Lubuk Paraku, Wisata Pemandian dengan Pesona Alam Memukau di Padang


Lubuk Paraku adalah destinasi pemandian yang memukau dengan kolam biru dan pesona alam yang menakjubkan di Padang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Lubuk Paraku adalah salah satu tempat wisata yang populer akan kesejukan dan kebersihan di dalamnya. Bahkan banyak sekali pengunjung wisata yang berasal dari luar kota Padang rela mendatangi tempat ini untuk melihat keindahan yang disuguhkan. Tidak hanya hutan saja, pengunjung juga akan menemukan sungai yang dijadikan sebagai objek pemandian alami.

Pemandian sungai yang alami in sudah menjadi salah satu tempat rekreasi populer sejak tahun 1890an silam. Banyak pengunjung yang suka dengan tempat ini karena menemukan sebuah air tanpa ada polusi di dalamnya. Apalagi airnya juga berwarna kebiruan dan sangat bersih serta jernih.

Pada dasarnya Lubuk Paraku menawarkan beberapa keunggulan mulai dari pemandian alamnya yang sangat jernih, tempat memancing ikan serta pemandangan kupu-kupu dan camping yang begitu mempesona. Semua itu bisa Anda temukan saat berada di destinasi wisata hits di kota Padang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Lubuk Paraku

Daya Tarik Lubuk Paraku
Photo by Muhammad Anwar Habibi / Google Maps

1. Wisata Pemandian Alam

Anda akan menemukan banyak sekali objek menarik saat berada di tempat wisata ini. Mulai dari pemandian alamnya yang indah. Anda akan menemukan sebuah pemandangan yang alami beserta tempat wisata yang asri. Bahkan di tempat hits ini juga terdapat kabut putih dari sungai yang mengepul sehingga menutupi permukaan air.

Di pagi hari, suasana di Lubuk Paraku masih sangat sepi. Anda hanya akan menemukan beberapa warga saja yang tengah mencuci pakaian dan mengambil air. Di sungai ini, warga menggunakan airnya untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak Cuma itu saja, airnya juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

2. Kolam Biru

Selain itu di sisi sungai, Anda akan menemukan kolam berwarna biru. Hanya saja letaknya tertutupi oleh bebatuan dengan ukuran besar. Konon kabarnya bebatuan tersebut mengisi semua bantaran sungai.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tapi jumlahnya pun berkurang drastis setelah diambil Pemko Padang. Dampaknya sendiri baik sebenarnya karena kolam biru semakin meluas. Ini akan menjadi salah satu pemandangan indah yang akan ditemukan wisatawan saat berada di objek wisata alam ini.

3. Tempat Hidup Capung dan Kupu-kupu

Tidak Cuma itu saja, di Lubuk Paraku ini juga Anda akan menemukan tempat hidup bagi ratusan hewan kupu-kupu dan juga capung. Habitat kedua hewan ini menjadi bukti jika sungai yang ada di Desa Indrarung ini masih sangat terjaga dengan baik. Jadi tidak ada polusi udara maupun lingkungan disini.

Apabila Anda sedang beruntung maka Anda akan menemukan kedua hewan tersebut dan memotretnya. Keduanya menjadi bukti jika lubuk ini masih sangat asri. Tidak sedikit pengunjung yang mendatangi tempat ini hanya untuk melihat capung dan kupu-kupu yang berkeliaran bebas.

4. Banyak Ikan

Daya tarik selanjutnya yang akan ditemukan pengunjung wisata adalah banyaknya ikan di Lubuk Paraku. Mulai dari hulu sampai hilir sungai ada banyak sekali ikan yang akan ditemukan. Penduduk di sekitar pun kerap menjadikan sungai ini sebagai tempat untuk memancing ikan.

Semua kawasan ini masuk ke dalam bagian Taman Hutan Raya Bung Hatta. Ini dikarenakan lingkungannya yang masih sangat terjaga. Tapi meski begitu, ikan yang ada di tempat ini bisa dipancing para pengunjung wisata yang sedang melakukan kegiatan memancing.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lubuk

Tiket Lubuk Paraku Padang
Photo by Hamdi Rahman / Google Maps

Sebelum bisa tiba ke lokasi wisata, tentu Anda harus mengetahui dulu rute menuju Lubuk Paraku. Tempat wisata yang sedang populer di Kota Padang ini berada di Indrarung Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Destinasi wisata ini memang tidak terlalu ramai di setiap harinya jadi tentu liburan Anda akan terasa menyenangkan nanti.

Anda bisa menggunakan kendaraan baik mobil pribadi, motor maupun transportasi umum menuju lokasi. Bagi wisatawan yang berasal dari luar Kota Padang bisa gunakan alat penunjuk jalan seperti google maps. Jadi dengan alat tersebut, Anda bisa tiba ke lokasi wisata dengan rute atau arah yang benar.

Sedangkan untuk jam buka sendiri mulai dari 9.00 PM. Jadi jika ingin berlibur nanti pastikan Anda juga sudah mengetahui jadwalnya supaya tidak salah. Tempat wisata ini juga buka setiap hari. Anda bisa ajak keluarga untuk pergi beramai-ramai menyaksikan keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini nanti.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk dapat masuk ke dalam lokasi wisata, tentu Anda harus bayar sejumlah uang terlebih dahulu. Wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 jika ingin masuk ke dalam tempat wisata. Harga tersebut tentu saja sangat terjangkau jika dilihat dari apa yang akan didapatkan pengunjung wisata saat berada di tempat ini.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi jangan lupa untuk sediakan rogoh kocek lebih banyak. Karena Anda harus membayar biaya parkirnya juga setelah tiba di Lubuk Paraku. Jadi sediakan uang untuk membayar tiket masuk dan retribusi parkirnya sebelum berlibur. Jangan lupa untuk bawa bekal makanan jika nanti perut terasa lapar di perjalanan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Lubuk Paraku Padang
Photo by Citra aa / Google Maps

Bermain Air

Lubuk Paraku adalah salah satu tempat pemandian alam yang ada di Kota Padang. Para pengunjung akan menemukan sumber air yang letaknya ada di hulu sungai. Asal sumber air tersebut adalah hutan Bukit Barisan yang letaknya di ketinggian kurang lebih 300 hingga 400 mdpl.

Sudah lama tempat wisata ini dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mandi atau bermain air. Karena memang lubuk yang ada di Kota Padang ini masuk ke dalam salah satu tempat pemandian alam yang paling legendaris di Padang. Bahkan tempat pemandian ini sudah ada sejak tahun 1910 bahkan dikenal dari zaman colonial datang ke kota ini.

Mandi Bersama Ikan Air Tawar

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di Lubuk Paraku adalah mandi. Dengan mandi disini Anda akan menemukan berbagai jenis ikan air tawar di dalamnya. Ikan-ikan tersebut bahkan ada yang ukurannya mencapai 1 meter. Menariknya lagi, aliran sungainya sangat baik bagi perkebunan kakao.

Jika memiliki waktu luang yang cukup banyak, tentu bermain air dan mandi adalah kegiatan yang tidak boleh sampai terlewatkan. Karena keduanya menjadi kegiatan paling utama yang banyak dilakukan wisatawan saat berkunjung ke objek wisata alam satu ini. Apalagi dengan airnya yang sangat bersih dan sejuk membuat siapapun merasa betah dan nyaman.

Melihat Keindahan yang Disuguhkan di Lubuk Paraku

Setelah puas bermain air ataupun mandi, maka kegiatan ketiga yang sayang dilewatkan begitu saja adalah melihat keindahan yang disuguhkan. Jadi Anda akan menemukan sebuah sungai yang airnya bersih dan sejuk. Airnya benar-benar jernih bahkan hingga ke dasarnya.

Selain itu, pemandangan di sekitar seperti kupu-kupu dan capung turut meramaikan suasana yang ada. tak ayal banyak pengunjung wisata rela menghabiskan waktu yang lama hanya untuk bersantai di Lubuk Paraku ini. Apalagi mereka juga tidak melakukan kegiatan-kegiatan lain. Hanya duduk bersantai sembari melihat keindahan yang ada.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Lubuk Paraku Padang
Photo by Qhindy Yanuar / Google Maps

Berbicara soal fasilitas, sangat disayangkan sekali karena fasilitas yang ada di Lubuk Paraku masih belum begitu lengkap. Tapi tenang saja karena Anda sudah bisa temukan tempat ganti baju disini dan spot-spot untuk bersantai. Jadi apabila kegiatan yang dilakukan adalah mandi atau bermain air, gunakan tempat ganti baju yang sudah disediakan di tempat yang indah ini.

Selain itu, Anda juga akan menemukan tempat wisata yang dekat dengan pemukiman. Jadi meski di lokasi wisata sulit menemukan kedai atau warung penjual makanan tapi tenang saja karena lokasinya yang dekat pemukiman membuat para pengunjung bisa dengan mudah mencari makanan atau sekedar camilan saja. harganya pun sangat terjangkau.

Jadi meski tidak banyak fasilitas yang disediakan oleh objek wisata ini, setidaknya para pengunjung tetap akan merasa nyaman dengan fasilitas yang tersedia. Supaya menambah keseruan pada saat berlibur nanti tidak ada salahnya menyiapkan barang-barang keperluan wisata seperti cemilan, minuman dan sebagainya.

Lubuk Paraku adalah tempat wisata alam yang tengah naik daun di Kota Padang. Meski masih banyak yang belum mengenalnya, tapi tempat ini tetap menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah nan alami. Apalagi ditambah dengan pemandangan air sungai yang jernih dan bersih membuat mata orang kian termanjakan saat berada di destinasi wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *