Bukit Tarabunga, Bukit di Toba Samosir yang Menawarkan Keindahan Danau Toba Dari Ketinggian


Bukit Tarabunga di Toba Samosir adalah destinasi sempurna untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, dengan pemandangan yang memukau dan suasana yang menyegarkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lintong Nihuta, Kec. Tampahan, Kab. Toba, Sumatera Utara.

Bukit Tarabunga merupakan salah satu tempat terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan Danau Toba yang dinobatkan sebagai salah satu keajaiban di Indonesia. Pesona keindahanya memang dapat disaksikan dari berbagai sudut di Kabupaten Toba Samosir.

Bahkan pesona Danau terbesar ini bisa disaksikan dengan sangat jelas dan indah dari atas bukit. Namun tidak hanya itu saja, karena beragam daya tarik yang bisa ditemukan dari pesona keindahan Danau Toba dari bukit indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Tarabunga

Daya Tarik Bukit Tarabunga
Photo by Monald Siregar / Google Maps

1. Pemandangan Danau Luas yang Terkenal

Pemandangan pertama kali yang bisa terlihat dari kawasan wisata Bukit Tarabunga ini yaitu hamparan danau yang sangat luas. Anda juga dapat menyaksikan keindahan tanaman hijau dan perbukitan terjal dilengkapi dengan udara segar yang menyejukkan.

Waktu yang terbaik untuk mendatangi kawasan wisata satu ini yaitu ketika pagi dan sore hari. Melihat pesona matahari terbenam atau matahari terbit menjadi pilihan terbaik ketika datang mengunjungi bukit yang indah dan mempesona ini.

Bagi Anda yang merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari maka bisa mengisi waktu luang dengan duduk bersantai di area perbukitan untuk menghilangkan penat.

Memulihkan teaga dengan memanjakan mata melihat pemandangan alam yang luar biasa memang menjadi obat terampuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tentu Anda akan lebih bisa menikmati hidup yang dipenuhi dengan syukur setelah berkunjung menyaksikan pemandangan indah disini. nikmati keseruan akhir pekan atau liburan Anda dengan datang ke tempat wisata perbukitan mempesona ini.

2. Terletak di Sekitaran Danau Toba

Pemandangan danau luas yang dimaksud ketika mengunjungi kawasan perbukitan ini adalah Danau Toba. Bisa dikatakan bahwa Bukit Tarabunga Toba Samosir ini berada di desa pinggiran danau yang menjadi ikon Indonesia ini. Dengan demikian, Anda dapat menikmati keindahan Danau Toba dari perspektif yang unik dan berbeda.

Menetapkan waktu untuk bersantai sambil menikmati camilan dan kopi bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menikmati keindahan panorama sekitar. Aktivitas ini sangat ideal saat dilakukan pada sore hari menjelang senja.

3. Pesona Danau Toba dari Sudut Berbeda

Seperti yang diketahui bahwa Danau Toba yang ada di Pulau Samosir memang sangatlah luas dan dikelilingi oleh perbukitan.

Salah satu spot terbaik untuk menyaksikannya yaitu dari area perbukitan ini. Setiap sudut yang berbeda tentu mampu memberikan pesona keindahan yang berbeda juga.

Selain mengunjungi area lainnya untuk melihat kilauan Danau Toba, Anda wajib datang ke kawasan Bukit Tarabunga ini. Perbandingan keindahan yang ditampilkan tentunya sedikit berbeda antara satu dengan lainnya. Yuk telusuri dimana letak perbedaannya!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit

Alamat Bukit Tarabunga
Photo by Cibubur Kerja / Google Maps

Kawasan wisata Bukit Tarabunga ini sebenarnya sangat mudah ditemukan karena masih berada di wilayah Danau Toba yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa tempat  ini tepatnya ada di Kecamatan Tampahan, Sumatra Utara.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Bandara Internasional Silangit, kemungkinan perlu menempuh jarak sekitar 13 km dengan estimasi waktu 25 menit menggunakan kendaraan pribadi. Namun perjalanan akan lebih dekat jika dilakukan dari Balige.

Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 13 km atau sekitar 25 menit. Dalam perjalanan menuju lokasi wisata, pengunjung akan berkesempatan menemukan rumah SOPO yang merupakan rumah adat Batak dan peternakan milik warga.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Kegembiraan akan semakin terasa setelah Anda tahu bahwa kawasan Bukit Tarabunga Toba Samosir ini bisa dikunjungi kapan saja secara gratis. Belum ada ketentuan harga tiket masuk untuk menghabiskan waktu di area wisata dengan pemandangan indah ini.

Pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir yang cukup terjangkau yaitu Rp 2000/motor dan Rp 5000/mobil. Soal keamanan kendaraan sudah mendapatkan jaminan dari pemuda yang mengelola parkiran setempat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Bukit Tarabunga
Photo by Errol Tobing / Google Maps

Menikmati Perjalanan

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan pertama yaitu Anda bisa menyaksikan keindahan dan keunikan selama perjalanan. Menikmati perjalanan menjadi salah satu aktivitas yang mungkin dilakukan namun tidak disadari oleh wisatawan.

Anda akan menemukan banyak rmah SOPO atau rumah adat Batak di sepanjang jalan menuju Bukit Tarabunga.

Bahkan Anda juga rasa peternakan seperti babi, kerbau, dan hewan ternak lainnya. Pemandangan unik ini tentunya sudah sulit ditemukan di area perkotaan.

Duduk Bersantai Menikmati Pemandangan Danau Toba

Setelah tiba di Bukit Tarabunga, pemandangan indah kembali terlihat dan seolah tiada henti. Anda bisa menyaksikan pemandangan danau yang sangat luas.

Selain itu ada juga barisan bukit yang sangat hijau dan terlihat sangat gagah. Ditambah hawa dingin di sekitar menambah rasa nyaman selama berlibur. Lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan dan bersantai yaitu di joglo yang disediakan oleh pengelola.

Joglo yang tersedia di area wisata ini cukup besar dan luas sehingga mampu menampung banyak orang. Jadi Anda bisa duduk bersantai bersama dengan teman atau keluarga dengan leluasa.

Joglo tersebut setidaknya mampu menampung hingga 10 orang. Anda bisa memilih untuk bermain dan melakukan kegiatan seru lainnya sembari duduk  bersantai di tempat joglo ini. Jumlahnya yang terbatas membuat Anda harus pandai berebut dengan pengunjung lain.

Anda bisa datang di pagi hari sembari menunggu matahari terbit atau ketika sore hari menjelang senja. Kegiatan ini menjadi pilihan banyak para millenials yang memburu pemandangan estetik. Pemandangan indah ini juga layak untuk dijadikan sebagai background foto.

Berburu Foto di Bukit Tarabunga

Keindahan alam sekitar yang ditunjukkan tentunya sayang untuk diabaikan. Anda bisa mengabadikan setiap keindahan kawasan wisata ini dengan menggunakan lensa kamera terbaik.

Menemukan spot foto indah dan terbaik tentunya bukan menjadi perkara yang sulit. Anda bisa memilih berfoto di antara tulisan besar TARABUNGA yang menjadi ikon wisata.

Di tempat wisata alam ini, terdapat beragam spot foto yang sangat cocok untuk Instagram. Adanya ikon menarik di kawasan wisata ini mampu menarik lebih banyak pengunjung untuk datang.

Media sosial bisa dijadikan sebagai tempat terbaik mempromosikan kawasan wisata alam ini. Jadi, pastikan Anda mengunggah keseruan yang dirasakan selama melakukan perjalanan menuju Bukit Tarabunga Toba Samosir ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Bukit Tarabunga
Photo by Don Kardono / Google Maps

Berbagai fasilitas telah tersedia di Bukit Tarabunga, termasuk opsi untuk bersantai di Joglo atau Gazebo.

Terdapat 5 joglo yang bisa ditemukan di kawasan wisata unik ini dimana 1 joglo mampu menampung 8 – 10 orang pengunjung.

Hingga saat ini, kawasan wisata di sekitaran Danau Toba selalu mengalami perbaikan dan perkembangan untuk bisa terus menarik minat pengunjung.

selain joglo, ada juga rea panggung yang bisa digunakan untuk penampilan kegiatan seni teater dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin berolahraga, area Bukit Tarabunga ini juga menyediakan jogging track sepanjang 1,5 kilometer dengan lebar 2 meter. Area tersebut dibuat dengan bahan konstruksi conblock yang indah. Jika ingin tinggal lebih lama, sekitaran wisata ini juga terdapat banyak pilihan homestay dengan harga terjangkau.

Mendatangi kawasan wisata bukit ini tentunya memberikan kesenangan tersendiri. Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona di atas ketinggian. Bahkan luasnya danau toba juga bisa disaksikan dengan leluasa di area wisata alam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *