Pulau Sebesi, Pulau Tersembunyi di Lampung Selatan yang Menyajikan Keindahan Anak Gunung Krakatau


Pulau Sebesi merupakan pulau eksotis di Lampung Selatan, menawarkan keindahan yang menakjubkan dengan pemandangan Anak Gunung Krakatau yang ikonik

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tajang, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Pulau Sebesi, sebuah pulau menawan yang terletak tersembunyi di tengah lautan, memiliki pesona keindahan yang menawan.

Pulau yang eksotis ini terletak berdekatan dengan Gunung Anak Krakatau, sebuah gunung berapi aktif yang terkenal, yang menambah daya tarik unik dari destinasi wisata Lampung Selatan ini.

Dikelilingi oleh air biru dan pasir putih, pulau ini adalah kombinasi yang sempurna antara keindahan alam dan ketenangan yang menenangkan.

Sejauh mata memandang, pulau ini menyajikan panorama yang begitu memukau. Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini karena daya tarik keindahannya yang memukau.

Pesona alamnya tidak kalah dengan destinasi wisata lain di Lampung. Lantas apa yang menjadikan daya tarik dari Pulau nan indah ini? Simak dalam ulasan artikel berikut ini

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sebesi

Daya Tarik Pulau Sebesi
Photo by Zuharin Insana / Google Maps

Pulau yang berada di perairan Lampung ini memiliki pantai yang terhampar luas, berpasir putih, dan air laut yang jernih. Karena keindahannya tersebut, tidak heran jika pulau ini menjadi destinasi wisata unggulan. Berikut terdapat beberapa daya tarik dari wisata ini, diantaranya:

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pesona Pantai dan Laut yang Memukau

Pulau Sebesi Lampung Selatan dikenal dengan beragam pantai indah yang berpasir putih, dan air laut yang jernih hingga memantulkan warna biru laut yang memikat. Setiap sudut pulau ini menjadi surga bagi para pecinta pantai.

Pengunjung dapat menikmati kehangatan matahari sambil bersantai di tepi pantai atau merasakan sensasi segarnya air laut. Pemandangan laut yang membentang luas, sejauh mata memandang, memberikan ketenangan dan keindahan yang luar biasa.

Aktivitas Ekowisata yang Berkelanjutan

Tidak hanya mempesona dari segi keindahan alamnya, tetapi juga karena komitmennya terhadap ekowisata berkelanjutan.

Berbagai program pelestarian lingkungan dan pendekatan ramah lingkungan diterapkan di pulau ini. Pelestarian yang menjadi unggulan dari pulau ini adalah aktivitas menanam terumbu karang.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan Kerjasama dua pihak yaitu Komunitas Peduli Wisata (PeTA) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Masyarakat di kawasan wisata Pulau Sebesi ini terus melakukan pelestarian lingkungan dengan berupaya menanam terumbu karang. Bahkan wisatawan yang datang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Keanekaragaman Ekosistem Laut yang Menakjubkan

Pulau Sebesi menjadi surganya para penyelam dengan keanekaragaman ekosistem laut yang menakjubkan.

Terumbu karang yang indah dan beragam biota laut, mulai dari ikan warna-warni hingga hewan-hewan laut yang eksotis, menjadikan laut di pulau ini menjadi tempat yang ideal bagi para penyelam.

Pulau ini juga menjadi destinasi unggulan bagi para pecinta bawah laut yang ingin menyaksikan keindahan lautan dengan segala keunikannya.

Ombak yang tidak terlalu besar tentunya menjadi nilai plus bagi para penyelam karena dapat menikmati pemandangan bawah laut yang tenang dan tanpa gangguan.

Beberapa Spot Fotogenik

Wisata bahari ini tidak hanya mengundang para pengunjung dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga menyediakan sejumlah spot fotogenik.

Salah satu spot foto yang unik adalah rumah-rumah atau bangunan kayu yang khas serta pemandangan alam yang masih asri layaknya pedesaan yang belum terjamah banyak orang.

Selain itu, pulau ini juga memiliki hamparan perbukitan hijau yang dapat dijadikan latar belakang foto yang menawan. Pohon-pohon rindang dan pepohonan eksotis di tepi pantai juga menjadi elemen yang menarik untuk diabadikan dalam bingkai foto.

Keindahan Sunset

Satu lagi daya tarik Pulau Sebesi Lampung Selatan adalah keindahan matahari terbenamnya yang menggoda. Pantai-pantai di pulau ini menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan indahnya warna-warni langit senja yang menciptakan suasana romantic.

Spot-spot tertentu, seperti tebing-tebing yang menghadap laut atau perbukitan tinggi, memberikan perspektif sempurna untuk menikmati keindahan sunset dengan view alam yang memukau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Sebesi
Photo by Imas Uliyah / Google Maps

Kawasan wisata Pulau Sebesi ini terletak di Desa Tajang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di bagian Selatan perairan Lampung yaitu di sebelah Timur Laut Gugusan Pulau Krakatau. Di bagian sebelah Timur Pulau Serdang dan Legundi.

Untuk menuju pulau ini, wisatawan harus melakukan perjalanan menuju dermaga Canti, Kalianda, Lampung Selatang.

Dari  Kota Bandar Lampung perjalanan dapat mencapai 2 jam, sedangkan jika dari Pelabuhan Bakauheni hanya memakan waktu 1 jam. Setelah di dermaga Canti, wisatawan dapat menyewa kapal untuk menyebrang ke wisata ini.

Wisatawan yang datang bisa menikmati paket tour yang disediakan awak kapal, yaitu dengan berkeliling ke pulau-pulau seperti pulau Sebuku, Pulau Umang-Umang, Pulau Krakatau, dan Pulau Panjang. Paket tour tersebut merogoh kocek hingga Rp 3 juta-an.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Pulau Sebesi
Photo by Bungee / Google Maps

1. Snorkeling

Karena keanekaragaman hayati bawah lautnya yang menakjubkan, salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan adalah snorkeling.

Pengunjung dapat menyelam di sekitar terumbu karang yang indah, menjumpai ikan-ikan berwarna-warni, dan mengeksplorasi kehidupan laut yang unik.

2. Naik Kano di Pulau Sebesi

Jika ingin menikmati keindahan Pulau Sebesi di Lampung Selatan ini dengan santai, naik kano adalah pilihan yang sempurna. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, bermain kano di tepian pantai Pulau eksotis ini merupakan aktivitas unggulan.

3. Menyebrang Ke Pulau Umang-Umang

Pengunjung juga dapat menyebrang ke Pulau Umang-Umang yang terletak di Seberang Pulau. Pulau kecil ini menyuguhkan pesona alam yang serupa dengan Pulau Sebesi Lampung Selatan ini, tetapi dengan karakteristiknya sendiri.

Untuk menyebrangi Pulau Umang-Umang, wisatawan dapat menyewa speed boat atau perahu yang berada di pinggiran pantai.

4. Bersantai di Tepian Pantai

Bagi wisatawan yang ingin refreshing dan healing, bersantai di tepian pantai adalah pilihan yang tepat. Pulau Sebesi menawarkan pantai-pantai yang tenang, di mana pengunjung dapat menikmati matahari, atau hanya meresapi keindahan alam sambil minum kelapa dengan suara ombak yang berdesir.

5. Mendaki Gunung

Bagi para pecinta petualangan dan hiking, mendaki Gunung di kawasan wisata Pulau Sebesi ini adalah aktivitas yang menantang namun sangat memuaskan. Pasalnya, gunung ini tidak terlalu tinggi dan masih tergolong perbukitan.

Namun masyarakat menyebutnya dengan gunung. Bukit ini menyimpan sebuah hidden paradise, yaitu air terjun. Untuk mendaki ke puncak bukit dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

6. Berburu Kuliner

Selain keindahan alamnya, pulau ini juga menyajikan berbagai kuliner yang menggoda. Kamu dapat menemukan hidangan-hidangan tradisional khas Lampung yang autentik seperti ikan bakar segar yang diolah dengan bumbu khas daerah, atau sajian seafood lainnya.

wisatawan yang datang juga wajib mencoba sajian minuman khas dari biji kakao yang ditanam dan diolah sendiri oleh masyarakat setempat.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

FasilitasPulau Sebesi
Photo by Arief Pokto / Google Maps

Pulau Sebesi sebagai destinasi wisata yang semakin populer menyediakan fasilitas dan akomodasi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau ini.

Mulai dari cottage hingga homestay dengan range harga Rp 200 ribu per rumah yang berkapasitas sekitar 10 orang.

Di pulau ini juga terdapat kurang lebih sekitar 7 sampai 10 homestay yang bisa dihuni hingga 15 orang. Namun wisatawan juga bisa menyewa per kamar. Para tamu yang menginap juga akan disuguhkan dengan sarapan seperti layaknya homestay lainnya.

Nah, itulah ulasan artikel informatif seputar pulau  sebesi yang berada di perairan Lampung. Dengan beberapa daya tarik dan keindahan alam yang disuguhkan, pulau ini dapat menjadi destinasi untuk menikmati hari libur atau akhir pekan.

Pastikan untuk mencari informasi terlebih dahulu tentang peraturan dan izin terkait perjalanan ke pulau ini untuk memastikan perjalananmu berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *