Cantiknya Desa Sait Buttu Saribu, Desa Wisata di Simalungun yang Kaya Pesona


Desa Sait Buttu Saribu di Simalungun merupakan desa wisata unik yang menyuguhkan, wisata alam memuaku, agrowisata edukatif, kearifan budaya lokal, dan berbagai pesona lainnya

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sait Buttu Saribu, Kec. Pematang Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

Desa Sait Buttu Saribu bertransformasi menjadi desa wisata sejak beberapa tahun ke belakang. Letaknya yang bersebelahan dengan Danau Toba, Simalungun, menjadikan desa ini tidak ketinggalan untuk mengembangkan potensi wisatanya.

Lebih dalam tentang desa wisata ini, banyak potensi wisata yang akan Anda temui di sini. Mulai dari wisata alam, uniknya kearifan masyarakat lokal, hingga sektor ekonomi kreatifnya yang mulai menampakkan diri. Yuk, kita bahas bersama dalam artikel berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Sait Buttu Saribu

Daya Tarik Desa Sait Buttu Saribu
Photo by Sidamanik / Instagram

1. Wisata Alam dan Panorama Sekitar Desa

Desa Sait Buttu Saribu Simalungun ini memamerkan banyak potensi alamnya sebagai atraksi wisata. Sebut saja seperti Wisata Kebun Teh dan Wisata Alam Gunares. Ada juga Jungle Trekking dan Outbound Area yang tidak ketinggalan dengan panorama alam sekitarnya.

Karena berada di wilayah dataran tinggi, maka tidak heran jika banyak jenis tanaman tumbuh subur di desa ini. Salah satunya adalah teh, di desa ini terdapat lahan perkebunan teh milik PT Perkebunan Teh Nusantara IV Kebun Sidamanik.

Kawasan kebun teh tersebut akhirnya dimanfaatkan juga sebagai atraksi wisata. Pengunjung bisa berkeliling, fun bike, hingga berfoto di sana. Lalu, ada juga Wisata Alam Gunares. Spot dimana pengunjung bisa camping di alam terbuka dengan nyaman.

Camping ground tersebut berada di tengah lahan hijau dengan pohon-pohon di sekitarnya. Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung pun lengkap. Ada toilet, mushola, hingga tempat persewaan alat camping. Sangat cocok untuk Anda yang suka camping!

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan panorama alam dan juga medan di sekitar wisata Desa Sait Buttu Saribuini, maka wajar jika desa ini menonjolkan pesona alamnya sebagai daya tarik wisata.

Dibangun juga jungle trekking yang bisa ditelusuri pengunjung. Ada pula area outbound yang tidak kalah seru untuk dicoba.

2. Agrowisata Menarik untuk Dikunjungi

Tidak hanya wisata alamnya saja, desa ini juga punya agrowisata yang menarik. Ada Penangkaran Lebah yang bisa dikunjungi.

Di dalamnya, Anda bisa melihat bagaimana proses penangkaran lebah hingga produksi madunya. Ada juga tempat pengobatan sengat lebah di sana.

Kemudian, ada pula Agrowisata Kopi. Anda bisa melihat proses budidaya tanaman kopi di tempat ini, termasuk pula proses produksi kopi khas Desa Sait Buttu Saribu Simalungun ini. Sangat menarik, bukan? Tidak hanya sebagai tempat wisata namun juga menawarkan edukasi.

3. Kearifan Budaya Lokal dan Kerajinan Lokal Masyarakat

Sama halnya dengan desa wisata yang lain, Anda bisa menemukan kearidan lokal masyarakat di desa ini. Pemandangan masyarakat desa menjalani hidupnya dengan penuh kearifan sangat tersermin di sini. Apalagi, budaya yang masih dipegang teguh oleh mereka.

Salah satu atraksi wisata yang sering dikunjungi adalah Pertunjukan Sanggar Tari Patra Jasi, yang menyajikan tarian tradisional desa ini. Kalau ingin lebih dekat dengan kehidupan lokal di sini, Anda bisa menginap di beberapa homestay yang ada di Desa Sait Buttu Saribu.

Selain itu, desa wisata ini juga telah mendapatkan dukungan untuk mengembangkan sektor pariwisata dan UMKM. Salah satunya adalah dibangunnya Bank Sampah Simpatik Project.

Bukan hanya sebagai pengendalian sampah di desa, namun bank sampah tersebut juga mengajarkan masyarakat untuk memanfaatkan sampah agar bisa didaur ulang. Termasuk pula dengan mengubahnya menjadi kerajinan lokal yang unik dan punya nilai jual.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Desa

Alamat Desa Sait Buttu Saribu
Photo by Sidamanik / Instagram

Desa wisata ini secara administratif masuk ke dalam Kecamatan Pematang Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara. Jika ditelusuri lebih lanjut, desa ini lokasinya sangat dekat dengan Danau Toba. Yang mana danau itu berada di sebelah barat desa ini.

Maka dari itu, bisa dikatakan wisata Desa Sait Buttu Saribu ini menjadi tempat persinggahan menarik sebelum ke Danau Toba. Jalur menuju desa wisata ini juga sudah bagus dengan medan beraspal, rutenya pun mudah ditelusuri.

Kalau berangkat dari Kota Medan, jarak yang perlu ditempuh adalah 160 kilometer dengan estimasi perjalanan 3 jam 25 menit. Rute yang diambil bisa lewat Jl. Tol Medan – Kuala Namu – Tebing Tinggi, lalu mengikuti jalan hingga menemui jalur exit Gerbang Tol Sei Rampah.

Masuk ke kawasan Jl. Medan – Pematang Siantar, Anda tinggal mengikuti jalan hingga masuk ke wilayah Kecamatan Pematang Sidamanik. Lalu, ikuti petunjuk jalan untuk bisa mencapai wisata menawan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Jika ingin menikmati atraksi wisata di desa ini, akan ada biaya tertentu. Misalnya, jika ingin mengunjungi penangkaran lebah tarifnya Rp. 50.000, agrowisata kopi Rp. 100.000, kebun teh 10.000, wisata alam benares Rp.15.000, dan bank sampah Rp. 20.000.

Selain itu, ada beberapa paket wisata yang ditawarkan pada para pengunjung. Jadi, dengan membayar biaya tertentu, sudah bisa menikmati beberapa atraksi wisata sekaligus. Juga, bisa termasuk fasilitas penginapan.

Desa Sait Buttu Saribu Simalungun ini juga memproduksi beberapa jenis souvenir yang unik dan menarik, harganya mulai dari Rp. 12.000 saja. Maka dari itu, jika ingin berkunjung ke sini, sebaiknya menyiapkan dana lebih. Karena banyak hal menarik yang bisa dicoba di sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Sait Buttu Saribu
Photo by Sidamanik / Instagram

1. Berkeliling Desa dan Mengunjungi Spot Wisatanya

Anda bisa puas berkeliling Desa Sait Buttu Saribu ini, karena ada banyak spot wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Sebut saja seperti lahan perkebunan teh yang hijau, camping ground di tengah alam terbuka, jungle trekking, peternakan lebah madu, hingga agrowisata kopi yang mengedukasi.

2. Sarana Edukas Agowisata di Desa Sait Buttu Saribu

Di desa ini juga menawarkan wisata edukasi yang menyenangkan. Ajak anak, saudara, atau teman untuk berkunjung ke perkebunan teh, peternakan lebah, maupun agrowisata kopi. Di sana, Anda akan melihat langsung proses budidaya hingga ke produksi hasil panennya.

3. Berkunjung ke Pusat Souvenir

Di Desa Sait Buttu Saribu ini juga ada pusat souvenir, tempat semua hasil karya masyarakat lokal dipajang dan dijual.

Anda bisa menemukan makanan, minuman, aksesoris, dan lain sebagainya di sini. Jika berkunjung ke desa wisata ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen di spot-spot foto yang menarik.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasiilitas Sait Buttu Saribu
Photo by Sidamanik / Instagram

Karena sudah termasuk ke desa wisata, serta didukung oleh banyak pihak, fasilitas wisata yang ada di sini pun juga sudah lengkap. Anda bisa dengan mudah menemukan lahan parkir yang luas, toilet umum yang bersih, serta mushola yang nyaman digunakan.

Untuk masalah makan, kawasan wisata Desa Sait Buttu Saribu ini  ada beberapa warung makan yang menyajikan berbagai kudapan lezat.

Selain itu, ada pula cafetaria dan toko souvenir yang bisa dikunjungi. Tidak perlu khawatir jika kehabisan uang cash, karena ada mesin ATM juga di desa ini.

Desa Sait Buttu Saribu juga menyediakan fasilitas penginapan bagi para pengunjung, harganya pun bervariasi. Ada juga balai pertemuan serbaguna, spot foto menarik, jungle tracking yang seru, area outbound, hingga beberapa spot foto yang wajib dikunjungi.

Sangat menarik, bukan? Desa wisata ini memang berada dekat dengan Danau Toba, danau populer di Sumatera Utara. Nah, kalau Anda berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke desa wisata ini. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temui di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *