keluarga. Anak mempunyai hak untuk mendapat kasih sayang serta perhatian dari orang tua. Anak berkewajiban untuk patuh, hormat, serta membantu orang tua dalam menjalankan aktivitas di rumah.

Tanggung jawab: seorang anak bertanggung jawab untuk rajin belajar dan senantiasa mau membantu orang tua tanpa mengeluh.

adjar.id – Adjarian, pada akhir pembelajaran 4 buku tematik kelas 5 tema 2 subtema 3, kita akan mediskusikan apa yang terjadi bila anggota keluarga tidak melaksanakan tanggung jawabnya.

Sebelumnya, kita sudah memikirkan kemungkinan jika warga sekolah tidak melaksanakan tanggung jawab.

Sekarang, kita memikirkan tanggung jawab dalam keluarga.

Baca Juga: Mendiskusikan Peran Pekerjaan Pemulung, Kelas 5 Tema 2 Subtema 3

Satu sekolah dengan satu sekolah lain memiliki pembagian peran tanggung jawab yang umumnya terbilang sama. 

Misalnya, guru SD A dan guru SD B yang sama-sama bertanggung jawab memberikan fasilitas pendidikan kepada siswa untuk belajar.

Siswa di SD A dan SD B juga sama-sama bertanggung jawab untuk belajar dan mengerjakan tugas yang sudah diberikan.

Nah, hal ini berbeda di dalam keluarga.

Contohnya, ayah yang bertugas untuk mencari nafkah, lalu ibu yang bertugas mengurus urusan rumah.

Baca Juga: Rumus Volume Tabung dan Contoh Soalnya, Materi Matematika Kelas 5 SD

Namun, di dalam keluarga lain bisa jadi sebaliknya.

Ibu yang bekerja sedangkan ayah yang mengurus rumah.

Namun yang pasti, semua anggota keluarga wajib melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing.

Bagaimana bila anggota keluarga tidak melaksanakan tanggung jawabnya?

Bagaimana Bila Anggota Keluarga Tidak Melaksanakan Tanggung Jawab?

Jika anggota keluarga tidak melaksanakan tanggun jawabnya, tentu saja hal tersebut bisa menimbulkan masalah.

Misalnya, bila ayah tidak mencari nafkah dan ibu tidak mau mengurus rumah, tentu saja rumah akan menjadi berantakan.

Nah, bila kita tidak mau membantu orang tua untuk menyapu atau membersihkan rumah, tentu saja hal tersebut akan membuat lantai rumah menjadi kotor.

Baca Juga: Mengenal Kenampakan Alam Milik Indonesia, Materi PPKn Kelas 5 SD

Tanggung jawab  merupakan kesepakatan bersama.

Bila satu anggota keluarga melalaikan tanggung jawabnya, hal tersebut dapat merugikan semua pihak.

Perlu diingat, lantai yang kotor tidak hanya membuat kaki kita kotor saja, melainkan kaki dari semua anggota keluarga kita, ya.

Setiap orang memiliki kedudukan yang penting dalam keluarganya. Melalui para nabi Tuhan telah menjelaskan bagaimana hendaknya perilaku dan perasaan para ayah, ibu, dan anak terhadap satu sama lain. Sebagai suami, istri, dan anak, kita perlu mempelajari apa yang Tuhan harapkan untuk kita lakukan untuk memenuhi tujuan kita sebagai sebuah keluarga. Jika kita semua melakukan bagian kita, kita akan dipersatukan secara kekal.

Untuk guru: Sebagaimana dengan bab 36, pekalah terhadap perasaan mereka yang tidak memiliki situasi yang ideal di rumah. Tekankan bahwa dengan bimbingan dari Tuhan dan bantuan dari anggota keluarga serta Gereja, orang tua tunggal dapat secara berhasil membesarkan anak-anak mereka.

Dalam tanggung jawab kudus peran sebagai orang tua, “para ayah dan ibu berkewajiban untuk saling membantu sebagai pasangan yang setara” (“Keluarga: Pernyataan kepada Dunia,” (tersedia di LDS.org dan di banyak terbitan Gereja, termasuk Liahona, Oktober 2004, hlm. 49; Untuk Kekuatan Remaja [nomor bahan 36550 299], hlm. 44; dan Teguh pada Iman [nomor bahan 36863 299], hlm. 76–77)

Apa yang akan terjadi jika semua anggota keluarga melaksanakan tanggung jawabnya?

Jawab Yang akan terjadi jika seluruh anggota keluarga melaksanakan tanggung jawabnya adalah hidup menjadi nyaman, aman, tentram, serta menjadi keluarga yang harmonis dan bahagia. Pembahasan Tanggung jawab merupakan tugas atau kewajiban yang perlu kita lakukan.

Apa yang akan terjadi jika semua orang dalam keluarga tidak melaksanakan tanggung jawab masing

Bila satu anggota keluarga melalaikan tanggung jawabnya, hal tersebut dapat merugikan semua pihak. Perlu diingat, lantai yang kotor tidak hanya membuat kaki kita kotor saja, melainkan kaki dari semua anggota keluarga kita, ya. Nah, itulah yang terjadi jika anggota keluarga tidak melaksanakan tanggung jawabnya.

Apa yang terjadi jika semua orang melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik?

Jadi, semua warga negara merasa sejahtera, aman, nyaman, dan tenteram akibat pelaksanaan tanggung jawab yang baik. Kedaulatan negara menjadi tanggung jawab semua warga negara.

Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab sebagai anggota keluarga?

Tanggung jawab: menyediakan kebutuhan, menjamin kesehatan keluarga, melindungi, dan menjaga anggota keluarga. Hak: mendapatkan perlindungan suami, mendapat kasih sayang dari anak-anaknya, dan mendapat rasa hormat dari keluarga.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *