Cara Praktis Cegah Nasi Bau Tengik dan Cepat Basi


“Abisin nasinya, nanti kalau ga abis, nasinya pada nangis lho” itulah salah satu nasehat yang seringkali orang tua berikan pada anaknya ketika tidak menghabiskan nasinya. Dan saya pun termasuk yang dapat nasehat itu ketika kecil. Dulu ketika mendengarnya, saya percaya kalau nasi memang bisa nangis kalau tidak dihabiskan. Tapi setelah dewasa, saya lebih percaya bukan nasinya yang nangis kalau ga dihabisin, justru dompet emaknya yang menangis kalau sampe nasi ga habis. Karena gimanapun juga, beras dibeli dengan uang bukan pakai daun. Sehingga jika disisakan, nantinya akan basi dan tidak layak makan.

Dulu sebelum menikah, ketika masih jaman ngekos, saya lebih sering beli nasi dan lauk pauknya. Kalaupun memasak nasi, itupun sesekali saja, sesempatnya dan secukupnya saja. Namun, yang jadi persoalan ketika saya sudah berumahtangga. Seringkali perkara nasi tidak habis yang kemudian jadi basi dan bau tengik, jadi masalah yang tak berkesudahan, mengingat hal ini tentunya mengganggu keuangan kami.

Cara Praktis Cegah Nasi Bau Tengik dan Cepat Basi

Akhirnya karena beberapa kali nasi tidak habis dan terpaksa harus dibuang karena sudah basi dan bau tengik, saya pun curhat ke mertua dan mendapatkan beberapa nasehat yang mungkin bisa juga bermanfaat untuk teman-teman, terkait Cara Praktis Cegah Nasi Bau Tengik dan Cepat Basi

1.       Pastikan mencuci beras hingga bersih

Mencuci beras adalah bagian dari SOP dalam menanak nasi, tapi seringkali kita lupa memastikan apakah beras sudah benar-benar dalam kondisi bersih atau belum? Kalau mama mertua, pernah bilang sama saya kalau tanda nasi sudah bersih dicuci itu airnya sudah lebih jernih ketika dimasukan ke dalam wadah beras. Ternyata, mencuci beras hingga bersih, tidak hanya membuat beras jadi lebih putih dan bersih tapi juga membuat nasi nantinya tidak cepat kering saat sudah matang nanti.

2.       Jangan menggunakan air berlebihan saat memasak nasi

Bagaimana sih memastikan bahwa beras yang dimasak itu tidak kelebihan air? Kalau orang tua jaman dulu biasanya indikatornya itu dari ruas jari. Jadi, sampai sekarangpun, saya masih menggunakan cara itu. Biasanya indikator air beras yang cukup untuk memasak nasi itu adalah sebesar dua ruas jari. Tapi jika teman-teman bingung, menggunakan cara tersebut, biasa menggunakan perbandingan 3:1 dalam memasak nasi. Jadi jika menggunakan 3 gelas air untuk memasak 1 gelas beras.

3.       Mengaduk nasi saat baru matang

Agar kematangan sempurna, teman-teman bisa mengaduk nasi saat baru matang. Kalau kata istilah sundanya mah “ngakeul” jadi nasinya itu di aduk-aduk agar kematangannya lebih sempurna dan merata. Selain itu, aktivitas ini juga bikin tekstur nasi jadi lebih lembut, lho.

4.       Pakai Jeruk Nipis

Siapa bilang jeruk nipis cuma bisa dipake buat bikin sambel? Ternyata bisa juga lho dipake buat memasak nasi. Jadi ini bisa dibilang tips rahasia dari mertua hehehe, caranya sebelum masak nasinya, coba tambahin tetesan air jeruk nipis dulu sebelum beras akan dimasukan ke dalam rice cooker. Tips ini cegah nasi cepat basi apalagi sampe bau tengik.

5.       Jangan ngadi-ngadi pilih Rice Cooker buat kebutuhan rumah tangga

Karena merasa bahwa masak nasi tuh ya gitu-gitu aja, dari jaman nenek moyang sampe sekarang. Jadinya temen-temen asal-asalan pilih rice cooker. Padahal rice cooker jaman sekarang udah canggih-canggih lho. Tapi meskipun banyak pilihan diluar sana, mama mertua yang bisnisnya di bidang catering, selalu pilih Miyako karena terbukti awet sampe bertahun-tahun dan mampu menjaga nasi agar tidak cepat basi dan bau tengik. Sehingga saya sebagai menantunya pun ketularan deh untuk selalu pilih Miyako.

Baca: Resep Nasi Kebuli Menggunakan Bumbu Nasi Kebuli dari Cairo Food

Rekomendasi Rice Cooker Nanoal Berlian Hitam dari Nikita Willy

Dari jaman dulu sampe sekarang, produk Miyako emang ga pernah ngadi-ngadi dalam mengedepankan kualitas. Apalagi Miyako Indonesia juga merupakan perusahaan asli dalam negeri yang sudah sewajarnya menjadi andalan para ibu Indonesia. Itu sebabnya, Miyako cocok banget jadi Teman Wajib Anda, yang tanpa terkecuali, saya sendiri yang sudah kecintaan banget sama Miyako, emang rasanya jadi sulit berpaling ke lain hati. Hehehe

Cara Praktis Cegah Nasi Bau Tengik dan Cepat Basi

Dan belum lama ini, saya juga lihat ada resep chicken stir fry yang dimasak menggunakan Nanoal Pilihan Nikita Willy yaitu MCM-586 BH, yaitu Rice Cooker Miyako Nanoal Berlian Hitam. Karena Nikita Willy pakai Miyako, saya jadi makin seneng dong. Gimana nggak seneng coba? Ternyata idola saya, Nikita Willy pakai Miyako juga.

Oh iya, karena dilapisi panci Nanoal Berlian Hitam yang lebih tebal dengan ketebalan 1.4mm, double coating dan Non PFOA, ini memungkinkan panci anti lengket Miyako terbukti 10x lebih tahan lama dan lebih sehat untuk digunakan. Kemudian, teman-teman juga bisa lihat ada tonjolan di bagian atas yang fungsinya menjadikan nasi lebih pulen. Canggihnya lagi, terdapat fitur Soft Touch Opening yang benar-benar membuka tutup rice cooker hanya dalam sentuhan. Jadinya ga ada lagi drama tangan kepanasan pas buka rice cooker dari Miyako.  

Nah, selain rice cookernya, produk Miyako juga punya produk blender yang efektif banget untuk membantu proses memasak jadi lebih mudah. Temen-temen bisa cek laman web  https://www.miyako.co.id/category/recipe/ karena disana ada berbagai tips resep masakan yang dimasak menggunakan produk-produk unggulan Miyako.

Nah, kalau teman-teman mau dapetin juga produknya Miyako, pas banget nih, lagi ada lomba Blog dan IG Reels competition bertemakan Hari Ibu dari Miyako. Penasaran dengan detailnya? Bisa langsung meluncur ke Instagram Miyako @miyakoofficial.id ya. Kapan lagi dapetin kesempatan untuk memenangkan hadiah total jutaan rupiah dan juga produk-produk dari Miyako. Periode dari tanggal 15 Desember s/d 31 Desember 2023 #NikitaWillyPakaiMiyako #NanoalPilihanNikita #RiceCookerMiyako.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *