7 Tips Cara Lolos SNBP 2024 ke PTN Favoritmu


Flashback ke masa lalu, khususnya moment-moment SMA kelas 12, rasanya menjadi moment menegangkan, karena di moment tersebut banyak keputusan hidup yang akhirnya harus diambil untuk menapaki masa depan. Salah satunya adalah moment kemana kita akan melanjutkan pendidikan selanjutnya di bangku perkuliahan.

Dan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, kita perlu mempersiapkan diri untuk melalui SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Menariknya, untuk bisa lolos SNBP, kita perlu yang namanya mempersiapkan diri secara matang, karena SNBP masih selalu menggunakan kombinasi antara rata-rata nilai raport seluruh mata pelajaran dari semester satu hingga semester lima, ditambah prestasi akademik dan penilaian dari civitas perguruan tinggi. Pas banget buat kamu yang lagi duduk di bangku SMA kelas 12, kamu udah bisa mulai daftar SNBP 2024 dari sekarang, karena pendaftarannya sudah buka, lho sejak 8 Januari 2024.

7 Tips Cara Lolos SNBP 2024 ke PTN Favoritmu

Well, untuk bisa memenangkan persaingan dan bisa lolos seleksi SNBP 2024, ga cukup dengan selalu meningkatkan nilai akademikmu saja, tapi kamu bisa juga terapin beberapa Tips Cara Lolos SNBP 2024 berikut ini, ya:

  • Pilih program studi yang sejalan dengan minat dan bakat

Cara tercepat untuk mengetahui minat adalah dengan membandingkan antara hal yang kamu sukai dengan nilai mata pelajaran tertentu yang dirasa menonjol. Jika kamu memiliki nilai menonjol di mata pelajaran tertentu, kamu bisa coba mengambilnya sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan. Contohnya jika kamu menyukai mata pelajaran bahasa Inggris lalu didukung dengan nilai raport yang mumpuni, tidak ada salahnya memilih jurusan di bidang tersebut.

7 Tips Cara Lolos SNBP 2024 ke PTN Favoritmu
  • Konsultasi dengan yang sudah pernah lulus SNBP sebelumnya

Untuk bisa berkonsultasi dengan orang yang pernah lulus di SNBP sebelumnya, bisa dilakukan dengan mencarinya di circle terdekat, atau circle kakakmu, atau bahkan kamu bisa mencarinya di sosial media. Karena zaman sekarang banyak sekali orang yang senang membagikan banyak hal, termasuk diantaranya pengalaman mengikuti SNBP di tahun sebelumnya.

  • Jangan lewatkan ketentuan pendaftaran SNBP 2024

Hal yang terpenting adalah dengan tidak melupakan detail ketentuan pendaftaran SNBP 2024. Seperti perlunya memiliki nomor induk kependudukan (NIK), memiliki nomor induk NISN dan terdaftar di PDSS. Mengisi nilai rapport pada laman PDSS, Tak lupa juga mengunggah portfolio apabila memiliki prestasi akademik di bidang tertentu. Dan semua point-point tersebut perlu dipersiapkan sejak awal, agar nantinya tidak ada detail yang terlewat.

  • Pertimbangkan antara daya saing dan daya tampung

Terkadang kita menyadari bahwa keinginan kita untuk memasuki program studi tertentu terbilang besar, nah pastikan kamu mengetahui hal ini sebelum daftar SNBP 2024 ya, bahwasanya terdapat ketentuan yang mempertimbangkan antara daya saing dan daya tampung. Untuk sekolah dengan akreditasi A biasanya mengambil 40% kategori terbaik di sekolah, sedangkan sekolah dengan akreditasi B mengambil 25% kategori terbaik di sekolah dan sekolah dengan akreditasi C mengambil 5% kategori terbaik.

Selain mempertimbangkan hal tersebut, kamu juga bisa melihat daya tampung dan daya saing di laman resmi BPPP yang tertera pada tahun sebelumnya. Ini tentunya akan membantu kamu memilih jurusan apa saja yang berpeluang tinggi meloloskanmu.

Baca: Gapai Cita-Cita dengan Kuliah di Kampus Bergengsi

  • Pastikan nilai raport dan jurusan yang dipilih sesuai

Biasanya, kamu perlu memastikan bahwa nilai raportmu dari semester 1 dan 5 tebilang stabil, dalam artian lain nilainya konsisten. Mengingat yang dilihat adalah nilai mata pelajaran secara keseluruhan, jadi tidak hanya melihat mata pelajaran tertentu saja. Nah, dalam hal ini kamu perlu menyesuaikan jurusan apa yang sesuai dengan nilai raportmu.

Untuk bisa memaksimalkan peluang kamu untuk lolos di SNBP 2024, kamu bisa juga memanfaatkan keunggulan Ruangguru sebagai platform bimbel online terpercaya, disana kamu bisa coba dengan mengikuti latihan soal, tryout dan berbagai aktivitas yang dapat menunjang nilai akademikmu. Tahu sendiri kan, kalau semua kebutuhan belajar ada di Ruangguru, mulai dari persiapan UTBK-SNBT, Bimbel Online Interaktif, Bimbel Tatap Muka dan masih banyak lagi. Saran saya, bisa coba beli paket belajarnya aja di Ruangguru, karena harganya juga affordable banget. Lebih hemat dari uang jajan bulanan, lho.

  • Bersikap optimis dan selalu berdoa

Setelah semua upaya terbaik dilakukan, yang selanjutnya perlu dimantapkan adalah sikap optimis yang disertai dengan doa pada sang pencipta memohon yang terbaik. Bagaimanapun, berdoa juga merupakan bagian penting yang tak boleh terlewatkan. Mudah-mudahan melalui jalur langit, kamu bisa dilancarkan dalam mewujudkan pendidikan di PTN favoritmu. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *