10 Gambar Goa Buniayu Sukabumi, Harga Tiket Masuk Lokasi Misteri Gua Siluman


Lokasi: Desa Cipicung, Kerta Angsana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43187
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.5.000 per Orang
Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon:
0266 6254 881

Wisata Alam❤️

Berlibur adalah salah satu hal yang memang sudah ditunggu oleh setiap orang. Apalagi berlibur ke tempat wisata alam.

Merasakan ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa indahnya. Wisata alam yang sering kali didatangi oleh banyak orang adalah pantai.

Tetapi kali ini kami tidak membahas tentang pantai karena masih banyak sekali wisata alam yang juga tak kalah indah.

Goa, memang terdengar menyeramkan tetapi tidak bagi Goa Buniayu. Objek ini terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Foto By @adhitmc

Berbicara tentang Jawa Barat memang tidak ada habisnya tentang tempat wisatanya. Maka dari itu tak heran jika banyak sekali wisatawan yang datang ke sini baik kalangan lokal ataupun mancanegara.

Wisata alam tersembunyi ini wajib kamu datangi saat berkunjung ke Kabupaten Sukabumi. Goa Buniayu ini termasuk salah satu wisata ekstrem dengan berbagai macam rintangan tetapi tidak melupakan bagaimana keindahan yang ada.

Kali ini kita akan membahas wisata alam yang belum banyak diketahui oleh banyak orang ini. Mulai dari apa saja yang ada di sana hingga rute jalan serta berapa harga tiket masuk kesananya. Kamu harus membaca dengan lengkap ya artikelnya!

Potensi Yang Ada❤️

Foto By @exploresukabumi

Sejarah tentang asal usul nama Goa Buniayu menurut Wikipedia adalah memiliki arti kecantikan yang tersembunyi. Berasal dari kata Buni dengan arti sembunyi kemudian ayu adalah cantik.

Sebetulnya untuk warga sekitar sendiri tempat ini memiliki nama lain yaitu Goa Cipicung. Itu dikarenakan lokasinya ada di Cipicung.

Yang menjadi keren adalah tempat wisata terkenal ini pernah dijadikan lokasi syuting film Si Buta Dari Goa Hantu.

Foto By @sukabumiexplore

Dan itulah penyebab namanya Goa Siluman. Tetapi setelah wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani maka menjadi Wisata Wana Goa Buniayu.

Luas dari goa ini adalah sekitar 10 hektar dan pertama kali disusuri oleh seorang ahli pada tahun 1982.

Ahli tersebut berasal dari Indonesia dan Federasi Speologi Perancis bernama Goerge Robert. Mereka datang bersama teman – temannya.

Dari beberapa goa yang ada di sinilah tempat favorit para ahli tersebut. Menurut para ahli di sini memiliki beberapa keistimewaan seperti adanya Stalakmit, Stalaktif, Garundam serta beberapa ornamen lainnya.

Foto By @reynaldlaysandro

Selain itu di sekitar tempat ini terdapat pohon berwarna hijau dan rindang sehingga membuat suasana keadaan terasa sangat dingin dan sejuk. Tidak perlu takut dengan panasnya terik matahari ya!

Untuk bisa melakukan penelusuran sampai dalam bisa ditempuh dengan dua cara. Yang pertama, biasanya disebut dengan penelusuran horizontal. Penelusuran ini banyak sekali diminati oleh pengunjung secara umum.

Dengan cara yang pertama ini kesulitan tidak terlalu sulit. Bahkan medan cukup mudah dilalui. Hanya saja memerlukan sepatu boot agar tidak licin saat berjalan.

Foto By @farhan_amr_7

Sesampai di dalam kamu langsung akan dimanjakan dengan pemandangan sangat indah yaitu Stalaktit dan Stalamit.

Lalu untuk cara kedua adalah memiliki nama Goaminat dengan rute vertikal dan horizontal. Nah ini cara yang pas bagi kamu jika menyukai tantangan lebih. Semua bisa kamu rasakan mulai dari menuruni goa serta merasakan penelusuran selama 4 jam.

Perjalanan menuju ke Gua tersebut sangat bervariatif, kamu akan menemui batu-batuan, lumpur, dan juga sungai.

Foto By @liburkabur

Tetapi meskipun kamu merasakan kenikmatan karena tantangannya jangan lupa untuk memperhatikan tentang kesemalatan ya dengan cara berhati-hati karena jalan begitu licin.

Beberapa warga sekitar memang pernah memberi tahu konon katanya adanya cerita misteri atau mitos tentang Goa Buniayu ini. Tetapi meski demikian tidak membuat para pengunjung dan pecinta alam tentunya tetap datang.

Di sekitar objek ini terdapat penginapan bagi kamu jika ingin bermalam, baik itu rumah warga dengan harga lebih murah atau di hotel. Paling penting, jangan lupa mengambil gambar atau foto jika di datang kemari ya!

Foto By @febrinayuu

Jika kamu sudah memutuskan ingin pergi ke sini maka kami menyarankan agar ikut beberapa travel tour yang membuka open trip.

Biasanya paket open trip ini memberikan harga backpacker atau lebih murah jika mendaftar dengan beberapa orang.

Kamu juga bisa melihat beberapa review di media sosial yang menawarkan open trip. Selain itu ada juga cp atau contact person dimana bisa dihubungi jika kamu tertarik untuk datang ke sini.

Tentu saja harus memesan beberapa hari sebelumnya agar mendapatkan peralatannya.

Rute Menuju Lokasi❤️

Foto By @konco_mlaku2

Alamat spot ini berada di Cipicung, Kecamatan Nyalindung. Jika berangkat dari kota Sukabumi memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dengan pemandangan alam yang luar biasa indah di sekitarnya.

Bahkan akses jalan untuk dapat sampai ke tempat tujuan sangat berkelok seperti menuju Puncak. Hati – hati ya banyak lubang di jalanan jadi tidak perlu menggunakan cepat-cepat. Santai saja sambil menikmati pemandangan di sekitar.

Kami juga sudah memberikan bantuan berupa titik koordinat sehingga dapat diakses dengan peta atau map online di hp kamu.

Cukup mengikuti arah atau petunjuk rute dari GPS maka kamu akan sampai di tempat tujuan ini tanpa kesasar.

Buka Jam Berapa❤️

Foto By @abububung

Jam buka di sini dapat dibilang selama 24 jam. Hanya saja pengunjung jarang sekali datang waktu malam.

Biasanya mereka kebanyakan datang pada pagi hari kemudian pulang saat sore. Bahkan para petugas di sini juga berjaga selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk❤️

Sedangkan untuk tarif harga tiket masuk terdapat beberapa list price. Karena masuk di sini terdapat dua cara maka penjaga memberikan tawaran harga sesuai kesulitan yang akan dihadapi.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya 5 ribu rupiah. Untuk minat umum atau Goa Horizontal dikenakan biaya 20 ribu per orang.

Berbeda dengan Goa vertikal atau vertical, kamu perlu membayar paket harga sebesar 150 ribu per orang dengan fasilitas peralatan keamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *