Nikmati Pesona Danau Bukit Layang, Surga Alam Tersembunyi di Musi Rawas Utara


Danau Bukit Layang merupakan surga alam tersembunyi di Musi Rawas Utara, yang menampilkan sebuah bendungan bersejarah dan panorama lama yang memukau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Ulu, Kec. Karang Jaya, Kab. Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

Danau Bukit Layang ialah danau yang dekat dengan bukit di Kabupaten Musi Rawas Utara. Danaunya terbuat dari bendungan sungai yang berada di kaki Bukit Layang. Wisata alam ini cocok dikunjungi bagi anda yang tertarik dengan panorama alam yang asri dan eksotis.

Suasana alamnya yang menenangkan membuat siapapun merasa nyaman dan tidak akan kecewa mengunjunginya. Sebab, airnya memantulkan cahaya matahari dan panorama alam hijau berupa pepohonan di sekitarnya. Ada banyak hal menarik dari bukit ini seperti berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Bukit Layang

Daya Tarik Danau Bukit Layang
Photo by Muratarainfo / Instagram

Sejarah Bukit

Danau ini dibangun sekitar tahun 1980 an dan awalnya hanya berfungsi sebagai bendungan. Menariknya, bendungan ini merupakan buatan Belanda yang digunakan untuk mengairi sawah.

Namun, seiring perkembangan waktu, danau ini akhirnya dijadikan sebagai objek wisata. Sebab, banyak wisatawan yang datang berkunjung demi menyaksikan keindahan danau.

Sehingga, wisata  diresmikan sebagai objek wisata oleh Syarif Hidayat, Bupati Muratara pada tahun 2017. Tidak lama setelah itu, para pengunjung baik dari lokal maupun luar Musi Rawas Utara ramai mengunjunginya.

Surga Tersembunyi

Sebagian besar orang menyebut Danau Bukit Layang Musi Rawas Utara ini sebagai surga tersembunyi karena di bagian kiri dan kanannya terdapat pepohonan yang lebat dan perbukitan hijau. Selain itu, danaunya juga cukup luas dipenuhi dengan bunga teratai.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Airnya yang tenang menambah kesan kedamaian tersendiri bagi pengunjung sehingga mampu menyegarkan pikiran dan mata sekaligus.

Bendungan

Disebut sebagai Danau Bukit Layang karena danau ini tercipta dari sebuah bendungan Sungai Dulu dimana aliran sungainya mengalir dari bawah kaki Bukit Layang. Bisa dikatakan bahwa luas keseluruhan area danau ini kurang lebih 25 hektar.

Daratannya yang diliputi area perkebunan di sisi selatan dan sisi kiri danau termasuk wilayah Kabupaten Musi Rawas. Sementara itu, area danau dan daratan di sisi kiri dan kanannya merupakan wilayah Kabupaten Muratara.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Danau Bukit Layang
Photo by Muratarainfo / Instagram

Penasaran dengan panorama wisata Danau Bukit Layang? Anda bisa datang ke Desa Bukit Ulu, Kecamatan Karang Jaya, Muratara, Sumatera Selatan. Soal rute perjalanan, tidak perlu khawatir karena anda bisa melewati Simpang Danau dari arah Muara Rupit.

Dengan melewati beberapa desa, anda bisa sampai di danau. Namun, dari arah Lubuklinggau, belok kiri sesampainya di Simpang 4 Terawas. Anda akan melewati beberapa desa di Kecamatan Terawas sebelum sampai tapal batas Musi Rawas dan Muratara.

Setibanya di Tugu Tapal Batas, anda akan menjumpai sungai Dulu. Di sebelah sungai inilah Desa Bukit Ulu dimana kawasan wisata berada.

Hingga saat ini, harga tiket masuk Danau Bukit Layang di Musi Rawas Utara belum diketahui secara pasti, namun danau ini menawarkan fasilitas perahu bermotor yang bisa digunakan untuk menjelajahi keindahan danau.

Biaya sewa perahu sangat terjangkau, hanya Rp 5 ribu per orang untuk durasi 30 menit, memberikan pengalaman menarik dengan harga yang ekonomis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Danau Bukit Layang
Photo by Muratarainfo / Instagram

1. Menikmati Keindahan Danau

Sesampainya di lokasi, tentu anda dibuat kagum dengan keindahan danau dan bendungan. Anda bisa meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak melepas penat setelah melewati perjalanan panjang yang melelahkan.

Anda dapat menyaksikan keindahan danau dari atas jembatan atau bendungan setelah pintu masuk. Ada juga beberapa spot tempat istirahat yang bisa digunakan untuk bersantai dan merasakan ketenangan danau dengan suara airnya dan daun yang bergesekan.

Kegiatan bersantai terasa nikmat jika dilakukan sambil ngemil. Anda bisa mengunjungi warung sekitar lokasi yang menyediakan makanan ringan dan minuman segar. Akan lebih aman lagi jika anda membawa makanan dan minuman dari rumah.

Sebab, warung atau toko cukup banyak disekitar wisata Danau Bukit Layang tidak selalu buka sehingga sebaiknya anda bisa mengantisipasinya dengan membawa perbekalan dari rumah.

2. Mengelilingi Danau Bukit Layang dengan Perahu

Terasa kurang jika liburan di Danau Bukit Layang Musi Rawas Utara ini tanpa berkeliling naik perahu. Anda bisa menyewa perahu untuk keliling danau hanya dengan Rp 10.000 per orang. Anda akan merasakan sensasi serunya memecah ketenangan air.

Anda juga akan menyaksikan kumpulan bunga teratai yang mengambang di atas air danau. Anda biasanya akan diarahkan oleh pemandu atau pengemudi perahu untuk melewati sungai. Jika sungai surut, maka perahu akan kembali ke danau.

Kegiatan ini akan terasa lebih seru jika dilakukan dengan rombongan wisata keluarga atau teman. Usahakan berhati-hati saat berada di atas perahu dan tetap tenang.

3. Memancing

Hal yang tidak kalah seru selanjutnya yakni memancing di Danau Bukit Layang. Anda dapat memilih salah satu pondok di sekitar danau untuk dijadikan sebagai spot mancing.

Tidak hanya menikmati panorama alam, anda juga dapat mencari ikan disini dan menunggu hasil tangkapan. Tidak hanya di darat, anda juga bisa menyewa perahu agar anda dapat memancing di lokasi yang lebih jauh dan luas.

Biasanya, pengunjung menggunakan spot danau yang dipenuhi dengan bunga teratai untuk memancing. Ikan gabus banyak dijumpai dan didapatkan disini.

Jika anda tidak tertarik untuk memancing dan hanya ingin hasil tangkapannya saja, anda bisa menghampiri pondok di pinggir danau dimana para nelayan menjual berbagai jenis ikan. Bahkan, anda berkesempatan untuk membeli ikan besar jika beruntung.

Beberapa ikan yang bisa anda jumpai disini yakni ikan Gabus, Bujuk, Palau, Kelabau, dan aneka ikan khas Muratara lainnya

4. Berfoto Sepuasnya

Di tengah melakukan kegiatan seru, jangan lewatkan waktu anda tanpa mengabadikan momen spesial. Anda bisa berpose selagi memancing, naik perahu, atau beristirahat di gazebo.

Anda juga dapat menggunakan pemandangan danau, perbukitan dan pepohonan sebagai latar belakang berfoto. Menariknya, pihak pengelola Danau Bukit Layang Musi Rawas Utara telah menyediakan beberapa spot foto yang dapat digunakan pengunjung.

Anda bisa naik ke perahu bebek di atas jembatan. Meski tidak bisa digunakan di atas danau, bebek perahu ini dapat dijadikan sebagai spot foto lucu. Hal ini tentu akan terlihat sangat menarik bagi anak-anak.

Maka dari itu, wisata alam ini cocok dikunjungi keluarga terutama anak-anak. Tidak hanya liburan, mereka juga dapat belajar mengenai alam.

5. Berenang

Begitu melihat air danau yang jernih dan segar, tentu anda tergiur ingin menceburkan diri ke dalamnya. Untungnya, pihak pengelola mengizinkannya sehingga anda bisa berenang dan bermain air disini.

Namun, pastikan anda mematuhi peraturan yang anda dan tetap jaga kebersihan selama berada di lokasi wisata terutama bagi pengunjung yang membawa anak.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Danau Bukit Layang
Photo by Muratarainfo / Instagram

Kawasan wisata Danau Bukit Layang memang masih belum memiliki fasilitas yang sangat memadai. Namun, ada beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan liburan menjadi lebih seru dan nyaman.

Salah satunya yakni spot foto yang tersedia beragam seperti jembatan warna-warni, bendungan, gapura mini sebagai pintu masuk, tulisan tempat wisata, gazebo hingga bebek perahu.

Fasilitas tempat pemancingan juga bisa digunakan untuk memuaskan hobi memancing anda. Penyewaan perahu tersedia di tepi danau dan bisa anda gunakan untuk menyusuri danau.

Fasilitasnya yang cukup terbatas dikarenakan wisata ini masih dikelola oleh warga sekitar. Hal ini diharapkan agar pengunjung dapat mengisi waktu liburnya dengan nyaman.

Danau Bukit Layang memang memiliki banyak hal menarik mulai dari pemandangannya, gugusan bukit, airnya yang jernih hingga bermacam-macam ikan. Maka dari itu, danau ini cocok dikunjungi oleh pemancing mania dan pecinta alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *