Pantai Terbaya, Pantai Eksotis di Tanggamus dengan Spot Sunrise & Sunset yang Indah


Pantai Terbaya di Tanggamus ini memukau dengan pasir coklatnya yang unik dan kerikil beraneka warna, delengkapi spot sunrise dan sunset yang indah.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Terbaya, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus, Lampung.

Jika Anda berada di Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Pantai Terbaya adalah pilihan liburan yang ideal. Pantai ini menawarkan keunikan dengan kerikil kecil berwarna-warni di tepinya.

Ditambah lagi, barisan pohon kelapa menambah keeksotisan tempat ini. Tempat ini juga sempurna untuk menyaksikan momen matahari terbit atau terbenam yang menakjubkan. Mari jelajahi keindahan Pantai Terbaya!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Terbaya

Daya Tarik Pantai Terbaya
Photo by Obi Cahyadi / Google Maps

1. Pantai Berpasir Coklat dan Kerikil Berwarna-Warni

Tidak seperti pantai lain yang pasirnya berwarna putih, wisata Pantai Terbaya ini justru punya pasir berwarna kecoklatan. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya kerikil beraneka warna yang menyebar di seluruh area pantai.

Banyak batuan karang kecil berwarna coklat di pantai ini, memberikan warna coklat pada pasirnya. Serpihan batu kerikil yang berkilau di antara pasir menjadi salah satu pesona utama dari pantai ini.

2. Panorama Pantai dan Pohon Kelapa yang Eksotis

Panorama Pantai Terbaya Tanggamus ini sungguh eksotis. Bagaimana tidak, deretan pohon kelapa tumbuh subur di sepanjang tepi pantai, menambah indah sekaligus memberi hawa sejuk khas pesisir. Kalau Anda ke sini, pasti akan betah untuk bersantai terutama di area bawah pohon kelapa.

Apalagi, di pantai ini juga ada beberapa saung yang disewakan ke pengunjung, ada persewaan tikar juga. Agenda bersantai sambil menikmati keindahan pantai ini pasti akan sempurna. Ombaknya pun terbilang tenang, sehingga suaranya terdengar nyaman di telinga.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Spot Sunrise dan Sunset yang Indah di Tepi Pantai

Jika ingin mencari spot sunrise dan sunset yang bagus di Tanggamus, Pantai Terbaya ini bisa menjadi pilihan terbaik. Di pantai ini sunrise dan sunset akan terlihat jelas, apalagi di bingkai dengan panorama laut yang luar biasa.

Datang lebih pagi jika ingin mendapatkan momen sunrise di pantai ini. Apalagi, hawa sejuk khas pesisir sangat terasa di waktu-waktu tersebut.

Jika Anda ingin menikmati sunset, tinggallah lebih lama di pantai atau berkunjunglah pada sore hari. Apalagi Anda menyaksikan sunset akan terasa lebih istimewa saat Anda duduk di tepi pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Terbaya
Photo by Ilham Ikhsan / Google Maps

Pantai ini lokasinya ada di Terbaya, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Letaknya cukup dekat dengan jalan raya, jadi pengunjung bisa dengan mudah menemukan keberadaan wisata Pantai Terbaya ini.

Jarak pantai ini dari pusat Kabupaten Tanggamus adalah 55 kilometer. Yang mana, jika ditempuh dengan kendaraan memakan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan. Rute yang diambil adalah jalur ke arah selatan Tanggamus.

Rute yang diambil bisa lewat Jalan Lintas Barat Sumatera, kondisinya sudah sangat bagus dan beraspal. Jadi, perjalanan ke pantai ini bisa lebih nyaman. Sementara, untuk jam operasional wisata pantai ini adalah setiap hari dan dibuka 24 jam.

Karena itu, Anda bisa datang kapan saja ke pantai ini. Namun, memang direkomendasikan untuk datang di pagi hari, karena cuaca masih belum terik dan belum ramai orang. Karena saat siang hari, terutama weekend, pantai ini akan ramai pengunjung.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke Pantai Terbaya Tanggamus ini, dikenai tarif masuk sebesar Rp. 7.500 per orang. Tetapi, harga tersebut bisa berubah kapan saja. Apalagi di hari libur yang kerap kali melonjak jumlah pengunjung yang datang.

Sementara, untuk tarif parkir di pantai ini, dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000 untuk mobil dan Rpm 5.000 untuk motor. Harga tersebut juga bisa ikut berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebelum ke sini alangkah baiknya mempersiapkan uang saku yang cukup.

Selain itu, di wisata bahari ini juga ada persewaan saung dan tikar yang bisa ditemui dengan mudah. Ada juga deretan warung makan yang beraneka ragam, jadi memang lebih baik membawa uang lebih saat berkunjung ke sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Pantai Terbaya
Photo by Riz Bag’s / Google Maps

1. Bermain di Tepi Pantai

Pantai ini punya ombak yang tenang, jadi aman untuk berenang atau bermain di tepi pantainya. Namun, Anda harus ekstra hati-hati karena pantai ini dipenuhi oleh batu kerikil yang lumayan tajam.

Jadi, lebih baik untuk menggunakan alas kaki jika memang ingin bermain di tepi pantai Pantai Terbaya. Dan kalau ingin berenang, juga hati-hati karena bisa saja kerikil kecil mengenai kaki saat di dalam air.

Maka dari itu, jika membawa anak-anak, harus diawasi oleh orang dewasa. Takutnya mereka tidak waspada dan kerikil bisa melukai kulit. Kendati begitu, kerikil yang berwarna-warni di pantai ini bisa dibuat mainan seperti ditumpuk-tumpuk juga.

2. Piknik dan Menikmati Suasana Pantai Terbaya

Piknik di tepi pantai ini juga pasti akan menyenangkan. Sisi eksotis dari pantai ini muncul dari deretan pohon kelapa di tepi pantai yang tumbuh subur. Tidak hanya membuat panorama jadi eksotis, tapi hawa sejuk khas pesisir pantai juga sangat terasa.

Walaupun Anda hanya duduk di bawah pohon kelapa saja, sudah terasa menenangkan. Hawa sejuk yang terasa semakin sempurna dengan suara deburan ombak laut yang tenang. Liburan di pantai ini sekaligus bisa menjernihkan pikiran dari kegiatan sehari-hari.

Panorama Pantai Terbaya Tanggamus ini tambah menarik dengan sebaran batu kerikil di tepi pantainya. Anda juga bisa melihat laut lepas yang menakjubkan. Pokoknya liburan ke sini dijamin tidak akan sia-sia.

3. Mencari Momen Sunrise dan Sunset

Tidak hanya pesona pantainya saja, momen mencari sunset dan sunrise di sini juga populer. Tidak jarang pengunjung datang di pagi buta untuk bisa melihat sunrise yang terlihat jelas dari tepi pantai. Apalagi, saat-saat tersebut hawa sejuk pantai masih terasa.

Sementara, jika ingin mencari sunset di pantai, maka bisa pulang lebih larut. Di waktu senja, pemandangan matahari yang terbenam di sisi barat terlihat sangat cantik. Dibingkai dengan laut yang luas, pantai yang eksotis, serta suasana damai yang sangat terasa.

Maka tidak heran jika banyak orang yang kemudian penasaran dan ikut mencari momen sunrise dan sunset yang menakjubkan di Pantai Terbaya ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pantai Terbaya
Photo by Ferdi Vernando / Google Maps

Pantai ini lumayan populer di kalangan masyarakat sekitar sebagai destinasi liburan favorit keluarga. Maka tidak heran, sudah ada beberapa fasilitas penunjang yang dibangun guna mendukung potensi wisata Pantai Terbaya.

Yang pertama tentu lahan parkir yang cukup luas, bisa menampung banyak kendaraan para pengunjung. Keamanan juga terjaga karena ada petugas parkirnya. Kemudian, di pantai ini juga sudah ada fasilitas toilet dan mushola.

Kendati kondisinya seadanya, namun sudah memadai dan bisa digunakan. Tidak hanya itu, di pantai ini juga ada saung-saung yang bisa disewa pengunjung. Berikutnya, ada pula warung makan yang beraneka ragam, bisa membantu Anda yang lupa membawa perbekalan dari rumah.

Pantai ini bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang menyenangkan. Walaupun mungkin fasilitasnya belum begitu lengkap, tapi tidak mengurangi pesona dari pantai ini sendiri. Jadi, kalau ada kesempatan segera agendakan berkunjung ke sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *