Pulau Kapuk, Tujuan Wisata Bahari di Aceh Besar yang Lagi Hits


Pulau Kapuk di Aceh Besar merupakan destinasi bahari dengan pesona sungai dan laut yang bersebelahan, menjadi tujuan wisata pantai yang populer.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Pulau Kapuk di kawasan Lhoknga Aceh besar menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Bayangkan saja, sebuah pantai yang unik dengan pesona alam yang berbeda. Yakni alam pantai dan sungainya. Kok bisa?

Sebenarnya ini adalah pulau atau pantai? Itulah yang menarik rasa penasaran para pengunjung. Pada dasarnya, pulau ini terletak di tengah sungai dengan pemandangan pantai yang unik. Penasaran? Coba cek ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kapuk

Daya Tarik Pulau Kapuk
Photo by Jendral Bintang 7 / Google Maps

Tujuan Wisata Pantai kekinian

Ada banyak sekali fasilitas dan infrastruktur yang dibuat dan didesain sedemikian rupa agar menarik anak muda. Dari desain bangunan, dekorasi, hingga spot foto keren pun tersedia.

Di wisata pantai ini pun tersedia banyak sekali tempat peristirahatan yang adem dan juga keren. Anda bisa bersantai, dan juga menikmati indahnya alam yang unik.

Kesan kekinian juga semakin optimal dengan banyaknya fasilitas yang keren. Seperti cafe, spot foto, sampai penginapan estetik yang makin cantik di saat waktu malam.

Pesona Sungai Dan Laut Bersebelahan

Pantai pasir dan putih birunya air laut menjadi aspek visual terbaik di Pulau Kapuk Aceh Besar. Tapi, ada juga yang unik disini, yakni sungainya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kalau Anda mampir, pastinya bisa lihat secara langsung bahwa posisi dari pulau ini adalah di tengah sungai. Yang mana membuatnya memiliki dataran yang berupa pantai di satu sisi dan sungai di sisi lainnya.

Fenomena munculnya pulau ini pun bukan hal yang aneh, pasalnya daratan yang lebih tinggi ini menjadi tempat penanaman pohon kapuk di waktu lampau.

Kini, pulau dan pantai kapuk pun menjadi salah satu objek wisata yang unik dengan pesona alam sungai dan lautnya. Bahkan, lokasi ini juga dikelilingi dengan pohon pinus. Yang memberikan kontras pemandangan terindah dan sayang kalau dilewatkan.

Fasilitas Baik untuk Bermalam dan Nongkrong

Fasilitasnya sudah sangat baik. Anda bisa temukan banyak sekali tempat nongkrong, istirahat, kumpul, bahkan bermalam. Pas banget buat Anda yang suka plesir ke pantai dan ingin berkemah atau tidur di penginapan yang nyaman.

Di waktu malam, fasilitas yang diberikan semakin tampak wah. Lampu hias mulai menyala, nuansa adem dan kumpul kumpul tampak lebih seru. Aktivitas nongkrong ngafe pun bisa jadi obat penghilang penat jika berada di Pulau Kapuk.

Banyak Spot Foto Keren

Ingin foto dengan latar belakang laut? Bisa! Foto dengan sungai pun bisa. Bahkan ada banyak spot foto keren yang tersedia di Pulau Kapuk Aceh Besar ini.

Beberapa yang bisa Anda temukan adalah ayunan di area pohon kelapa, ayunan di tengah hutan pinus, dan banyak fasilitas indah yang semakin semarak di saat malam hari.

Jangan lupa juga untuk bertahan sampai waktu sore. Di pulau atau pantai ini, Anda bisa dapat penampilan matahari terbenam yang sangat indah. Bahkan tidak kalah dengan keindahan pantai di Bali.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pulau Kapuk
Photo by Cut Shanaz Dhiya Shafira / Google Maps

Jarak dari pusat kota Banda Aceh adalah sekitar 15 km saja, dengan jarak tempuh 20-30 menit. Lokasinya sendiri ada di Mon Ikeun, Lhoknga, yang mana akses jalannya sudah cukup nyaman dan bagus. Untuk rutenya tinggal ikuti jalan Lintas Barat Sumatera.

Jika meluncur dari pusat kota, ambil jalan ke Teuku Umar dan menuju Jalan Cut Nyak Dhien. Kemudian masuk ke Jl Banda Aceh-Calang atau mudahnya masuk ke JL Lintas barat Sumatera. Ikuti jalan dan belok ke Jl. Pulau Kapuk, Aceh.

Tidak perlu bayar mahal, tiket masuk ke pulau cantik ini hanya Rp 5000an saja. Tapi kalau mau masuk ke pantainya harus bayar lebih, yakni Rp 35 ribuan. Untuk fasilitas gazebo Anda juga harus sewa dengan harga mulai dari Rp 10.000 an saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Pulau Kapuk
Photo by Fadhly Al Farlaky / Google Maps

1. Nongkrong Di Cafe, Restoran, Atau Resort

Ada banyak cafe dan restoran yang tersedia di kawasan wisata Pulau Kapuk ini. Anda bisa mampir untuk main dan menikmati hidangan enak selama bermalam atau mampir. Resort juga ada, sebagai salah satu opsi bermalam.

Tapi kalau ingin yang lebih seru, Anda juga bisa menginap! Ada campground yang tersedia dan Anda bisa mendirikan tenda dan membuat api unggun bersama. Tapi, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu.

2. Hunting Foto Keren di Pulau Kapuk

Ada banyak spot yang keren di Pulau Kapuk, yang mana didesain secara khusus untuk para darah muda yang ingin menangkap momen instagramable. Tapi ada banyak juga momen yang bisa diabadikan dan berkesan instagenik.

Sebut saja saat bersantai dan nongkrong di cafe yang kekinian banget. Fasilitas cafe dan beberapa restoran ini akan tampak lebih cantik di malam hari.

Belum lagi, Anda bisa berfoto di beberapa area umum. Seperti di pantainya saat matahari terbenam, momen saat mencoba wahana air di area sungai, atau saat bermain air di pantai.

3. Bersantai Menikmati Pemandangan Dan Segarnya Area

Santai dulu di pantai pasti tidak boleh dilewatkan. Nuansa di Pulau kecil ini memang sangat dingin dan segar. Jauh dari ramainya kota, jadi paling pas untuk healing menghilangkan penat di hati.

Pemandangan yang segar dan udara yang adem ala pantai juga jadi nilai plus tersendiri. Anda bisa bersantai di beberapa lokasi yang sudah disediakan, seperti gazebo atau saung.

Biar keren, bisa lah mampir ke cafe atau restoran untuk nongkrong. Anda bisa coba beberapa sajian kuliner dan minuman segar untuk melengkapi waktu mampir ke pantai.

4. Coba Wahana Permainan Yang Seru

Ada beberapa wahana yang tersedia di kawasan wisata Pulau Kapuk. Beberapa yang bisa Anda gunakan untuk berfoto keren, seperti ayunan di antara pohon kelapa dan pohon pinus.

Ada juga wahana permainan seperti wahana perahu yang siap membawamu berkeliling sungai. Jangan khawatir soal keamanan, pihak pengelola dan pemandu sudah menyediakan pelampung agar perjalanan dengan wahana air lebih aman.

Perlu diingat, wahana perahu tradisional ini tersedia di area sungainya. Yang mana aman untuk anak anak dan dewasa. Airnya yang dangkal dan jernih juga bisa buat berenang, bahkan termasuk wahana santai seperti sepeda air. Berani coba?

5. Berenang Dan Bermain Air

Ombak kecil dan pantai yang landai pas banget buat Anda yang ingin mandi, berenang, dan bermain air. Setidaknya cukup aman untuk bermain di pinggir pantai.

Pasirnya yang putih bersih cocok buat Anda yang ingin main tanpa harus basah. Alhasil, cukup aman untuk bermain bareng keluarga dan anak anak.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pulau Kapuk
Photo by Iqbal Muhammad / Google Maps

Untuk sebuah wisata pantai yang masih memiliki potensi dikembangkan, ada beberapa fasilitas yang bisa dikatakan cukup baik. Yakni keberadaan fasilitas dasar seperti toilet, kamar mandi, warung, dan penginapan.

Bahkan di kawasan wisata Pulau Kapuk juga sudah tersedia tempat untuk berkemah, jadi fasilitas dasarnya pasti akan dimaksimalkan. Termasuk di antaranya adalah tempat untuk beristirahat, duduk, berbelanja, dan bermain.

Sebagai tambahan, akses ke pantai pun sudah baik dan jalannya mulus meski perlu diperlebar. Jadi tidak terlalu memberatkan para pengunjung yang ingin mampir.

Pulau Kapuk Aceh Besar ini bisa dikatakan sudah sangat mumpuni meski butuh pengembangan lebih jauh.

Tapi secara tidak langsung, tujuan wisata pantai ini sudah sangat baik. Pantainya indah, alamnya masih bersih, fasilitas pun sudah mendukung. Cocok untuk healing singkat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *