Air Terjun Lembah Anai, Air Terjun di Tanah Datar yang Sarat Sejarah Minangkabau


Air Terjun Lembah Anai di Tanah Datar merupakan air terjun yang sarat dengan sejarah suku Minangkabau, serta menawarkan menyuguhkan panorama alam eksotis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai adalah sebuah air terjun yang menawarkan panorama alam eksotis dan sejarah suku Minangkabau di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air terjun ini terbentuk dari aliran Sungai Batang Anai, yang berasal dari Gunung Singgalang, sehingga menambah keindahan dan pesona alaminya.

Terletak di perbatasan barat Cagar Alam Lembah Anai, destinasi alam di Tanah Datar ini menampilkan suasana alami dengan hutan lebat dan pohon-pohon yang rimbun. Mari kita simak informasi menarik tentang air terjun ini lebih lanjut.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Lembah Anai

Daya Tarik Air Terjun Lembah Anai
Photo by William Winata / Google Maps

1. Keindahan Air Terjun

Daya tarik utama wisata Air Terjun Lembah Anai yakni keindahan alamnya yang memukau dan jarang dimiliki oleh air terjun lainnya.

Air terjun yang dikelilingi tebing-tebing yang curam dan hutan tropis hijau sehingga menambahkan kesan dramatis bagi air terjun yang megah ini.

Dengan ketinggian mencapai 35 meter, aliran derasnya menciptakan sensasi yang berbeda bagi siapapun berada di dekatnya. Ditambah lagi, ada pelangi yang muncul akibat pantulan dari percikan air yang terkena sinar matahari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Maka dari itu, Air Terjun ini disebut sebagai surganya para pecinta fotografi. Karena wisata alam ini memiliki banyak spot foto menarik yang terbentuk secara alami.

2. Misteri

Dibalik keindahannya, Air Terjun Lembah Anai Tanah Datar ini ternyata menyimpan misteri pada zaman penjajahan yang membuat banyak orang penasaran. Konon, wilayah ini pernah menjadi sarang penyamun atau begal.

Oleh karena itu, ditemukan banyak tulang-tulang di kawasan bukit sekitarnya. Selain itu, air terjun di tempat ini juga menjadi saksi sejarah atas perjuangan masyarakat Minang selama masa penjajahan.

Pada masa tersebut, penduduk setempat terpaksa bekerja keras dalam pembangunan jalan lintas Sumatera yang menghubungkan kota Padang dan Padang Panjang melewati Lembah Anai.

Dalam catatan Elizabeth mengenai asal-usul Minangkabau modern akan kolonial Belanda pada abad 1920-2007, diceritakan bahwa masyarakat Minang mengalami kerja paksa. Mereka harus membangun jalan tersebut selama berhari-hari.

Masyarakat setempat meyakini bahwa sumber air dari air terjun ini berasal dari Telaga Dewi. Telaga ini dipandang sebagai tempat suci, di mana para dewi dikatakan mandi. Dari kepercayaan ini, terbentuklah sebuah mitos.

Menurut mitos tersebut, diyakini bahwa orang yang mencuci mukanya dengan air dari air terjun ini akan mendapatkan khasiat awet muda. Hal inilah yang membuat pengunjung tidak segan merasakan kesegaran airnya.

3. Sejarah Pembangunan

Sejak tahun 1922, Air Terjun Lembah Anai telah menjadi salah satu destinasi utama di Cagar Alam Lembah Anai, menandakan bahwa keindahannya telah diakui sejak era kolonial.

Saat ini, pengembangan wisata alam di tempat ini semakin meningkat dengan ditambahkannya berbagai fasilitas.

4. Terjadinya Kecelakaan Kereta

Perlu untuk diperhatikan bahwa kawasan Lembah Anai sering menjadi lokasi terjadinya kecelakaan kereta api. Beberapa kejadian di sana telah menyebabkan jumlah korban yang tidak sedikit.

Sebagaimana dilaporkan oleh Kompas pada edisi 29 Juni 2000, terjadi insiden dimana lima gerbong kereta api pengangkut batu bara terjatuh di Lembah Anai. Peristiwa ini mengakibatkan kematian belasan orang dan sembilan orang lainnya mengalami luka berat.

Tujuh gerbong kereta yang masing-masing membawa muatan 25 ton batu bara kehilangan kendali saat melintasi turunan yang tajam.

Akibatnya, dua gerbong yang tertinggal di belakang menabrak gerbong di depan, menyebabkan gerbong-gerbong tersebut terpental keluar rel dan menabrak dinding cadas.

Meskipun rel kereta api di lokasi tersebut merupakan peninggalan zaman Belanda, jalur tersebut masih dianggap berbahaya untuk dilalui oleh kereta api.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Air Terjun Lembah Anai
Photo by Sukesi Kesi / Facebook

Ingin merasakan kesegaran wisata Air Terjun Lembah Anai? Anda bisa mengunjungi  Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. jarak dari kota Padang menuju lokasi wisata sekitar 45 km.

Jika berkendara dengan mobil dari Bandar Udara Minangkabau, waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam sesuai kondisi jalan. Di tengah perjalanan, anda akan melewati bukit dan medan yang terjal.

Selama perjalanan Anda, Anda akan melewati air terjun yang memukau dari Sungai Batang Anai. Untuk kunjungan, sangat dianjurkan untuk datang di musim kemarau. Meskipun suasana di tempat ini terasa sejuk, namun menjadi cukup berisiko pada musim hujan.

Hal ini dikarenakan suasana yang awalnya tenang bisa berubah menjadi mencekam saat hujan turun. Jalannya yang licin bisa membuat keselamatan anda berada dalam bahaya.

Menikmati panorama alam di Lembah Anai tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Sebab, harga tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5.000 per orang, anda bisa merasakan kesegaran air terjun ketinggian 35 m yang dikelilingi pepohonan dan tebing.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Air Terjun Lembah Anai
Photo by Tripuji Asmiati / Facebook

Beristirahat

Setelah melalui perjalanan yang lama, tentu anda akan merasa lelah. Tidak perlu khawatir karena rasa penat anda akan terbayar begitu menyaksikan panorama Air Terjun Lembah Anai Tanah Datar ini.

Anda bisa beristirahat sejenak di atas bebatuan untuk menikmati keindahan air terjun lebih dekat dan intens. Jika kurang nyaman, gunakan tempat duduk yang tersedia dekat air terjun dimana anda bisa berkumpul dengan rombongan wisata.

Menyusuri Kawasan Air Terjun Lembah Anai

Hal yang tidak kalah menarik dilakukan yakni menyusuri kawasan Air Terjun Lembah Anai. Anda bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan alam dari berbagai sudut disini, seperti jembatan gantung, jalan setapak dan sejenisnya.

Anda bisa trekking menuju Air Terjun Proklamator yang lokasinya dekat dengan air terjun ini. Kondisinya sangat alami dan berada di dalam hutan. Hanya dengan sekitar 30 menit, anda bisa menyaksikan air terjun yang jernih.

Berenang

Kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan yakni berenang atau berendam di dalam air tampung atau kolam air terjun.

Anda bisa membasuh muka dan badan atau berenang di Air Terjun Lembah Anai ini. Kesegaran air yang mengenai kulit membuat badan dan pikiran menjadi lebih segar.

Menyantap Hidangan Lezat

Sepuasnya berkeliling kawasan dan berenang, anda bisa menikmati hidangan lezat di tempat makan terdekat wisata. Anda bisa mengisi perut dengan menu hidangan yang dipilih sesuai selera.

Menunya pun sangat beragam dengan harga terjangkau. Adapun menu andalannya yakni nasi kapau dan sate padang yang menggugah selera. Aneka makanan ringan juga tersedia seperti ketan durian dan keripik sanjai balado.

Anda pun bisa memborongnya sebagai oleh-oleh sepulangnya dari Air Terjun Lembah Anai untuk dibagikan kepada keluarga atau kerabat.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Lembah Anai
Photo by Sutan Syahrul Ramadhan / Google Maps

Selama liburan di kawasan wisata Air Terjun Lembah Anai, anda tidak perlu khawatir akan fasilitasnya karena pihak pengelola telah melengkapinya dengan sejumlah fasilitas. Anda bisa memarkirkan kendaraan pribadi di area parkir yang tersedia.

Lahannya pun luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Kios-kios souvenir dan oleh-oleh bisa dikunjungi untuk belanja buah tangah.

Resort atau penginapan mudah dijumpai dan dapat dimanfaatkan untuk bermalam. Toilet umumnya siap digunakan dalam kondisi bersih sehingga cukup nyaman.

Menariknya, air terjun ini memiliki mushola yang cantik berwarna putih. Anda bisa mengunjunginya untuk menunaikan ibadah shalat.

Rumah makan dan café terdekat menyajikan berbagai menu camilan, makanan dan minuman yang segar layak dinikmati sambil menikmati panorama air terjun.

Demikian penjelasan mengenai Air Terjun Lembah Anai Tanah Datar ini menarik diketahui sebelum mengunjunginya. Jika anda tertarik untuk merasakan kesegaran air dan udara, segeralah berkunjung dengan rombongan keluarga agar suasana liburan semakin meriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *