Green Paradise Pagar Alam, Destinasi Wisata Alam yang Menakjubkan di Kaki Gunung Dempo


Green Paradise Pagar Alam merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan di kaki Gunung Dempo, menawarkan pengalaman seru dengan berbagai atraksi wisata yang menarik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumi Agung, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Green Paradise adalah destinasi wisata populer yang terletak di Sumatera Selatan. Bagi Anda yang berkunjung ke daerah sumatera, tidak boleh melewatkan wisata alam ini. Karena destinasi ini menawarkan banyak keindahan alam yang menakjubkan.

Selain keindahan alamnya yang mengagumkan, banyak orang memilih datang ke wisata ini karena mudah diakses. Lalu apa saja kira-kira daya tarik dari wisata yang ada di Pagar Alam ini? Berikut adalah informasi lebih lanjut!

Daya Tarik yang Dimiliki Green Paradise Pagar Alam

Daya Tarik Green Paradise Pagar Alam
Photo by Ferdy Ferdiand / Google Maps

1. Terletak di Kaki Gunung Dempo

Keistimewaan utama saat mengunjungi Green Paradise di Pagar Alam adalah kedekatannya dengan Gunung Dempo, yang termasuk salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Berlokasi di Pagar Alam, tempat ini menyajikan pemandangan yang luar biasa.

Dekatnya lokasi dengan Gunung Dempo memberikan suasana sejuk yang khas dari daerah pegunungan kepada destinasi wisata ini.

2. Terdapat Air Mancur

Wisata alam yang berada di Medan ini tidak hanya menawarkan pemandian alami, Anda juga bisa berkunjung ke air terjun yang tidak jauh dari pemandian.

Kawasan air terjun ini sebenarnya berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Setidaknya untuk menuju wisata air terjun ini Anda harus menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Kolam Penuh dengan Ikan

Setelah puas mengunjungi wisata alam dan pemandian, Anda bisa berkunjung ke wisata goa. Bahkan terdapat dua jenis goa yang ada di wisata alam ini, yakni goa gelap dan goa terang.  Di goa ini Anda bisa melihat keindahan dua goa yang terpisah dengan jarak 100 m.

Untuk menuju Green Paradise Pagar Alam ini, Anda bisa berjalan lewat hutan. Jadi, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan hutan.

Selain itu, Anda juga akan melewati sungai selama perjalanan. Perjalanan ini cukup panjang, karena Anda akan menghabiskan waktu sampai dua jam.

4. Objek Wisata Pertanian

Saat menuju ke tempat wisata Green Paradise Pagar Alam, Anda harus tracking melewati sungai dan hutan. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang.

Sebaiknya Anda datang ke wisata ini ketika siang hari. Hal ini agar Anda bisa melihat pemandangan sekitar dengan jelas dan perjalanan menjadi lebih mudah.

5. Punya Banyak Wahana

Jika Anda memiliki peralatan camping, maka bisa membangun kemah di wisata ini. Disana sudah tersedia tempat untuk camping. Anda juga bisa memilih sendiri tempat yang sesuai keinginan.

Kelebihan camping di Green Paradise di Pagar Alam ini yaitu Anda tidak akan diminta membayar biaya tambahan. Kecuali jika Anda memerlukan makanan dan menggunakan toilet.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Green Paradise Pagar Alam
Photo by Wahyu Alfajri / Google Maps

Kawasan wisata Green Paradise Pagar Alam berada di daerah Bumi Agung, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Untuk mencapai destinasi wisata alam ini, Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil.

Rutenya melewati Jalan Lintas Pagar Alam, Manna. Setibanya di kawasan Desa Bumi Agung, Anda akan menemukan sebuah persimpangan untuk melanjutkan perjalanan menuju Desa Muara Siban. Destinasi ini terletak sekitar 400 meter dari persimpangan tersebut.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, tersedia dua jenis tiket masuk yang berbeda. Anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000, sementara dewasa hanya Rp. 10.000. Tempat wisata ini buka mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore.

Anda bisa berkunjung ke wisata ini mulai jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Jika Anda berencana untuk naik wahana, maka harus mengeluarkan biaya tambahan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Green Paradise Pagar Alam
Photo by Titi Novalia / Google Maps

Menikmati Panorama Gunung Dempo

Aktivitas menarik pertama yang dapat Anda lakukan adalah trekking. Anda tidak akan dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata, sehingga perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk perjalanan ini. Penting juga untuk membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan trekking tersebut.

Berkeliling di Kebun Green Paradise Pagar Alam

Kegiatan lain di Green Paradise Pagar Alam yang bisa Anda nikmati yaitu keindahan air terjunnya. Kunjungan Anda disarankan pada siang hari, mengingat jarak yang cukup panjang dari tempat pemandian menuju air terjun.

Namun, jarak tersebut tidak akan terasa berat karena pesona keindahan alam di sekitarnya akan memikat perhatian Anda.

Belajar Pertanian

Green Paradise di Pagar Alam menyediakan pemandian air hangat yang mengandung sulfur, sehingga mandi di sana menjadi aktivitas yang harus Anda coba. Sensasi hangat alami dari air ini akan menyegarkan pikiran Anda.

Sambil mandi, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitar, di mana tempat pemandian ini dikelilingi oleh pepohonan yang memberikan kesejukan.

Selain itu, bentuk pemandian yang unik dan bulat menawarkan kesempatan yang bagus untuk berfoto. Keindahan tempat ini semakin lengkap dengan warna air yang biru, menambah daya tarik tempat ini.

Mengabadikan Momen

Setelah menikmati mandi di air panas, Anda dapat mengunjungi gua yang ada di lokasi wisata ini. Ada dua gua yang bisa Anda jelajahi pada siang hari.

Meskipun siang, tetap perlu kehati-hatian karena Anda akan melewati sungai dan hutan untuk sampai ke sana. Di dalam gua, Anda dapat menyaksikan keindahan stalaktit.

Naik Beberapa Wahana

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Green Paradise adalah camping bersama teman atau keluarga. Tempat ini menyediakan area khusus untuk camping, sehingga Anda dapat menginap dan menikmati suasana alam.

Jika tidak ingin berkemah, Anda juga bisa menginap di penginapan yang tersedia di sekitar, yang menawarkan kenyamanan dan kesederhanaan.

Ini cocok untuk Anda yang ingin menjelajahi lebih banyak area wisata. Namun, kunjungan satu hari juga sudah cukup untuk menikmati keindahan dan aktivitas yang ditawarkan di tempat ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Green Paradise Pagar Alam
Photo by Arli Aditya illahi / Google Maps

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Green Paradise Pagar Alam yang bisa Anda dapatkan yaitu toilet dan tempat sampah.

Para pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, tidak perlu khawatir sebab telah tersedia area parkir yang memadai.

Sayangnya tidak ada informasi mengenai biaya parkir di sana. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan uang kecil untuk biaya parkir.

Kemudian bagi Anda yang berencana ingin menginap di wisata alam ini, di sana sudah terdapat penginapan berupa rumah pohon. Jadi, saat menginap di sana, Anda bisa merasakan sensasi penginapan yang berbeda. Sangat menarik bukan?

Setelah membaca daya tarik dari Green Paradise Pagar Alam di atas, Anda jadi bisa mengetahui kelebihan dari wisata alam ini.

Selain itu, Anda juga dapat menimbang berapa biaya yang dibutuhkan selama berlibur di sana. Nah, dari beberapa daya tarik di atas, mana daya tarik yang paling Anda suka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *