Air Terjun Dwi Warna, Air Terjun di Deli Serdang dengan Dua Gradasi Warna Air


Air Terjun Dwi Warna di Deli Serdang adalah air terjun yang memukau, dengan dua gradasi warna air yang terletak di kaki Gunung Sibayak.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, di Sumatera Utara.

Air Terjun Dwi Warna merupakan wisata alam yang berada di Sumatera Utara. Bagi Anda yang sedang menuju provinsi Sumatera Utara, maka bisa mampir ke wisata alam ini. Sesuai dengan namanya, air terjun ini menawarkan keindahan alam air terjun dua warna.

Wisata alam di Deli Serdang ini berdekatan dengan Gunung Sibayak, jadi sangat cocok untuk Anda ingin berpetualang di alam. Lantas, apa saja keindahan dari wisata air terjun ini? Simak di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Dwi Warna

Daya Tarik Air Terjun Dwi Warna
Photo by Postcard & Tag / Twitter

1. Dikenal Sebagai Air Terjun Telaga Biru

Saat sampai di wisata air terjun, Anda akan terpesona dengan keindahan warna yang terlihat di air terjun. Dari kejauhan, terlihat warna biru langit yang memukau. Hal ini juga membuat wisata ini dikenal sebagai Air Terjun Telaga Biru.

Air terjun memukau ini mengalir dari mata air Gunung Sibayak. Jadi, airnya sangat jernih dan menyegarkan.

2. Berada di Kaki Gunung Sibayak

Berada di Kabupaten Karo Gunung Sibayak merupakan salah satu puncak menakjubkan di kota ini. Gunung ini juga mendapat sebutan Gunung Raja oleh masyarakat sekitar.

Gunung setinggi 2.181 meter ini pernah meletus pada tahun 1881. Karena letusan ini akhirnya membentuk telaga yang berwarna biru.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wisata air terjun yang berada dikaki Gunung Sibayak, membuat pemandangan di sana jadi lebih indah.

Di samping itu, suasana di sekitar wisata juga menyejukkan meski Anda datang di saat siang hari. Selain itu, jika Anda gemar naik gunung, maka mencoba untuk mampir ke Gunung Sibayak.

3. Dua Gradasi Warna Air

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Dwi Warna di Deli Serdang ini memiliki dua warna yang memukau.

Jika Anda melihat aliran airnya tampak berwarna putih. Kemudian saat Anda melihat ke bagian telaga, maka akan terlihat jika airnya yang berwarna biru langit.

Karakteristik unik dari air terjun ini adalah adanya kandungan fosfor dan sulfur dalam airnya. Tidak hanya warnanya yang unik, saat berenang di air ini Anda juga akan merasa bahwa suhu kedua air tersebut berbeda.

Air yang berwarna putih akan terasa lebih hangat dibandingkan air yang berwarna biru langit. Ini menjadi daya tarik paling khas di air terjun ini. Sangat unik bukan?

4. Berada di Tengah Hutan

Untuk dapat merasakan keindahan air terjun di atas, Anda harus mampu melewati perjalanan panjang menuju air terjun. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan fisik yang kuat saat berkunjung ke wisata ini.

Hal ini karena letak air terjun yang ada di dalam hutan hujan tropis. Hutan Hujan Tropis merupakan salah satu jenis hutan yang selalu lembab dan basah.

Hutan seperti ini biasanya hanya ada di daerah khatulistiwa, seperti di Indonesia. Jadi, meski Anda harus melakukan perjalanan panjang, Anda tetap bisa menikmati alam bebas di dalam hutan.

5. Tempat Berkemah yang Asri

Pada saat melakukan perjalanan menuju Wisata Air Terjun Dwi Warna, Anda akan melewati area khusus untuk berkemah. Tempat ini memang biasa dijadikan camping para wisatawan.

Bagi Anda yang ingin berkemah, sebaiknya siapkan peralatan dan kebutuhan untuk berkemah. Di sana belum terdapat informasi mengenai alat sewa untuk berkemah.

Begitupun untuk keperluan makan, sebaiknya Anda juga sudah menyiapkan bekal yang cukup. Meski belum terdapat fasilitas yang mendukung, sensasi berkemah di di hutan ini pasti akan menjadi pengalaman menyenangkan untukmu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Alamat Air Terjun Dwi Warna
Photo by Tinta Warna / Twitter

Wisata Air Terjun Dwi Warna berada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, di Sumatera Utara. Wisata alam ini sangat jauh dari kota Medan.

Setidaknya harus menempuh perjalanan sejauh 75 km. Jika menggunakan kendaraan mobil maka bisa menghabiskan waktu hingga 3 jam lamanya.

Setelah sampai di pintu masuk, Anda bisa memarkirkan kendaraan terlebih dahulu. Untuk sampai ke sana, pengunjung perlu melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan ini akan membutuhkan tenaga ekstra karena Anda harus melewati hutan lebat dan jalan yang licin. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan fisik yang kuat ketika berkunjung ke wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk berkunjung ke wisata ini, Anda bisa datang mulai jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Jadi, jika Anda ingin berkeliling hutan, sebaiknya datang pagi-pagi sekali. Selain karena wisata hanya buka di siang hari, perjalanan juga akan lebih sulit ketika malam hari.

Untuk bisa menikmati keindahan alam ini, setiap orangnya harus membayar tiket masuk Rp. 25.000. Agar Anda bisa mudah sampai ke air terjun, sebaiknya menyewa jasa pemandu dengan biaya Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 300.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Air Terjun Dwi Warna
Photo by DolanDolen.com / Twitter

Menikmati Keindahan Gunung Sibalak

Saat berkunjung ke wisata ini, kegiatan yang bisa Anda lakukan yaitu menikmati keindahan Gunung Sibalak yang ada di dekat wisata air terjun.

Bersamaan dengan menikmati air terjun yang indah, Anda juga bisa menikmati panorama hutan hujan tropis yang belum tentu bisa Anda temui di tempat lain.

Tracking Menuju Air Terjun Dwi Warna

Bagi Anda yang gemar berpetualang di hutan, tracking menuju Air Terjun Dwi Warna di Deli Serdang ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Anda bisa melakukan perjalanan menantang dan mengeksplor berbagai tumbuhan yang ada di hutan. Bahkan jika  beruntung, Anda akan menemukan hewan-hewan unik di dalam hutan.

Berenang di Telaga Biru

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan yaitu berenang di telaga biru atau di bawah air terjun. Di sana, Anda dapat merasakan sensasi air hangat dan dingin yang unik.

Karena kandungan fosfor dan belerang di dalamnya, Anda dilarang untuk terhirup air atau meminum air ini. Jadi disarankan untuk membawa cukup persediaan minuman. Khususnya bagi Anda yang berniat berkemah di dekat  Air Terjun Dwi Warna.

Berkeliling Hutan Hujan Tropis

Selain menikmati Air Terjun Dwi Warna di Deli Serdang, Anda juga dapat menjelajahi Hutan Hujan Tropis di sekitarnya yang masih sangat alami dan lestari. Jadi, Anda bisa melihat tumbuhan apa saja yang ada di sana.

Namun, saat berkeliling Anda juga harus berhati-hati jika ada hewan yang mengganggu atau predator yang bisa kapan saja muncul.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Dwi Warna
Photo by King_Adventure / Twitter

Sayangnya Wisata Air Terjun Dwi Warna ini masih belum memiliki fasilitas umum untuk wisatawan. Oleh karena itu Anda wajib membawa bekal dan peralatan yang dibutuhkan selama pergi ke wisata alam ini.

Terutama bagi Anda yang ingin menginap di air terjun, sebaiknya membawa peralatan kemah sendiri. Kemudian fasilitas yang ada di sana hanya adanya pemandu tur yang sebenarnya penduduk sekitar wisata.

Dengan adanya pemandu, Anda jadi lebih mudah memilih rute perjalanan dan terhindar dari tempat-tempat yang berbahaya. Selain itu, Anda juga akan merasa aman ketika melakukan perjalanan di hutan.

Meski wisata alam Air Terjun Dwi Warna ini belum memiliki banyak fasilitas, keindahannya yang mempesona patut dipertimbangkan. Terutama bagi Anda yang gemar mengeksplor wisata alam. Nah, tertarik berkunjung ke air terjun ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *