Taman Eden 100, Menikmati Pesona Alam Sembari Kulineran di Toba


Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman eden 100 Lumbanrang, Pasar Lumban Julu, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba, Sumatera Utara.

Apabila Anda penasaran dengan wujud dari pohon ara maupun tin yang disebutkan dalam kitab suci, maka datang saja ke Taman Eden 100. Suasana yang disuguhkan di tempat wisata itu juga bagaikan Anda berada di hutan Amazon. Tentunya bisa menjadi pengalaman berwisata yang sangat berkesan sepanjang hidup.

Taman Eden sendiri menjadi tujuan wisata unik dan populer yang dapat Anda temukan di Provinsi Sumatera Utara. Ini merupakan objek wisata yang dibuka oleh Marandus Sirait, yakni sosok penyuka alam yang hobi melestarikan alam. Kepopuleran tempat wisata rimba ini bahkan bisa dikatakan telah mendunia.

Beragam daya tarik maupun kegiatan wisata yang menyenangkan tentu saja mampu membuat Anda ingin menghabiskan waktu di Taman Eden 100 sampai lama. Hal ini menjadikan taman ini sebagai tujuan wisata yang menjadi andalan oleh sebagian besar wisatawan di Toba, Sumatera Utara. Bagi Anda yang penasaran dengan keunikan tempat itu, simaklah ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Eden 100

Daya Tarik Taman Eden 100
Photo by Batak / Twitter

1. Menyuguhkan Air Terjun Tujuh Tingkat

Di Taman Eden 100 yang begitu menarik perhatian banyak orang ini terdapat tiga buah air terjun yang lokasi jaraknya cukup berjauhan. Pertama yaitu Air Terjun Dua Tingkat yang debit air terjunnya tak begitu deras, sehingga cocok untuk berlibur keluarga. Wisatawan diperkenankan mandi serta menikmati sejuknya air yang mengalir.

Kedua adalah Air Terjun Tujuh Tingkat yang memiliki jarak terbilang jauh sekitaran 7 km dari pos koordinasi, sehingga pas untuk wisata trekking. Sama dengan sebutannya, air terjun yang kedua ini terdiri atas tujuh tingkatan dan memiliki aliran air yang begitu jernih sampai dapat dibuat mandi.

Ketiga, dinamakan sebagai Air Terjun Goa Kelelawar yang lebih dekat jaraknya dari posko yakni 5 km saja. Air terjun yang unik tersebut terletak tepat pada bibir dari Goa Kelelawar. Bagi Anda yang suka petualangan, maka menjelajahi isi goa tersebut dipastikan akan sangat menantang dan seru.

2. Terdapat Bukit Manja

Sering dijadikan sebagai kawasan untuk camping dan trekking bagi banyak wisatawan. Dari titik tersebut wisatawan bisa melihat lanskap indah d area Lumbal Julu, Kabupaten Tobasa. Untuk bisa menuju ke titik puncak dari Bukir Manja ini diperlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dibandingkan dengan spot yang lain, maka track menuju ke Bukit Manja terbilang susah dikarenakan membutuhkan ketahanan fisik yang baik. Namun, bagi yang telah kerap mendaki gunung, tentu hal ini tidaklah menjadi suatu masalah. Setibanya di puncaknya Bukit Manja, Anda akan menyaksikan pemandangan Danau Toba yang indah dari kejauhan.

3. Keindahan Gunung Sipangulu Bao

Jika hendak melihat sudut lain yang berupa bentangan permadani hijaunya hutan di Taman Eden 100, maka Gunung Sipangulu Bao sangat wajib untuk Anda datangi. Kawasan tersebut tergolong ke dalam jenis hutan rimba sehingga diperlukan jasa pemandu guna menjelajahi trek supaya tiba di puncak.

Gunung Sipangulu Bao menjadi area hutan. landai yang terbilang menantang karena memiliki sudut kemiringan sampai 60 derajat. Tentu saja proses pendakian ke atas sangatlah memacu adrenalin. Selama di perjalanan itu juga akan ditemukan banyak tumbuhan langka dan tumbuhan liar.

Taman ini kerap kali dibuat sebagai area outbond, baik oleh perusahaan maupun komunitas. Selain dikarenakan indah dan sejuk, terdapat juga banyak titik kemah sehingga wisatawan bisa memilih lokasi sesuai dengan minatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Eden 100 Toba
Image Credit: Google Maps E.A.P.

Taman Eden 100 menjadi objek wisata yang menambah keunikan dari Sumatera Utara. Lokasi dari taman tersebut yakni berada di kawasan Kabupaten Toba Samosir atau biasa disebut dengan Tobasa. Untuk lebih detailnya lagi yakni berlokasi di Desa Sionggang Utara, Lumbanrang, Lumban Julu.

Perjalanan untuk menuju ke lokasi ini bisa Anda tempuh kurang lebih dengan waktu 24 menit dan jarak 16.3 km apabila dari Parapat. Terbilang cukup jauh apabila melakukan perjalanan dari Kota Medan, namun Anda dijamin akan senang setibanya di tempat wisata.

Jalanan yang dilalui untuk menuju ke taman tersebut telah bisa dikatakan memadai. Sayangnya, masih sangat jarang transportasi umum yang memiliki rute langsung menuju ke sana. Jadi, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengendarai kendaraan sendiri. Anda dapa menggunakan Google Maps atau GPS sebagai pemandu rute supa ya tak salah jalan.

Harga Tiket Masuk Taman Eden 100

Wisatawan yang hendak memasuki kawasan Taman Eden 100 yang begitu menawan ini akan dikenakan tiket masuk terlebih dahulu. Biaya untuk liburan di taman tersebut akan disesuaikan dengan jumlah peserta atau wisatawan dan tujuan berkunjung. Hal itu dikarenakan kebanyakan wisatawan yang liburan di sana bertipe rombongan ataupun tamu grub.

Akan tetapi, Anda juga tak perlu terlalu mengkhawatirkan terkait harga tiket masuknya. Pasalnya, tiket masuk yang diberlakukan tak begitu besar dan bahkan relatif murah, yaitu sekitar 3 ribu sampai 10 ribu rupiah per orang. Tarif itu telah termasuk biaya untuk parkir kendaraan serta akses ke sejumlah tempat wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Eden 100

Aktivitas Taman Eden 100 Toba
Photo by Martin Rajay/Google Maps

Singgah ke Rumah Tarzan

Di Taman Eden 100 Anda dapat melihat sebuah rumah pohon yang menyimpan banyak keunikan yang mirip dengan kediaman dari tokoh fiksi Tarzan. Rumah Tarzan tersebut dari permukaan tanah terletak pada ketinggian 10 m serta terdapat tangga untuk Anda yang hendak menuju atas.

Rumah Tarzan yang memukau ini kerap sekali digunakan wisatawan taman untuk kegiatan foto. Bila telah naik serta berada di atas rumah, maka Anda akan dipuaskan oleh panorama cantik dengan lanskap alam mempesona. Jadi pastikanlah bawa kamera saat mendatangi spot tersebut.

Mengunjungi Bank Pohon & Budidaya Tanaman Lokal

Sebagai konservasi sekaligus guna mengembangkan rasa cinta alam, terdapat pusat pelestarian alam yang memang sengaja disediakan bagi wisatawan. Berdekatan dengan Rumah Tarzan, maka di sana tiap wisatawan akan mendapatkan sebuah pohon yang dilengkapi label nama penanamnya.

Aktivitas wisata ini begitu diminati karena wisatawan tak sekedar berlibur biasa. Pengembangan potensi wisata ini layak sekali ditiru oleh tempat wisata alam lain, seperti gerakan penanaman serta pembibitan yang disebut bank pohon “Evergreen”.

Pada jangka waktu tertentu bibit itu akan disumbangkan untuk warga Toba Samosir serta daerah lainnya yang sedang mengadakan penghijauan. Anda pun dapat menyaksikan beberapa tumbuhan khas daerah setempat.

Bersantai dan Menikmati Kuliner

Bila Anda telah lelah melakukan beberapa kegiatan di atas, maka kegiatan yang sebaiknya dilakukan adalah santai dan menyantap makanan di Taman Eden 100. Anda dapat berkunjung ke café yang tersedia di kawasan wisata itu, yakni dinamakan Shacky House.

Tentu saja di café tersebut Anda dapat mencicipi berbagai menu kuliner yang bisa menggoyangkan lidah. Harganya pun masih tergolong terjangkau untuk berbagai kalangan wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Eden 100
Photo by Fordyce / Twitter

Beragam fasilitas maupun pengembangan juga terus ditambahkan oleh pengelola wisata sejak Taman Eden 100 dibuka hingga saat ini. Tujuannya sendiri tentu saja supaya semakin banyak wisatawan yang datang ke tempat tersebut dan membuat juga membuat wisatawan semakin betah saat berkegiatan di sana.

Dikarenakan banyak sekali wisatawan yang datang dari tempat yang jauh dan bahkan dari luar negeri, maka Anda dapat menjumpai fasilitas penginapan di sekitar sana dengan harga cukup terjangkau. Dengan begitu, wisatawan yang berasal dari jauh dapat beristirahat dan melakukan wisata sampai berhari-hari di kawasan tersebut.

Apabila Anda tidak suka bermalam di penginapan, maka jangan bingung karena sudah ada fasilitas camping ground yang disediakan pengelola wisata. Selain itu, masih banyak lagi fasilitas lainnya yang sangat menunjang kegiatan wisata Anda di taman ini. Misalnya saja seperti kebun strawberry, aula atau ruang rapat, dan juga toilet yang bersih.

Nah, Taman Eden 100 tentu saja menjadi objek wisata yang wajib Anda kunjungi apabila ingin menjelajahi tempat wisata di sekitaran Danau Toba. Bagi Anda yang suka dengan alam, jangan sampai tempat ini terlewat begitu saja. Keindahan maupun keunikan taman ini bahkan banyak disebut sebagai salah satu keajaiban dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *