Air Terjun Ciupang, Pesona Air Terjun Indah & Bebatuan Eksotis di Pesawaran


Air Terjun Ciupang, dengan tebing tinggi yang menjulang, menghadirkan pesona air terjun indah dan bebatuan eksotis di Pesawaran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Jaya, Kec. Way Ratai, Kab. Pesawaran, Lampung.

Kekayaan alam di Provinsi Lampung tepatnya Kabupaten Pesawaran sudah terkenal dengan keindahannya. Dari lanskap perkebunan, hasil tani masyarakat sekitar, hingga hutan yang masih lestari, semuanya dapat Anda nikmati dengan tenang. Salah satu dari sekian ikon menarik di wilayah ini adalah Air Terjun Ciupang.

Keberadaannya sungguh menarik atensi para pelancong. Berkunjung ke sini akan memanjakan Anda secara visual dan suasana. Bahkan, bukan hanya wisatawan dari daerah setempat, melainkan datang dari berbagai penjuru. Di tempat ini, kondisinya terasa begitu alami dan asri meski letaknya tidak jauh dari perkampungan.

Saat Anda berkesempatan menuju Provinsi Lampung, jangan lupa untuk menyempatkan diri datang ke Air Terjun Ciupang. Ambil waktu luang di hari libur dan rasakan kesegaran alami yang sulit terlupakan. Hanya saja, untuk bisa tiba di lokasi destinasi, maka Anda harus bisa mengemudikan motor atau datang bersama rekan yang merangkap sebagai supir.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Ciupang

Daya Tarik Air Terjun Ciupang Pesawaran_compressed
Photo by Yeol 99 / Google Maps

1. Tebing Tinggi Menjulang

Di sekeliling air terjun, Anda akan mendapati tebing tinggi yang menjulang. Itu tampak kukuh dan keras, di mana lumut dan air bercampur di atasnya. Ada kesan eksotis yang tertinggal ketika semakin sering dipandangi. Tidak heran, banyak pelancong menjadikan spot tersebut sebagai objek foto idaman.

Warnanya cenderung abu-abu gelap dengan sentuhan hijau yang berasal dari tanaman lumut. Di atas tebing-tebing tersebut tumbuh pula pepohonan sehingga suasananya terasa semakin alami. Meskipun sebuah kelaziman bagi kebanyakan destinasi air terjun untuk dikelilingi oleh tebing, tetapi Air Terjun Ciupang ini punya pesona menawannya sendiri.

Berkunjung ke sini, wisatawan tidak akan puas berfoto hanya dengan satu kali bidikan. Apalagi, di depan tebing meluncur air terjung yang memiliki ketinggian hingga mencapai 15 meter. Bayangkan Anda sedang berpose sambil memanfaatkan latar belakang kucuran air dan kekukuhan bebatuan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Udara Segar

Pernahkah Anda merasa bosan dengan kondisi udara di pemukiman warga? Terutama bagi wisatawan yang berasal dari perkotaan, rasanya sering kali panas, pengap, dan sesak. Mendatangi destinasi berbasis natural sesungguhnya merupakan cara healing yang cukup rasional demi menenangkan diri kembali.

Apalagi, dengan situasi selama dua tahun terakhir di mana aktivitas di luar rumah sebisa mungkin dibatasi, mengambil jeda sejenak dan menepi ke tengah hutan bukanlah ide buruk. Rasakan ketika udara mengisi paru-paru Anda ditemani suhu dingin yang berpotensi bikin menggigil.

Udara segar juga menunjukkan bahwa sebuah tempat masih lestari. Ini sekaligus mengingatkan pelancong agar tidak sebarangan bertindak, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya. Pastikan diri Anda selalu menjadi wisatawan yang berkelakuan baik di mana pun dan kapan pun.

3. Bebatuan Eksotis

Bukan hanya tebing, ikon menarik juga dapat ditemukan dalam perjalanan menuju lokasi Air Terjun Ciupang. Pasalnya, agar bisa melihat keindahannya langsung dari dekat, Anda harus menapaki sejumlah anak tangga yang terbuat dari batu kali.

Ukurannya cukup besar sehingga tidak akan goyah meskipun dilalui oleh orang dewasa dalam jumlah banyak. Namun yang paling menarik, itu bisa dijadikan salah satu spot berfoto dengan suasana eksotis ala perhutanan.

Anda bisa duduk di antara anak-anak tangga lalu meminta salah seorang kawan mengambil potret dari bawah. Hanya saja, perhatikan kondisi sekitar terlebih dahulu sebelum memulai action. Alasannya karena spot ini merupakan tangga, jadi sebaiknya hindari bergaya saat sedang ramai pengunjung.

Cara bagusnya, cobalah mengambil jeda ketika arus masuk dan keluar pengunjung sedang lengang. Itu juga akan menambah kecantikan hasil bidikan yang diperoleh. Namun tentu saja, tidak dapat dilepaskan dari kemampuan tukang foto dan jenis lensa kameranya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Ciupang Pesawaran_compressed
Photo by Pepen Rohendi / Google Maps

Air Terjun Ciupang hanya mendukung aksesibilitas menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini karena letaknya yang berlokasi di sekitar perkampungan sehingga jalur jalan untuk masuk ke dalam area destinasi semakin menyempit. Meski sebenarnya, jika Anda memaksa memanfaatkan mobil itu mungkin saja dilakukan.

Namun, pada akhirnya akan kesulitan sendiri jika berpapasan dengan sesama pengendara mobil dari arah berlawanan. Jadi, alih-alih repot, mengapa tidak memakai motor saja?

Bagaimanapun juga, untuk benar-benar melihat keindahan air terjunnya, pelancong perlu melintasi perumahan warga. Tidak perlu kebingungan karena telah dilengkapi papan penunjuk jalan sehingga tidak akan membuat Anda kesulitan. Kalaupun masih susah menemukan rutenya sendiri, Anda dapat bertanya kepada warga yang mungkin ditemui.

Sebagian jalanan sudah dilengkapi aspal walaupun sisanya masih mengandalkan tanah yang dirapikan. Kabar baiknya, kondisi di sini tidak terlalu buruk dan masih cukup sepadan diperjuangkan bila mengingat pesona yang sudah menanti.

Persis di area bawah air terjun, Anda harus mendaki tangga dari susunan bebatuan tak beraturan. Terutama saat musim hujan, kondisinya bisa sangat licin sehingga cenderung berbahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk senantiasa berhati-hati dan cermat memperhatikan setiap anak tangga.

Lokasi pasti tempat estetis ini berada di Kecamatan Padang Cermin, Dusun Purwajaya. Jika berpatokan pada pusat Kota Bandar Lampung, setidaknya perlu waktu 2 jam agar bisa tiba di destinasi tujuan. Kabar bagusnya, Anda akan dimanjakan dengan pesona pantai dan perbukitan di sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Pengelola Air Terjun Ciupang menetapkan tarif senilai Rp 5.000 per kepala untuk tiket masuknya. Sementara itu, ada pula biaya tambahan berupa parkir mobil sebesar Rp 10.000 dan motor Rp 2.000. Tidak butuh biaya besar memang jika ingin sekadar menikmati destinasi air yang asri ini.

Apalagi, jadwal operasional tersedia selama 24 jam penuh dalam satu pekan. Dengan kata lain, pelancong dapat mampir kapan saja, sesering dan sebanyak mungkin. Namun, direkomendasikan berkunjung pada waktu siang demi keamanan dan kenyamanan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Tiket Air Terjun Ciupang Pesawaran_compressed
Photo by Akh Sofyan / Google Maps

Bermain Air

Apa lagi yang dicari ketika bertandang ke Air Terjun Ciupang selain menjelajahi kawasan perairan?

Sebaiknya siapkan pakaian ganti sejak dari rumah sehingga Anda tidak perlu pulang dalam kondisi basah kuyup. Bila perlu, bawalah kostum khusus berenang jika memungkinkan agar aktivitas di dalam air cenderung lebih bebas.

Dengan demikian, Anda bisa mengambil waktu sepuasnya menikmati kesejukan air, sejak datang hingga menjelang pulang. Untuk suasana yang lebih bagus, disarankan datang pada siang hari di mana kondisi airnya tidak terlalu dingin, namun tidak juga panas.

Menanti Sunset atau Sunrise

Meskipun sedang berada di dalam hutan, bukan berarti tidak bisa sama sekali melihat pemandangan saat matahari terbit atau terbenam. Terlebih lagi, di tempat menarik ini disediakan sebuah gardu pandang untuk memfasilitasi keinginan melihat-lihat dari para wisatawan.

Jika Anda hendak menikmati waktu senja, disarankan datang pada siang hari agar tidak terlalu lama menunggu. Namun, bila punya rencana lain selain berburu potret matahari terbenam, tidak ada salahnya berkunjung sejak terbit fajar.

Di sisi lain, apabila Anda berencana mengabadikan momen matahari terbit, datanglah lebih cepat, barangkali berangkat dari rumah sebelum waktu subuh. Setelah itu, siapkan perlengkapan fotografi terbaik Anda ketika tiba di lokasi terdekat dengan Air Terjun Ciupang. Cari sudut yang pas guna memotret detik-detik ketika fajar muncul di ufuk timur.

Alternatif lainnya, Anda bisa berkemah di perkampungan minimal satu malam, lalu segera menuju pusat air terjun keesokan harinya. Daripada mengambil perjalanan agak jauh dari rumah, bukankah opsi ini terasa lebih memudahkan?

Menjelajahi Hutan

Air terjun cantik ini meskipun berada di sekitar perkampungan, tetapi kondisi di sekelilingnya masih dipenuhi pohon-pohon tinggi. Jika Anda menyukai petualangan dan punya nyali menjelajah, lalukanlah di wilayah ini.

Namun, sebelum itu, pastikan dahulu bahwa kondisi di dalam hutan relatif aman. Caranya dengan bertanya pada warga lokal, apakah itu memang mungkin untuk dijelajahi atau tidak.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Ciupang
Photo by Ujang Rozali / Google Maps

Air Terjun Ciupang difasilitasi dan dikelola oleh lembaga swadaya dari masyarakat sekitar. Ini berarti Anda tidak boleh berekspektasi terlalu tinggi perihal fasilitas yang ada disini. Namun, hal-hal krusial seperti kamar mandi dan parkiran sudah bisa digunakan dengan lumayan baik.

Di sisi lain, bila Anda ingin mengamati kondisi air terjun dan pemandangan di sekelilingnya, sudah tersedia pula sebuah gardu pandang. Jadi, tidak akan kesulitan saat mengambil foto atau membuat video. Meski memang kondisinya cenderung punya banyak keterbatasan, tetapi tidak akan meniadakan fakta bahwa air terjunnya amat cantik.

Adapun soal makanan, agaknya Anda harus bersiap sedari berada di perkampungan atau bahkan rumah. Jika belum sempat menyiapkan perbekalan di rumah, carilah di sepanjang jalan ketika melintasi pemukiman warga. Dengan demikian, Anda tidak akan bingung begitu tiba di pusat air terjun dan tidak mendapati penjual satu pun.

Air Terjun Ciupang adalah salah satu bukti betapa alam Indonesia begitu indah. Sayangnya, pengelolaan belum begitu memuaskan pelancong, jadi masih perlu ditingkatkan agar semakin membaik. Dengan kata lain, sebenarnya berkunjung ke sini hampir sama artinya turut mengembangkan sektor pariwisata setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *