Desa Wisata Meat, Mengintip Pesona Desa Pengrajin Kain Ulos di Toba


Desa Wisata Meat mengundang Anda untuk mengintip pesona desa pengrajin kain ulos di Toba sambil menikmati keindahan kerajinan kain ulos yang khas.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Meat, Meat, Kec. Tampahan, Kab. Toba, Sumatera Utara.

Salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan keindahan alam begitu memukau yaitu Provinsi Sumatera Utara. Tentunya Anda semua sudah tidak asing lagi dengan Keindahan Danau Toba. Danau Toba tersebut bisa Anda saksikan ketika mengunjungi salah satu desa wisata bernama Desa Wisata Meat.

Kampung wisata yang satu ini berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke kabupaten tersebut, tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang cukup populer ini. Kampung wisata tersebut berada di area bawah bukit dengan jumlah penduduknya hanya 900 jiwa saja.

Luas daerah ini mencapai 300 hektar. Mayoritas penduduk yang tinggal di tempat tersebut memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin dan juga nelayan. Ada banyak sekali keindahan dan keseruan yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur dan menghabiskan waktu di kampung wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Meat

Daya Tarik Desa Wisata Meat
Photo by Desa Meat / Google Maps

1. Desa Berumur Ratusan Tahun

Beragam daya tarik bisa didapatkan ketika pengunjung berwisata ke Desa Wisata Meat ini. Perlu diketahui desa tersebut sudah berumur ratusan tahun. Diperkirakan Kampung Wisata sudah ada sejak 300 tahun yang lalu dan mempunyai beberapa rumah adat Batak.

Beberapa dari rumah yang ada di kampung ini memang memiliki ukiran unik dari Suku Batak. Tak hanya itu saja, Anda akan menyaksikan beberapa lukisan orang yang memakai pakaian seragam VOC. Seragam tersebut merupakan busana yang dikenakan ketika zaman kolonial Belanda di zaman dahulu.

2. Alam Sekitar yang Menakjubkan

Daya tarik berikutnya dari Desa Meat yaitu alam sekitarnya yang memang begitu menakjubkan. Tak jauh dari area desa wisata tersebut Anda akan menyaksikan keindahan dari Danau Toba yang merupakan panorama mengagumkan perlu untuk disaksikan. Saat Anda menjejakkan kaki di desa ini, maka hamparan Danau Toba akan menyambut Anda.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Karena itulah, tak berlebihan rasanya jika tempat ini memang merupakan tempat yang begitu indah dan layak untuk dikunjungi. Dari area ketinggian Anda akan menyaksikan susunan desa yang letaknya saling berjauhan dan juga dikelilingi oleh sawah-sawah hijau membentang. Tidak hanya itu saja, Anda pun akan mendapati perbukitan hijau yang menjadi latar belakang.

Jika disaksikan secara sekilas, maka panorama tersebut tentu akan mengingatkan Anda dengan pemandangan yang sama seperti di New Zealand atau area persawahan yang ada di Pulau Dewata. Kumpulan bukit yang hijau ditambah dengan sawah lengkap dengan teraseringnya serta panorama menghadap ke arah Danau Toba benar-benar mengagumkan.

3. Kerajinan Kain Ulos

Saat memutuskan untuk berkunjung ke Desa Wisata Meat yang terletak di kabupaten Toba tersebut maka Anda akan disuguhkan daya tarik lain yaitu berupa kerajinan kain ulos. Perlu untuk Anda ketahui kain ulos merupakan kain khas yang berasal dari Suku Batak dan sudah sangat dikenal tidak hanya di dalam negeri saja, melainkan juga di luar negeri.

Salah satu lokasi yang bisa digunakan untuk pengunjung menyaksikan langsung pembuatan kain ulos secara tradisional ini tentunya yaitu di desa wisata tersebut. Desa yang berada di Kabupaten Toba Samosir ini memang dikenal sebagai area pembuatan kain ulos dengan cara tradisional.

Warga masyarakat yang tinggal di daerah tersebut memang memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin kain ulos. Dengan tangan terampilnya, para wanita pengrajin ulos di Desa Meat sudah mampu menghasilkan kain yang dipasarkan hingga ke Perancis, Selandia baru dan juga Inggris.

Kain ulos bukanlah sekedar kain biasa, kain ini adalah lambang serta memiliki banyak sekali filosofi yang dikandung. Kain ulos memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi, ada kain ulos yang digunakan untuk pemakaman, ulos yang digunakan untuk pergi berpesta dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, tak jarang kain ulos ini digunakan sebagai lambang dari sebuah penghargaan, hadiah, restu dan juga untuk acara pemberkatan. Bagi masyarakat Kabupaten Toba Samosir sendiri ulos memang memiliki banyak sekali makna.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi Desa Wisata Meat
Photo by Aritha Dina / Google Maps

Untuk pengunjung yang tertarik berlibur ke Desa Wisata Meat maka jarak yang harus ditempuh memang tidak terlalu jauh. Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Sisimangaraja XII ataupun dari arah Bandara Silangit yang saat ini sedang diproyeksikan jadi tempat masuk serta keluar pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata Danau Toba.

Waktu yang dibutuhkan setidaknya hanya 31 menit saja. Jalur yang harus Anda lewati untuk menuju desa tersebut bisa dibilang cukup terpencil, namun tak perlu khawatir, karena kendaraan roda empat seperti mobil pribadi bisa melewati jalanan tersebut.

Selama berada di perjalanan, hamparan pemandangan indah akan menemani Anda hingga tiba di lokasi wisata. Jika di sini Anda takut kesasar, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps yang terdapat di perangkat smartphone.

Untuk informasi mengenai besaran harga tiket yang harus dibayar ketika ingin mengunjungi desa wisata tersebut hingga saat ini masih belum diketahui pasti. Namun, sekalipun nantinya Anda akan dikenakan biaya tiket masuk, pastinya harga tersebut terbilang cukup terjangkau. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk segera meluncur ke tempat ini.

Berlibur ke Desa Wisata Meat yang berada di Kabupaten Toba ini memang merupakan salah satu keputusan yang tepat untuk dilakukan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Desa Wisata Meat
Photo by Eddy Suripno / Google Maps

Menyaksikan Sendra Tari

Ketika Anda telah sampai di Desa Wisata Meat maka di sana Anda akan menyaksikan salah satu bangunan yang memiliki bentuk khas Provinsi Sumatera Utara. Tak jauh dari tempat tersebut Anda akan menyaksikan sebuah sanggar tari yang sengaja dibuat oleh PT Inalum.

Sanggar tari ini dibuat dengan maksud agar digunakan untuk mengembangkan seni dan juga budaya di desa wisata tersebut. Anda sebagai pengunjung nantinya akan disuguhkan penampilan yang sangat berkesan dari anak sanggar tari.

Mereka akan menampilkan berbagai macam tarian, salah satunya yang cukup terkenal yaitu Tari Sibitung Jawa dengan menggunakan pakaian khas Provinsi Sumatera Utara. Untuk Anda yang memang gemar sekali dengan seni khususnya seni tari, maka aktivitas ini tak boleh dilewatkan.

Menenun Kain Ulos

Aktivitas lain yang juga dapat dilakukan selama berada di Desa Wisata Meat yaitu menyaksikan langsung bagaimana masyarakat desa tersebut membuat atau menenun kain ulos. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kain ulos merupakan kain khas Batak Toba yang dibuat dengan cara tradisional.

Tidak hanya sekedar menyaksikan saja, nantinya pengunjung juga memungkinkan untuk mencoba dan membuat sendiri kain ulos. Nantinya Anda akan diberikan bimbingan oleh para penenun yang ada di sana.

Ketika Anda pulang, maka tak ada salahnya bagi Anda membeli oleh-oleh untuk orang di rumah berupa kain ulos ini. Harga kain ulos memang cenderung cukup mahal, namun hal itu tentu sebanding dengan kualitas kain yang bisa Anda dapatkan. Para penenun yang ada di desa tersebut membandrol harga kain ulos di kisaran Rp 200.000 hingga 2 juta rupiah.

Abadikan Momen di Desa Meat

Tentunya Aktivitas ini tak boleh dilewatkan, karena ketika Anda sudah menginjakkan kaki di Desa Wisata unik ini maka Anda akan menyaksikan keindahan yang mungkin tak bisa ditemukan di tempat-tempat lainnya. Maka dari itulah, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di sana yaitu mengabadikan setiap momen dan setiap keindahan yang ditemukan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Desa Wisata Meat
Photo by Eddy Suripno / Google Maps

Mengenai masalah fasilitas sendiri maka pengunjung tidak perlu merasa khawatir, karena Desa Wisata Meat ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang begitu lengkap dan memadai. Anda tidak perlu bingung untuk mencari warung makan, di sana sudah berdiri banyak warung yang menjual aneka menu khas Sumatera Utara.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di tempat tersebut juga sudah terdapat beberapa homestay yang bisa disewa. Untuk harga sewanya tentu berbeda-beda, tergantung dari besar homestay dan fasilitas yang disediakan oleh homestay tersebut.

Tak perlu bingung mencari toilet, karena Anda akan menemukannya dengan mudah. Begitu juga dengan area parkir, di sana sudah disediakan tempat yang nyaman untuk Anda memarkirkan kendaraan pribadi.

Demikianlah penjelasan mengenai Desa Wisata Meat yang terdapat di kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Terbang ke Sumatera Utara khususnya Kabupaten Toba ini akan tidak sah rasanya jika Anda tidak singgah sejenak di desa wisata tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *