Apa perbedaan antara SUM dan Sumif?


Fungsi sum merupakan salah satu function yang paling sering digunakan pada aplikasi ms.excel. Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai dari rentang sel yang dipilih. 

Berikut ini adalah contoh dan simulasi penggunaan fungsi sum dan fungsi sumif untuk menjumlah nilai bersyarat di excel.

1. Fungsi Sum

Fungsi sum merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai dalam array yang dipilih atau didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen. 

Setiap argumen pada fungsi sum ini dapat berupa rentang, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain. 

Sintaks Fungsi SUM di Excel

SUM(number1,[number2],…)

  • number1 merupakan argumen atau angka atau nilai pertama yang ingin ditambahkan.
  • number2 merupakan argumen atau angka atau nilai kedua yang ingin ditambahkan.
  • dan number-number seterusnya.

Contoh Penggunaan Fungsi SUM

Menghitung jumlah total penjualan merupakan contoh yang paling sering dilakukan dengan menggunakan fungsi sum. 

Contoh pada gambar fungsi sum dibawah ini adalah menghitung total penjualan pada kolom E di sel E12.

Fungsi Sum 
Cara menggunakan fungsi sum di excel.

  • Cara yang pertama untuk menggunakan fungsi sum adalah dari insert function.
  • Cara yang kedua adalah dengan tools autosum pada menu toolsbar (dari menu home).
  • Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan shortcut (Alt+=) yaotu dengan menekan tombol Alt dan tombol = secara bersamaan.

2. Fungsi SUMIF di Excel

Fungsi sumif merupakan suatu fungsi pada ms excel yang didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen berdasarkan satu kriteria yang ditentukan (memenuhi satu kriteria). 

Sintaks Fungsi SUMIF di Excel

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

  • Rentang sel yang akan dilakukan pencocokan dengan kriteria yang diberikan.
  • Kriteria merupakan suatu kondisi yang akan ditentukan untuk dicocokkan dengan rentang sel.
  • sum_range merupakan rentang atau sel yang akan ditambahkan (dijumlahkan) jika pada rentang sel mempunyai kondisi yang sama dengan kriteria yang ditentukan.

Contoh Penggunaan Fungsi Sum

Salah contoh penggunaan fungsi sumif pada excel ini adalah untuk menjumlahkan total penjualan berdasarkan kode barang. 

sebagai contoh simulasi penggunaan fungsi sumif ini bisa dilihat pada gambar fungsi sumif 1 dibawah in :

Fungsi Sumif 1Dari contoh gambar tersebut untuk menjumlahkan total penjualan (kolom E) berdasarkan Item 1 (kode barang pada kolom B) adalah dengan rumus formula pada function argument adalah sebagai berikut :

  • Range diisi dengan B2:B11 : rentang sel atau array yang akan dicocokkan dengan kriteria yang dicari (karena yang dicari adalah item 1 maka range untuk item 1 terdapat pada kolom kode barang).
  • Criteria diisi dengan G2 : kriteria ini merujuk pada isi strings teks yang terdapat pada sel G2 yaitu Item 1 (nilai ini bisa juga diketik langsung misalnya Item 1).
  • Sum_range diisikan dengan rentang sel atau array yang akan dijumlahkan apabila pada range mempunyai kecocokan dengan kriteria yang diberikan.
  • Hasil untuk pratinjau penjumlahan dengan fungsi sumif ini bisa dilihat pada preview result pada bagian bawah sebelah kiri dari function argument, jika sudah maka pilih tombol OK. 
  • Hasil penjumlahan dengan menggunakan fungsi sumif ini bisa dilihat pada gambar fungsi sumif 2 dibawah ini.

Fungsi Sumif 2
Selain dari insert function, cara untuk menggunakan fungsi sumif ini adalah dengan mengetik langsung pada sel yang akan ditempatkan.

Pada contoh diatas rumus formula untuk fungsi sumif adalah

=SUMIF(B2:B11,G2,E2:E11)

Kesimpulan

Penjumlahan nilai-nilai dalam rentang sel di excel bisa menggunakan fungsi sum jika menjumlahkan nilai tanpa kriteria yang ditentukan.

Sedangkan jika menjumlahkan nilai-nilai berdasarkan satu kriteria yang diberikan bisa menggunakan fungsi sumif.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi sumif merupakan salah satu fungsi di Microsof Excel yang cukup sering digunakan, terutama dalam pembuatan laporan. Hal ini sangat membantu dalam pembuatan laporan dengan berbagai perhitungan, sehingga kamu tak perlu repot menghitung penjumlahan banyak angka secara manual. 

Baca Juga

  • 5 Macam Grafik di Excel dan Cara Membuatnya yang Mudah, Perhatikan Unsurnya
  • Cara Membuat Pivot Table pada Microsoft Excel, Cocok untuk Pemula
  • Worksheet adalah Kolom dan Baris Lembar Kerja Excel, Pahami Lebih Jauh

Selain fungsi sumif, Microsoft Excel juga memiliki beragam fungsi atau rumus lainnya yang bisa diterapkan. Setiap rumusnya memiliki fungsi masing-masing mulai dari penjumlahan dan pengurangan sederhana hingga perhitungan rumit yang bahkan sulit untuk dihitung secara manual.

Fungsi SUMIF merupakan gabungan dari 2 fungsi Excel, yaitu fungsi SUM dan IF. Sebagai software pengolah angka, Excel dapat mengolah data berupa angka lebih cepat dan tepat, termasuk menggunakan fungsi SUMIF ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/9/2021) tentang fungsi sumif.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman


Mengenal Fungsi Sum dan IF

Perbesar

ilustrasi Sumif (sumber: support.office)

SUM

Fungsi rumus excel yang paling populer mungkin adalah rumus SUM. SUM ini MEMILIKI fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.

IF

Fungsi IF ini mungkin adalah salah satu fungsi rumus excel yang paling sering digunakan. Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE.

SUMIF

Rumus fungsi SUMIF merupakan rumus gabungan dari 2 fungsi excel yaitu SUM dan IF. SUM berguna untuk melakukan penjumlahan dan IF berguna untuk menentukan kondisi TRUE dan FALSE.

Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan rumus penjumlahan dengan kriteria tertentu. Kamu dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah kamu tentukan.

Sebagai contoh, di dalam kolom yang berisi angka, kamu hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai yang lebih besar dari 5. Maka kamu bisa menggunakan rumus berikut: =SUMIF(B2:B25,”>5”).

Advertisement

3 dari 5 halaman


Rumus Fungsi SUMIF dan Cara Menggunakannya

Perbesar

Fungsi Rumus Excel (Sumber: Pixabay)

Rumus Fungsi SUMIF

Fungsi SUMIF memiliki sintaks atau rumus sebagai berikut:

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

– range

Range merupakan rentang sel yang akan kamu evaluasi menurut kriteria. Sel di setiap rentang harus merupakan angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka.Rentang yang dipilih dapat berisi tanggal dalam format Excel standar .

– kriteria

Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks, atau fungsi yang menentukan sel mana yang akan ditambahkan. Misalnya, kriteria dapat diekspresikan sebagai 32, “>32”, B5, “32”, “apples”, atau TODAY().

Kriteria teks atau kriteria apa pun yang mencakup simbol logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda (“). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip ganda tidak diperlukan.

– sum_range (Opsional)

Sum range merupakan sel aktual untuk ditambahkan, jika kamu ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumen rentang. Jika argumen sum_range dihilangkan, Excel menambahkan sel yang ditentukan dalam argumen range (sel yang sama di mana kriteria diterapkan).

 

Cara Menggunakan Fungsi SUMIF

Gunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai di dalam rentang yang sesuai kriteria yang telah kamu tentukan. Berikut langkahnya:

– Pilih sel

– Ketik = SUMIF (

– Klik dan seret sel untuk menganalisis.

– Masukkan kategori yang ingin kamu temukan.

– Klik dan seret sel untuk range.

– Tekan Enter.

4 dari 5 halaman


Fungsi SUMIFS

Hampir sama dengan fungsi SUMIF, namun yang membedakan antara dua rumus ini adalah SUMIF hanya digunakan untuk satu kriteria sedangkan pada SUMIFS digunakan lebih dari satu kriteria.

Kamu bisa menggunakan SUMIFS untuk menguji beberapa kondisi dan mengembalikan nilai berdasarkan kondisi tersebut. Misalnya, kamu bisa menggunakan SUMIFS untuk menjumlahkan jumlah produk yang dijual oleh tenaga penjual tertentu.

Sintaks yang digunakan dalam fungsi SUMIFS adalah:

SUMIF (sum_range; criteria_range1; criteria1; criteria_range2; criteria2;…)

Advertisement

5 dari 5 halaman


Fungsi Gabungan Rumus IF Lainnya

Perbesar

Fungsi Rumus Excel (Sumber: Pixabay)

Fungsi AVERAGEIF

Sama seperti SUMIF, Averageif merupakan gabungan dari fungsi average dan fungsi If. Averageif merupakan fungsi excel yang memungkinkan kamu melakukan penghitungan rata-rata sesuai dengan suatu kriteria tertentu.

Sintaks dari fungsi ini adalah:

AVERAGEIF(Range, Criteria, [Sum_range])

Average_range tidak harus sama ukuran dan bentuknya dengan range. Sel aktual yang akan dihitung rata-ratanya ditentukan dengan menggunakan sel kiri atas dalam average_range sebagai sel awal, lalu menyertakan sel-sel yang sesuai ukuran dan bentuknya dengan range.

 

Fungsi AVERAGEIFS

Mirip dengan AVERAGEIF, fungsi AVERAGEIFS berguna untuk mengembalikan rata-rata (rata-rata aritmatika) untuk semua sel yang memenuhi beberapa kriteria.

Sintaks dari fungsi ini adalah:

AVERAGEIFS(average_range, criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], …)

Fungsi AVERAGEIFS mengukur tendensi sentral, yang merupakan lokasi sentral sekelompok angka dalam distribusi statistik. Tiga pengukuran paling umum untuk tendensi sentral adalah:

– Rata-rata

Yang merupakan nilai rata-rata aritmatika, dan dihitung dengan menambahkan sekelompok angka lalu membaginya dengan hitungan angka tersebut. Misalnya, rata-rata dari 2, 3, 3, 5, 7, dan 10 adalah 30 dibagi 6, yaitu 5.

– Median

Merupakan angka tengah sekelompok angka; jadi, separuh dari angka-angka tersebut mempunyai nilai yang lebih besar dari mediannya, dan separuh angka mempunyai nilai yang lebih kecil dari median. Misalnya, median dari 2, 3, 3, 5, 7, dan 10 adalah 4.

– Modus

Yang merupakan angka yang paling sering muncul dalam sekelompok angka. Misalnya, modus dari 2, 3, 3, 5, 7, dan 10 adalah 3.

 

Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF adalah fungsi yang dapat digunakan untuk menghitung frekuensi suatu data dengan kriteria tertentu. Kamu dapat menggunakan COUNTIF sebagai salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria. Misalnya, untuk menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan.

Sintaks dari fungsi ini adalah:

COUNTIF(Range, Criteria)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Apa perbedaan SUM dan Sumif dalam excel?

Rumus fungsi SUMIF merupakan rumus gabungan dari 2 fungsi excel yaitu SUM dan IF. SUM berguna untuk melakukan penjumlahan dan IF berguna untuk menentukan kondisi TRUE dan FALSE. Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan rumus penjumlahan dengan kriteria tertentu.

Sumif itu untuk apa?

Fungsi SUMIFS, salah satu dari fungsi matematika dan trigonometri, menambahkan semua argumennya yang memenuhi beberapa kriteria. Sebagai contoh, gunakan SUMIFS untuk menjumlahkan jumlah pengecer di negara yang (1) berada dalam satu kode pos dan (2) yang labanya melebihi nilai dolar tertentu.

Apa perbedaan SUM IF dan count if?

COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. SUMIFS menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria.

Berapa kriteria Sumif?

Dalam menjumlahkan data, SUMIFS bisa menggunakan 1 / 2 / 3 / 4 kriteria atau lebih.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *