Puncak Pukatan, Wisata Alam di Kampar dengan Beragam Spot Foto Instagramable


Jelajahi keajaiban Puncak Pukatan di Kampar, destinasi wisata alam yang menawarkan berbagai spot foto Instagramable yang memukau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Puncak Pukatan, sebuah destinasi wisata alam yang sedang naik daun, menawarkan pemandangan alam yang memukau dari berbagai sudut karena letaknya di puncak.  Tempat wisata Kampar ini menjanjikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan, jauh dari kata membosankan.

Pengunjung juga dapat menikmati bermain ayunan sambil merasakan hembusan angin yang sejuk. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang keindahan Puncak Pukatan? Simak artikel berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Pukatan

Daya Tarik Puncak Pukatan
Photo by Alif Fachri / Google Maps

Ayunan Nirwana

Pada Wisata Puncak Pukatan terdapat wahana paling menarik dan menjadi salah satu tujuan berkunjung ke tempat ini yaitu Ayunan Nirwana. Ayunan ini cukup tinggi dan memicu adrenalin. Pada ayunan ini sudah terdapat pengaman yang dapat menjamin keselamatan Anda.

Ayunan ini cukup menantang dan berhasil membuat para pengunjung yang menaikinya berteriak histeris. Ayunan pada tempat wisata ini juga dijadikan sebagai ajang untuk melepas beban-beban pikiran yang sangat mengganggu.

Sensasi mengayun dengan angin yang menyejukkan membuat pengalaman tersendiri yang cukup unik dan dapat membangkitkan kedamaian pada jiwa setiap pengunjung.

Saat kalian membiarkan tubuh terbuai oleh hembusan angin, pesona wisata puncak ini yang kalian lihat saat berada di ayunan akan terasa berbeda.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bukit-bukit dengan hutan yang sangat lebat, danau, langit yang terbentang luas dan biru, awan-awan yang menyaksikan anda berteriak di ayunan, pengalaman ini akan sangat seru dan menjadi cerita yang berkesan.

Ayunan Nirwana pada Puncak Pukatan di Kampar ini seringkali viral di media sosial, dan membuat wisata ini cukup padat pada hari weekend demi mencoba wahana ayunan ini. Hal yang paling wajib untuk diperhatikan adalah ayunan ini sangat tinggi dan sangat memacu adrenalin.

Sehingga untuk para pengunjung yang phobia ketinggian, tapi tetap ingin mencoba ayunan ini, maka perlu dipertimbangkan kembali.

Meskipun terlihat seru dan pastinya membuat kalian FOMO, tapi penderita penyakit jantung maupun phobia ketinggian jangan sampai mencoba-coba wahana ini, atau akan berakibat cukup fatal.

Spot Foto

Puncak Pukatan juga memiliki berbagai spot foto yang dibangun pada beberapa titik. Setiap spot foto pada tempat wisata ini tidak akan membuat Anda kecewa. Mulai dari ide kreatif dan setiap sudut pandang sangat pas dan terasa keindahan alamnya.

Berlatar Belakang pemandangan cantik dengan pernak-pernik dari spot foto membuat liburan Anda menjadi sangat berkualitas.

Pada spot wisata ini terbuat dari kayu yang menyerupai jembatan kemudian membentuk sebuah tempat persegi yang digunakan sebagai tempat berdirinya para pengunjung saat hendak berfoto.

Terdapat juga spot foto berbentuk rumah pohon yang lengkap dengan atapnya. Yang paling favorit dari spot foto di wisata alam ini adalah spot dengan berbentuk love berwarna pink dan bisa dimasuki sekitar 4-5 orang, dan pintu langit.

Menjadi spot foto yang instagramable, Puncak ini juga menyediakan spot foto bertemakan instagram, seakan kalian post foto pada akun pribadi. Setiap spot foto memiliki view yang sangat cantik dan tidak pernah gagal memikat pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Puncak

Alamat Puncak Pukatan
Photo by Ibnu Sakti / Google Maps

Wisata Puncak Pukatan berada di Jalan Bangkinang, Payakumbuh, Batu Bersurat, Kecamatan Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Letak wisata alam ini cukup mudah untuk dijangkau karena berada di tepi jalan lintas Riau – Sumatera Barat.

Ketika kalian berada di Langgam Riau, jarak yang dibutuhkan untuk sampai ke wisata ini sekitar 147 km, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 36 menit. Berbeda jika kalian berada di daerah Pekanbaru, waktu yang ditempuh sekitar 2 jam 19 menit dengan jarak kurang lebih 102 km.

Memiliki kawasan yang strategis, jalanan menuju wisata bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Aksesnya juga sangat-sangat memadai dan membuat perjalanan kalian lebih nyaman.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Puncak Pukatan merupakan wisata alam yang memiliki tiket masuk cukup murah yaitu sebesar 5 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut para pengunjung sudah bisa dengan bebas mengakses fasilitas yang disediakan.

Memiliki harga tiket yang murah, wisata ini buka selama 24 jam sehingga para pengunjung bebas untuk datang ke tempat ini.

Tapi untuk mendapatkan view yang cantik dengan langit yang cerah, para pengunjung disarankan berkunjung pada musim panas, saat waktu pagi dan sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Puncak Pukatan
Photo by Djulian Cool / Google Maps

1. Menikmati View Bukit dan Danau

Duduk santai dengan menikmati senja di sore hari diselingi bukit-bukit hijau yang terbentang cukup luas, dan danau yang sangat cantik, pastinya akan sangat menggiurkan. Tidak hanya itu angin dari Puncak Pukatan ini sangat menyegarkan dan tentunya menyejukkan.

Sembari menunggu antrian foto maupun bermain ayunan, para pengunjung memilih aktivitas ini untuk menenangkan pikirannya. Tempat ini diakui sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat.

2. Berfoto Ria di Puncak Pukatan

Spot-spot foto yang disediakan pada Wisata Puncak Pukatan cukup bervariasi dan dapat digunakan dengan bebas, tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. Pada spot ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan latar belakang foto yang keren dan pastinya instagramable.

Pastikan kalian berfoto pada semua spot yang telah disediakan, karena setiap spotnya memiliki sudut pandang view yang sangat indah.

Mengabadikan momen terbaik Anda dengan berfoto di tempat wisata ini pastinya akan mengingatkan Anda untuk kembali ke salah satu Puncak terindah di Riau ini.

3. Bermain Ayunan

Ayunan pada wisata puncak ini menjadi salah satu favorit pengunjung dan paling ditunggu-tunggu. Para pengunjung rela mengantri untuk menaiki ayunan ini, demi menikmati sensasinya melayang diatas bebukitan dengan angin yang sangat sejuk.

Saat bermain ayunan, pengunjung akan dimanja dengan rasa damai dan mengikuti alur ayunan dengan keindahan alam yang tidak tertandingi. Saat bermain ayunan juga kalian disarankan untuk rileks dengan membuka mata dan melihat pemandangan sekitar.

4. Berolahraga

Cukup melelahkan untuk menaiki Puncak Pukatan di Kampar ini, para pengunjung perlu mendaki atau menaiki beberapa anak tangga yang lumayan tinggi. Beberapa dari pengunjung sering merasa kelelahan dan berhenti sejenak.

Dengan menaiki setiap anak tangga menuju puncak, para pengunjung secara tidak langsung sudah dibuat berolahraga yang cukup menguras keringat.

Bagi kalian yang memiliki masalah dalam mendaki atau menaiki anak tangga yang cukup tinggi, sebaiknya menyiapkan stamina terlebih dahulu.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Puncak Pukatan
Photo by Sigit Eko Baskoro / Google Maps

Destinasi wisata alam ini memiliki fasilitas seputar wahana dan akses menuju tempat ini. Saat berada dari parkiran para pengunjung harus menaiki bukit terlebih dahulu untuk sampai ke lokasi.

Fasilitas yang diberikan yaitu anak tangga yang dibentuk dari tebing itu sendiri, dan ada juga tangga yang terbuat dari kayu.

Fasilitas lainnya yaitu ayunan dan spot-spot foto berlatar belakang bukit dan danau. Pada ayunan yang disediakan, terdapat pengaman pada pinggang yang pastinya sudah dijamin keamanannya.

Uraian terkait Puncak Pukatan diatas hanya sebatas tulisan semata, jika ingin membuktikan keindahan alam yang sebenarnya, kalian wajib berkunjung secara langsung.

Pada tempat ini kalian akan bisa merasakan emosi negatif maupun positif yang spontan mengalir membuat tubuh Anda menjadi lebih ringan. Buktikan sendiri dan jangan sampai tidak ketagihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *