Jakabaring Sport City, Mengenal Destinasi Wisata di Palembang yang Bertema Olahraga


Jakabaring Sport City, kompleks olahraga megah di Palembang yang bertransformasi menjadi destinasi wisata menarik dengan fasilitas olahraga kelas dunia dan pemandangan yang memukau.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Jakabaring Sport City atau sering disebut JSC dapat menjadi alternatif wisata ketika anda sedang berada di Palembang. Kompleks olahraga ini menawarkan berbagai fasilitas atletik dengan taman yang asri, sangat cocok sebagai tempat healing.

Rindangnya pepohonan dan bentangan danau luas yang ada di lokasi membuatnya sering dikunjungi warga sekitar untuk refreshing. Jika anda butuh jalan-jalan sore yang murah meriah, maka JSC adalah solusinya.

Sejarah Jakabaring Sport City

Daya Tarik Jakabaring Sport City
Photo by Shaggy Sigit Sarwanto / Google Maps

Sebelum menjadi tempat wisata Palembang hingga digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan kompetisi Asian Games 2018 lalu, JSC dulunya adalah daerah tertinggal yang sepi bahkan terkenal angker.

Banyak masyarakat Palembang menyebut daerah Jakabaring dulunya merupakan tempat rawan kejahatan, apalagi sebagian besar areanya berupa rawa-rawa. Namun pemerintah Kota Palembang memilih tempat ini untuk membangun stadion.

Ketika Palembang dipilih sebagai lokasi PON XVI pada tahun 2004, pembangunan stadion baru pun dimulai pada tahun 2001, dengan kapasitas mencapai 40.000 penonton.

Stadion ini, yang juga dikenal sebagai Gelora Sriwijaya, kemudian dilengkapi dengan fasilitas tambahan untuk mengakomodasi SEA Games XXVI pada tahun 2011.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Fasilitas tersebut tidak hanya mencakup lapangan sepak bola, tetapi juga lintasan lari dan berbagai fasilitas olahraga atletik lainnya.

Akhirnya, kompleks Jakabaring Sport City di Palembang ini secara resmi diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 November 2011.

Daya Tarik yang Dimiliki Jakabaring Sport City

Alamat Jakabaring Sport City
Photo by Octafia Irawati / Google Maps

1. 16 Arena Turnamen Cabor

Memiliki luas sekitar 325 hektar, kompleks JSC terdiri atas 16 venue yang digunakan sebagai arena turnamen berbagai cabang olahraga.

Ada sepak bola, tenis lapangan, badminton, baseball, softball, shooting, panjang dinding, sepatu roda, bowling, akuatik, atletik, senam, ski air, voli pantai, petanque, dan superbike.

Adapun venue pertama yang dibangun yaitu Stadion Gelora Sriwijaya, yang merupakan stadion termewah di Palembang.

Stadion tersebut mampu menampung hingga 40.000 penonton. Pernah digunakan sebagai pusat kegiatan opening dan closing Asian Games 2018, bersamaan dengan Stadion GBK.

2. Danau Jakabaring

Siapa bilang hanya ada spot olahraga di wisata Jakabaring Sport City? Kawasan ini sering dipilih sebagai tujuan wisata karena ada Danau Jakabaring. Suasananya yang teduh lantaran dikelilingi pepohonan rindang membuat sekitar danau cocok sebagai tempat refreshing.

Apalagi pemandangan Danau Jakabaring terlihat begitu cantik, yang mana airnya berubah menjadi biru saat tertimpa oleh sinar matahari.

Area sekitar danau ini cukup luas sehingga sering dimanfaatkan untuk piknik. Apalagi ada beberapa gazebo di tempat yang bisa digunakan untuk duduk-duduk.

3. Area Sayur

Area lainnya yang menarik untuk dikunjungi dari Jakabaring Sport City Palembang ini yaitu area sayur. Sesuai namanya, tempat ini untuk membudidayakan berbagai macam sayur. Wisatawan dapat berkunjung kemari untuk belajar bagaimana cara membudidayakan sayur yang benar.

Sehingga sangat pas jika mengajak keluarga berlibur kemari, anak-anak bisa belajar dengan cara yang seru dan menyenangkan. Selain itu, tempatnya juga estetik sehingga sangat cocok untuk berburu foto.

4. Jembatan Cinta

Selain foto-foto di area sayur, spot Jembatan Cinta tidak boleh dilewatkan. Dinamakan Jembatan Cinta karena di tengah-tengah jembatan ada ikon berbentuk hati. Apalagi jembatannya sendiri diberi cat warna pink yang membuatnya terkesan romantis.

Tidak heran apabila ada banyak pasangan yang mampir untuk mengambil potret di sana. Setelah puas berfoto, anda dan pasangan juga dapat memasang gembok cinta.

Anda bisa membeli gembok di sekitar jembatan, kemudian tulis nama anda dan pasangan sebelum menaruhnya di jembatan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Wisata Jakabaring Sport City terletak di Jalan Gubernur H.A. Bastari, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan. Lokasinya strategis karena berada di tengah kota, sehingga berkunjung kemari pun tidak sulit.

Begitu pula dengan aksesnya, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk mencapai lokasi.

Jika naik kendaraan umum, bisa pilih bus Ampera-Bukit Besar atau LRT Palembang. Dari pusat kota hanya berjarak sekitar 7 km atau butuh waktu 18 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Untuk masuk kawasan JSC, anda tidak perlu membayar biaya yang besar. Sebab harga tiket masuknya hanya dibanderol Rp. 3.000 dan Rp. 5.000 apabila ingin masuk ke Stadion Gelora Sriwijaya, status tidak ada pertandingan.

Harga yang tercantum belum memasukkan biaya parkir, yaitu Rp. 7.000 untuk sepeda motor dan Rp. 15.000 untuk mobil. Perlu diperhatikan bahwa tarif ini dapat berubah sesuai kebijakan pengelola, dan seringkali mengalami kenaikan selama periode liburan.

Sebagai tambahan informasi, Jakabaring Sport City Palembang ini beroperasi mulai pukul 06.00-21.00 WIB pada hari biasa dan pukul 05.00-21.00 WIB di akhir pekan. Jadi anda bisa mampir ke sini di antara waktu tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Jakabaring Sport City
Photo by Purwo Nur Hidayat / Google Maps

Berolahraga

Namanya saja Sport City, tentu di sini sangat cocok untuk olahraga. Saat tidak ada pertandingan, anda bahkan dapat masuk ke dalam stadion dan menggunakan lintasan lari di samping lapangan.

Itulah kenapa Jakabaring Sport City ini selalu ramai pada sore hari, sebab ada banyak warga setempat olahraga sore di sana. Selain itu, biasanya pada hari Minggu pagi ada kegiatan senam dilakukan dan dapat diikuti oleh para pengunjung.

Piknik Dekat Danau Jakabaring Sport City

Tidak hanya berolahraga, anda juga bisa bersantai di Jakabaring Sport City Palembang dengan cara piknik. Spot populer untuk piknik adalah dekat dengan Danau Jakabaring. Karena di sini anda bisa duduk-duduk sambil menikmati keindahan danau.

Areanya sangat luas dan sudah ada gazebo disediakan untuk pengunjung. Jika beruntung, anda dapat melihat beberapa atlet yang sedang berlatih melintas di sekitar danau.

Di sekitar danau juga ada tempat penyewaan sepeda apabila anda ingin berkeliling tanpa harus jalan kaki.

Mampir ke 6 Rumah Ibadah

Di sini, para pengunjung juga dapat menyaksikan toleransi antar agama. Sebab ada 6 rumah ibadah sekaligus yang dibangun berdekatan. Jadi wisatawan yang sedang mampir ke Jakabaring dan ingin beribadah juga lebih mudah.

Uniknya lagi, bangunan rumah ibadah yang dibangun di wisata Jakabaring Sport City punya ornamen-ornamen khas. Seperti Pura untuk Umat Hindu yang didesain persis layaknya di Bali, mulai dari konsep taman hingga material yang digunakan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Jakabaring Sport City
Photo by Adhika Atyanta / Google Maps

Semenjak terpilih menjadi tempat perhelatan berbagai kompetisi bertaraf internasional, fasilitas yang dihadirkan di JSC terus ditingkatkan. Area parkirnya luas dan toilet sudah tersedia di hampir semua venue. Dimana ada sekitar 16 venue dihadirkan untuk arena turnamen cabor.

Fasilitas umum lainnya yang dapat ditemukan di kawasan wisata ini yaitu 6 rumah ibadah untuk semua agama. Kemudian beberapa gazebo di sekitar Danau Jakabaring dan persewaan sepeda.

Anda bahkan dapat menemukan beberapa wahana air seperti banana boat, water roller, dan waterball untuk menunjang kegiatan wisata. Lengkap bukan? Jadi bukan hanya olahraga jogging saja yang dapat dilakukan di lokasi.

Dengan sejumlah daya tarik dan fasilitas yang dihadirkan, tidak mengherankan apabila Jakabaring Sport City saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Palembang.

Bukan hanya warga sekitar, namun wisatawan dari luar daerah pun banyak yang mampir. Yuk coba datang kemari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *