Indahnya Pantai Marina Lampung, Destinasi Wisata Bahari dengan Sejuta Pesona


Pantai Marina Lampung menawarkan tebing batu karang yang cantik, spot foto Instagramable, mitos lokal, wahana anak-anak, Bukit Marina, dan berbagai pilihan kuliner.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Pantai Marina Lampung adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan, saat anda berkunjung ke provinsi paling selatan Pulau Sumatera ini. Tepatnya ada di kawasan Kalianda, menawarkan panorama laut biru luas yang begitu memanjakan mata.

Apalagi setiap pantai umumnya memiliki ciri khas dengan daya tariknya tersendiri, begitu juga dengan Marina Beach di Lampung Selatan.

Di sini terbentang tebing-tebing gagah di sekitar pantai yang membuat panoramanya semakin cantik. Lebih lanjut, yuk intip daya tarik yang dimiliki.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina Lampung

Daya Tarik Pantai Marina Lampung
Photo by Reni Sani / Google Maps

1. Jajaran Tebing Batu Karang yang Cantik

Jajaran tebing batu karang merupakan ciri khas dari Pantai Marina di Lampung. Batu karang tersebut ada yang berukuran besar dan ada pula yang kecil, berjejer rapi melawan ombak.

Karena area pantai menghadap langsung ke laut Samudera Hindia, ombak di sini memang cukup besar.

Jadi anda bisa bermain air di balik tebing-tebing batu karang yang ada di pantai. Sebab adanya batu karang ini dapat memecah ombak yang datang ke pantai sehingga lebih aman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Surga Fotografi

Rasanya tidak berlebihan jika menyebut wisata Pantai Marina Lampung sebagai surga fotografi di daerah Lampung Selatan. Bagaimana tidak, setibanya di pantai anda akan disuguhkan panorama laut biru luas yang begitu memanjakan mata.

Pemandangan tersebut berkombinasi dengan pasir lembut, langit yang terbentang luas, dan tebing-tebing gagah yang tersebar di area pantai.

Semuanya menciptakan panorama cantik bak lukisan yang daya tariknya tidak tertahankan. Anda yang hobi fotografi pasti langsung ingin mengabadikannya dalam sebuah potret.

3. Mitos Pantai

Pantai-pantai di Indonesia umumnya memiliki legenda dan mitos yang dipercaya oleh masyarakat, dan hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Begitu juga dengan Pantai Marina, ada cerita misterius mengenai pantai yang diyakini warga setempat.

Konon, di kawasan pantai ada tiga lubang goa yang bahkan salah satunya ditutup lantaran dianggap berbahaya. Lubang ini memiliki pusaran air yang katanya langsung terhubung dengan pantai selatan di Jawa.

Benar tidaknya informasi tersebut, ombak di sini memang besar sama seperti pantai-pantai laut selatan. Pasalnya Marina Beach berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, jadi hal tersebut tidak mengherankan.

4. Wahana Anak

Jika melihat ombak yang besar, orang tua pasti khawatir saat anak-anak bermain terlalu dekat ke laut. Jangan khawatir, si kecil tidak akan bosan bermain di kawasan wisata Pantai Marina Lampung meskipun mereka tidak dapat berenang di laut. Kenapa?

Karena di kawasan pantai sudah disediakan wahana bajak laut khusus untuk anak-anak. Ini seperti area playground untuk anak yang dilengkapi jungkat-jungkit dan berbagai wahana outbound. Namun tema yang diusung adalah bajak laut agar lebih terasa sedang berada di pantai.

5. Bukit Marina

Bukit Marina adalah sebuah bukit yang terletak di samping pantai. Anda bisa naik ke puncak bukit untuk menikmati keindahan pantai dan laut lepas dari ketinggian.

View yang diperoleh dari titik ini begitu luar biasa, apalagi saat sore hari. Jadi pastikan anda mencoba naik ke puncaknya saat berkunjung.

Saking indahnya, Bukit Marina bahkan sering dimanfaatkan untuk tempat pre-wedding, venue pernikahan, maupun menggelar acara ulang tahun. Karena dari sini laut lepas Pantai Marina di Lampung ini yang memesona akan terlihat sebagai latar belakang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Marina Lampung
Photo by Priskila Ansel / Google Maps

Marina Beach berada di Desa Merak Belantung, Kalianda, Lampung Selatan. Dari Kota Bandar Lampung, jaraknya sekitar 50,6 kilometer atau membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan untuk mencapai lokasi.

Anda bisa melewati jalan tol ke arah Bakauheni, di KM 38 keluarga GT Sidomulyo. Setelah keluar, beberapa meter di kanan jalan akan menemukan Gapura Sukamarga. Dari sini, anda hanya perlu menempuh perjalanan 3,5 kilometer lagi untuk sampai ke pantai.

Tidak sulit menemukan lokasi pantai karena sudah banyak penunjuk jalan yang terpasang. Akses jalannya pun sudah beraspal dan dalam kondisi yang cukup bagus sehingga dapat dilalui berbagai macam kendaraan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Harga tiket masuk Pantai Marina di Lampung ini sebesar Rp. 35.000 per orang untuk dewasa, sementara anak-anak dengan usia 3-8 tahun akan dikenai HTM sebesar Rp. 10.000.

Harga tiket ini berlaku untuk hari biasa maupun akhir pekan dan hari libur, namun belum termasuk parkir. Adapun retribusi parkirnya yaitu sebesar Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Namun untuk momen-momen tertentu misalnya tahun baru, harga tiket masuknya mungkin dinaikkan. Sebab biasanya ada banyak pengunjung yang ingin menghabiskan malam tahun baru di pantai.

Sehingga jam operasional pantai pun akan lebih lama pada momen seperti itu. Yang mana jam operasional pantai biasanya yaitu antara pukul 07.00-18.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Pantai Marina Lampung
Photo by Ninuk Wiranti / Google Maps

Bermain Air

Karena Pantai Marina Lampung punya ombak yang besar, pengunjung memang sebaiknya tidak berenang. Meski begitu, bukan berarti anda tidak dapat bermain air di bibir pantai. Datanglah pagi hari sebelum laut pasang supaya dapat bermain air lebih nyaman.

Ada juga area dengan banyak batu karang yang sangat cocok sebagai tempat bermain air. Karena batu karang dengan ukuran besar yang berjejer rapi dapat berguna sebagai pemecah ombak.

Berkunjung ke Goa Kehidupan di Kawasan Pantai Marina Lampung

Pantai Marina Lampung memiliki tiga lubang goa, yang salah satunya sering dikunjungi oleh wisatawan. Namanya Goa Kehidupan, bagian depan goa sering dimanfaatkan sebagai spot foto oleh para pengunjung.

Kesannya yang sedikit misterius menjadi daya tarik tersendiri, bahkan banyak yang menganggapnya eksotis.

Wisata Kuliner di Kantin Bergaya Khas Santorini

Ada hal yang unik dari Pantai Marina di Lampung ini, karena kantin yang ada di sini memiliki bangunan dengan desain khas Santorini. Desain pintu dan jendelanya berbentuk melengkung dengan dominasi warna merah muda dan biru yang cantik.

Jadi selain berwisata kuliner, pengunjung biasanya sibuk berburu foto di kantin ini. Untuk menu yang dijual di kantin ada berbagai macam. Anda bisa menemukan makanan berat maupun ringan yang menggugah selera.

Camping

Dengan semua keindahan yang ditawarkan, rasanya tidak rela jika harus berakhir dengan cepat. Jangan khawatir, di sini tersedia paket camping apabila anda ingin bermalam.

Area campingnya ada di atas Bukit Marina. Anda bisa menyewa tenda ataupun membawa tenda sendiri dari luar.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pantai Marina Lampung
Photo by Nico Renaldi / Google Maps

Keseruan liburan akan semakin terasa berkat adanya berbagai fasilitas tersedia di kawasan wisata Pantai Marina Lampung.

Tempat parkirnya luas untuk berbagai kendaraan, toilet untuk buang air maupun bilas, deretan gazebo di pesisir pantai, dan mushola bagi pengunjung Muslim.

Bahkan sudah berdiri kantin dengan bangunan estetik yang menjual berbagai macam makanan dan minuman ringan. Jadi selain mengisi perut, anda dapat memanfaatkannya sebagai spot foto.

Bagi yang ingin bermalam di lokasi, pihak pengelola telah menyediakan paket camping untuk para pengunjung. Paket camping ini sudah lengkap dengan tenda, meja, dan kursi lipat.

Yuk rencanakan liburan anda ke Pantai Marina Lampung sekarang juga, ajak keluarga ataupun teman ke sini untuk merasakan berbagai keseruan di pantai. Mulai dari view laut biru yang cantik, spot foto estetik, asyiknya camping, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *