Air Terjun Telun Tujuh, Air Terjun Tujuh Tingkat di Kerinci yang Kaya Pesona


Air Terjun Telun Tujuh di Kerinci merupakan air terjun tujuh tingkat yang mempesona dengan keindahan alamnya yang asri dan kabut air yang mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Telun Berasap, Kec. Gn. Tujuh, Kab. Kerinci, Jambi.

Air Terjun Telun Tujuh  merupakan salah satu wisata alam berupa air terjun yang sangat menyegarkan. Air terjun ini tidak pernah mengalami kekeringan, selalu mengalir deras dan debit air yang sangat banyak walaupun pada musim kemarau.

Tidak hanya itu air terjun ini sangat populer dan banyak dikunjungi anak-anak muda dengan jiwa travelingnya. Air terjun ini sangat indah dan terlihat seperti lukisan yang membuat takjub.  Airnya yang mengalir ke bawah dengan warna putih, diantara tebing yang penuh lumut.

Di sekitarnya juga terdapat pohon-pohon yang sangat rimbun, disertai akar-akar yang bergelantungan.  Penasaran dengan daya tarik dan aneka informasi lainnya dari wisata di Kerinci ini? Simak artikel dibawah ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Telun Tujuh

Daya Tarik Air Terjun Telun Tujuh
Photo by Lg / Google Maps

1. Air Terjun dengan Tujuh Tingkat

Seperti namanya, Air Terjun Telun Tujuh Kerinci ini memiliki tujuh tingkatan yang masing-masing memiliki ketinggian berbeda-beda. air terjun ini sangat menakjubkan dan benar-benar memanjakan matamu.

Bahkan beberapa orang yang melihat tujuh tingkatan air terjun ini, menganggap sebuah lukisan yang cantik dan tidak terlihat nyata.

Air Terjun yang berada di sepanjang sungai minak, diakui layaknya surga yang tidak tertandingi keindahan alamnya. Air terjun yang ramai dikunjungi ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter hingga 45 meter.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menjadi wisata alam yang berada di kawasan pegunungan, air terjun ini sangat indah, dengan keasrian dan kealamiannya.

2. Kabut Air

Terkenal dengan debit air yang mengalir deras, setiap alirannya terhempas dengan kencang, hingga membuat sekeliling kolam tempat jatuhnya air menjadi berkabut. Kabut ini juga biasa dikenal dengan asap putih.

Kabut air ini sangat luas dan mengitari kolam pada air terjun. Keunikan wisata Air Terjun Telun Tujuh ini sangat berbeda dari air terjun pada umumnya.

Kabut air ini terlihat jelas dengan ketinggian sekitar 3 meter. Derasnya air ini memberikan kesan dingin dengan angin yang menyejukkan. Tapi untuk mendekati kabut air sangat berbahaya, karena di kolam tempat jatuhnya air sangat deras.

Adanya kabut asap membuat hamparan pelangi di sekitarnya. Kabut air dari derasnya aliran pada air terjun ditambah pelangi, sudah sangat membuat liburanmu di tempat ini menarik dan mengesankan.

3. Viewing Deck

Berada di dekat Air Terjun Telun Tujuh , terdapat sebuah pondok atau viewing deck yang disediakan untuk menikmati pesona alam yang sangat indah.

Pepohonan hijau, langit yang membiru, air terjun yang bertingkat, kabut asap yang luas, membuat view deck wajib dikunjungi.  Viewing deck merupakan pondok yang memiliki atap dan cukup luas, serta bisa menampung banyak pengunjung.

Tempat ini berada di ketinggian yang tidak terlalu jauh dari air terjun, bahkan jika Anda berada di pondok ini, siap-siap merasakan kabut air yang membasahi tubuhmu. Kabut air yang terkena angin membuat sensasi tersendiri saat berada pondok ini.

4. Arung Jeram

Daya tarik yang tidak kalah seru saat berada di Air Terjun Telun Tujuh Kerinci yaitu menaiki ketek untuk menuju ke tempat lokasi. Kesan yang diberikan untuk melewati setiap aliran air yang deras ini sangat menguji adrenalin.

Apalagi jika Anda menaiki ketek ini saat air pasang, waktu yang dibutuhkan untuk sampai bahkan hingga seharian.

Menuju wisata yang sangat asri ini membutuhkan perjuangan, disaat musim kemarau debit air sangat tinggi. Tentu ini menyenangkan bagi beberapa pengunjung yang menyukai atau hobi arung jeram.

Tapi sebenarnya dengan banyaknya bebatuan yang cukup besar, membuat khawatir dan ingin segera sampai ke lokasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Alamat Air Terjun Telun Tujuh
Photo by Tan Rafflesia / Google Maps

Kawasan wisata Air Terjun Telun Tujuh berada di Telun Berasap, Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi. Untuk menuju air terjun ini dapat dilalui menggunakan jalur darat dari Kota Jambi maupun Kota Padang.

Rute yang dapat dilalui yaitu dari Kota Jambi menuju Sungai Penuh, dengan waktu yang tempuh yang dibutuhkan sekitar 10 jam.

Jika melewati rute kedua, dimulai dari Kota Padang ke Tapan, kemudian menuju Sungai Penuh, jaraknya lebih dekat dari sebelumnya yaitu sekitar 278, dengan waktu tempuh sekitar 7 jam hingga sampai ke air terjun ini.

Rute lainnya yaitu dari Kota Padang melalui Muaralabuh, menuju Kersik Tuo. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5-6 jam dengan jarak 211 km. Saat sudah berada di lokasi, Anda masih harus effort menuruni ratusan anak tangga bersemen dengan jarak kurang lebih 300 meter.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Air Terjun Telun Tujuh  merupakan wisata alam yang bebas dikunjungi setiap hari. Mulai hari senin hingga minggu pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Pesona yang ditawarkan dengan setiap daya tarik yang tidak mengecewakan, menjadikan air terjun ini worth it untuk dikunjungi.

Harga tiketnya juga cukup murah yaitu 10 ribu rupiah. Jika Anda membawa anak-anak, tidak akan ada pemungutan biaya untuk tiket masuk.

Jangan lupa juga terdapat biaya parkir, tapi seperti pada umumnya, biaya parkirnya hanya sekitar 2 ribu untuk kendaraan roda dua, dan 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Air Terjun Telun Tujuh
Photo by Elfrado Situmeang / Google Maps

Olahraga

Air Terjun Telun Tujuh Kerinci ini memiliki pesona yang sangat indah, tapi untuk menuju tempat wisata ini membutuhkan tenaga ekstra dan memicu adrenalin.

Apalagi jika Anda harus menuruni setiap anak tangga saat menuju lokasi. Tidak cukup sampai disitu, saat perjalanan pulang, Anda juga harus menaiki ratusan anak tangga tersebut lagi.

Merasakan Dinginnya Kabut Air Terjun Telun Tujuh

Karena Air Terjun Telun Tujuh  ini memiliki debit air yang sangat deras dan tidak pernah surut, maka berbahaya jika mendekati kolam dalam air terjun tersebut. Anda hanya bisa menikmati air dari jauh, melalui kabut air yang membasahi setiap tubuhmu.

Air yang ada pada tempat ini sangat dingin karena berasal dari pegunungan. Kabut dari air ini yang membuat para pengunjung berlomba-lomba mengabadikan momen. Apalagi jika dinikmati dari bawah, maka Anda dapat melihat langsung setiap tingkatan pada air terjun.

Bermain Air

Jika air tidak terlalu deras, Anda bisa merasakan bermain air dengan membasahi setiap jari-jari kakimu. Kawasan wisata Air Terjun Telun Tujuh ini sangat jernih dan membuatmu merasa tenang dengan setiap alirannya.

Menjadi wisata alam berupa air terjun, tidak puas memang jika tidak merasakan airnya secara langsung. Apalagi jika bisa mendekat ke air terjunnya, Anda hoki!

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Telun Tujuh
Photo by Angus Chiu / Google Maps

Fasilitas yang ada pada wisata alam ini masih butuh pengembangan. Hal ini dikarenakan masih minimnya fasilitas yang sudah dibangun seperti area parkir, toilet, mushola, dan rumah makan.

Semua fasilitas ini berada di desa, sedangkan pada lokasi wisatanya masih terasa keasliannya. Fasilitas lain yang paling membantu akses menuju tempat ini yaitu anak tangga yang telah disemen. Hal ini tentunya menjadi mempermudah pengunjung yang datang.

tidak hanya itu pada lokasi wisata ini Anda bisa melihat air terjun dari tebing melalui pondok atau disebut viewing deck. pada tempat ini dibangun untuk mempermudah pengunjung dalam menikmati air terjun yang sangat indah ini.

Dari penjelasan diatas, Anda bisa menentukan apakah Air Terjun Telun Tujuh  cocok dijadikan next destinasi wisatamu atau tidak. Anda juga bisa melihat bahwa air terjun ini terlihat seperti lukisan.

Buktikan secara langsung antara ekspektasimu terhadap wisata alam satu ini, dengan realita yang sesungguhnya. Selamat Berkunjung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *