Kaldera Sunset Hill, Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Toba


Kaldera Sunset Hill adalah tempat ideal untuk menikmati panorama alam Toba yang menakjubkan dari ketinggian, menciptakan pengalaman tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sigapiton, Kec. Ajibata, Kab. Toba, Sumatera Utara.

Objek wisata menarik yang dinamakan Kaldera Sunset Hill berada di Sumatera Utara dan harus Anda kunjungi. Banyak hal seru yang dapat Anda lakukan di sana guna mengisi waktu akhir pekan atau hari libur. Berkunjung bersama keluarga ataupun kawan sama-sama terasa mengesankan dan menyenangkan.

Tempat ini merupakan tujuan utama wisata bagi banyak wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air. Kaldera merupakan objek wisata yang pengelolanya sendiri dari BPODT atau Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba. Tempat ini sudah banyak sekali menarik minat wisatawan yang berkunjung.

Bahkan, Andreson Situmeang sebagai Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT, mengatakan bahwa ada 13,133 wisatawan yang memadati tempat itu selama libur lebaran. Tentu saja ini menjadi hal yang membanggakan dari Kaldera Sunset Hill. Tempat wisata ini sudah sangat terkenal dan membuat banyak orang terkesima.

Daya Tarik yang Dimiliki Kaldera Sunset Hill

Daya TarikDaya Tarik Kaldera Sunset Hill Toba Kaldera Sunset Hill Toba
Photo by Rhiezal Pulungan / Google Maps

1. Panorama yang Memukau

Suasana yang berdekatan dengan alam dengan suguhan pemandangan super memukau tentu saja menjadi Kaldera Sunset Hill menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk banyak orang. Lebih khusus lagi menarik perhatian bagi wisatawan yang merupakan kalangan anak muda dari berbagai penjuru Tanah Air hingga dunia.

Apalagi, destinasi yang berupa glamping di Provinsi Sumatera Utara sendiri masih sama sekali belum ada. Berdiri di atas kawasan dengan luas 2 hektar, jejeran glamping area yang berupa tenda serta kabin terlihat sangat menarik. Saat masuk ke dalamnya, maka Anda akan menemukan berbagai fasilitas.

Fasilitas tersebut antara lain seperti meja, kasur, kursi, dan fasilitas lainnya yang lazim ditemukan pada penginapan mewah. Selain itu, terdapat Bubble Tent pada tenda dengan bagian atasnya yang tembus pandang. Sehingga wisatawan dapat tiduran sembari melihat bintang di langit ketika malam hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kemudian, kabin kaca juga menambah sinar terang yang masuk ke dalam kamar. Dengan begitu, cahaya yang masuk ke dalam kamar dipastikan sudah cukup. Wisatawan selalu dibuat terpesona melalui panorama cantik yang terhampar luas di depan mata secara langsung.

2. Udara Disana Begitu Menyegarkan

Bagi yang mendambakan untuk menghirup udara yang bersih dan segar dengan sepuas mungkin, maka tidak ada ruginya untuk mengunjungi Kaldera Sunset Hill. Hal itu karena objek wisata ini begitu menyatu dengan alam, sehingga kondisi udara di sana belum tercemar dengan banyaknya polusi, seperti di perkotaan besar.

Tentu saja kesegaran udara yang tersedia semacam ini memang dapat menjadikan atmosfer yang terbangun begitu enak dan nyaman. Pikiran sekaligus hati pun seolah-olah merasakan kesejukan tersebut, sehingga akan terasa lebih fresh. Tak heran apabila udara di sana juga dijadikan sebagai salah satu daya tarik.

3. Kebersihannya Sangat Terjaga

Hal lainnya yang mampu dijadikan daya tarik untuk sebuah tempat wisata adalah kebersihan dari lingkungan wisata tersebut. Hal ini juga dapat rasakan apabila mengunjungi Kaldera Sunset Hill yang menawan itu. Pasalnya, di lokasi wisata tersebut memang sengaja dijaga dengan baik kebersihannya oleh pengelola wisata.

Kebersihan di sana seakan-akan membuat Anda sedang melakukan liburan di luar negeri. Wisatawan betul-betul tidak akan menemukan sampah plastik sama sekali di sekitaran sana. Bukan hanya pengelola wisatanya saja, namun setiap wisatawan di sana pun diharuskan untuk tetap mematuhi peraturan bahwa harus selalu menjaga kebersihan saat berlibur.

4. Berada di Ketinggian

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah posisinya yang terletak pada ketinggian, yakni kisaran 1,390 mdpl. Dikarenakan hal inilah Kaldera tersebut menawarkan panorama Danau Toba yang begitu eksotis dilihat dari ketinggian. Sebenarnya, seluruh pemandangan yang tampak dari atas tempat ini memang sangatlah eksotis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Panorama Alam

Alamat Kaldera Sunset Hill Toba
Photo by Andi Yunus / Google Maps

Kaldera Sunset Hill adalah objek wisata indah yang terdapat di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Apabila ingin datang ke sana, maka Anda harus sampai menuju ke area Danau Toba, Kecamatan Ajibata. Hari yang paling disarankan untuk mengunjungi tempat tersebut yakni pada saat hari biasa karena akan sangat ramai pada libur lebaran.

Hanya terpisah jarak kurang lebih 20 km saja apabila Anda menempuh perjalanan mulai dari Kota Parapat. Anda dapat menaiki kendaraan pribadi untuk menuju ke sana sehingga perjalanan terasa lebih bebas dan menyenangkan. Anda juga harus memanfaatkan GPS ataupun Google Maps untuk menghindari tersesat saat berada di tengah jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Bila wisatawan hendak masuk ke Kaldera yang keren ini, maka terlebih dahulu diharuskan membayar tiket masuk. Tiket masuk yang ada di tempat tersebut dibedakan menjadi beberapa macam. Untuk wisatawan lokal, maka dikenai tiket masuk dengan harga 15 ribu rupiah pada hari Senin sampai Jumat.

Kemudian, pada hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur, maka tiket masuknya menjadi 20 ribu rupiah untuk setiap wisatawan. Sedangkan, untuk wisatawan yang masih balita akan dikenakan tarif masuk seharga 5 ribu rupiah saja serta pelajar seharga 10 ribu rupiah saja.

Sementara, tiket masuk bagi wisatawan yang datang dari luar negeri, pada hari Senin sampai dengan jumat diharuskan membayar 30 ribu rupiah. Kemudian, di hari Sabtu dan Minggu serta hari libur lainnya dikenai sebesar 40 ribu rupiah per orangnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktvitas Kaldera Sunset Hill Toba
Photo by Ci Pin Lie / Google Maps

Berfoto Ria

Wisatawan yang datang ke Kaldera Sunset Hill kebanyakan memang memiliki hobi atau gemar untuk menjepret. Oleh karena itu, lokasi wisata tersebut begitu tepat apabila Anda hendak memotret pemandangan yang bernuansa alam indah. Hasil jepretan yang dihasilkan oleh Anda akan didominasi dengan warna hijau dan biru yang sangat khas dengan alam.

Untuk itu, Anda harus selalu membawa HP ataupun kamera ketika sedang menghabiskan liburannya di tempat tersebut. Hasil jepretan dapat diunggah pada media sosial agar tempat ini makin diketahui atau dikenal oleh orang lain. Untuk itu, ajaklah teman atau keluarga agar dapat dimintai bantuan untuk memfotokan.

Melihat Pesona Pemandangan Sunset

Aktivitas yang sangat kerap dilakukan banya wisatawan ketika ada di sana adalah melihat betapa mempesonanya pemandangan sunset. Pemandangan tersebut sudah pasti dapat Anda temukan apabila sudah sore hari menjelang malam di tempat itu. Sunset tampak sangat jelas dengan warna kuning jingga dan membuat suasana semakin hangat dan tenang.

Piknik di Kaldera Sunset Hill

Walaupun termasuk aktivitas yang santai, namun piknik selalu memiliki keseruan tersendiri apabila Anda lakukan bersama rombongan. Tempat ini termasuk yang pas apabila Anda gunakan sebagai area berpiknik. Namun, sebaiknya Anda memilih spot yang teduh saat hendak piknik.

Bawa saja tikar atau kain yang nantinya dijadikan sebagai alas. Kemudian, membawa sejumlah hidangan atau cemilan supaya bisa Anda makan sembari duduk dan menikmati indahnya pemandangan. Jangan sampai tidak membawa makanan atau cemilan karena Anda akan bosan apabila tidak menyantap suatu makanan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Kaldera Sunset Hill Toba
Photo by Vira Irma Sari / Google Maps

Fasilitas yang disediakan oleh Kaldera Sunset Hill tidak akan membuat wisatawan merasa kecewa, karena terbilang memadai. Apalagi, tempat wisata ini sendiri sudah pernah didatangi oleh Presiden RI, Joko Widodo dan sejumlah menteri lainnya. Pastinya, fasilitas di sana sudah banyak mengalami pengembangan atau perbaikan.

Adapun fasilitas yang dapat Anda temukan saat melakukan agenda berlibur di sana adalah bobox cabin. Fasilitas ini menyajikan panorama berupa Danau Toba yang bisa Anda saksikan dengan jelas dari dalam kamar penginapan. Tentu saja bobox cabin ini juga sangat bermanfaat bagi wisatawan yang jauh dari tempat tinggal asalnya.

Selain itu, Anda masih bisa menikmati sejumlah fasilitas memadai lainnya ketika berada di objek wisata andalan di Sumatera Utara ini. Beberapa diantaranya adalah ruang rapat atau aula, kamar mandi yang bersih, dan tempat yang menjual makanan. Dipastikan dengan beberapa fasilitas itu Anda akan nyaman dan betah.

Nah, sekian sajian paling lengkap yang berhubungan dengan Kaldera Sunset Hill sebagai lokasi wisata terkenal di Sumatera Utara. Tempat ini harus didatangi terutama bagi Anda yang senang dengan alam. Pengalaman wisatanya tidak akan bisa tergantikan dan kenangan indahnya dapat disimpan hingga selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *