Pulau Kelagian, Wisata Bahari di Pesawaran yang Diapit Dua Pulau Eksotis


Pulau Kelagian di Pesawaran merupakan destinasi wisata bahari mempesona yang terletak di antara dua pulau eksotis, menawarkan keindahan alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Pulau Kelagian menjadi kawasan wisata andalan yang ada di Lampung. Anda bisa menemukan dua pulau di kawasan wisata indah ini, yaitu ada Pulau Besar dan Pulau Kecil. Kedua pulau ini menawarkan keelokan dan pesona yang luar biasa.

Pasir putih yang sangat indah dengan warna air laut biru kehijauan membuat area pulau ini terlihat sangat menawan. Bagi Anda pecinta Snorkeling, tempat wisata unik di pesawaran ini adalah tujuan terbaiknya karena memiliki ikan dan biota bawah laut yang mempesona.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Kelagian

Daya Tarik Pulau Kelagian
Photo by Sefriadi Zuer / Google Maps

1. Keindahannya yang Alami

Daya tarik utama dari Pulau Kelagian Pesawaran ini tentunya masih berkaitan dengan keindahan alamnya yang masih segar dan alami.

Anda bisa merasakan sensasi pemandangan yang sangat menenangkan dengan dilengkapi pasir putih halus dan air laut sebening kaca.

Jika dilihat secara lebih jeli, Anda bisa menyaksikan kemilau air laut yang berwarna hijau tosca dan terkadang berubah menjadi biru tua. Terdapat pulau-pulau lain yang bisa dikunjungi ketika berada di area pulau indah ini yaitu ada Teluk Lampung.

2. Memiliki 2 Bagian Pulau

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kawasan wisata indah ini memiliki 2 bagian pulau yaitu ada Kelagian Kecil yang disebut sebagai Kelagian Lunik dan kelagian Besar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada kawasan Kelagian Besar, umumnya digunakan untuk berlatih militer oleh tentara angkatan laut. Dengan begitu, pemerintah melarang wisatawan atau masyarakat sekitar untuk tinggal di Kelagian Besar ini.

Karena kegiatan di dalamnya, kawasan wisata Pulau Kelagian ini disebut sebagai Pulau Marinir. Meskipun begitu kepulauan ini memiliki keindahan yang tidak bisa diabaikan.

Wisatawan yang datang akan dibuat terpukau dengan keindahan pesisir pulau yang dikelilingi dengan pemandangan indah.

Bahkan Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling dengan nyaman dan aman. Lautan di bawah permukaan memperlihatkan terumbu karang yang subur dan sangat menarik.

Kegiatan tersebut tentunya akan membuat wisata menjadi semakin berkesan dan menyenangkan. Snorkeling di kawasan ini akan ditemani dengan biota laut indah seperti ular laut dan penyu.

3. Diapit oleh Pulau Pahawang dan Maitem

Di kawasan wisata kepulauan ini, Anda bisa menemukan banyak fasilitas yang tersedia. Sebelum membahas tentang fasilitas tersebut, Anda perlu mengetahui bahwa pulau ini juga diapit dengan dua pulau indah lainnya yang bernama pulau Pahawang dan Pulau Maitem.

Anda bisa memilih untuk berkunjung dan menyaksikan keindahan sekitar pulau ini setelah puas menghabiskan waktu wisata. Ketika memasuki bagian utara dari pulau indah ini, anda akan menemukan pasir putih yang sedikit lebih kasar dibandingkan bagian lainnya.

Bahkan anda bisa menemukan batuan besar yang ada di bagian selatannya. Gradasi warna air laut yang ada di kawasan pulau ni terlihat sangat indah dan mempesona.

Untuk memastikan keindahannya, kawasan Pulau Kelagian ini sudah sempat mengikuti uji kesesuaian dengan hasil nilai rata-rata diatas 85%. Dengan hasil tersebut dinyatakan bahwa kawasan Pulau ni layak dikategorikan sebagai wisata pulau dengan pantai memukau.

Kondisi pantainya yang panjang, ombak yang tenang dan dangkal membuatnya sangat cocok digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto, berenang atau snorkeling.

Anda bisa mengajak keluarga, teman, atau pasangan untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Anda bisa menemukan wahana banana boat saat berada di kawasan pulau indah ini. bahkan masih ada wahana wahana lain yang bisa dinikmati selama berwisata.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Alamat Pulau Kelagian
Photo by Fajar Hengki Wijaya / Google Maps

Lokasi yang perlu dituju untuk bisa tiba ke kawasan wisata Pulau Kelagian ini yaitu dengan datang ke Gebang, Padang cermin, Pesawaran, Lampung.

Rute pertama yang harus dilalui untuk bisa mencapai kawasan wisata indah ini yaitu dengan melakukan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang.

Jauhnya Pelabuhan Ketapang dari pusat kota Bandar Lampung adalah kurang lebih 30 kilometer. Setibanya di pelabuhan, perjalanan berlanjut dengan menyewa perahu untuk menyebrang ke pulau.

Tarif untuk menyeberang diperhitungkan sebesar Rp 350.000 bagi 6 orang untuk satu perjalanan. Perjalanan menyeberang ke pulau yang menakjubkan ini dengan perahu membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Biaya Wisata ke Pulau Kelagian

Setelah tiba di kawasan pulau memukau ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp 30.000/satu kapal. Biaya sewa kapal dengan tiket masuk ini dibayar secara terpisah.

Kemudian jika ingin melakukan kegiatan snorkeling, Anda perlu menyewa peralatan dari pengelola wisata. Biaya tiket parkir kapal juga akan dikenakan jika Anda menyewa kapal untuk pulang pergi ke pulau indah ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Kegiatan Pulau Kelagian
Photo by John Stefanus Chandra / Google Maps

Snorkeling

Dengan keindahan yang ditawarkan di Pulau wisata ini, tentunya aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan yaitu snorkeling. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan lebih puas karena kondisi air di pantai Pulau ini sangat tenang dan bersih.

Dengan begitu maka tidak ada yang menjadi penghalang bagi Anda untuk menyaksikan ikan-ikan kecil yang berenang di antara terumbu karang. Pastikan untuk membawa kamera tahan air agar dapat merekam tiap momen memukau di kedalaman laut.

Beberapa biota laut yang bisa ditemukan di Pantai Pulau Kelagian ini yaitu ada ubur-ubur, bintang laut dan sebagainya. Semua bisa terlihat dengan jelas dan nyata.

Menikmati Aneka Pilihan Wahana di Pulau Kelagian

Ketika berkunjung ke kawasan wisata Pulau Kelagian ini, Anda akan menemukan banyak wahana water sports seperti donat boat dan banana boat. Kegiatan seru ini bisa dijadikan pilihan bagi anda yang datang bersama dengan keluarga atau rombongan.

Menjelajahi kawasan pantai dengan menggunakan kano juga bisa dijadikan sebagai aktivitas seru yang tidak boleh terlewatkan. Menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke pulau ini ini bisa dikatakan sudah sepaket dengan wisata ke Pulau Pahawang.

Berenang dan bersantai

Aktivitas lain yang dapat dilakukan saat berada di destinasi wisata menawan ini termasuk berenang atau menghabiskan waktu santai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan atau mengamati kegiatan yang dilaksanakan oleh para pengunjung lain. Pulau Kelagian ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi liburan keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Kelagian
Photo by Aries Munandar / Google Maps

Karena sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan, kawasan Pulau Kelagian Pesawaran  ini sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai.

Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan diantaranya ada tempat parkir kapal, gazebo untuk bersantai, tempat sampah, toilet dan juga penyewaan perlengkapan snorkeling.

Selain itu, bagi Anda yang merasa lapar juga bisa menemukan warung makan di sekitar wisata. Terdapat banyak menu makanan dan minuman yang bisa dijadikan pilihan.

Kemudian untuk membersihkan diri, Anda bisa menemukan ruang bilas yang ada di pesisir pantai Pulau Kelagian ini. Air yang digunakan untuk bilas di kawasan wisata ini menggunakan air payau.

Melakukan berbagai kegiatan unik dan menarik di kawasan wisata pulau indah ini tentunya akan sangat berkesan dan menyenangkan.

Oleh karena itu, Anda wajib mengabadikan setiap momen kebahagian untuk dijadikan sebagai kenangan yang tidak akan pernah terlupakan. Yuk datang beramai-ramai ke Pulau indah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *