Pulau Pagang, Pulau Indah di Pesisir Selatan yang Menyajikan Keindahan Bawah Laut Eksotis


Pulau Pagang di pesisir selatan adalah Pulau Indah yang menawarkan keindahan bawah laut eksotis dengan panorama alam yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pulang Pagang sudah lama terkenal akan keindahannya. Pulau ini menjadi salah satu destinasi liburan yang populer di Pesisir Selatan,  Sumatera Barat. Cocok dijadikan sebagai alternatif wisata selain ke Bali, Lombok, ataupun Raja Ampat.

Meskipun luas pulau hanya 10 hektar, lebih kecil dibandingkan pulau-pulau lainnya di Pesisir Selatan Sumatera Barat, namun ada banyak hal menarik bisa anda temukan di sini. Apa saja? Yuk cari tahu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pagang

Daya Tarik Pulau Pagang
Photo by Kiki A Nurjanah / Google Maps

Asal Usul Nama Pagang

Asal usul nama Pagang Island sangat menarik untuk dibahas. Karena ada cerita di balik pemberian nama ini, Menurut legendanya, dahulu kala ada sekelompok orang tinggal di area Tarusan.

Namun beberapa keluarga kemudian terpisah-pisah karena terjadi konflik internal. Sebagian besar pergi ke Pulau Pasumpahan dan sekitarnya.

Kemudian setelah konflik mereda, ada yang tetap bertahan di Pulau Pasumpahan dan ada pula yang kembali ke kampung halaman. Meski begitu, mereka sepakat untuk bertemu kembali dan berkumpul di sebuah pulau.

Dicarilah pulau yang letaknya tidak jauh dari Pasumpahan, dan pulau itu yang kita kenal sekarang sebagai Pulau Pagang Pesisir Selatan ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pagang sendiri artinya bertemu atau berkumpul, karena pulau ini menyatukan satu keluarga besar yang sudah lama terpisah-pisah.

Surga Bawah Laut

Air laut di sekitar pulau memiliki karakteristik yang tenang, airnya tersebut berwarna biru dan begitu jernih sehingga keindahan bawah lautnya bisa terlihat dengan mudah.

Bisa dibilang bahwa kawasan ini merupakan surga bawah laut. Sebab ada banyak biota laut yang bisa ditemukan, seperti pari totol biru, clown fish, grouper fish, dan butterfly fish.

Tidak heran apabila Pulau Pagang pun sering dipilih sebagai spot snorkeling. Bahkan duduk-duduk di dermaga pun anda sudah bisa melihat beberapa ikan karena kejernihan air lautnya.

Tersedia Posko Penanggulangan Bencana

Keindahan alam wisata Pulau Pagang memang luar biasa, namun yang lebih menarik perhatian adalah pengelolaan wisata di pulau tersebut yang juga layak mendapatkan pujian.

Penting untuk diingat bahwa pulau ini terletak di Samudera Hindia dan berukuran kecil, yang membuatnya rentan terhadap bencana alam.

Dengan kesadaran tersebut, pemerintah bersama BNPB Kota Padang telah mendirikan posko untuk penanganan bencana di sekitar pulau. Posko ini bertujuan untuk menjamin keamanan para pengunjung selama mereka berada di pulau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Pagang
Photo by Paket Pulau Pagang / Google Maps

Kawasan wisata Pulau Pagang sebagai terletak di bagian barat laut dari Samudera Hindia. Pulau ini secara administratif masuk ke dalam Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Sungai Pinang, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Jaraknya sekitar 13 kilometer dari Kota Padang, dan dapat dicapai dengan naik perahu dari Pelabuhan Bungus.

Selain Pelabuhan Bungus, alternatif lainnya ada Pelabuhan Muaro dengan estimasi perjalanan 40 menit sampai 1 jam dan Pelabuhan Carocok Tarusan dengan estimasi 30 menit perjalanan.

Semuanya melewati jalur laut menggunakan perahu motor, yang umumnya memiliki kapasitas 6-8 orang untuk sekali jalan. Perahu motor ini sudah dilengkapi nahkoda dan awak kapal sehingga anda tidak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Bagi yang ingin berkunjung ke Pulau Pagang Pesisir Selatan ini, anda perlu membayar tarif masuk Rp. 35.000 per orang, belum termasuk sewa perahu. Biaya sewa perahu untuk menyeberang ke pulau sendiri bervariasi, biasanya mulai dari Rp. 150.000.

Anda yang ingin menginap di pulau atau mencoba berbagai wahana permainan air yang ada tentu harus merogoh kocek kembali. Umumnya biaya wahana air ini dibanderol mulai dari Rp. 50.000 untuk sekali main.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pulau Pagang
Photo by Kiki A Nurjanah / Google Maps

1. Bermain Air dan Berenang

Punya pantai yang cantik dengan air laut tenang, tentu Pulau Pagang ini adalah tempat yang sempurna untuk bermain air dan berenang.

Apalagi air laut di sekitar pulau ini punya kadar garam yang tinggi, mirip dengan Laut Mati sehingga anda dapat berenang mengapung di atas air dengan mudah.

Bisa juga menyewa alat pelampung yang ada di pulau jika ingin lebih aman dan lebih mudah mengapung di atas air saat berenang. Suasananya yang tenang dan damai benar-benar cocok untuk healing melepaskan stres.

2. Snorkeling dan Diving di Pulau Pagang

Memiliki keindahan bawah laut yang memesona, anda juga dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving di Pulau Pagang Pesisir Selatan ini. Ada berbagai jenis ikan warna-warni yang hidup di bawah lautnya.

Anda bisa dengan mudah menyaksikan ikan-ikan tersebut berenang kesana kemari berkat jernihnya air laut di sini.

Selama menyelam, anda pun dapat menyaksikan gugusan terumbu karang yang begitu cantik. Kedalaman 1-3 meter saja sudah bisa memperoleh semua pemandangan cantik ini.

3. Mencoba Berbagai Wahana Air

Selain menyediakan sewa alat selam dan snorkeling, di pulau juga menyediakan berbagai wahana air yang dapat anda coba. Berbagai kegiatan menarik seperti bermain banana boat, donat boat, dan jet ski menawarkan pengalaman yang menyenangkan.

Rasanya pasti memicu adrenalin dan di lain sisi sangat seru. Anda pun dapat melihat air laut yang jernih selama perjalanan berkeliling lautan di sekitar pulau. Kegiatan ini akan semakin seru apabila dilakukan bersama keluarga dan teman-teman.

4. Naik ATV Berkeliling Pantai

Jika wahana air sebelumnya digunakan berkeliling lautan, maka anda dapat naik ATV untuk berkeliling pantai. Sensasinya tidak kalah seru dengan wahana air sehingga patut dicoba. Anda dapat mengeksplorasi kawasan pantai dan sekitarnya di Pulau Pagang dengan ATV ini.

5. Berkeliling Pulau

Ingin mengeksplor wisata bahari ini lebih jauh? Untuk menjelajahi pulau, Anda memiliki pilihan untuk menyewa sepeda. Karena pulaunya tidak begitu besar, maka kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

Apalagi jika dilakukan pada sore hari, anda bisa memacu sepeda sambil menyaksikan keindahan senja yang memanjakan mata.

6. Camping

Jangan buru-buru pulang dari Pulau Pagang, rasakan keindahannya lebih lama dengan camping di tepi pantai. Saat malam suasananya akan semakin syahdu, cocok untuk menyalakan api unggun dan menikmati ikan bakar.

Apalagi pulau ini tidak kekurangan ikan, sehingga anda dapat menangkap sendiri ikan untuk santapan. Ada pula yang menyewakan alat pancing untuk mempermudahnya.

Sehingga anda dan rombongan bisa mengolah ikan hasil tangkapan sendiri kemudian menyantapnya bersama.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pulau Pagang
Photo by El / Google Maps

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Pulau Pagang ini bisa dibilang sudah sangat memadai. Karena wilayah pulau ini memang telah dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata. Jadi anda bisa menemukan sederet fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan.

Seperti toilet, tempat duduk, gazebo, mushola, hingga penginapan sudah ada di lokasi. Bahkan setiap penginapan sudah memiliki semua fasilitas standar ini.

Jika anda memilih menginap di cottage, anda pun bisa menikmati jaringan 4G sehingga dapat terkoneksi internet sepanjang waktu.

Untuk menambah keseruan, di sekitar pantai pulau ini tersedia berbagai wahana air yang dapat dicoba oleh para pengunjung. Termasuk sewa alat selam, snorkling, alat pancing, pelampung, dan lain sebagainya.

Masih belum memutuskan mau kemana saat liburan nanti? Destinasi bahari bisa anda pertimbangkan. Ajak keluarga atau teman untuk liburan kemari, pasti perjalanan anda akan sangat menyenangkan. Sebab Pulau Pagang menawarkan keindahan mengagumkan dan keseruan luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *