Saksikan Keindahan Air Terjun Sampuran Widuri, Air Terjun yang Menakjubkan di Serdang Bedagai


Air Terjun Sampuran Widuri merupakan air terjun menakjubkan di Serdang Bedagai, lengkap dengan kawasan camping yang menarik untuk petualangan alam terbuka

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangun Rejo, Dolok Merawan, Kec. Dolok Merawan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Air Terjun Sampuran Widuri menjadi salah satu area yang dijadikan sebagai pusat pariwisata terbaik di Sumatera Utara. Pengunjung yang datang akan disambut dengan keindahan pemandangan alam yang sangat luar biasa mempesona.

Nama kawasan wisata alam Deli Serdang ini sebenarnya masih cukup asing di kalangan wisatawan, namun keindahan yang disuguhkannya mampu membuat siapa saja yang pernah datang berkeinginan untuk mengunjunginya kembali.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sampuran Widuri

Daya Tarik Air Terjun Sampuran Widuri
Photo by Timpor Ryan / Google Maps

1. Ketinggian Air Terjun Hingga 30 Meter

Di kawasan wisata yang masih sangat asri ini pengunjung akan bisa menemukan air terjun dengan ketinggian 30 meter. Pemandangan indah yang sangat mempesona ini tentunya sangat wajib untuk diabadikan dengan menggunakan lensa kamera terbaik.

Pecinta fotografi pastinya tidak akan dibuat pusing untuk menemukan angle atau background foto yang menarik. Setiap hal yang dihadirkan di kawasan wisata alam ini sangat unik sehingga banyak membuat fotografer merasa tertarik untuk mendatanginya.

Kondisi airnya yang jernih dan menyegarkan membuatnya sangat cocok didatangi ketika siang hari atau cuaca panas.

Anda akan benar-benar bisa merasakan kesegaran alaminya saat menempel dengan kulit. Saat ini, kawasan Air Terjun Sampuran Widuri Serdang Bedagai dikelola oleh masyarakat sekitar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Udaranya yang Sejuk

Bagi Anda yang ingin menemukan kawasan wisata dengan pemandangan indah dna cocok dijadikan sebagai tempat bersantai maka wajib datang ke Air terjun eksotis ini. Keadaan alam di sekitar dan hawa sejuknya memiliki kemampuan untuk menenangkan siapapun.

Saat merasa lelah atau stres, semua kepenatan itu akan terhapus dengan cepat saat anda duduk bersantai di tepi air terjun, menikmati suara gemericik air dan kesegaran udara.

Meskipun belum ada fasilitas pendukung yang memadai, namun kawasan air terjun indah ini tetap layak dikunjungi.

Para wisatawan hanya perlu bersabar dan tenang karena dengan seiring berjalannya waktu, tentu akan ada fasilitas pendukung yang dibangun untuk meningkatkan kenyaman setiap pengunjung.

Keadaan Air Terjun Sampuran Widuri ini terbilang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berenang. Terdapat aliran sungai di kawasan wisata alam ini yang tidak terlalu dalam.

Dengan begitu Anda bisa mandi dan menikmati jernihnya air dengan bermain-main di sekitarnya. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan saat berada di area wisata unik ini.

Tujuan dari hal tersebut tentunya untuk menjaga kenyamanan wisatawan lain dan juga menjaga kondisi alam serta lingkungan agar tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.

3. Perlu Menuruni 135 Anak Tangga

Setelah Anda melakukan transaksi pembayaran tiket masuk Air Terjun Sampuran Widuri di Serdang Bedagai ini, maka perjalanan berikutnya yang perlu ditelusuri yaitu dengan menuruni 135 anak tangga. Jika dibayangkan tentunya hal ini sangat melelahkan.

Namun dengan ditemani pemandangan hijau dan juga udara yang segar membuat perjalanan tersebut terasa ringan. Setiap lelah dan keringat yang dikeluarkan tidak akan membuatnya terkesan sia-sia setelah melihat kemilau dari air terjun indah ini.

Ketika sudah memasuki anak tangga yang ke 100, Anda sudah bisa mendengarkan suara air terjun yang sangat menggoda dan membuat siapa saja ingin segera menyaksikannya. Meskipun sangat bergairah, namun Anda tetap perlu berhati-hati di area wisata alam ini.

Banyak monyet-monyet liar yang berkeliaran kesana-kemari di tempat wisata ini sehingga disarankan untuk tidak membawa makanan dalam jumlah yang sangat banyak.

Ketika Anda mencapai tangga ke-100, Anda akan disambut oleh semburan air terjun yang semakin memikat Anda terhadap area ini.

Penting untuk berhati-hati, karena di sekitar Air Terjun Sampuran Widuri, banyak monyet yang bergerak bebas. Sebaiknya jangan membawa terlalu banyak makanan, karena monyet-monyet tersebut bisa menjadi sangat tertarik.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Air Terjun Sampuran
Photo by Tondy Ali / Google Maps

Untuk bisa menemukan keindahan wisata Air Terjun Sampuran Widuri ini, Anda perlu melakukan perjalanan ke Jalan Bangun Rejo, Dolok Merawan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Jika ditempuh dari pusat Kota Medan setidaknya berjarak sekitar 100 km.

Namun jika perjalanan dimulai dari Sei Rampah maka jaraknya hanya 48 km. Rute terdekat lainnya bisa dilalui dari Tebing Tinggi dengan jarak 20 km saja. Anda bisa memilih rute mana saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila perjalanan dimulai dari pusat kota Medan maka Anda perlu melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur Tanjung Morawa menuju lebak pakam dan perbaungan. Setelah tiba di bukittinggi, Anda bisa meneruskan perjalanan hingga tiba di pematang Siantar.

Kemudian ikuti petunjuk jalan untuk menemukan lokasi wisata alam ini. Namun jika merasa ragu, Anda bisa memilih menggunakan bantuan dari google maps.

Memasuki kawasan Air Terjun Sampuran Widuri Serdang Bedagai yang indah dan mempesona ini dibanderol dengan harga murah yaitu Rp 3000/orang. Selain itu, ada juga biaya parkir yang perlu dikeluarkan dengan harga Rp 3000/kendaraan roda 2 dan Rp 10.000/kendaraan roda 4.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Air Terjun Sampuran
Photo by Ilyndra Hayu / Google Maps

Menikmati Pemandangan Luar Biasa

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Air Terjun Sampuran Widuri ini menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Keindahan paling sempurna bisa dirasakan ketika sudah melalui anak tangga ke-50. Pemandangan yang diperlihatkan adalah air terjun seutuhnya dari celah-celah pepohonan.

Kemudian pada anak tangga ke-100, pengunjung akan merasakan percikan butiran air seperti embun yang mengenai tubuh. Pemandangan alam yang ada di kawasan wisata alam ini bisa dinikmati dengan sangat leluasa  dan tidak ada di area perkotaan.

Mandi di Aliran Air Terjun Sampuran Widuri

Pengunjung yang datang ke wisata Air Terjun Sampuran Widuri ini diberikan kesempatan bebas untuk mandi disini karena aliran sungainya yang dangkal sehingga aman untuk beraktivitas. Sejuknya air di kawasan wisata alam ini sangat wajib untuk dinikmati.

Berkemah

Ketika berada di kawasan wisata alam ini, Anda akan melihat ada banyak monyet liar di sekitarnya yang berlompatan dari dahan ke dahan lainnya. Anda akan dibuat tertawa melihat tingkah lucu dari monyet-monyet tersebut.

Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus berhati-hati ketika membawa makanan dalam jumlah yang banyak.

Jangan sampai monyet-monyet yang ada di sekitar Air Terjun Sampuran Widuri Serdang Bedagai justru merasa terganggu dengan kehadiran manusia. Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan disini yaitu dengan berkemah.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik saat berkemah seperti flying fox atau lainnya. kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan bersama dengan keluarga atau teman. Memilih piknik bersama dengan keluarga juga bisa dijadikan kegiatan menyenangkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Sampuran
Photo by Tondy Ali / Google Maps

Perlu diketahui bahwa objek wisata alam yang satu ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang.

Meskipun Anda bisa bermain dan mandi dengan bebas di aliran sungai ini, namun tidak ada fasilitas kamar mandi umum yang disediakan oleh pengelola setempat.

Meskipun begitu, Wisata Air Terjun Sampuran Widuri ini akan terus mengalami perbaikan agar bisa menarik lebih banyak pengunjung yang datang untuk berlibur.

Ketika berkunjung ke air terjun indah ini, terdapat genangan air yang dipenuhi dengan bibit ikan nila dan ikan mas. Kemudian hal menarik lainnya yaitu pengunjung bisa menikmati kehadiran 3 air terjun yang lokasinya saling berdekatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *