Apa bedanya lada putih dan hitam?


Banyak orang yang mengira bila merica hitam dan putih berasal dari pohon yang berbeda. Padahal dua jenis merica ini berasal dari pohon yang sama namun melalui proses yang berbeda sehingga hasilnya berbeda. Merica hitam berasal dari buah pohon lada, sedangkan merica putih berasal dari biji pohon lada. Berikut ini beberapa beberapa perbedaan merica putih dan hitam.

1/ Proses Merica Hitam dan Putih

Merica hitam dan putih sama-sama berasal dari pohon lada yang sama, hanya saja merica hitam menggunakan buah lada utuh yang dikeringkan hingga menjadi hitam dan permukaannya keriput. Sedangkan merica putih berasal dari buah lada yang sudah matang. Buah lada ini kemudian direndam dengan air selama beberapa hari agar daging buah lada mudah terurai. Proses ini dinamakan retting untuk mendapatkan biji lada. Biji lada yang sudah bersih kemudian dikeringkan dan menjadi merica putih.

Pengelupasan merica putih memberikan permukaan merica yang mulus, bersih, dan menarik. Sedangkan merica hitam yang tidak melalui proses pengelupasan mempunyai permukaan yang kasar dan keriput.

2/ Tingkat Pedas

Dibanding dengan merica putih, merica hitam mempunyai rasa yang lebih pedas karena proses pengolahannya masih sederhana. Merica putih sudah melalui berbagai macam proses perendaman dan pengeringan sehingga rasa pedasnya lebih ringan.

3/ Tingkat Awet

Bila disimpan, merica hitam termasuk yang lebih awet daripada merica putih. Merica hitam butiran bisa tahan disimpan hingga satu tahun, sedangkan merica hitam yang sudah dihaluskan hanya bisa bertahan beberapa bulan saja. Sedangkan merica putih tidak tahan disimpan terlalu lama karena sudah melewati berbagai proses pengolahan. Sehingga aroma dan rasanya lebih mudah menguap dibanding dengan merica hitam.

4/ Masing-Masing Keunggulan

Merica hitam lebih banyak digunakan untuk memasak makanan barat seperti omelette , daging panggang, dan pasta. Secara umum lada hitam digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada masakan karena aromanya yang tajam. Pada masakan barat, merica putih hanya digunakan untuk masakan berwarna cerah atau saus karena tidak membuat masakan berwarna hitam.

Sedangkan merica putih umumnya digunakan untuk masakan-masakan Asia, termasuk masakan Indonesia. Merica putih digunakan untuk menambahkan sensasi pedas dan panas pada masakan.

5/ Perbedaan Harga

Sebagai komoditas perdagangan, merica putih mempunyai harga yang lebih mahal karena proses pembuatannya juga rumit. Sedangkan di Indonesia sendiri, sebagian besar orang lebih memilih menggunakan merica putih sebagai bumbu dapur sehingga peminta merica hitam termasuk sedikit.

Brilio.net – Hampir semua orang pernah melihat lada. Baik yang sering ke dapur maupun tidak sepertinya mengetahui bumbu masakan yang satu ini. Bumbu masak ini pun sekarang sudah ada di sejumlah rumah makan.

Nah, jenis lada ada dua, yaitu hitam dan putih. Kedua lada ini berasal dari tumbuhan yang sama. Lada merupakan buah dari tanaman bernama Peper nigra. Makanan yang ditambahkan dengan lada akan memiliki tambahan sensasi rasa pedas. Tetapi berbeda dengan rasa pedas yang didapat dari cabai.

Berbicara mengenai lada, ternyata masih banyak orang yang menganggap dua bumbu masak ini sama. Antara lada hitam dan putih masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya.

Berikut sudah Brilio Food rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/6), beda lada hitam dan putih walaupun keduanya berasal dari tumbuhan yang sama.

Selain warna, dua lada ini beda dari proses saat dipetik, diolah, dan rasanya pun cenderung berbeda.

foto: freepik.com

Lada hitam dipetik saat buahnya masih belum terlalu matang. Kemudian buah lada akan direbus untuk memecahkan kulitnya. Setelah direbus, lada akan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Proses pengeringan ini pula yang membuat lada ini berwarna hitam.

Sementara lada putih, buahnya dipetik dalam keadaan sudah matang. Lalu, buah lada akan direbus untuk memudahkan kulitnya terpisah dari isi buahnya. Kulit buah lada kemudian dibuang dan hanya menyisakan isi buahnya yang berwarna putih. Bagian putih buah lada inilah yang kemudian akan diproses menjadi lada putih.

foto: freepik.com

Dari segi rasa, lada hitam dan putih ternyata berbeda lho. Lada hitam cenderung punya rasa lebih pedas dibandingkan lada putih. Karena senyawa dari lapisan luar berwarna hitam pada lada hitam menghasilkan sensasi pedas lebih kuat.

Sementara lada putih sudah tidak memiliki bagian tersebut lagi karena sudah dipisahkan saat proses pengolahan. Namun, bukan berarti lada putih tidak memiliki sensasi pedas sama sekali.

Teman-teman mungkin pernah mendengar atau memesan makanan yang ditambahkan lada hitam, seperti masakan sapi lada hitam.

Namun saat memasak masakan lain, ibu di rumah akan menggunakan lada putih.

Wah, ada lada hitam dan lada putih, apakah dua jenis lada ini berasal dari jenis tanaman yang berbeda sehingga menghasilkan lada yang berbeda warna?

Lada Merupakan Buah dari Tanaman Lada

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai lada putih dan lada hitam, kita cari tahu lebih dulu tentang asal usul lada, yuk!

Lada adalah buah dari tanaman lada yang disebut Peper nigra, yang buahnya berbentuk bulat berukuran kecil.

Buah lada yang berbentuk bulat ini memiliki diameter sekitar satu hingga dua milimeter.

Nah, karena bentuknya bulat, buah lada akan diproses dulu agar menjadi berbentuk bubuk seperti yang biasa digunakan untuk memasak.

Baca Juga: Ceplukan, Buah Mahal yang Dulunya adalah Gulma yang Dihindari

Buah lada ini memiliki rasa yang pedas, hangat, dan agak pahit saat dikonsumsi.

Meskipun rasanya pedas, tapi pedas dari lada tidak sama dengan pdas cabai yang dihasilkan oleh senyawa capsaicin, lo.

Sensasi pedas dari lada dihasilkan oleh zat bernama piperine di dalamnya.

Lada Putih dan Lada Hitam Dihasilkan dari Pohon yang Sama

Ada beberapa masakan yang menggunakan bumbu lada hitam, tapi ada juga masakan yang lebih cocok menggunakan lada putih.

Wah, kalau ada dua jenis lada yang berbeda, apakah keduanya dihasilkan dari jenis tanaman yang berbeda?

Baca Juga: Ada yang Bundar dan Lonjong, Kenapa Tidak Ada Sayur dan Buah Berbentuk Persegi?

Meskipun warna dan rasa kedua lada ini berbeda, ternyata lada putih dan lada hitam dihasilkan dari pohon atau tanaman yang sama, lo, teman-teman.

Namun ada dua hal yang membuat lada hitam dan lada putih berbeda, nih, teman-teman, yaitu usia buah lada saat dipetik dan proses pengolahan buah lada.

Lada hitam berasal dari buah lada yang belum terlalu matang saat dipetik, sedangkan lada putih adalah buah lada yang sudah matang ketika dipetik untuk diolah.

Nah, proses pengolahan buah lada inilah yang membuat kedua lada ini memiliki warna yang berbeda, teman-teman.

Sebelum diolah, buah lada hitam yang belum matang sepenuhnya ini akan direbus sebentar, yang berguna untuk memecah dinding kulit lada.

Kemudian, lada yang sudah direbus akan dijemur selama beberapa hari di bawah sinar matahari sampai kering.

Nah, karena dijemur, maka kulitnya menjadi keriput dan warnanya berubah menjadi gelap.

Sedangkan untuk menghasilkan lada putih, buah lada yang sudah matang tadi akan direndam dalam air untuk melepaskan kulitnya.

Setelah kulit lada dihilangkan, akan terlihat bagian dalam buah lada yang berwarna putih.

Bagian yang berwarna putih inilah yang kemudian diolah menjadi lada putih, yang biasanya berbentuk bubuk.

Baca Juga: Wah, Lemon dari Italia Ini Ukurannya Bisa Mencapai Sebesar Kepala Orang Dewasa

Mana yang Lebih Pedas, Lada Putih Atau Lada Hitam?

Baik lada putih maupun lada hitam bisa menimbulkan sensasi pedas dan panas ketika digunakan sebagai bumbu untuk masakan, lo.

Namun ternyata lada putih akan menimbulkan sensasi yang lebih pedas, teman-teman.

Walaupun keduanya memberikan sensasi pedas, tapi pedas yang dihasilkan keduanya terasa berbeda.

Banyak yang mengatakan bahwa lada putih memberikan sensasi pedas dan panas, tapi sensasi yang terasa tidak lebih dari itu.

Sedangkan sensasi pedas dan panas dari lada hitam banyak dikatakan lebih kompleks atau lebih kaya dari lada putih.

Ternyata hal ini disebabkan oleh lapisan luar pada buah lada yang digunakan untuk lada hitam memiliki senyawa yang bisa menambah cita rasa lada, lo.

Lapisan luar pada lada hitam ini memberikan rasa lain yang terasa seperti buah dan bunga sehingga menimbulkan rasa yang lebih kaya.

Apa beda rasa lada hitam dan lada putih?

3. Lada hitam lebih pedas dibandingkan lada putih
Tahapan pengolahan lada hitam yang sangat sederhana menjadi kecepatannya masih begitu kuat menjadikan cita rasanya lebih pedas dibandingkan lada putih. Sebab sudah melalui sejumlah tahapan pencucian dan perendaman, citarasa dari lada putih menjadi lebih ringan.

Apa manfaat lada hitam dan lada putih?

Lada hitam umumnya digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada hidangan. Sedangkan lada putih biasanya digunakan untuk memberikan efek hangat pada hidangan. Nah, itulah perbedaan antara lada hitam dan lada putih.

Kenapa lada hitam lebih mahal?

Biji lada hitam memang lebih kaya rasa. Selain itu, aroma yang diciptakan juga lebih tajam, khas lada, lebih kuat dibanding lada putih. Produksi lada putih yang lebih rumit mengakibatkan harganya lebih tinggi di pasaran ketimbang lada hitam.

Merica dan lada hitam apa bedanya?

Merica yang sudah dihaluskan atau berbentuk bubuk disebut sebagai lada. Jadi, merica dan lada adalah dua bumbu dapur yang sama. Perbedaannya adalah merica bumbu yang masih utuh sedangkan lada adalah merica yang sudah dihaluskan.



Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *